Sinopsis & Review Our Friend, Persahabatan dan Kanker

Ditulis oleh Dhany Wahyudi
Our Friend
3.2
/5

Mendapat kabar Nicole menderita kanker, Dane segera memberikan bantuan tenaga dan waktunya kepada keluarga Matt dan Nicole. Dane dengan sabar mengasuh kedua putri mereka, menenangkan situasi yang panas dalam keluarga, meskipun dia sendiri memiliki masalah pribadi yang cukup besar. Apa yang Dane dapatkan dari pengalamannya bersama keluarga ini?

Our Friend adalah film drama yang diambil dari kisah nyata tentang pergulatan hidup Nicole dan keluarganya dalam menghadapi penyakit kanker yang juga memengaruhi kehidupan sahabat mereka. Sumber cerita film ini berasal dari artikel karya Matthew Teague yang dimuat di majalah Esquire dengan judul The Friend: Love Is Not a Big Enough World.

Mengalami penundaan rilis cukup lama setelah tayang perdana di Toronto International Film Festival pada 6 September 2019 karena pandemi Covid-19, pergantian distributor yang akhirnya dipegang oleh Roadside Attractions dan Gravitas Ventures kemudian merilisnya pada 29 Januari 2021 secara luas di lebih dari 818 bioskop Amerika Utara.

Film dengan kisah tentang perjuangan penderita kanker biasanya mampu menguras air mata kita. Apakah film ini juga bisa mengaduk emosi kita? Simak review kami berikut ini untuk mengetahuinya.

Sinopsis

Sinopsis ini ditampilkan secara kronologis, sedangkan di dalam film dibuat non-linear.

New Orleans, 2000. Nicole adalah seorang aktris panggung terkenal. Matt dan Nicole mengenal Dane yang saat itu adalah salah satu kru panggung yang dekat dengan Nicole dan baru tahu jika Nicole sudah menikah dengan Matt yang sedang mencoba mengembangkan karirnya dari penulis komik menjadi seorang jurnalis.

Malam itu, Matt menerima telepon dari sebuah surat kabar besar di Atlanta untuk sesi wawancara dan langsung berangkat saat itu juga.

Musim panas, 2008. Matt sudah menjadi jurnalis perang dan sedang meliput berita di Pakistan. Dia mengabari Nicole jika sebentar lagi dia akan pulang dan setelah itu berangkat lagi ke Libya untuk tugas berikutnya.

Setelah makan malam, rekannya mengajak Matt untuk menginap di kamarnya, tapi Matt menolak dengan halus. Nicole lebih banyak ditemani Dane selama Matt jauh darinya.

Musim gugur, 2010. Teman-teman Matt dan Nicole membuat lelucon tentang Dane saat pesta di rumah mereka. Matt dan Nicole membela Dane, tetapi teman-teman mereka malah semakin mengejeknya. Dane yang sedang galau dengan kehidupannya, memutuskan untuk melakukan hiking ke Grand Canyon sendirian.

Secara tidak sengaja, Dane bertemu pendaki lain bernama Teresa di pegunungan yang perbincangan mereka membuatnya menemukan jalan hidupnya kembali. Dane lalu kembali ke mobil dan menangis ketika menerima banyak pesan suara dari Matt sekeluarga.

Musim dingin, 2011. Saat hendak memesan tiket pesawat di laptop, Matt tidak sengaja melihat chat Nicole. Menanyakan kepastian, ternyata Nicole selingkuh dengan Peter, pimpinan teater.

Matt marah dan pergi dari rumah. Dane mendatangi hotel tempat Matt menginap dan menjemputnya pulang untuk berbaikan dengan Nicole. Mereka pun berjanji untuk rukun kembali dan saling mencintai.

Desember, 2012. Nicole didiagnosa menderita kanker dan Matt menjaganya di rumah sakit, sementara Dane sudah menjalin hubungan cinta yang serius dengan Kat. Sepulang kerja, Dane membantu mengurus rumah Matt selama dia di rumah sakit, termasuk mengurus kematian anjing peliharaan mereka.

Musim semi, 2013. Nicole ingin selalu tampil sehat di depan orang tuanya yang sedang berkunjung. Dane dan Kat putus karena komitmen Dane kepada keluarga Matt lebih besar dari cintanya kepada Kat. Kemoterapi Nicole gagal dan kanker menjadi semakin parah. Nicole menyusun bucket list yang satu persatu coba diwujudkan oleh Matt dan Dane.

Musim gugur, 2013. Nicole merasa semakin sakit dan terkadang tidak sadar akan tindakannya. Setelah pesta Halloween, Nicole hendak mengajarkan Molly menyetrika, tetapi justru melukai tangan Molly. Matt dan Nicole memutuskan untuk memberi tahu kedua putri mereka tentang penyakit kanker yang diderita Nicole secara jujur, termasuk kemungkinan besar ajalnya sudah dekat.

Musim panas, 2014. Nicole semakin sakit dan mulai sering tidak sadarkan diri. Dia juga mulai merasa tertekan dan seringkali terpancing emosinya. Suatu hari, Matt dan Dane hiking untuk melepaskan lelah dan saling berbicara hati ke hati sesama pria. Kemudian Matt mendatangkan seorang perawat bagi Nicole di rumah.

Menjelang saat-saat terakhirnya, Matt membawa Nicole ke tempat-tempat yang dia sukai. Tiba harinya, Matt dan Dane harus rela melepas kepergian Nicole. Pemakaman Nicole dihadiri oleh seluruh keluarga dan teman-teman mereka. Matt memberikan surat-surat Nicole kepada kedua putrinya, sementara Dane terus mengurung diri di kamarnya sejak Nicole wafat.

Matt mulai menulis kisah Nicole yang berubah menjadi kisah persahabatan mereka dengan Dane. Setelah Dane membaca artikel Matt, dia mulai berbenah dan menjalani hidupnya kembali. Mereka berpisah karena Dane harus kembali ke New Orleans.

Mengisahkan Kanker dalam Bingkai Realita

Film-film bertema penderita kanker memang selalu bisa menguras emosi dan menumpahkan air mata. Sebut saja salah satunya, My Sister’s Keepers (2009).

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram