bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Korea Our Beloved Summer

Bertemu dengan mantan setelah lima tahun bukan sesuatu yang menyenangkan bagi Choi Ung. Apalagi hubungannya dengan Yeon Su, sang mantan, diawali dengan pertengkaran-pertengkaran antara murid terpintar dengan murid berperingkat paling bontot di sekolah. Disatukan dalam sebuah projek film dokumenter, mereka akhirnya terpaksa sering berdekatan.

Bagi Da Mi, Our Beloved Summer (2021) adalah drama keduanya setelah Itaewon Class (2021), sementara bagi Woo Shik yang sudah berkarir sejak 2011, ini adalah drama terbarunya setelah 2017 lalu. Dari dua episode pertamanya, cerita Our Beloved Summer (2021) menjanjikan sesuatu yang lucu dan manis. Penasaran dengan kelanjutannya?

Sinopsis

Kook Yeon Su adalah murid paling pintar di sekolah, sedangkan Choi Ung sebaliknya. Tidak ada alasan bagi mereka untuk berteman karena keduanya punya kepribadian yang berseberangan.

Namun, sebuah film dokumenter dibuat untuk melihat interaksi dua murid yang sangat berbeda dari segi prestasi tersebut. Mau tidak mau, keduanya jadi sering dekat, walau sering juga bertengkar. Seperti apa kelanjutan cerita keduanya? 

Episode 1-2

Our Beloved Summer Ep 1-2

Kook Yeon Su dan Choi Ung adalah dua murid SMA yang jauh berbeda, terutama dalam segi peringkat di sekolah. Yeon Su merupakan murid unggulan sedangkan Choi Ung selalu berada di posisi bontot.

Seorang sutradara film dokumenter ingin mengetahui bagaimana jika dua murid itu menghabiskan waktu bersama-sama. Hasilnya selama sebulan Yeon Su dan Choi Ung duduk bersebelahan di kelas dan terlibat dalam kegiatan sekolah bersama-sama.

Choi Ung semula berpikir mereka bisa menjadi teman, tapi Yeon Su terlalu ketus dan dingin. Mereka berdua tak pernah akur. Sepuluh tahun berlalu Yeon Su bekerja di bidang periklanan.

Hidupnya yang dia kira akan lancar karena merasa pintar ternyata cukup berat. Choi Ung sendiri kini menjadi ilustrator terkenal yang misterius. Karyanya semakin dikenal publik karena NJ, seorang public figure membelinya.

Untuk urusan pekerjaan, Yeon Su harus bertemu ilustrator bernama Ko-o. Dia dan tim kesulitan karena Ko-o menyembunyikan identitasnya.

Di tempat berbeda, Park Dong Il, pembuat dokumenter Yeon Su dan Choi Ung sepuluh tahun lalu berencana membuat lanjutan dokumenter tentang mereka sebab film dokumenter yang dulu ternyata kini viral di masyarakat. Namun, Kang Ji Ung, sutradara sekaligus teman dekat Choi Ung merasa itu tidak mungkin.

Hubungan Yeon Su dan Choi Ung bagai kucing dan anjing, mereka ada di antara cinta dan benci. Keduanya ternyata sempat menjalin hubungan selama lima tahun. Yeon Su dan Choi Ung juga pernah sangat saling menyakiti sehingga tak mungkin mempertemukan mereka lagi.

Hari itu tanpa Ung duga, Yeon Su datang ke rumahnya untuk menawari pekerjaan bersama Seon Shop. Gadis itu rupanya tahu kalau Ko-o adalah Choi Ung. Reaksi Ung kekanakan. Dia masih menyimpan sakit hati padahal mereka sudah putus 5 tahun lalu, sedangkan Yeon Su berusaha profesional.

Ung menolak kerjasama yang ditawarkan Yeon Su tanpa melihat proposalnya lebih dulu. Sang manajer, Eun Ho menyayangkan keputusan Ung karena bangunan Seon Shop yang akan dibuka itu merupakan karya arsitektur idola Ung.

Yeon Su kadung putus asa mendapatkan Ung tapi kepala bagian pemasaran Seon Shop, Jang Do Yul, yang terkenal dingin tidak mau tahu. Yeon Su harus profesional.

Di tempat lain, Kim Ji Ung kembali melihat-lihat mentahan video dokumenter Yeon Su dan Ung saat sekolah dulu. Dia memutuskan bersedia menerima tugas dari Dong Il untuk menyutradarai dokumenter lanjutan kisah Yeon Su dan Choi Ung.

Episode 3-4

our be loved summer ep 3-4_

Rencana Ji Ung untuk membuat dokumenter Ung dan Yeon Su ditanggapi pesimis oleh Eun Ho. Keduanya lalu mengingat 'kehancuran' Ung pasca putus dari Yeon Su dan mereka tak ingin hal itu terulang lagi. Ung sendiri terlihat kesal karena proyek yang ditawarkan untuknya diberikan pada ilustrasi lain bernama Nu-A.

Di tempat berbeda Ji Ung berusaha membujuk Yeon Su agar setuju untuk membuat dokumenter mereka. Putus dengan Yeon Su seperti meninggalkan luka yang serius untuk Ung, terutama karena Yeon Su tidak memberi alasan yang pasti. Selama berbulan-bulan dia melakukan hal yang dibenci Yeon Su.

Belakangan, mereka jadi sering bertemu. Ung gelisah karena merasa harus mengalahkan Yeon Su. Kemudian, dia menerima tawaran kerja dari Yeon Su dan membuat gadis itu tak habis pikir.

Secara mengejutkan Ung juga setuju membuat dokumenter itu. Yeon Su terlihat baik-baik saja dan dingin setelah putus, seolah Ung tidak penting. Namun, siapa sangka, saat sendirian, Yeon Su menangisinya.

Keduanya setuju untuk membuat dokumenter tapi dengan beberapa syarat, terutama tidak boleh merekam hal yang privasi. Ji Ung tidak mendapat bantuan tim kreatif sehingga konten dokumenternya terasa monoton.

Idenya untuk mempertemukan Ung dan Yeon Su malah berantakan karena kedua orang itu kembali bertengkar. Setelah pertengkaran tersebut, mereka diam-diam merasa bersalah.

Di sisi lain Nu-A dengan percaya diri mengatakan pada media kalau Ko-o atau Ung memang plagiat dan terinspirasi darinya. Ung tidak meladeni serta melarang Eun Ho membuat klarifikasi apa pun. Ketika bertemu dengan Do Yul dan Yeon Su terkait proyek bersama Soen Shop, hal itu kembali dibahas Do Yul.

Ung dengan tegas menjelaskan dirinya tidak memplagiasi. Merasa tak enak sudah bertanya hal sensitif, Do Yul mengundang Ung ke pesta yang diadakan Soen Shop.

Tanpa diduga di sana dia bertemu Nu-A. Ung tidak terprovokasi tapi saat tahu kalau dia dan Nu-A akan berkolaborasi tanpa seizinnya, pemuda itu marah dan kecewa. Sekali lagi Ung merasa Yeon Su menghancurkannya.

Episode 5-6

our be loved summer ep 5-6_

Kemarahan Ung pada Yeon Su membuat Ji Ung merasa perlu bicara. Menurutnya, Ung tak perlu semarah itu karena dia pasti tahu Yeon Su tidak mungkin melakukannya. Ung hanya melampiaskan emosi pribadi.

Ji Ung mengenal Ung sudah sejak anak-anak. Keadaan Ung yang menurutnya lebih sempurna karena punya keluarga utuh dan bahagia membuat Ji Ung iri.

Namun di sisi lain, Ji Ung merasa Ung tidak sebahagia itu dan Ung juga tidak sesedih itu. Persis seperti dirinya. Ung sama sekali tidak tertarik dengan urusan duniawi, sampai dia bertemu Yeon Su, gadis yang diam-diam Ji Ung juga sukai.

Yeon Su dan Ung bertemu tanpa sengaja di kedai Lee Sol Yi. Yeon Su merasa sikap Ung berubah, tidak sedramatis biasanya. Ung tampak biasa-biasa saja, dia juga tidak segan minta maaf lebih dulu karena kejadian kemarin. Ung pun bersedia menerima proyek bersama Nu-A. Namun, hal yang harusnya melegakan ini justru membuat Yeon Su gelisah.

Untuk proyek Soen Shop, Ung akan melukis selama 100 jam, dan 5 jam terakhir akan dilakukan secara live saat pembukaan. Yeon Su mengkhawatirkannya tapi masih menyangkal. 

Hingga di malam terakhir dia tak bisa lagi menahan diri untuk melihat keadaan Ung. Membawakan teh untuk Ung, Yeon Su masih gengsi memperlihatkan kekhawatirannya. Ketika akan pamit pulang secara mengejutkan Ung meminta Yeon Su menginap.

Permintaan Ung untuk menginap membuat Yeon Su mengingat alasan dia memutuskan Ung. Terlahir dari keluarga miskin Yeon Su penuh rasa rendah diri. Untuk itu dia memilih membatasi diri dari teman-teman dan bersikap dingin, sampai akhirnya dia bertemu Ung.

Ung membuat Yeon Su dapat menutup mata dari kenyataan yang perih untuk sementara. Meski begitu, Yeon Su tetap tidak bisa menyembunyikan mimpi-mimpinya yang sederhana, hingga lama-lama dia khawatir Ung akan mengetahui rasa rendah diri yang dia miliki.

Yeon Su merasa Ung dan dirinya punya kehidupan yang jauh berbeda. Ung selalu santai dan tidak punya ambisi sedangkan dia mau tidak mau harus bekerja keras dan punya banyak rencana untuk sekadar berkecukupan.

Hari itu Ung bangun dengan perasaan segar. Dia bingung mengapa tidurnya sangat nyenyak. Dia tidak ingat pasti apakah Yeon Su semalam datang sungguhan atau datang di mimpi. Hari peluncuran Soen Shop tiba. Kedua orang tua Ung datang dan berpapasan dengan Yeon Su saat akan pulang.

Sebelum berpisah, ibu Ung mengatakan bahwa pasca putus dari Yeon Su, Ung sangat menderita. Yeon Su terus mengingat perkataan ibu Ung. Selesai melukis Ung terlihat hendak menghampiri Yeon Su, tapi NJ tiba-tiba datang memberi bunga. Ji Ung melihat reaksi Yeon Su dan dapat merasakan, bahwa gadis itu masih menyukai Ung.

Pulang ke rumah, Yeon Su kaget karena Ung sudah ada di sana. Ung memastikan apakah semalam Yeon Su datang ke rumah atau tidak. Ung mulai yakin bahwa kehadiran Yeon Su semalam bukan mimpi, tapi Yeon Su mengatakan sebaliknya.

Melihat Yeon Su seperti itu Ung bingung sekaligus kecewa. Yeon Su sendiri akhirnya mengakui alasannya memutuskan Ung adalah karena keangkuhan, keangkuhan bahwa dia bisa hidup tanpanya.

Episode 7-8

Episode 7-8

Setelah ketahuan menangis di depan masing-masing, Ung dan Yeon Su kembali saling menghindari. Esok harinya mereka kabur dari syuting. Namun, keduanya malah bertemu di perpustakaan. Ung mengajak Yeon Su makan di kedai kedua orangtuanya. Dia disambut dengan hangat.

Sikap Yeon Su yang seolah biasa saja, tidak memiliki beban apa pun, membuat Ung merasa bodoh sendiri dan muak. Yeon Su kesal karena Ung marah seenaknya. Saat hendak mencari Ung, yang dia temukan malah kedekatan Ung dan NJ yang tampak akrab.

Ji Ung dibantu tim kreatif senior, Lee Min Kyung, berencana "menculik" keduanya untuk syuting, berlibur di satu tempat selama beberapa hari. Di sana keadaan Yeon Su dan Ung pun tidak membaik.

Namun, Ung terlihat cemburu ketika Ji Ung memilih mengambil gambar Yeon Su, sedangkan dirinya bersama Chae Ran. Di sisi lain Yeon Su juga terganggu karena NJ menghubungi Ung melalui video call.

Pagi hari Yeon Su terbangun tapi suasana tampak sepi. Dia masuk ke kamar Ung dan melakukan kebiasaannya menyentuh dahi Ung yang berkerut saat tidur. Dalam keadaan terpejam, Ung coba memegang tangan Yeon Su tapi gadis itu segera menarik tangannya.

Syuting kembali dilakukan. Yeon Su dan Ung mengambil gambar di tempat terpisah. Tanpa diduga hujan turun cukup deras. Ketika berteduh di sebuah bangunan, Yeon Su melihat Ung datang membawa payung. Ung merasa dikutuk karena selalu berakhir di depan Yeon Su. Begitu Yeon Su akan pergi, Ung menarik dan menciumnya. 

Episode 9-10

Episode 9-10

Sepulang dari liburan dan syuting untuk dokumenter, Ji Ung tak mau lagi punya rencana menarik batas dan menjaga jarak dengan Yeon Su. Dia tampak siap mengambil risiko. Sementara itu Yeon Su gelisah karena sudah lima hari pasca Ung menciumnya, dia tak kunjung menghubungi.

Yeon Su yang tidak bisa lagi menahan penasarannya lalu datang ke rumah Ung. Alih-alih dapat penjelasan Ung malah mengajak Yeon Su berteman; bagaimana pun Ung merasa tak bisa hidup tanpa melihat Yeon Su.

Yeon Su mengiyakan ajakan Ung. Tanpa diduga dia menginap di rumah Ung dan bertingkah konyol seolah membuat lelucon dengan status baru mereka sebagai teman.

Ji Ung sendiri sedang tidak karuan karena sang ibu tiba-tiba datang dan menginap beberapa hari di apartemennya. Ji Ung yang ingin menghindar memutuskan menginap di rumah Ung tapi dia kaget karena melihat Yeon Su di sana. Malam itu Yeon Su pulang dengan perasaan tidak karuan.

Sol Yi mengejeknya telah mengalami cinta bertepuk sebelah tangan. Pagi hari NJ melakukan pengambilan gambar untuk dokumenter Ung dan Yeon Su. NJ pun mulai penasaran tentang hubungan Ung dan Yeon Su.

Melihat kedekatan NJ dan Ung, Yeon Su sendiri semakin gelisah. Tanpa diduga malam hari Ung datang ke rumah Yeon Su mengembalikan barangnya yang tertinggal.

Nenek Yeon Su mengundangnya masuk dan makan malam tapi sikapnya sangat ketus. Dia mengungkapkan ketidaksukaannya pada Ung karena pemuda itu sudah membuat Yeon Su menangis. Ung tertegun mendengarnya.

Setelah Ung berpamitan, Yeon Su semakin bersedih ketika neneknya membahas perlakuan Ung dulu, karena sebenarnya yang mencampakkan Ung adalah dia. Meski begitu sampai hari ini Yeon Su tidak bisa melupakan Ung. Dia tak mau dan tidak bisa berteman walau Ung terlihat mampu melakukan itu.

Ibu Ung meminta putranya mengantarkan makanan pada Ji Ung. Ung mendatangi tempat kerja Ji Ung dan langsung pergi ke ruang editing. Ji Ung ternyata sudah pulang karena mendapat pesan pamitan dari sang ibu. Di ruang editing itu Ung menonton video Yeon Su yang terlihat gembira, tapi ekspresi Ung justru sebaliknya.

Di tempat berbeda Yeon Su bertemu Ji Ung yang tampak seperti linglung. Ji Ung bersedih karena ibunya tidak benar-benar peduli. Ji Ung merasa sang ibu tidak tahu atau mungkin tidak mau tahu apa pun tentangnya. 

Episode 11-12

Episode 11-12

Pihak agensi NJ tidak mau mengklarifikasi apa pun karena mereka merasa citra Ung yang positif bisa menguntungkan. NJ cukup kesal. Ung sendiri tidak mau mempermasalahkannya.

Sementara itu Yeon Su yang membeli banyak jujube bertemu secara tidak sengaja dengan NJ saat sedang menunggu Ung di rumah. Malam itu Ung yang baru pulang menemukan biji jujube tercecer di jalan sampai ke rumahnya.

Rencana Chae Ran untuk makan malam berdua dengan Ji Ung batal. Ji Ung malah mendapat masukan dari seniornya bahwa hasil editan Ung membosankan.

Dari hasil editan itu terlihat sekali perasaan pribadi Ji Ung terhadap Yeon Su. Video yang dia hasilkan membingungkan karena dibuat oleh perasaan yang campur aduk. Seharusnya Ji Ung tetap menyuguhkan cerita berdasarkan sudut pandang tokoh utama, bukan dirinya.

Syuting hari terakhir pun siap dilaksanakan tapi Ung tiba-tiba sulit dihubungi. Chae Ran kesal dengan tingkahnya. Ung sendiri bertemu nenek Yeon Su yang sedang berbelanja.

Dia bantu membawakan belanjaan sampai ke rumah dan menemukan banyak jujube sedang dijemur. Nenek Yeon Su meminta Ung jangan terlalu membenci gadis itu. Dari sana Ung tahu kalau Yeon Su tidak pernah meninggalkannya.

Setelah berkeliling mencari Ung seharian Yeon Su menemukan pemuda itu. Dia mengatakan tak ingin berteman dengan Ung. Tanpa diduga Ung membalas dengan mengungkapkan perasaannya, mengungkapkan kerinduan dan cinta yang selama ini masih ada.

Dia ingin Yeon Su terus mencintainya dan gadis itu mengiyakannya. Yeon Su lantas mengetahui kalau Ung bukan anak kandung. Ung ditinggalkan ayah kandungnya saat masih kecil. Hari itu mereka resmi kembali berpacaran. Ung dan Yeon Su berbaikan dan bermesraan.

Di sisi lain Chae Ran yang menyadari Ji Ung tengah demam memintanya pulang. Ung mengunjunginya dan menunggui sahabatnya itu. Dia lalu mengatakan sudah kembali berpacaran dengan Yeon Su. Ji Ung bertemu NJ dan keduanya makan malam bersama.

NJ merasa cintanya pada Ung bertepuk sebelah tangan. Sampai sekarang Ji Ung pun merasakan hal sama terhadap Yeon Su dan tak tahu kapan berakhir. Seandainya bisa diakhiri, dia ingin mengakhirinya sekarang juga karena Ji Ung sudah tidak sanggup lagi menjadi brengsek sendirian.

Episode 13-14

Episode 13-14

Kali ini Yeon Su berusaha lebih keras agar hubungannya dengan Ung tidak putus lagi. Dia sadar bahwa kesalahan sering datang dari dirinya, oleh karena itu dia bersedia memperbaiki diri.

Yeon Su mencoba semua saran yang diberikan Yae In, rekan sekantornya, tetapi tingkahnya yang aneh malah membuat Ung tidak nyaman. Setelah mendengar penjelasan Yeon Su, Ung mengatakan kalau dia mencintainya, apa adanya.

Yeon Su berusaha menghubungi Ji Ung untuk mendapatkan video dokumenter yang menampilkan acara Ung dan Soen Shop beberapa waktu lalu. Gadis itu menemui Ji Ung tapi Ji Ung tampak terus mengalihkan pandangannya.

Yeon Su terhibur dengan video dokumenter yang ditontonnya, berbeda dengan Ji Ung yang merasa tertekan berada dekat Yeon Su. NJ sendiri sempat datang ke rumah Ung. Dia tidak ingin mengganggu hubungannya dengan Yeon Su, tapi jika mereka putus, NJ meminta Ung menghubunginya.

Ung mengantarkan makanan ke rumah Yeon Su. Dia tahu di sana hanya ada nenek. Dalam obrolan mereka, nenek Yeon Su menyampaikan isi hati sang cucu.

Menurutnya dari dulu sampai sekarang Yeon Su hanya mencintai Ung. Ketika suatu saat dirinya pergi, nenek meminta Ung tetap menemani Yeon Su, jangan mudah meninggalkannya.

Pulang dari rumah Yeon Su, sepasang kekasih itu kembali bertemu. Ung bertanya alasan mengapa mereka putus di masa lalu. Yeon Su tidak menjawab secara jelas, padahal dia ingat bahwa keputusannya waktu itu adalah karena dia merasa rendah diri.

Dia pakai perpisahan untuk menutupi rasa rendah dirinya. Dia menyakiti orang yang sangat dicintainya agar tidak tersakiti. Ung sebenarnya sudah tahu alasan Yeon Su dari cerita sang nenek, tapi dia tidak membahasnya. Ung tidak ingin memaksa kekasihnya itu bicara.

Dia menunggu Yeon Su yang mengatakannya sendiri. Ung akan mendengar dan mengingat semua perkataan Yeon Su, sehingga gadis itu hanya perlu bercerita.

Episode perdana dokumenter Yeon Su dan Ung akhirnya tayang. Ratingnya memuaskan dan Ji Ung dapat banyak pujian. Di sisi lain proses pembuatan dokumenter NJ tampak tidak terlalu menyenangkan. Ji Ung menyarankan NJ untuk berpura-pura baik-baik saja.

Sementara itu Yeon Su bersedih menemukan brosur panti wreda di saku neneknya. Dia meminta sang nenek terus menemaninya sampai kapan pun.

Kesedihan sekaligus hampa juga dirasakan oleh Ji Ung ketika ibunya kembali datang. Kali ini sang ibu meminta dibuatkan dokumenter karena usianya tidak lama lagi. Dia ingin sisa hidupnya diabadikan oleh Ji Ung.

Episode 15-16

Episode 15-16

Ji Ung tak pernah merasa utuh karena potongan besar dalam hidupnya tidak pernah dia miliki, yaitu sang ibu. Ji Ung merasa hidupnya hanya sebuah dokumenter yang tidak dilihat orang.

Sementara itu Yeon Su dan Ung menghabiskan waktu berdua di rumah setelah sebelumnya Ung memberikan Yeon Su kalung dan anting.

Chae Ran mengkhawatirkan Ji Ung yang seperti tidak punya semangat hidup. Dia menduga semua masih karena Yeon Su. Di sisi lain pameran tunggal Ung hari pertama berjalan sukses.

Yeon Su sendiri berencana datang di hari penutupan. Sayang, pada hari penutupan sang nenek masuk rumah sakit. Ung yang menunggu malah kedatangan Tae Seon, rekan sesama ilustrator yang sempat dikaitkan dengan Ung perihal isu plagiarisme.

Kedatangan Tae Seon dan perkataannya pada Ung membuka mata lelaki itu, terutama tentang hidupnya yang seperti tidak berharga sehingga tidak patut diperjuangkan. Hari itu Ung juga membaca kritikan tajam tentang lukisannya.

Di tengah kemelut pribadi, Ung menemani Ji Ung yang butuh teman bicara. Ji Ung memberitahu Ung bahwa umur ibunya tak lama lagi.

Sampai di rumah Ung kaget melihat Yeon Su duduk di teras. Yeon Su menangis karena merasa sudah mengacaukan semua. Ung menenangkannya dan Yeon Su akhirnya mengakui kalau dia terluka dan tidak berdaya.

Sikap Ung yang terkesan tidak punya ambisi dan semangat karena dia merasa tidak sedang menjalani hidupnya sendiri. Ung tak ingin membuat masalah karena ingin menjadi anak yang baik untuk orangtua angkatnya.

Ung mengajak Yeon Su ke Paris menemaninya kuliah arsitektur. Di saat bersamaan Yeon Su juga mendapat tawaran kerja di Paris dari Jang Do Yul.

Dua permintaan itu dia tolak karena Yeon Su menyadari bahwa selama ini impiannya sudah terpenuhi, hanya dia yang menganggap rendah terhadap diri sendiri. Meski begitu Yeon Su mengizinkan Ung pergi. Ung meminta Yeon Su menunggu karena dia akan segera kembali.

Ji Ung akhirnya mau menemui sang ibu dan membuat dokumenter ibunya atas bujukan Dong Il. Ji Ung menumpahkan semua kekecewaan sekaligus menerima ibunya.

Ung sudah ada di Paris. Hubungannya dengan Yeon Su tetap baik-baik saja hingga suatu hari Ung kembali ke Korea, memberi kejutan bagi kekasihnya itu.

Untuk pertama kali Ung mengatakan mencintai Yeon Su. Sekembalinya dari Paris dua tahun kemudian, Ung melamar Yeon Su.

Dokumenter mereka sebelumnya viral karena berita pernikahan tersebut. Ji Ung kembali meminta mereka tampil di dokumenter selanjutnya, dokumenter yang memperlihatkan kehidupan pernikahan Ung dan Yeon Su.

Menggemaskan dan Segar

Menggemaskan dan Segar

Dikemas dengan genre romantis komedi, Our Beloved Summer (2021) suguhkan alur cerita yang segar tentang dua anak muda yang bertemu di bangku SMA. Mereka adalah Yeon Su dan Choi Ung; dua murid SMA yang berbeda dalam prestasi dan kepribadian tapi harus sama-sama karena terlibat dalam pembuatan film dokumenter.

Dari hubungan yang dingin itu mereka ternyata sempat menjalin cinta dalam waktu lama tapi kemudian berakhir begitu saja. Sakit hati karena ditinggalkan Ung rupanya tidak bisa melupakan kejadian itu bahkan ketika sudah lima tahun berlalu.

Ung berjanji jika bertemu lagi dia akan menyemprotkan air dan menaburkan garam pada Yeon Su. Tanpa dia duga, pertemuan itu benar-benar terjadi.

Hubungan mereka yang seperti kucing dan anjing disuguhkan dalam banyak adegan lucu. Bagaimana Yeon Su dan Choi Ung berinteraksi dari masa duduk di SMA hingga kuliah dan kini sibuk dengan pekerjaan di-plot menggemaskan dengan karakter masing-masing.

Tone Kusam dan Kurang Cerah

Tone Kusam dan Kurang Cerah

Sayangnya, pemilihan color grading untuk Our Beloved Summer (2021) terkesan kusam dan kurang cerah. Tone yang dipilih, khususnya saat scene di sekolah, didominasi warna kuning yang hangat, mungkin untuk mempertegas cuaca summer saat itu. Selebihnya, drama ini punya tone yang secara keseluruhan memang tidak terlalu cerah dan cenderung redup.

Jika kamu suka dengan drama-drama secerah Hometown Cha-Cha-Cha (2021), Our Beloved Summer (2021) mungkin di luar selera. Ia drama dengan color grading yang tenang, lembut dan tampak ada efek-efek kabut atau asap pada beberapa bagian.

Walau tidak jelek, tone seperti ini agak kurang cocok untuk cerita seringan dan menggemaskan seperti Our Beloved Summer (2021), tapi dari segi sinematografi, drama ini cantik sekali.

Pertemuan Kembali Kim Da Mi dan Choi Woo Sik

Pertemuan Kembali Kim Da Mi dan Choi Woo Sik

Our Beloved Summer (2021) salah satu drama Korea akhir tahun 2021 yang sudah banyak ditunggu-tunggu. Utamanya karena ia memasangkan Kim Da Mi dan Choi Woo Shik yang sebelumnya bermain bersama dalam film The Witch: Part 1 The Subversion (2018).

Chemistry mereka sebagai musuh yang diharuskan saling membunuh di film tersebut justru terasa manis dan cocok.

Penampilan Da Mi dan Woo Shik dalam drama ini berbeda jauh dari peran yang mempertemukan mereka pertama kali. Meski begitu, seperti yang sudah bisa ditebak, dalam dua episode awal, mereka sudah memperlihatkan chemistry yang menyenangkan.

Ung dan Yeon Su yang Rumit

Ung dan Yeon Su yang Rumit_

Kembali ramai, episode 3 dan 4 Our Beloved Summer (2021) datang dengan alur yang masih bikin gemas karena tingkah Ung dan Yeon Su. Di dua episode ini scene-scene flashback banyak disuguhkan, terutama yang memotret hubungan emosi antara keduanya dimulai dari remaja hingga dewasa.

Kamu akan melihat betapa menggemaskannya ketika Ung dan Yeon Su mulai menyadari ketertarikan masing-masing untuk pertama kali.

Kamu juga akan disuguhkan scene yang memperlihatkan kegalauan Ung setelah putus dari Yeon, serta kepura-puraan Yeon Su yang selalu mengaku baik-baik saja di depan orang lain tapi rapuh saat sendiri.

Ung dan Traumanya

Ung dan Traumanya_

Pada dua episode ini, kerumitan perasaan antara Ung dan Yeon akhirnya berhasil diabadikan dalam proyek dokumenter Ji Ung. Selain itu konflik lain yang memperkeruh hubungan Ung dan Yeon Su juga mulai disuguhkan.

Ung yang terlihat masih trauma setelah dicampakkan Yeon Su semakin yakin bahwa kehadiran gadis itu memang untuk membuatnya terluka.  

Satu lagi, di episode 4, visual Ung yang terkesan lebih dewasa karena tatanan rambutnya jadi penutup yang segar dan ‘berbahaya’. Apalagi dengan emosi marah dan kecewa yang dia perlihatkan ketika merasa dikhianati oleh Yeon Su. Di bagian ini siap-siap saja terpesona oleh ketampanan Choi Woo Shik!

Rahasia dan Keangkuhan Yeon Su

Rahasia dan Keangkuhan Yeon Su_

Episode 5 dan 6 Our Beloved Summer (2021) cerita tersaji dari sudut pandang Ji Ung dan Yeon Su. Di episode 5 kita dibawa ikut iba mengetahui latar belakang kedekatan Ung dan Ji Ung, termasuk alasan mengapa Ji Ung hanya jadi pengamat kehidupan Ung.

Masa lalu Ji Ung yang kesepian dan malah menemukan kehangatan yang dia butuhkan pada keluarga Ung, membuat episode 5 terasa pedih.

Bagaimana dia sampai tidak bisa iri karena Ung membagi semua dengannya adalah satu dari beberapa alasan dia memendam perasaan pada Yeon Su. Bagaimana pun dia tahu Yeon Su memiliki sesuatu yang tidak pernah Ung punya sebelumnya dan tak mungkin dia ambil. 

Jika PoV Ji Ung sudah bikin hati hangat sekaligus perih, cerita di episode 6 lebih-lebih. Pasalnya sebagian besar alur cerita berangkat dari kacamata Yeon Su, termasuk alasan dia memutuskan Ung yang terasa rahasia. 

Latar belakang Yeon Su hingga jadi siswi yang dingin serta angkuh juga dijawab di episode ini, dan keduanya saling berhubungan. Kesedihan Yeon Su dan kebimbangannya harus melepas Ung rupanya karena rasa rendah diri yang muncul bersamaan dengan keangkuhannya. 

Kesulitan Yeon Su yang harus bekerja keras untuk sekadar berkecukupan, berbanding terbalik dengan hidup Ung yang santai dan tidak berambisi karena hidupnya tercukupi, baik materi atau kasih sayang orangtua. Singkatnya, Yeon Su yang pintar dan dingin itu insecure dan merasa tidak pantas untuk Ung.

Selama itu pula dia menahan prasangka Ung, menerima dan tidak keberatan dengan kebencian Ung yang merasa diputuskan tanpa alasan pasti.

Dari episode 6, karakter Yeon Su terlihat secara lebih jelas, termasuk luka-lukanya yang bikin siapa pun dengan keadaan sama, bisa ikut hanyut dalam ceritanya, bisa ikut merasakan kesedihannya. 

Ung: Muak, Cemburu dan Rindu Jadi Satu

Ung: Muak, Cemburu dan Rindu Jadi Satu

Dua episode Our Beloved Summer (2021) minggu ini Ung jadi yang paling repot di antara beberapa karakter lain.

Dia muak pada Yeon Su karena mantannya itu tak kunjung menjelaskan atau bicara apa pun soal keputusannya mengakhiri hubungan lima tahun lalu. Ung merasa jadi paling bodoh karena Yeon Su bersikap tak ada beban apa pun.

Di sisi lain dia cemburu melihat Yeon Su akrab dengan Ji Ung. Gak hanya itu, di episode ini pula Ung kesulitan menyembunyikan kerinduannya pada Yeon Su.

Ingatan Ung tentang masa lalu saat liburan bersama Yeon Su kembali ditampilkan, kembali membuatnya sangat rindu. Ung benar-benar kesulitan dengan perasaannya sendiri menghadapi Yeon Su di dua episode ini.  

Bagian akhir episode 8 Our Beloved Summer (2021) sejauh ini seperti puncaknya. Bagaimana Ung akhirnya melepaskan emosi dan perasaan bahwa dia masih menginginkan Yeon Su, tidak lagi samar-samar.

Pun dengan Yeon Su yang kali ini tidak bisa menolaknya. Sinematografi dan tone saat Ung dan Yeon Su berciuman di bawah hujan juga cantik sekali! Semakin gak sabar nunggu episode minggu depan!

Perubahan Emosi Ung dan Yeon Su

Perubahan Emosi Ung dan Yeon Su

Mengikuti perjalanan Ung dan Yeon Su di episode 9 dan 10 Our Beloved Summer (2021) sebagian penonton pasti mulai merasa risih dengan alur yang terkesan bertele-tele.

Sebagian lagi merasa kesal dengan Ung yang seolah tidak bertanggung jawab karena alih-alih mengajak rujuk, pemuda itu malah mengajak Yeon Su berteman.

Di awal-awal drama ini Ung terlihat lebih berusaha mendapatkan Yeon Su kembali, sekarang giliran Yeon Su yang gelisah karena mulai kelelahan menyangkal perasaannya sendiri.

Buat penonton yang ingin melihat mereka segera berbaikan pasti gemas karena seperti diulur-ulur, padahal dengan alur seperti ini, Our Beloved Summer (2021) justru semakin realistis,

Perubahan emosi Yeon Su dan Ung mulai semakin jelas di dua episode ini. Transisi emosi Yeon Su dari penyangkalan lalu pelan-pelan mengakui, dibuat senyata mungkin.

Begitu pula dengan emosi Ung yang terlihat mulai pasrah tapi di sisi lain tidak bisa melepas Yeon Su begitu saja. Kehadiran NJ dan Ji Ung yang tampaknya mendapat porsi lebih banyak di dua episode ini juga penting.

Peran dan perasaan keduanya bukan semata untuk membuat panas suasana tetapi tanpa sadar membantu Ung dan Yeon Su berproses lebih cepat menemukan dan mengetahui hal yang benar-benar mereka inginkan. Kejutan apa lagi yang disusun oleh sutradara? Bagaimana Ung dan Yeon Su menangani perasaan masing-masing?

Bahagia untuk Yeon Su dan Ung

Bahagia untuk Yeon Su dan Ung

Setelah banyak drama dan bikin gemes penonton karena gak saling jujur dengan perasaan masing-masing, Our Beloved Summer (2021) episode 11 dan 12 akhirnya menyuguhkan kebahagiaan bagi OBS Nation! Pada dua episode ini keduanya tidak lagi menghalangi perasaan dengan gengsi dan ego.

Yeon Su yang gelisah karena diajak berteman menyatakan keberatannya. Begitu pula Ung yang mengakui kalau dia merindukan Yeon Su dan masih mencintainya.

Akhir episode 11 sukses bikin hati berbunga-bunga. Kebahagiaan mereka berlanjut ke episode 12, ketika untuk pertama kalinya Yeon Su dan Ung resmi balikan.  

Nonton Yeon Su dan Ung pacaran bikin senyum-senyum sendiri. Act of service Ung sebagai love language-nya terhadap Yeon Su gak henti-henti bikin gemes dan membuat iri para jomlo di luar sana. Chemistry antara Kim Da Mi dan Choi Woo Shik sangat natural sehingga rasanya mereka benar-benar pasangan.

Kebimbangan dan Kesedihan Ji Ung

Kebimbangan dan Kesedihan Ji Ung

Namun, di belakang kebahagiaan Ung dan Yeon Su yang baru saja kembali pacaran, ada kebimbangan dan kesedihan Ji Ung, karena itu artinya perasaan dia untuk Yeon Su entah sampai kapan akan bertepuk sebelah tangan. Ji Ung sudah tidak sanggup mengatasi perasaannya sendiri tapi di sisi lain dia juga tak tahu caranya berhenti.

Di dua episode ini kamu mungkin giliran akan kesal dan kasihan dengan Ji Ung karena kekuatan hatinya ditujukan pada orang yang salah. Dia belum melihat kemungkinan lain pada diri Chae Ran yang terang-terangan menunjukkan perasaannya.

Dia masih terus melihat ke arah Yeon Su yang jaraknya semakin jauh. Konflik antara Ji Ung dan hatinya terlihat masih akan terus berlanjut di episode mendatang.

Apakah Ji Ung pada akhirnya bersedia merelakan Yeon Su dan membuka diri untuk Chae Ran? Apakah Yeon Su akan tahu bahwa selama ini sahabat Ung punya perasaan khusus padanya?

Ung Lebih Mengenal Yeon Su

Ung Lebih Mengenal Yeon Su

Episode 13 dan 14 Our Beloved Summer (2021) kembali membuat emosi campur aduk. Sebentar senyum-senyum sendiri melihat kemesraan Yeon Su dan Ung yang menggemaskan.

Sebentar ikut sedih sampai terbawa cerita dan menangis melihat Ji Ung yang menderita karena perasaan cintanya atau melihat dan mengetahui latar belakang hidup Yeon Su yang berat.

Bagaimana pun cerita drama ini sejak awal memang dibuat sangat realistis dengan menampilkan berbagai macam emosi manusia dalam menemukan keinginan terjujurnya.

Setelah kembali jadian dua episode ke belakang, cerita Ung dan Yeon Su di episode 13 dan 14 gak hanya bikin kaum jomblo iri, tapi iri banget.

Ung memperlihatkan tekadnya mempertahankan hubungan dengan Yeon Su kali ini. Ung yang telah lama bertanya-tanya tentang alasan Yeon Su memutuskannya akhirnya mendapat jawaban tersirat. Pemuda itu memahaminya dan jadi lebih mencintai Yeon Su setelah tahu kondisi sebenarnya.

Ung tampak mulai bisa menangani Yeon Su setelah sekian tahun mengenalnya. Bagi Ung, tujuannya sekarang adalah bersama Yeon Su dalam waktu lama. Singkatnya pada dua episode ini, dia membuat standar pria idaman jadi semakin tinggi.

Tersisa dua episode lagi, kira-kira apakah hubungan mereka akan semakin kuat? Bagaimana dengan Ji Ung yang di akhir episode 14 mengetahui kalau ibunya sakit keras dan tak punya waktu lama untuk hidup? Akankah Ji Ung bisa sedikit saja merasakan bahagia?

Semua ‘Sembuh’, Semua Bahagia

Semua ‘Sembuh’, Semua Bahagia_

Our Beloved Summer (2021) akhirnya selesai menyuguhkan 16 episode yang penuh emosi. Drama dengan tema yang klasik dan cenderung klise ini nyatanya dikemas dengan sangat apik.

Eksekusi untuk setiap bagian-bagian penting dalam ceritanya terasa sekali dibuat dengan konsep matang, terutama dari segi naskah dan screenplay.

Sampai episode terakhir plot-nya sempurna. Emosi yang perlu disampaikan dapat tersampaikan secara pas; semua bergantian mengisi hati sampai penuh.

Pada dua episode terakhirnya, Our Beloved Summer (2021) memberikan semua yang dibutuhkan. Jika menonton dari episode pertama hingga episode 15, kamu akan sepakat bahwa Choi Ung, Kook Yeon Su dan Kim Ji Ung adalah Three Idiots yang punya luka masing-masing.

Dengan teknik penceritaan yang cukup adil, kita dibawa melihat bahwa tiga orang itu berjuang, entah untuk terus menghindar agar tidak semakin sakit atau mulai mengobati diri sendiri.

Semua perjuangan mereka sejak episode pertama, memperlihatkan hasil yang membanggakan di episode akhir. Baik Ung, Yeon Su dan Ji Ung, menerima semua kepedihan yang mereka miliki.

Kebahagiaan yang ditinggalkan Our Beloved Summer (2021) pada akhirnya tidak semata tentang perjalanan cinta Ung dan Yeon Su, tetapi proses mereka menerima luka dan tumbuh jadi pribadi lebih baik.

Our Beloved Summer (2021) rasanya semakin menegaskan bahwa drama berkualitas tidak melulu harus punya plot twist di mana-mana, tidak juga perlu konflik serius yang membahayakan nyawa. Drama berkualitas justru terlihat ketika sutradara bisa mengemas cerita yang ringan jadi sangat berkesan.

Drama-drama dengan tema seperti OBS sangat tricky, rawan sekali membosankan dan klise bahkan murahan, tetapi Kim Yun Jin selaku sutradara piawai mengeksekusinya dengan indah, mulai dari detail-detail pada teknik penceritaan, pemilihan pemain, naskah, scoring hingga sinematografi.

Our Beloved Summer (2021) menjanjikan cerita yang, sekali lagi, segar dan lucu. Cerita benci tapi rindu antara dua orang yang pernah terlibat hubungan asmara memang bisa jadi hiburan tersendiri.

Apalagi drama ini dimainkan oleh pemain-pemain muda yang potensial. Penasaran? Kamu bisa nonton aksi Kim Da Mi dan Choi Woo Shik ini di Netflix!

Our Beloved Summer
Rating: 
3.6/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram