bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Anime Orient: Awajishima Gekitou-hen (2022)

Orient: Awajishima Gekitou-hen merupakan musim kedua dari seri anime Orient. Bagi yang belum mengikuti cerita musim pertamanya, bisa membaca ulasan anime Orient Season 1 (2022) ini ya.

Masih digarap oleh rumah produksi A.C.G.T, pada musim keduanya ini akan melanjutkan kisah Musashi, Kojirou dan Tsugumi yang sedang menuju ke pulau Awaji.

Pada musim pertama episode terakhir ada cuplikan mengenai karakter-karakter baru yang kemungkinan besar adalah musuh baru Musashi dan yang lainnya. Seperti apa ceritanya, ikuti terus ulasan selengkapnya dari Bacaterus.

Sinopsis

Musashi, Kojiro dan Tsugumi yang telah membentuk kelompok bushidan, melanjutkan perjalanan mereka. Kini tujuan utama mereka adalah menuju ke pulau Awaji untuk membunuh Kishin yang kuat. Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan kelompok bushidan, klan lain yang lebih tangguh dari mereka.

Episode 1-2

orient s2_Episode 1-2_

Sesampainya di pelabuhan Harimu, Musashi dan yang lain bertemu dengan klan Uesugi. Tidak hanya itu, secara mengejutkan mereka juga bertemu kembali dengan klan Takeda Naotora. Orang-orang di pelabuhan termasuk klan Uesugi terkejut mendengar Musashi berbicara informal pada bushidan terhebat kedua.

Naotora kemudian bertemu dengan Uesugi Tatsuomi yang merupakan pemimpin klan Uesugi. Sementara itu Musashi, Kojiro dan Tsugumi sedang pergi untuk mencari informasi mengenai ayahnya Kojiro. Mereka diam-diam menyusup ke benteng klan Uesugi, berharap bisa menemukan petunjuk.

Musashi sampai di atap bangunan dan terkejut melihat seorang lelaki di sana. Tapi yang membuatnya lebih terkejut adalah ketika dia mengetahui identitas laki-laki tersebut, Uesugi Tatsuomi. Dan karena salah menjawab, Musashi beserta Kojiro dan Tsugumi akhirnya ditangkap.

Kojiro dan Tsugumi masuk ke ruangan yang sama, sementara Musashi terpisah seorang diri. Memberanikan diri, Musashi membuka pintu yang ada dihadapannya.

Di dalam ruangan tersebut, sudah ada beberapa orang yang berkumpul. Dia mencoba untuk mengamati orang-orang yang ada di sana. Namun, Musashi malah terlibat pertengkaran untuk menentukan yang menjadi pemimpin di dalam ruangan itu.

Musashi merasa semangat karena dia bisa mencoba menggunakan teknik pedang yang telah dipelajari sebelumnya. Tapi, setelah berjuang cukup keras, Musashi akhirnya kalah. Dia harus menerima semua perintah dari Shimazu Akihiro yang berhasil menjadi ketua di kelompok itu.

Musashi mengerjakan tugasnya sambil menggerutu. Kemudian tiba-tiba, muncul iblis yang besar saat menuju ke pulau Awaji. Musashi ingin membuktikan kalau dirinya mampu dan berusaha melawan iblis tersebut.

Episode 3

orient s2_Episode 3_

Naotora dan Tatsuomi membicarakan tentang perang di Awaji. Meskipun iblis yang menghalangi menuju pulau tersebut telah berhasil dikalahkan, masih ada rintangan baru yang harus dihadapi.

Tatsuomi mendapatkan informasi lain mengenai keberadaan Orochi dan Dewi Obsidian. Jika Dewi Obsidian jatuh ke tangan musuh, maka semua perjuangan melawan iblis akan sia-sia.

Musashi merasa sangat malu karena menyadari ketidakberdayaannya ketika melawan iblis ‘Kuchiri-oni’.Tapi, setelah mendengar perkataan dari Katsumi, Musashi merasa termotivasi kembali. Musashi lantas berlatih menggunakan teknik katana dan aura pada Katsumi.

Di sisi lain, Musashi senang karena jarak dia dan Michiru sudah tidak jauh lagi. Namun, ternyata Michiru memiliki rahasia yang tak diketahui oleh Musashi.

Episode 4

Orient s2_Episode 4_

Musashi diselamatkan oleh Michiru, sehingga dia terlepas dari tuduhan mata-mata. Tak lama, Shimazu Akihiro muncul dan mengatakan kalau Musashi adalah penghalang baginya.


Akihiro menyuruh Musashi mengatakan pada klan Uesugi kalau dia tidak ada hubungannya dengan klan Shimazu. Namun, Musashi merasa aneh karena melihat raut muka Akihiro yang tidak biasa dan seolah sedang tertekan.

Pada saat itu muncul iblis yang bisa berbicara, ia mengatakan kalau mereka adalah saudara dari Michiru. Iblis itu mengungkapkan jati diri Michiru yang sesungguhnya dan misi yang harus diselesaikannya.

Michiru merasa dilema, tapi dia tidak ingin menyakiti Musashi lebih jauh lagi. Alhasil, dia mengorbankan dirinya agar Musashi bisa selamat.

Musashi tidak percaya dengan kata-kata yang diucapkan oleh iblis itu. Dia kemudian menyelamatkan Michiru dari genggaman iblis yang mengaku saudaranya. Michiru terluka cukup parah akibat serangan dari iblis tersebut.

Anggota klan Uesugi pun muncul untuk membantu Musashi dan yang lainnya. Mereka terkejut dengan ucapan iblis yang mengatakan tentang keberadaan Dewi Obsidian.

Tak lama, iblis dalam jumlah yang cukup banyak kembali muncul untuk menyerang klan Uesugi. Akankah klan Uesugi bisa melindungi penduduknya dan mengalahkan para iblis yang terus bermunculan?

Klan Bushidan dan Iblis yang Lebih Kuat

orient s2_Episode 1-2_Klan Bushidan dan Iblis yang Lebih Kuat_

Akhirnya anime Orient musim kedua resmi dirilis pada 12 Juli 2022. Sama seperti musim pertamanya, anime ini direncanakan akan memiliki 12 episode dengan durasi 23 menit di setiap episodenya.

Ceritanya sendiri melanjutkan kisah Musashi, Kojiro dan Tsugumi yang sedang menuju ke pulau Awaji untuk memusnahkan iblis-iblis.

Pada dua episode pertama ini, Musashi dan teman-temannya harus bertemu dengan klan bushidan lain yang jauh lebih kuat dari mereka. Khususnya Musashi, dia kurang mengenal klan-klan bushidan yang ada di Jepang. 

Selain bertemu dengan kelompok bushidan lainnya, Musashi dan rombongannya pun bertemu dengan iblis baru yang lebih kuat. Tujuan utama mereka adalah untuk mengalahkan iblis yang dikenal bernama Orochi, bos dari semua iblis yang muncul.

Pada musim kedua anime ini, mulai muncul lebih banyak karakter yang akan memeriahkan jalan ceritanya. Bagi yang belum pernah menonton musim pertama Orient, saya sarankan untuk menonton musim pertamanya dulu supaya mengerti alur ceritanya.

Fakta Tentang Michiru

orient s2_Episode 3_Fakta Tentang Michiru_

Setelah pada episode sebelumnya Musashi tidak bisa mengalahkan iblis Kuchiri-Oni, Musashi jadi merasa malu pada dirinya sendiri.

Hal ini sebenarnya sangat wajar, mengingat Musashi sebelumnya berkoar-koar kalau dia akan berguna untuk kelompoknya. Mungkin kalau kita ada di posisi Musashi akan mengucapkan ‘ingin gali lubang…’ saking malunya.

Di episode tiga, terungkap sebuah fakta lain tentang Michiru yang sangat tidak terduga. Istilah don’t judge a book by its cover, tampaknya berlaku untuk kasus Michiru. Bagaimana tidak, dari paras Michiru yang tampak seperti gadis baik hati dan lugu, ternyata semua itu hanya cover-nya saja.

Meskipun begitu, sisi polos Michiru sebenarnya masih ada dan membuat dirinya dilema. Antara harus mengikuti perintah atasa atau mengikuti kata hatinya. Perasaan suka pada Musashi inilah yang membuatnya dilema. 

Jadi, ternyata Michiru mulai jatuh cinta pada Musashi sejak pertama kali bertemu dan menganggap kalau Musashi orang yang tulus. Michiru merasa tersentuh, karena tidak ada yang pernah bersikap tulus seperti Musashi padanya.

Gaya Bertarung Klan Uesugi

Orient s2_Episode 4_Gaya Bertarung Klan Uesugi_

Pada episode empat ini akhirnya terungkap sudah identitas Michiru yang sebenarnya. Meskipun sebenarnya Usami Kuroko telah mencurigai kalau Michiru merupakan seorang mata-mata, sayangnya klan Uesugi masih belum mengetahui tentang keberadaan Dewi Obsidian.

Setelah terungkap identitas Michiru, klan Uesugi hanya memperkirakan kalau Dewi Obsidian berada di antara Michiru dan Musashi. Di episode kali ini juga terungkap gaya bertarung klan Uesugi yang berhasil membuat Musashi terkagum-kagum.

Bagi yang sudah mengikuti anime ini sejak musim pertama, pasti sudah mengetahui kalau pedang yang digunakan oleh bushidan memiliki warna yang berbeda.

Ada lima warna yang umumnya keluar dari pedang pada bushidan, yakni biru, hijau, kuning, merah dan putih. Nah, pada episode ini, menjelaskan tentang fungsi warna pedang yang keluar dari klan Uesugi.

Jalan ceritanya jadi semakin seru dan semakin dibuat penasaran. Apalagi scene terakhir yang cukup mengejutkan. Kira-kira akan seperti apakah kelanjutan kisah Musashi dan teman-temannya, ya?

Orient: Awajishima Gekitou-hen
Rating: 
1.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram