bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film PK, Alien yang Tersesat Di Bumi

Ditulis oleh Siti Hasanah
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Aamir Khan? Salah satu legenda Bollywood yang sangat terkenal dan selalu totalitas dalam memerankan sebuah karakter. Kali ini ia berperan dalam sebuah film komedi satir yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani berjudul PK atau PeeKay yang artinya pemabuk. Film ini juga merupakan proyek reuni Aamir Khan dan Rajkumar Hirani.

Dalam film ini Aamir Khan memerankan sosok alien yang tersesat di bumi karena kalung pengendali pesawat luar angkasanya dicuri pada saat ia baru tiba di bumi. Saat melakukan pencarian kalung tersebut ia mulai mempelajari bagaimana cara manusia hidup dan bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Jaggu (Anushka Sharma). Untuk lebih lanjut, yuk simak sinopsis dan review-nya!

Sinopsis

PK_Sinopsis_

Di sebuah padang yang luas di Rajasthan, seorang alien humanoid (Aamir Khan) mendarat tanpa memakai baju sehelai pun. Di dadanya tergantung sebuah liontin besar yang merupakan alat pengendali pesawat yang ia tumpangi. Ia datang ke bumi dengan misi untuk melakukan sebuah penelitian tentang kehidupan manusia di bumi.

Sayangnya, pada saat ia baru saja sampai di bumi, liontin yang merupakan alat pengendali pesawat dicuri oleh seorang pria. Akibatnya ia tidak bisa pulang ke planet asalnya. Menyadari bahwa dirinya terdampar, alien tersebut pun mulai mempelajari kebiasaan bagaimana manusia hidup di bumi agar bisa bertahan sampai ia bisa pulang ke tempat asalnya.

Meskipun memiliki fisik yang sama, banyak sekali perbedaan budaya antara planet di mana ia tinggal dan budaya para manusia di bumi. Awalnya ia tampak bingung bahkan dijuluki PK atau Peekay yang artinya orang mabuk karena berkeliaran dengan telanjang.

Tetapi, akhirnya setelah mengamati beberapa kebiasaan, PK mulai memakai pakaian yang berhasil ia curi dari orang yang berhubungan intim di mobil. Selain itu dari “mobil bergoyang” tersebut PK juga mengambil uang yang setelah ia amati bisa ditukar dengan barang lain atau makanan.

PK pun melihat ternyata manusia juga berkomunikasi melalui sebuah bahasa, maka dari itu ia mencoba menyentuh tangan semua orang agar bisa menyerap informasi yang ada dalam otak mereka. Akan tetapi saat melakukannya, PK malah dikejar dan disalahartikan sebagai orang cabul. 

Dari aksi kejar-kejaran tersebut ia tertabrak oleh seorang kelompok yang diketuai Bhairon Singh (Sanjay Dutt). Setelah diperiksakan ke rumah sakit, PK dianggap amnesia akibat benturan hebat karena PK tidak berbicara apa pun dan malah bertingkah aneh.

Awalnya Bhairon Singh akan meninggalkan PK sendirian di rumah sakit, tetapi akhirnya ia merasa kasihan dan mengajak PK ke kelompoknya. Bhairon yang melihat gelagat aneh PK menganggap bahwa meraih tangan sembarangan yang dilakukan PK adalah keinginan seksual sehingga ia membawa PK ke tempat prostitusi.

Di sana PK berhasil memegang tangan seorang wanita dan menyerap informasi darinya. Dari sanalah ia mulai bisa berbicara dan bertekad mencari liontinnya yang hilang dengan pergi Ke Delhi.

Di Delhi, ia mendengar selentingan orang-orang yang berbicara bahwa yang bisa memecahkan semua masalah di dunia adalah Tuhan. Akhirnya PK mulai melakukan pencarian tentang siapa Tuhan, bagaimana wujudnya dan di mana ia bisa menemuinya. Di sela-sela pencarian tersebut ia bertemu dengan seorang reporter cantik bernama Jaggu atau Janani Sahni (Anushka Sharma). 

PK memasuki setiap tempat ibadah setiap agama satu persatu dan mengikuti setiap rangkaian ritual keagamaannya. Akan tetapi bukannya mendapatkan jawaban, dirinya malah semakin bingung.

Hingga pada suatu hari ia menemukan liontinnya dimiliki oleh seorang pemuka agama bernama Tapasvi Maharaj (Saurabh Shukla) yang mengklaim liontin tersebut adalah pemberian Tuhan di Himalaya. Akhirnya PK pun menyimpulkan Tapasvi sebagai pemuka agama yang salah sambung “wrong number”. Ia mengadakan ritual yang hanya menguntungkan dirinya.

Kemudian Jaggu tidak mempercayai Tapasvi setelah meramalkan hubungannya dengan Sarfaraz (Sushant Singh Rajput) karena beragama islam akan kandas. Ia juga memiliki rencana untuk mengekspos kebohongan Tapasvi dan mengembalikan liontin PK.

Saksi kunci yang akan mengungkap kebohongan Tapasvi ternyata sudah di tangan Bhairon Singh dan akan menuju Delhi. Namun, sesuatu yang mengerikan malah terjadi kepada Bhairon dan saksi tersebut. Lalu, berhasilkah PK mendapatkan liontinnya kembali?

Terinspirasi dari Karakter Nyata Abraham Kovoor

PK_Terinspirasi dari Karakter Nyata Abraham Kovoor_

Banyak cerita atau karakter yang dibuat dalam film terinspirasi dari kisah nyata atau seseorang dari dunia nyata, kemudian dituangkan dalam sebuah film dengan dibumbui oleh beberapa cerita lainnya agar semakin menarik. Begitu pun dengan film PK yang terinspirasi membuat karakter PK dari seorang Profesor rasionalis dari India bernama Abraham Koovor

Profesor Abraham Koovor menjadi buah bibir dan terkenal di India setelah masa pensiunnya karena melakukan kampanye untuk mengekspos berbagai “manusia dewa” yang ada di India dan juga di Sri Lanka.

Ia selalu mengkritik dengan tajam terhadap penipuan yang mengatasnamakan spiritual dan agama-agama yang menurutnya terorganisir untuk membuat jamaah atau penontonnya cepat percaya. 

Tema Berat dan Sensitif yang Dikemas Menjadi Komedi

PK_Tema Berat dan Sensitif tapi Dikemas Menjadi Komedi_

Film PK mempersembahkan sebuah film komedi satir yang penuh dengan filosofi sangat kompleks serta dibarengi dengan pertanyaan-pertanyaan tentang ritual keagamaan dari kacamata seorang alien yang awam.

Pertanyaan dan keraguan Alien yang diberi nama PK atau PeeKay itu sedikit atau banyaknya telah mempengaruhi sebagian orang yang sebelumnya telah meyakini dan mempercayai agama mereka.

Dari setiap adegan dan percakapan yang akan kalian temui dalam film ini menyimpan makna tersirat yang bisa diartikan berbeda-beda oleh setiap penontonnya. Jadi bisa dibilang konsep atau tema film ini sedikit berat. Namun, dengan kepiawaiannya Rajkumar Hirani menerapkan gaya storytelling yang sederhana dan juga lucu sehingga bisa menghibur penontonnya. 

Jadi bukannya merasa diceramahi dengan semua pertanyaan dan pernyataan sensitif tentang keagamaan dalam film, para penonton malah tertawa dengan kekonyolan-kekonyolan yang ditampilkan oleh setiap pemain. Bisa dibayangkan seorang alien yang merasa bingung bagaimana melihat konsep ketuhanan dengan gelagatnya yang lucu. Dijamin kalian akan tertawa terbahak-bahak. 

Totalitas Aamir Khan dalam Berperan 

PK_Totalitas Aamir Khan dalam Berperan_

Jika Kalian sudah pernah menonton film 3 Idiots pasti tidak asing dengan sosok Aamir Khan. Film tersebut juga merupakan Film sukses yang dibintangi Aamir Khan sebelumnya. Ia memang merupakan sosok aktor yang sangat perfeksionis. Setiap karakter dalam film ia perankan dengan penuh totalitas dan patut diacungi jempol.

Baca juga: 10 Film Bollywood Terbaik yang Dibintangi Aamir Khan

Dari semua karakter film yang pernah ia perankan, membuktikan bahwa Aamir Khan memang seorang aktor yang fleksibel atau dapat memainkan semua peran dengan luar biasa. Setiap karakter yang dimainkan juga selalu memberikan ciri khas tersendiri dan ikonis sehingga tidak mudah terlupakan begitu saja oleh para penontonnya. 

Dikatakan bahwa puncak cemerlangnya adalah peran Aamir Khan di Film PK ini. Ia adalah aktor india pertama yang memerankan sosok alien dengan sangat cemerlang.

Aamir Khan sendiri mengatakan bahwa memerankan sosok PK adalah yang paling menantang sepanjang kariernya. Disebutkan untuk melatih aksen Bhojpuri yang sempurna ia harus melakukan pelatihan intensif dibawah bimbingan Shanti Bhushan. 

Aamir Khan juga rela mengunyah lebih dari 100 paan (nyirih) untuk mendapatkan warna bibir alami dan segar sehingga perannya sebagai PK bisa lebih totalitas. Kemudian banyak lagi yang ia lakukan seperti mendramatisir fisiknya agar lebih menyempurnakan karakter PK yang ia mainkan. 

Film Fenomenal dan Kontroversial 

PK_Film Fenomenal dan Kontroversial_

Film PK menjadi salah satu film yang sukses besar dengan pendapatan yang sangat besar di minggu ke empat setelah film dirilis yaitu US$ 54 Juta. Pencapaian tersebut bisa dikatakan sangatlah fenomenal mengingat film tersebut baru saja dirilis. Ia bahkan menggeser Dhoom 3 dari rekor film Box Office Bollywood.

Akan tetapi, ternyata dibalik film PK yang mendulang sukses besar, ada beberapa pihak yang melakukan kecaman karena film ini mengangkat tema isu keagamaan yang sangat sensitif. Banyak yang melakukan petisi pemberhentian penayangan film PK karena ada beberapa adegan dan kata-kata yang ditampilkan dalam film diklaim menyinggung SARA.

Namun, Rajkumar Hirani mengatakan bahwa film yang ia buat semata-mata bukan untuk menggoyahkan iman siapa pun, tetapi untuk mengajarkan para penonton untuk lebih mengenal kembali agama yang dipercayai. Film ini justru untuk menyentil beberapa kalangan yang melakukan komersialisme agama yang semakin marak saat itu.

Jadi sudah siapkah kalian menyaksikan kembali totalitas peran Aamir Khan dalam film PK ini? terlepas dari semua kontroversi yang ada, film ini tetaplah menjadi sebuah masterpiece yang sudah menghibur banyak penonton.

Banyak pihak juga yang mengatakan bahwa film hanyalah sebuah curahan kreativitas yang harus diapresiasi. Untuk masalah interpretasi kita kembalikan lagi para penontonnya.

Mereka juga yakin bahwa film ini memiliki tujuan yang baik yaitu menghibur dan juga memberikan pesan yang baik untuk para penontonnya. Jadi apakah kalian penasaran dengan kelanjutan kisah alien humanoid yang lucu ini?

Bila tertarik untuk menonton film komedi asal India lainnya, silakan mampir ke artikel Film Komedi India yang Kocak dan Sangat Menghibur ini, ya!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram