bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Pirates of the Caribbean 4 (2011)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 11 September 2021

Jack berada di London pada persidangan sahabatnya Gibbs. Menyamar sebagai hakim dia berhasil membawa kabur sahabatnya tersebut. Namun, nasib mujurnya tidak lama karena dia berhasil dibawa menghadap Raja George II dan tanpa diduga bertemu kembali dengan Barbossa. Teman lamanya tersebut kini tampil berbeda karena sudah menjadi bagian dari Angkatan laut Inggris. Barbossa juga kehilangan satu kakinya karena peristiwa yang disebabkan oleh bajak laut paling ditakuti.

Jack Sparrow diminta memandu pasukan Kerajaan Inggris menuju sebuah tempat yang rupanya menjadi incaran banyak pihak lain juga, termasuk Kerajaan Spanyol dan rombongan bajak laut Blackbeard. Saat itulah dia bertemu kembali dengan mantan kekasih, Angelica. Bagaimana kelanjutan dari petualangan Jack Sparrow? Untuk mengetahui gambarannya Anda bisa membaca sinopsis serta ulasannya berikut ini lebih dulu!

Sinopsis

Sinopsis & Review Pirates of the Caribbean 4 (2011) 1
  • Tanggal/Tahun Rilis: 7 Mei 2011
  • Genre: Fantasy, Swashbuckler Film, Adventure, Action
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Jerry Bruckheimer Films
  • Sutradara: Rob Marshall
  • Pemeran: Johnny Depp, Penélope Cruz, Ian McShane, Geoffrey Rush

Dua orang nelayan tanpa sengaja menjaring dan menemukan seorang pria tua yang menggenggam buku catatan. Tanpa diduga pria tua itu bangun dan mengatakan tentang sebuah kapal bernama Ponce de Leon dan sang kapten yang telah mati dua ratus tahun lalu. Dua nelayan tersebut membawa pria tua itu menghadap ke Raja Spanyol. Ketika mendengar tentang kapal Ponce de Leon dan melihat buku catatan yang dipegang pria tua, sang raja meminta pasukan menyiapkan pelayaran menuju Fountain of Youth.

Di sebuah pengadilan di London hukuman terhadap Jack Sparrow (Johnny Depp) akan dijatuhkan. Banyak orang berkumpul di sana, melihatnya dengan antusias. Seorang berpenutup kepala kemudian dibawa ke dalam ruang pengadilan. Orang itu ternyata bukan Jack melainkan Gibbs (Kevin McNally). Gibbs bersikeras mengatakan dirinya bukan Jack Sparrow tapi orang-orang di sana tidak ada yang memercayainya.

Tanpa diduga, Jack berhasil menyamar menjadi seorang hakim. Keputusan untuk menghukum sosok Jack Sparrow dengan hukuman gantung pun diakali dan diganti dengan hukuman penjara. Menggunakan tipu muslihat dan kecedikan Jack, mereka akhirnya bisa keluar dan melarikan diri dari gedung pengadilan tersebut. Gibbs menjelaskan bahwa kedatangannya ke London karena mendengar Jack di sana dan merekrut awak kapal baru untuk menjadi anak buahnya.

Jack mengelak karena dia sendiri belum memiliki kapal lagi setelah kapal Black Pearl miliknya dicuri oleh Barbossa (Geoffrey Rush) waktu itu. Keduanya lalu setuju bahwa sepertinya ada seorang penipu yang menggunakan namanya. Kereta kuda yang mereka tumpangi pun terasa berhenti. Jack berpikir telah sampai di tujuan, tapi begitu pintu kereta dibuka, dia kaget karena pasukan Kerajaan Inggris sudah mengepung keduanya.

Jack lalu dibawa ke hadapan Raja George II (Richard Griffiths). Sang raja ingin Jack memandu kapal menuju Fountain of Youth sebelum Kerajaan Spanyol melakukannya. George II kemudian memberikan kapal lengkap bersama awak dan kapten padanya. Kapten yang dimaksud ternyata adalah Barbossa. Barbossa kembali kehilangan Black Pearl sekaligus salah satu kakinya. Kini dia bergabung dalam Angkatan laut Inggris.

Memanfaatkan kelengahan para penjaga, Jack berusaha kabur. Saat terancam dia dibantu oleh sang ayah, Edward Teague (Keith Richards) dan akhirnya lolos. Kedua ayah dan anak itu lalu berbincang mengenai Fountain of Youth yang akan mengujinya. Setelah perbincangan berakhir, Jack menemukan seseorang yang menggunakan namanya. Orang tersebut rupanya adalah Angelica (Penélope Cruz) mantan kekasih Jack Sparrow.

Cerita berlanjut saat keduanya berhasil lari dari kepungan tentara Inggris, tapi sayang, Jack masuk perangkap dan dibius oleh salah satu anggota Angelica. Sementara itu Gibbs yang memiliki peta menuju Fountain of Youth ditangkap oleh Barbossa. Gibbs dijatuhi hukuman mati tapi lelaki itu menggunakan taktik dengan membakar peta yang dimilikinya.

Dia yang sudah mengingat arah menuju Fountain of Youth tentu menjadi aset berharga bagi Barbossa. Gibbs pun terbebas dari hukuman dan harus memandu Barbossa serta pasukan Inggris menuju Fountain of Youth. Di sisi lain, Jack Sparrow terbangun di kapal Queen Anne’s Revenge milik Kapten Blackbeard (Ian McShane).

Sinopsis & Review Pirates of the Caribbean 4 (2011) 3

Blackbeard adalah ayah Angelica sekaligus merupakan bajak laut yang terkenal kejam dan ditakuti karena bisa membangkitkan seseorang dari kematian lalu mengubahnya menjadi mayat hidup yang sangat kejam. Jack rupanya kaget mengetahui bahwa Angelica adalah putri dari Blackbeard. Angelica menyampaikan ramalan pada Jack bahwa nyawa Blackbeard akan melayang dua minggu lagi oleh seorang pria yang hanya memiliki satu kaki.

Alasan itulah yang membawa mereka harus segera menemukan Fountain of Youth untuk mengubah Blackbeard menjadi abadi. Cerita berlanjut saat Gibbs yang berperan sebagai penunjuk arah, berhasil membawa Barbossa semakin dekat dengan tujuannya. Namun, mereka bertemu dengan Angkatan laut Spanyol di dalam perjalanan. Keduanya berlomba sampai ke Fountain of Youth lebih dulu guna kepentingan masing-masing.

Jack sendiri sibuk menyusun rencana pemberontakan dengan menghasut para awak Queen Anne’s Revenge yang tak pernah sekalipun melihat Blackbeard. Jack mengatakan bahwa Angelica hanya menipu mereka. Kekacauan pun tidak terelakkan hingga membuat Blackbeard keluar dari ‘sarangnya’ tepat sebelum Jack berhasil memberontak. 

Semua orang di sana tampak takut, termasuk Jack. Kekuatan supernatural Blackbeard yang merupakan ahli voodoo seketika berhasil mengikat pemberontak dan tentu saja Jack. Saat itu bisa saja Jack tewas di tangan Blackbeard, tapi Angelica menyelamatkannya. Jack dan Blackbeard lalu bicara empat mata.

Di sinilah Jack kembali menggunakan kecerdikannya dengan mengatakan bahwa Angelica bukan anak kandung Blackbeard. Tanpa diketahui Blackbeard membuat boneka voodoo berbentuk Jack. Jack pun tunduk karena nyawanya ada di tangan Blackbeard. Lalu, apakah Jack bisa lepas dari pengaruh sihir tersebut? Siapakah di antara mereka yang bisa sampai ke Fountain of Youth lebih dulu?

Kembali dengan Karakter-Karakter Baru yang Mengejutkan

Sinopsis & Review Pirates of the Caribbean 4 (2011) 5

Pirates of the Caribbean 4 tidak lagi menyertakan karakter Davy Jones melainkan memunculkan karakter-karakter lain yang tak kalah menarik. Ada nama-nama baru yang sebelumnya tidak disebutkan sama sekali. Jajaran nama-nama pelakon seperti Penélope Cruz dan Ian McShane tampil sebagai dua karakter penting pada film ke empat dari seri Pirates of the Caribbean ini.

Masing-masing berperan sebagai Angelica dan Blackbeard. Peran Angelica sangat menarik perhatian karena dalam film ini dia diceritakan sebagai mantan kekasih Jack Sparrow. Selama menonton Pirates of Caribbean dari musim pertama hingga ketiga, Anda mungkin tak pernah menduga bahwa sang kapten yang konyol dan ajaib itu ternyata pernah punya kekasih yang cantik dan tak kalah cerdas.

Karakter Blackbeard juga tak kalah menarik walau akhirnya sedikit mengecewakan. Pasalnya di awal cerita, karakter Blackbeard begitu meyakinkan karena digambarkan sebagai bajak laut yang ditakuti sebab memiliki kekuatan sihir tapi kekuatan sihir tersebut seolah tidak diperlihatkan lagi. Blackbeard yang misterius tak ubahnya seperti bajak laut biasa di akhir-akhir film.

Baca juga: Yuk, Nonton Film Pirates of the Caribbean Sesuai Urutannya!

Cerita Lebih Menarik

Sinopsis & Review Pirates of the Caribbean 4 (2011) 7

Cerita Pirates of the Caribbean: Oh Stranger Tides atau seri ke empat dari film ini terasa lebih menarik dari sebelumnya. Ada beberapa kejutan yang menaikan tensi keseruan sejak di awal film, terutama munculnya kembali Barbossa yang entah dari mana sudah menjadi bagian dari Angkatan laut Inggris. Tampilan Barbossa yang berubah juga mengejutkan.

Jalinan cerita Pirates of the Caribbean 4 sangat apik. Hubungan antara satu konflik dengan konflik lainnya dijembatani dengan luwes menggunakan plot yang rapi. Kecuali cerita dari sudut pandang Kerajaan Spanyol yang tidak terlalu diangkat kecuali di awal film sebagai pembuka yang memancing rasa penasaran. Selebihnya Anda akan kagum dengan plot yang rapat dan tetap bisa dinikmati.

Tetap Menyelipkan Cerita Romantis

Sinopsis & Review Pirates of the Caribbean 4 (2011) 9

Jika pada film-film sebelumnya Anda terpikat oleh kisah Will dan Elizabeth, pada Pirates of the Caribbean 4 dua karakter tersebut tidak diikutsertakan. Sebagai gantinya, Rob Marshall menghadirkan dua karakter yang lebih dramatis, yaitu Philip Swift yang diperankan oleh Sam Claflin dan Syrena yang dibawakan dengan pas oleh Àstrid Bergès-Frisbey.

Kisah romantis yang dihadirkan untuk dua karakter ini lebih unreal tapi semakin menyentuh. Swift yang merupakan seorang pendeta jatuh cinta pada sesosok putri duyung. Keduanya diceritakan bersedia saling mengorbankan keselamatan masing-masing. Kehadiran mereka menjadi hal menarik lainnya dari film yang berisi petualangan dan perebutan air abadi ini.

Sisi Lain Jack Sparrow

Sinopsis & Review Pirates of the Caribbean 4 (2011) 11

Hidup Jack Sparrow yang seolah hanya untuk Black Pearl dan sibuk berkelana di lautan rupanya punya sisi lain, punya cerita yang lain. Keberadaan karakter Angelica dalam Pirates of the Caribbean 4 sangat mengejutkan, apalagi citra seorang Jack Sparrow sangat jauh dari hal-hal yang melankolis. Namun, di film kali ini, citra bajak laut yang konyol dan tak takut apa pun itu tampak coba diperhalus dan coba lebih dimanusiawikan   

Anda akan mendengar Jack Sparrow membicarakan perasaan romantisnya dengan seorang perempuan. Walau menarik, sayangnya image Jack Sparrow yang sudah sangat kuat, membuat bagian ini terasa tak perlu. Baru dimunculkan sekarang, karakter Angelica masih kurang kuat jika disandingkan dengan karakter sang kapten. Mungkin jika dibuat sebagai gadis idaman, bukan mantan, rasanya akan sedikit berbeda.

Pirates of the Caribbean 4 tetap dengan efek-efek CGI yang memukau. Anda juga akan tetap terhibur dengan cerita serta konflik-konflik di dalamnya. Apalagi Johnny Depp juga terasa semakin menyatu dengan karakter Jack Sparrow dalam film ini. Bagaimana? Masih tertarik mengikuti petualangan sang kapten Black Pearl?

Pirates of the Caribbean 4
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram