bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Pawn, Keluarga Bukan Hanya Ikatan Darah

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 September 2021

Film garapan sutradara Kang Dae Gyu berjudul Pawn siap menguras air mata Anda. Dibintangi oleh aktor senior Korea Selatan Sung Dong Il dan Kim Hae Won, film ini turut melibatkan aktris belia dengan kemampuan akting yang memukau. Dia adalah Park So Yi.

Bercerita tentang dua orang debt collector yang tanpa sengaja dititipi seorang gadis belia, Pawn sukses di pasaran. Di tengah pandemi yang masih menghantui Korea Selatan, film berdurasi 113 menit ini tetap meraih hasil memuaskan. Penasaran dengan Pawn? Simak lebih dulu sinopsis dan review-nya berikut ini yuk!

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Tayang: 29 September 2020
  • Pemain: Sung Dong Il, Kim Hee Won, Ha Ji Won, Yunjin Kim, Park So Yi
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Kang Dae Gyu
  • Penulis: Yoon Je Kyoon, Son Joo Yeon
  • Produser: Choi Joon Ho
  • Durasi: 113 menit
  • Negara: Korea Selatan

Pada tahun 1993, Doo Seok (Sung Dong Il) dan Jong Bae (Kim Hee Won) bekerja sekuat tenaga sebagai debt collector di Incheon. Keduanya tampak sangar dan tidak segan saat menagih hutang sebab mereka akan melakukan apa pun demi mendapatkan uang. Suatu ketika keduanya harus menagih hutang kepada Myung Ja (Kim Yunjin).

Tanpa berpikir apa pun, mereka pergi menemui Myung Ja. Namun, sesampainya di tempat, betapa mereka kebingungan sebab alih-alih membayar hutang, Myung Ja malah menyerahkan putrinya yang berusia 9 tahun bernama Seung Yi (Park So Yi) sebagai jaminan.

Belakangan diketahui bahwa Myung Ja adalah seorang imigran ilegal. Sebab masalah ini dia harus dideportasi dari Korea Selatan. Doo Seok dan Jong Bae berpikir bahwa tidak mungkin seorang ibu tega meninggalkan anaknya. Sehingga, mereka percaya ketika Myung Ja menyerahkan Seung Yi sebagai jaminan.

Namun yang terjadi selanjutnya justru membuat mereka tambah bingung. Pasalnya Myung Ja tidak pernah kembali untuk menjemput Seung Yi. Mendapati ada seorang anak perempuan bersama mereka, kedua lelaki penagih hutang itu sempat berpikir untuk mengirim Seung Yi jauh dari mereka.

Setelah berhasil mengirim Seung Yi menjauh, keduanya berubah pikiran. Mereka langsung mencari Seung Yi dan berbalik menyayangi gadis belia tersebut dalam waktu sekejap. Dengan kelebihan serta kekurangannya, Doo Seok dan Jong Bae merawat Seung Yi.

Beberapa tahun akhirnya sudah berlalu, Seung Yi (Ha Ji Won) pun tumbuh menjadi perempuan dewasa yang cantik. Dia tumbuh besar bersama dua lelaki dewasa yang baik hati. Bagaimana kelanjutan kisah mereka bertiga?

Keluarga Bukan Hanya Ikatan Darah

Pawn (2020) yang disutradari oleh Kang Dae Gyu mengajarkan sekaligus memperlihatkan pada kita bahwa keluarga bukan hanya soal ikatan darah. Kebaikan yang dilakukan Doo Seok dan Jong Bae kepada Seung Yi adalah sesuatu yang lumrahnya dilakukan oleh keluarga. Padahal kedua orang itu sama sekali tidak memiliki hubungan darah dengan sang gadis cilik.

Rasa tidak tega hingga akhirnya memutuskan untuk merawat Seung Yi, walau hidup mereka sendiri berat, adalah bentuk kasih sayang sebagai sesama manusia. Kekuatan kasih sayang yang ditunjukkan keduanya mengalahkan ikatan persaudaraan.

Meski pada awalnya mereka kebingungan dan memiliki niat untuk membuang Seung Yi, hati keduanya bergerak untuk merawatnya. Seung Yi yang semula juga menolak kehadiran Doo Seok perlahan mulai nyaman dengan lelaki itu. Begitu pun Seung Yi yang manis dengan mudah memikat hati mereka.

Sambutan Hangat di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19 yang menjangkiti Korea Selatan, kehadiran film baru seperti mustahil bisa meraih kesuksesan. Namun, Pawn (2020) mementahkan pernyataan tersebut. Film ini berhasil meraih angka penjualan tiket yang fantastis di tengah keadaan yang serba sulit.

Setidaknya sebanyak 1,5 juta tiket terjual di negara asalnya. Angka ini memasukkan Pawn dalam daftar box office Korea Selatan. Kualitas akting Song Dong Il yang sudah mumpuni menjadi salah satu daya tarik mengapa film ini bisa sukses di pasaran walau kondisi Korea Selatan belum membaik sepenuhnya.

Park So Yi yang Menarik Perhatian

Industri hiburan Korea Selatan patut berbangga dan tidak perlu khawatir dengan regenerasi aktor serta aktrisnya. Sebab mereka memiliki Park So Yi! Gadis belia kelahiran 2012 ini memiliki bakat akting yang luar biasa. Penampilannya sebagai Seung Yi di film Pawn benar-benar berhasil menarik perhatian.

Untuk mendapatkan perannya ini, Park So Yi harus lebih dulu mengikuti casting dan mengalahkan sekitar 300 peserta casting lain. Tidak heran jika aktingnya sangat prima. Selain itu aktris cilik ini diketahui sudah beberapa kali terlibat dalam drama atau film.

Beberapa drama yang pernah dia bintangi antara lain Ms. Hammurabi (2018), Her Private Life (2019), dan Do Do Sol Sol La La Sol (2020). Sedangkan untuk judul film, sebelum Pawn Park So Yi pernah ikut memainkan sebuah peran di Deliver Us From Evil (2020) dan Spring, Again (2019).

Film Drama yang Menghangatkan Hati

Film-film yang melibatkan anak kecil sebagai salah satu karakter utamanya, dijamin akan membuat hati merasa hangat. Termasuk Pawn ini. Interaksi menggemaskan antara tiap karakternya, hubungan mengharukan antara gadis cilik dan lelaki paruh baya serta ketulusan hati berbagi kasih sayang walau bukan keluarga sangat menyentuh.

Jika Anda menyukai film dengan jalan cerita yang menghangatkan, Pawn sangat bisa dijadikan pilihan. Setiap adegan yang memperlihatkan perjuangan Doo Seok dan Jong Bae merawat serta membesarkan Seung Yi, dijamin mampu membuat Anda banjir air mata.

Seung Yi yang lambat laun menganggap Doo Seok sebagai ayahnya, hingga gadis tersebut tumbuh dewasa memperlihatkan bahwa kasih sayang yang tulus akan berbuah manis. Belum lagi karakter Jong Bae yang cenderung keras, perlahan bisa berubah jadi lembut berkat kehadiran Seung Yi. Hal-hal semacam itu benar-benar takternilai.

Chemistry Kuat Antar Karakter

Film Pawn (2020) tidak banyak melibatkan aktor maupun aktris. Jalan cerita film ini berada di sekeliling Doo Seok, Jong Bae dan Seung Yi. Akan tetapi, jangan ragukan kualitas chemistry antara mereka bertiga. Sung Dong Il yang sudah malang-melintang di dunia tidak menonjolkan diri sendiri

Bersama Kim Hee Woon yang biasa berperan antagonis dalam beberapa film, aktor senior tersebut sangat luwes berperan sebagai seorang penagih hutang yang sangar. Kehadiran aktris cilik di tengah-tengah dua aktor senior itu juga sangat pas. Park So Yi sama sekali tidak memperlihatkan kecanggungan dalam beradu akting dengan dua seniornya tersebut.

Sung Dong Il dan Kim Hee Won sendiri sebelumnya diketahui pernah terlibat dalam sebuah variety show berjudul House on Wheels. Selama beberapa lama mereka berdua, bersama Yeo Jin Goo, harus tinggal di dalam sebuah mobil. Kebersamaan ini rasanya turut membangun chemistry antara mereka berdua.

Pawn (2020) dan cerita di dalamnya, berikut akting para pemain yang terlibat, menjadi sebuah tontonan yang bisa disaksikan bersama keluarga. Film ini mengajarkan banyak hal tanpa terasa menggurui. Bagaimana pun keadaannya, kebaikan serta ketulusan adalah mata uang yang dapat “membeli” hati sekeras apa pun. Tertarik untuk menontonnya? Yuk segera!

Pawn
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram