bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review One Piece: Episode of East Blue

Luffy mulai berlayar ke lautan untuk menjadi seorang raja bajak laut di masa depan. Namun, sebelum itu Luffy akan mulai mencari anggota untuk menjadi bagian kru bajak laut miliknya. Film ini merupakan recap yang menceritakan kembali petualangan Luffy dan bagaimana empat anggota lainnya bisa bergabung dengan Luffy. 

Bagi yang sudah mengikuti manga atau anime One Piece sejak awal pasti sudah tidak aneh dengan ceritanya. Bagi yang ingin mengenang kembali awal mula kru bajak laut Luffy dimulai, berikut ini berikut ini ulasan film One Piece: Episode of East Blue (2017).

Sinopsis

sinopsis_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy
  • Produksi: Toei Animation
  • Sutradara: Takafumi Otsuka
  • Pengisi Suara: Tanaka Mayumi, Nakai Kazuya, Hirata Hiroaki, Okamura Akemi, Yamaguchi Kappei

Cerita bermula ketika Monkey D. Luffy alias Luffy, saat kecil sudah berteman dengan seorang bajak laut hebat bernama Shanks. Luffy kecil sudah mengikrarkan kalau suatu saat nanti, ia akan menjadi serorang raja bajak laut. Secara tidak sengaja, Luffy memakan buah setan yang menjadikannya manusia karet.

Sebuah insiden terjadi ketika seorang bandit gunung bernama Higuma mencari masalah dengan anggota bajak laut Shanks. Tapi Shanks mendiamkan mereka dan membuat Luffy geram melihatnya. Dan karena merasa kesal, Luffy melawan para bandit yang berujung dia ditangkap dan dilemparkan ke laut.

Shanks pergi menyelamatkan Luffy yang tenggelam, tapi Shanks harus kehilangan sebelah tangannya saat menyelamatkan Luffy. Keesokan harinya, anggota bajak laut pergi meninggalkan pulau tempat Luffy berada dan Shanks memberikan topi kesayangannya pada Luffy.

10 tahun kemudian, Luffy mulai berlayar ke lautan untuk menjadi seorang raja bajak laut dan mulai mencari anggotanya. Anggota pertama yang menjadi krunya adalah Roronoa Zoro, sang pendekar pedang.

Pada saat pertama kali bertemu dengan Zoro, Luffy melihat Zoro sedang menjadi tahanan angkatan laut yang dipimpin oleh Morgan.

Kemudian, Zoro setuju untuk menjadi anggota kru bajak laut Luffy dan mulai melakukan petualangan bersama. Saat itu Zoro bertemu dengan Dracule Mihawk dan menantangnya. Namun, kekalahannya membuat Zoro bersumpah akan menjadi seorang pendekar terkuat di dunia agar tidak membuat Luffy malu.

Usopp dikenal sebagai seorang pembohong. Setiap pagi ia selalu berkeliling di desanya, dan mengatakan kalau ada bajak laut yang datang ke desa tersebut.

Usopp memiliki seorang sahabat wanita bernama Kaya. Namun sang kepala pelayan, Klahadore membuat Usopp marah karena berencana membunuh Kaya.

Saat itu, Usopp bertemu dengan kru Luffy, kemudian meminta tolong; dengan sebuah janji, kalau ia akan mendapatkan kapal bajak laut yang layak jika membantu menyelamatkan sahabatnya.

Setelah berhasil mengalahkan Klahadore atau yang dikenal dengan Kuro, Usopp diajak oleh Luffy untuk menjadi anggota bajak lautnya. Dan Usopp pun mengatakan kalau ia akan menjadi seorang prajurit bajak laut yang pemberani.

Luffy bertemu dengan Sanji di sebuah restoran bajak laut bernama Baratie. Melihat Sanji memberikan makanan pada seseorang, Luffy ingin mengajak Sanji untuk menjadi koki untuk kru bajak lautnya. Tiba-tiba, restoran Baratie diserang oleh bajak laut Don Krieg. Lantas, Luffy tanpa gentar terus menerus menghajar Don Krieg hingga kalah.

Melihat Luffy yang tak segan membantu menyelamatkan tempat yang berharga baginya, Sanji pun bergabung dengan kru Luffy untuk mencapai mimpinya menemukan ‘All Blue’.

Sementara itu, Nami pergi membawa kapal bajak laut milik Luffy dan kembali ke desa Cocoyashi, tempat masa kecilnya, dan pergi meninggalkan kru Luffy yang berada di Baratie.

Demi membalaskan dendam ibu angkatnya, Nami menjadi budak anggota bajak laut Arlong dan mengumpulkan uang untuk bisa membeli desanya yang terkekang oleh Arlong.

Setelah susah payah mengumpulkan uang dan tinggal mengumpulkan sedikit lagi, ia dikhianati oleh Arlong yang menjanjikan kebebasan untuk dirinya.

Nami merasa murka tapi ia tidak berdaya. Meskipun sempat mengusir Luffy dan yang lainnya, Nami meminta tolong pada Luffy untuk membantu dirinya mengalahkan Arlong. Luffy pun dengan sepenuh hati membantu Nami karena tak terima temannya diganggu oleh bajak laut lainnya.

Recap dari Seri Anime dan Awal Mula Terbentuknya Kru Mugiwara

recap seri anime_

Selama 106 menit, film ini merupakan recap awal mula petualangan Luffy. Dimulai dari Luffy masih kecil, lalu berlayar dan sampai akhirnya mulai memiliki empat orang anggota. Dan kemudian kru bajak laut Luffy sekarang disebut dengan Mugiwara no Ichimi.

Bagi penggemar One Piece seperti saya, menonton film ini seperti diajak bernostalgia kembali. Melihat Luffy kecil diejek oleh Shanks adalah scene yang sangat menghibur.

Melihat Zoro yang sedih karena kalah dari Mihawk, Sanji yang pergi meninggalkan Baratie untuk mencari All Blue, Usopp yang ingin menjadi seorang bajak laut pemberani, dan Nami yang ingin menjadi seorang navigator terhebat merupakan adegan-adegan yang mengharukan di 100 episode pertama One Piece.

Meskipun terlihat seperti bisa menjadi salah satu cara singkat menonton One Piece untuk 100 episode pertama, tapi jika kamu penonton pemula, akan banyak informasi yang sayang sekali akan terlewat jika kamu langsung menonton film ini.

Perkenalan Satu-persatu Kru Luffy

perkenalan kru luffy_

Film ini terbagi ke dalam lima bagian cerita, di mana masing-masing cerita memperlihatkan latar belakang dari masing-masing anggota Mugiwara bergabung. Dimulai dengan cerita Luffy, Zoro, Usopp, Sanji, dan terakhir adalah cerita Nami. 

Bagi yang pernah menonton sebelumnya, pasti akan melihat beberapa scene yang di loncat. Tapi hal tersebut bisa dimaklumi, berhubung memang sedang menceritakan bagian dari masing-masing kenangan para anggotanya.

Sementara untuk visualisasinya, menurut saya agak berbeda dengan yang ada di seri anime-nya. Di film ini, visualnya terlihat lebih halus dengan kualitas gambar yang lebih bagus juga. Terutama ketika adegan pertarungan antara Zoro dengan Mihawk, pertarungan Sanji dengan Gin, dan ketika Luffy membantu Nami untuk mengalahkan Arlong merupakan scene yang cukup mengharukan.

Permulaan Perjalanan Bajak Laut Luffy dan Teman-temannya

permulaan perjalanan bajak laut_

Setelah terkumpul sebanyak empat orang kru dan total lima orang bersama Luffy sendiri, kru ini pun memulai perjalanan mereka mengarungi lautan bersama-sama. Namun, sebelum pergi lebih jauh, mereka mengikrarkan tujuan mereka mengarungi lautan. 

Sanji bertujuan untuk mencari all blue, Luffy ingin menjadi seorang raja bajak laut, Zoro ingin menjadi pendekar pedang terhebat di dunia, Nami ingin menjadi seorang navigator terhebat dan Usopp menjadi seorang pendekar pemberani.

Dengan saling menguatkan tujuan dari masing-masing anggota, mereka bergerak menuju ke Grand Line untuk petualangan yang lebih besar lagi.

Secara keseluruhan menonton film ini menjadikan sensasi yang berbeda, terutama bagi yang telah mengikuti anime One Piece dari awal.

Saya sangat merekomendasikan film ini untuk ditonton bagi para penggemar setia One Piece, supaya teringat kembali bagaimana awal mula perjuangan Luffy mengumpulkan para krunya. Kamu bisa menonton film ini di iQIYI, ya.

One Piece: Episode of East Blue
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram