bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Ozark S1, Pencucian Uang Kartel Narkoba

Kejahatan nggak selalu tentang pembunuhan atau perampokan. Ada satu kejahatan yang sangat terstruktur dan membutuhkan keterampilan khusus; pencucian uang. Kegiatan pencucian uang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang menghindari pajak, atau mereka yang mendapatkan uang dari cara-cara yang melanggar hukum.

Para pelaku pencucian uang akan membutuhkan bantuan untuk melakukan aksinya. Kegiatan pencucian uang nggak bisa dilakukan sembarangan, harus sosok ahli seperti penasihat keuangan yang melakukannya. Lantas apa resikonya kalau seorang penasihat keuangan melakukan pencucian uang untuk kartel narkoba? Simak sinopsis dan review Ozark S1 yuk!

Sinopsis

ozark-s1-2_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Crime, drama
  • Produksi: Media Rights Capital, Aggregate Films, Zero Gravity Management, Headhunter Films, Man Woman & Childs Productions
  • Sutradara: Bill Dubuque, Mark Williams
  • Pemain: Jason Bateman, Laura Linney, Sofie Hublitz, Julia Garner, Charlie Tahan
  • Episode: 10

Martin 'Marty' Byrde adalah seorang penasihat keuangan. Ia mempunyai istri bernama Wendy, seorang konsultan hubungan masyarakat dalam kampanye politik, yang kemudian memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. Mereka punya dua orang anak yang beranjak remaja, Charlotte dan Jonah.

Marty dan rekannya, Bruce, sudah lama melakukan pencucian uang untuk kartel narkoba Mexico. Dalam sebuah operasi, Bruce dan pemilik perusahaan truk berkhianat dengan menggelapkan truk berisi uang $8 juta. Del, klien Marty, memberikan perintah untuk membunuh Bruce sekeluarga ditambah keluarga pemilik perusahaan truk.

Demi menyelamatkan dirinya sendiri dan keluarga, Marty meyakinkan kliennya kalau Ozark adalah wilayah yang potensial untuk melakukan pencucian uang. Ia berjanji akan mencuci $500 juta dalam 5 tahun kalau ia dibiarkan hidup. Del memberi waktu beberapa hari agar Marty mengganti $8 juta yang dicuri Bruce.

Marty menggunakan aset pribadinya untuk mengganti $8 juta dan menutup semua rekening perusahaan. Del meminta Marty untuk memindahkan keluarganya ke Ozark dan membuktikan klaimnya dengan mencuci $8juta dalam 3 bulan.

Wendy ternyata punya rencana buruk dengan selingkuhannya, Gary 'Sugarwood' Silverberg. Del membunuh Sugarwood sebagai peringatan agar Wendy tetap bersama keluarganya.

Marty sekeluarga bergerak cepat dan segera pindah ke Ozark. Untuk sementara, mereka menginap di hotel. Marty mencari bisnis lokal sebagai sarana untuk mencuci uang, sementara Wendy pergi berburu rumah.

Charlotte dan Jonah mengabaikan perintah untuk menjaga kamar hotel. Mereka nggak tahu, bahaya apa yang akan mengancam mereka.

Keluarga Langmore, penjahat lokal yang bekerja di hotel itu berhasil mencuri uang $8 dari kamar Marty. Marty bertaruh nyawa demi merebut kembali uang itu dari Ruth Wyatt dan keluarga Langmore yang lain.

Sementara itu, FBI menemukan jejak pembunuhan Bruce dan orang lain yang terbunuh bersamanya. Kini, yang mengawasi Marty bukan cuma kartel, tapi juga FBI.

FBI curiga kalau Marty terlibat. Apalagi kepindahan Marty dan keluarga dari Chicago terbilang mendadak. Agen Roy Patty pergi ke Ozark untuk mengusut. Dilanda kebingungan, Marty sempat berpikir untuk bunuh diri. Dengan begitu istri dan anak-anaknya bisa mendapatkan uang asuransi lalu melarikan diri. Bagaimanapun, dia adalah kepala keluarga.

Marty berubah pikiran ketika dia melihat Blue Cat Lodge. Marty melihat kalau restoran bisa jadi tempat yang tepat untuk melakukan pencucian uang.  Marty sekeluarga akhirnya pindah sebuah rumah. Agen FBI, Trevor Evans, yang juga mantan pacar agen Roy, diperintahkan untuk mendekati keluarga Marty.

Setelah pindah Marty memberi tahu anak-anaknya tentang alasan sebenarnya kepindahan mereka ke Ozark. Wendy mendapat pekerjaan di perusahaan broker real estate. Marty memulai aktivitasnya di Blue Cat. Ruth menekan Marty untuk mempekerjakannya sebagai tukang cuci piring di sana.

Ruth memberi tahu keluarga Langmore kalau dia ingin mempelajari operasi pencucian uang yang dijalankan Marty. Setelah itu, dia akan membunuh Marty dan mengambil uangnya. Bagaimana nasib Marty dan keluarganya? Apakah dia berhasil melakukan pencucian uang di Ozark seperti yang dia janjikan kepada kartel Mexico?

Cerita yang Terstruktur

ozark-s1-3_

Serial ini mengangkat tema tentang kejahatan luar biasa. Kejahatan yang terjadi di industi keuangan dan membutuhkan seorang penasihat keuangan untuk melakukannya. Terkesan rumit untuk orang awam, tapi ternyata nggak demikian. Ceritanya disusun sangat terstruktur, sehingga para awam nggak akan kesulitan untuk mengikuti alurnya.

Kalau kamu tertarik menyimak topik keuangan, mungkin kamu akan betah menonton serial ini sampai akhir. Nggak cuma menyajikan cerita yang seru dan mendebarkan, serial ini juga memberi gambaran bagaimana pencucian uang dilakukan. Minimal, setelah menonton serial ini sampai tamat, kamu nggak akan bingung lagi kalau mendengar kata money laundry.

Ada adegan di mana Marty memberi tahu anak-anaknya tentang pencucian uang yang ia lakukan. Ditambah, Jonah, putra Marty yang berusia 13 tahun mempelajari lebih dalam tentang pencucian uang yang dilakukan Marty. Nggak cuma Jonah, Ruth yang digambarkan awam juga mempelajari cara Marty melakukan operasi pencucian uang melalui Blue Cat.

Tempo Naik Turun

ozark-s1-4_

Meski mengusung genre crime yang bertemakan kejahatan, serial ini nggak terlalu banyak menampilkan adegan brutal. Tetap ada, tapi nggak sebanyak film aksi yang penuh kejar-kejaran, atau tembak-tembakan. Dapat dimaklumi mengingat kejahatan di serial ini lebih banyak memerlukan intelektual daripada aksi-aksi brutal.

Tempo serial ini naik turun. Di episode pertama, kita langsung digebrak. Adegan ketika Del menemukan pengkhianat dan mengambil tindakan, cukup memberikan hook yang menarik. Sisanya, tempo menurun. Kita lebih banyak disuguhi adegan Marty yang berusaha menebus kesalahan demi dibiarkan hidup.

Secara sinematografi, hal yang patut diapresiasi adalah keberhasilannya menampilkan suasana mencekam tanpa aksi yang terlalu brutal. Terutama adegan yang menampilkan Del, yang diperankan oleh Esai Morales. Esai berhasil menghidupkan sosok mafia yang penuh wibawa. Dia bisa terlihat kalem sekaligus kejam di waktu yang sama.

Pembagian Peran

ozark-s1-5_

Satu hal yang menarik dalam serial ini adalah pembagian perannya. Marty sebagai karakter utama, harus berhadapan dengan penjahat lokal seperti keluarga Langmore, dan kartel narkoba. Ditambah, Marty juga sudah menjadi target FBI. Pembagian karakter itu menjadi menarik, karena Marty sebenarnya adalah orang biasa.

Marty bukan penjahat kelas kakap keji yang bisa menghabisi semua lawannya dengan mudah. Ia hanyalah seorang penasihat keuangan, seperti mas-mas yang biasa kita temui lalu-lalang di SCBD. Kali ini, dia harus berhubungan dengan kartel narkoba Meksiko yang terkenal kejam. Ditambah, ia juga harus mendapat gangguan dari kelompok penjahat lokal.

Jason Bateman berhasil menghidupkan karakter Marty Byrde. Ketika kamu menonton, nggak akan butuh waktu lama untuk bersimpati pada sosok Marty. Sosoknya yang terkesan lemah di antara kelompok penjahat lokal dan kartel narkoba yang mengelilinginya, membuat kita berharap kalau Marty bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Kalau kamu butuh hiburan yang mudah dipahami tapi tetap merangsang untuk berpikir, Ozark S1 bisa jadi pilihan menarik. Dengan durasi sekitar 50-an menit di setiap episodenya, serial ini terasa pas.

Apalagi kalau kamu memang tertarik sama industri keuangan. Ada rekomendasi tontonan yang mengambil latar industri keuangan? Tulis di kolom komentar yuk!

Ozark S1
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram