bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Person Who Gives Happiness (2016)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 September 2021

Mendapatkan buah hati selumrahnya membuat wanita mana pun merasa bahagia. Namun ini tidak berlaku bagi Kim Ja Kyung. Dia justru menelantarkan anaknya. Di sisi lain, ada seorang wanita yang secara biologis belum pernah mengandung, justru punya kasih sayang yang luar biasa. Wanita tersebut adalah Im Eun Hee.

Kurang lebih begitu lah plot cerita dalam drama keluarga Person Who Gives Happiness yang tayang pada 2016 lalu. Drama ini disutradarai oleh duet maut antara Lee Sung Joon dan Park Seung Woo. Lee Sung Joon sudah berhasil lebih dulu menyutradari The Moon Embracing The Sun (2012) sementara Park Seung Woo sedang sibuk menggarap Kairos (2020).

Jumlah episode Person Who Gives Happiness cukup banyak, yaitu 118 episode. Ia berbeda dengan drama Korea kebanyakan. Walau begitu drama ini seru dan berkesan untuk disaksikan. Sebelum benar-benar mulai menontonnya, tidak ada salahnya untuk membaca sinopsis serta review berikut ini. Yuk!

Sinopsis

Sinopsis Person Who Gives Happiness
  • Tanggal Penayangan: 21 November 2016 – 12 Mei 2017
  • Genre: Keluarga, Drama
  • Jumlah Episode: 118 Episode
  • Pemain: Lee Yoon Ji, Son Seung Won, Jo Yeon Ho, Kim Mi Kyung, Lee Ha Yul, Ha Yun Joo
  • Sutradara: Lee Sung Joon, Park Seung Woo
  • Penulis: Park Ji Hyun
  • Jaringan Penayangan: MBC
  • Negara: Korea Selatan

Drama Korea ini bermula dengan kisah tiga orang ibu dan konfliknya masing-masing. Ibu pertama adalah Park Bok Ae (Kim Mi Kyung) yang egois tetapi selalu ingin memastikan hal-hal terbaik untuk anaknya. Sampai-sampai dia tidak peduli jika itu menyakiti orang lain.

Ibu kedua adalah Kim Ja Kyung (Ha Yeon Joo). Dia seorang aktris yang berhati dingin dan rela meninggalkan puteranya demi karir. Sementara ibu terakhir adalah Im Eun Hee (Lee Yoon Ji). Secara biologis, Eun Hee sebenarnya belum memiliki anak. Dia menjadi ibu setelah mengadopsi anak laki-laki yang ditelantarkan keluarganya. Anak laki-laki itu adalah Ha Yoon (Jo Yeon Ho).

Ha Yoon dirawat penuh kasih sayang oleh Eun Hee. Ha Yoon bahkan sempat menjalani operasi paru-paru serta jantung. Perjuangan yang dilakukan wanita tersebut untuk membesarkan Ha Yoon suatu ketika terganggu oleh kedatangan ibu kandung Ha Yoon yang berniat mengambil kembali anaknya.

Ha Yoon yang sudah berubah menjadi aktor cilik top dan bisa menghasilkan banyak uang, membuat ibu kandung dan keluarganya merasa memiliki bocah itu. Eun Hee sendiri tumbuh besar di sebuah panti asuhan. Semasa di panti dia harus berpisah dengan adik kandungnya bernama Im Eun A (Jo A In).

Masa lalu Eun Hee yang penuh perjuangan membentuknya jadi pribadi tangguh. Dia tahu rasanya ditelantarkan dan tanpa orangtua. Sehingga, kasih sayangnya kepada Ha Yoon terasa tulus.

Namun, kehadiran ibu kandung Ha Yoon yang serakah menjadi masalah tersendiri. Beruntung Eun Hee ditemani oleh Lee Gun Woo (Son Seung Won), lelaki yang tidak mempermasalahkan Ha Yoon dan status Eun Hee sebagai ibu angkatnya.

Lalu, bagaimana Eun Hee dapat berjuang mempertahankan dan melindungi Ha Yoon? Bisakah anak laki-laki tersebut tetap berada dalam pengasuhannya? Temukan jawaban dari pertanyaan Anda dengan menonton langsung Person Who Gives Happiness.

Drama Keluarga Penuh Konflik

Drama Keluarga Penuh Konflik

Konflik keluarga dalam drama Person Who Gives Happiness mengajarkan banyak hal pada para penontonnya. Terutama soal ketulusan dan kasih sayang yang tidak terikat pertalian darah. Eun Hee bukan ibu kandung Ha Yoon, tapi soal cinta, wanita itu tidak perlu diragukan lagi. Berbeda dengan ibu kandung serta pihak keluarganya.

Ha Yoon sendiri ditelantarkan oleh keluarga kandungnya sebab anak tersebut tidak diinginkan dan diperkirakan hanya akan membawa aib serta malu bagi keluarga. Apalagi ibu kandung Ha Yoon adalah seorang aktris terkenal.

Diceritakan bahwa pada mulanya Park Bok Ae (Kim Mi Kyung), nenek kandung Ha Yoon lah yang meminta Eun Hee merawat bayi yang dia ragukan sebagai cucunya. Setelah menjalani serangkaian tes DNA, baru diketahui bahwa Ha Yoon adalah cucunya. Bocah itu anak dari Seo Suk Jin (Lee Ha Yeul) dan Ja Kyung.

Menyaksikan Person Who Gives Happiness Anda akan dibuat iba oleh karakter Eun Hee. Gadis yang baik ini harus menerima perlakuan tidak adil dari keluarga kandung Ha Yoon. Setelah diminta menyerahkan Ha Yoon, Eun Hee diminta untuk menikah dengan Suk Jin.

Baca juga: Review & Sinopsis Be with You, Drama Keluarga Yang Mengharukan

Perebutan Anak dan Gambaran Kualitas Orang Dewasa

Perebutan Anak dan Gambaran Kualitas Orang Dewasa
*

Dari plot ceritanya, drama ini ingin memperlihatkan kualitas orang dewasa ketika berhadapan dengan harta. Dalam hal ini adalah Ha Yoon. Ha Yoon yang sudah sukses, membuat orang-orang dewasa di sekelilingnya bertambah serakah. Mereka berlomba mendapatkan Ha Yoon untuk kepuasaannya sendiri.

Keluarga kandung Ha Yoon memanfaatkan Eun Hee agar sekaligus bisa memanfaatkan anak tersebut. Sementara itu pihak keluarga Ja Kyung juga ingin mendapatkan Ha Yoon, sekalipun dengan cara-cara yang licik. Korban dalam drama ini bukan hanya Ha Yoon, melainkan juga Eun Hee.

Konflik seperti ini cukup sering dialami oleh banyak keluarga. Bukan dalam hal perebutan anak saja, melainkan perebutan harta. Keserakahan dan ketamakan membutakan mata mereka. Tidak peduli jika itu menyakiti manusia lainnya.

Kasih Sayang Ibu Angkat

Kasih Sayang Ibu Angkat

Pada umumnya karakter ibu kandung dalam drama Korea adalah sosok yang penuh kasih. Segala pengorbanannya membuat haru para pemirsa. Namun di drama ini ibu kandung justru digambarkan sebagai sosok yang antagonis. Ja Kyung sebagai ibu kandung Ha Yoon adalah sosok yang serakah dan hanya mementingkan dirinya sendiri.

Sebaliknya, Eun Hee yang merupakan ibu angkat, tidak mengandung dan melahirkan Ha Yoon justru memiliki kasih sayang yang bertingkat-tingkat. Perempuan itu merawat Ha Yoon dengan hati ikhlas. Hal ini turut dirasakan pula oleh Ha Yoon.

Terlihat dalam salah satu scene ketika Ha Yoon dan Eun Hee harus terpisah. Ha Yoon bersedih, begitu pula Eun Hee. Anda akan ikut merasakan kepedihan dan kerinduan Eun Hee pada Ha Yoon, juga sebaliknya.

Akting Para Pemain yang Berkualitas

Akting Para Pemain yang Berkualitas
*

Kemampuan akting yang dimiliki Lee Yoon Ji sudah teruji di banyak drama. Aktris ini sukses memerankan banyak karakter termasuk sebagai Eun Hee dalam Person Who Gives Happiness. Wajah yang sendu ditambah sorot mata dan akting yang memelas serta penuh kelembutan berhasil mengambil hati banyak penonton.

Keterlibatan Kim Mi Kyung, aktris senior dalam drama ini juga membuat cerita berjalan lebih natural, tidak dibuat-buat. Karakter nenek Ha Yoon yang serakah dan licik, mampu dibawakannya dengan sangat baik. Tidak lupa pula kemampuan akting Jo Yeon Ho, si aktor cilik berbakat yang tak kalah piawai berlakon sebagai Ha Yoon.

Selain tiga pemain tersebut, Person Who Gives Happiness juga didukung oleh aktor dan aktris lain. Sebut saja Son Seung Won yang sukses di drama Welcome to Waikiki (2018) dan Lee Ha Yul yang sudah membintangi beberapa drama seperti My Secret, Terrius (2018), Stranger 2 (2020) dan Search (2020).

Bagaimana? Apakah sudah tertarik dan penasaran dengan kisah Eun Hee dan Ha Yoon? Kalau begitu saksikan drama Person Who Gives Happiness segera ya! Anda bisa menonton drama ini bersama keluarga saat waktu senggang nanti!

Person Who Gives Happiness
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram