Sinopsis & Review Drama Korea Our Beloved Summer

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Our Beloved Summer
3.6
/5

Bertemu dengan mantan setelah lima tahun bukan sesuatu yang menyenangkan bagi Choi Ung. Apalagi hubungannya dengan Yeon Su, sang mantan, diawali dengan pertengkaran-pertengkaran antara murid terpintar dengan murid berperingkat paling bontot di sekolah. Disatukan dalam sebuah projek film dokumenter, mereka akhirnya terpaksa sering berdekatan.

Bagi Da Mi, Our Beloved Summer (2021) adalah drama keduanya setelah Itaewon Class (2021), sementara bagi Woo Shik yang sudah berkarir sejak 2011, ini adalah drama terbarunya setelah 2017 lalu. Dari dua episode pertamanya, cerita Our Beloved Summer (2021) menjanjikan sesuatu yang lucu dan manis. Penasaran dengan kelanjutannya?

Sinopsis

Kook Yeon Su adalah murid paling pintar di sekolah, sedangkan Choi Ung sebaliknya. Tidak ada alasan bagi mereka untuk berteman karena keduanya punya kepribadian yang berseberangan.

Namun, sebuah film dokumenter dibuat untuk melihat interaksi dua murid yang sangat berbeda dari segi prestasi tersebut. Mau tidak mau, keduanya jadi sering dekat, walau sering juga bertengkar. Seperti apa kelanjutan cerita keduanya? 

Episode 1-2

Our Beloved Summer Ep 1-2

Kook Yeon Su dan Choi Ung adalah dua murid SMA yang jauh berbeda, terutama dalam segi peringkat di sekolah. Yeon Su merupakan murid unggulan sedangkan Choi Ung selalu berada di posisi bontot.

Seorang sutradara film dokumenter ingin mengetahui bagaimana jika dua murid itu menghabiskan waktu bersama-sama. Hasilnya selama sebulan Yeon Su dan Choi Ung duduk bersebelahan di kelas dan terlibat dalam kegiatan sekolah bersama-sama.

Choi Ung semula berpikir mereka bisa menjadi teman, tapi Yeon Su terlalu ketus dan dingin. Mereka berdua tak pernah akur. Sepuluh tahun berlalu Yeon Su bekerja di bidang periklanan.

Hidupnya yang dia kira akan lancar karena merasa pintar ternyata cukup berat. Choi Ung sendiri kini menjadi ilustrator terkenal yang misterius. Karyanya semakin dikenal publik karena NJ, seorang public figure membelinya.

Untuk urusan pekerjaan, Yeon Su harus bertemu ilustrator bernama Ko-o. Dia dan tim kesulitan karena Ko-o menyembunyikan identitasnya.

Di tempat berbeda, Park Dong Il, pembuat dokumenter Yeon Su dan Choi Ung sepuluh tahun lalu berencana membuat lanjutan dokumenter tentang mereka sebab film dokumenter yang dulu ternyata kini viral di masyarakat. Namun, Kang Ji Ung, sutradara sekaligus teman dekat Choi Ung merasa itu tidak mungkin.

Hubungan Yeon Su dan Choi Ung bagai kucing dan anjing, mereka ada di antara cinta dan benci. Keduanya ternyata sempat menjalin hubungan selama lima tahun. Yeon Su dan Choi Ung juga pernah sangat saling menyakiti sehingga tak mungkin mempertemukan mereka lagi.

Hari itu tanpa Ung duga, Yeon Su datang ke rumahnya untuk menawari pekerjaan bersama Seon Shop. Gadis itu rupanya tahu kalau Ko-o adalah Choi Ung. Reaksi Ung kekanakan. Dia masih menyimpan sakit hati padahal mereka sudah putus 5 tahun lalu, sedangkan Yeon Su berusaha profesional.

Ung menolak kerjasama yang ditawarkan Yeon Su tanpa melihat proposalnya lebih dulu. Sang manajer, Eun Ho menyayangkan keputusan Ung karena bangunan Seon Shop yang akan dibuka itu merupakan karya arsitektur idola Ung.

Yeon Su kadung putus asa mendapatkan Ung tapi kepala bagian pemasaran Seon Shop, Jang Do Yul, yang terkenal dingin tidak mau tahu. Yeon Su harus profesional.

Di tempat lain, Kim Ji Ung kembali melihat-lihat mentahan video dokumenter Yeon Su dan Ung saat sekolah dulu. Dia memutuskan bersedia menerima tugas dari Dong Il untuk menyutradarai dokumenter lanjutan kisah Yeon Su dan Choi Ung.

Episode 3-4

our be loved summer ep 3-4_

Rencana Ji Ung untuk membuat dokumenter Ung dan Yeon Su ditanggapi pesimis oleh Eun Ho. Keduanya lalu mengingat 'kehancuran' Ung pasca putus dari Yeon Su dan mereka tak ingin hal itu terulang lagi. Ung sendiri terlihat kesal karena proyek yang ditawarkan untuknya diberikan pada ilustrasi lain bernama Nu-A.

Di tempat berbeda Ji Ung berusaha membujuk Yeon Su agar setuju untuk membuat dokumenter mereka. Putus dengan Yeon Su seperti meninggalkan luka yang serius untuk Ung, terutama karena Yeon Su tidak memberi alasan yang pasti. Selama berbulan-bulan dia melakukan hal yang dibenci Yeon Su.

Belakangan, mereka jadi sering bertemu. Ung gelisah karena merasa harus mengalahkan Yeon Su. Kemudian, dia menerima tawaran kerja dari Yeon Su dan membuat gadis itu tak habis pikir.

Secara mengejutkan Ung juga setuju membuat dokumenter itu. Yeon Su terlihat baik-baik saja dan dingin setelah putus, seolah Ung tidak penting. Namun, siapa sangka, saat sendirian, Yeon Su menangisinya.

Keduanya setuju untuk membuat dokumenter tapi dengan beberapa syarat, terutama tidak boleh merekam hal yang privasi. Ji Ung tidak mendapat bantuan tim kreatif sehingga konten dokumenternya terasa monoton.

Idenya untuk mempertemukan Ung dan Yeon Su malah berantakan karena kedua orang itu kembali bertengkar. Setelah pertengkaran tersebut, mereka diam-diam merasa bersalah.

Di sisi lain Nu-A dengan percaya diri mengatakan pada media kalau Ko-o atau Ung memang plagiat dan terinspirasi darinya. Ung tidak meladeni serta melarang Eun Ho membuat klarifikasi apa pun. Ketika bertemu dengan Do Yul dan Yeon Su terkait proyek bersama Soen Shop, hal itu kembali dibahas Do Yul.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram