Sinopsis & Review Drama Korea One Ordinary Day (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
One Ordinary Day
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Park Mi Kyung melakukan tugasnya meyakinkan Hyun Soo untuk menerima kesepakatan itu. Hyun Soo menyetujuinya. Namun di kesempatan terpisah, Joong Han menemui Hyun Soo.

Dia meminta pemuda itu untuk memikirkan kembali keputusannya. Dia minta agar Hyun Soo jujur terhadap keyakinannya; apakah dia mau dicap sebagai pembunuh untuk sesuatu yang tidak dia lakukan?

Tiba saat pengadilan, Hyun Soo menolak kesepakatan yang sudah dibuat dengan Mi Kyung dan Tae Hee. Dia ternyata tidak bisa bohong pada diri sendiri dan tetap teguh pada keyakinannya karena tidak membunuh Guk Hwa. Semua yang hadir terkejut, terutama Mi Kyung dan An Tae Hee.

Episode 5-6

One Ordinary Day Ep 5-6

Park Mi Kyung mundur setelah merasa dikhianati oleh pernyataan Hyun Soo, tapi dia membiarkan Soo Jin memegang kasusnya untuk alasan keuntungan. Soo Jin meminta bantuan Joong Han kembali. Di penjara Hyun Soo harus menerima siksaan dari Geng Baekho yang dipimpin Doo Sik.

Ji Tae memberinya bantuan tapi Hyun Soo harus rela bahunya cedera dan dibawa ke rumah sakit agar Ji Tae mendapatkan zat adiktif dalam perban yang dipakai membebat bahu Hyun Soo.

Sementara itu sidang Juri diputuskan untuk kasus Hyun Soo. Joong Han tidak punya pengalaman memenangkannya tapi dia percaya Hyun Soo bisa memenangkan hati juri di pengadilan.

Tae Hee berusaha keras meyakinkan juri bahwa Hyun Soo bersalah dan Joong Han melakukan sebaliknya. Tae Hee lantas mengusulkan juri untuk datang langsung ke TKP kepada Hakim. Hyun Soo tak ingin ikut tapi Joong Han membujuknya karena jika dia tidak ikut, juri bisa beranggapan lain.

Keadaan di penjara membingungkan Hyun Soo karena satgas narkotika melakukan inspeksi mendadak. Hyun Soo terlibat dalam pengedaran narkoba di lapas melalui perban yang dia pakai beberapa waktu lalu. Namun, pengaruh Ji Tae tampaknya sangat besar sehingga bisa membereskan semua.

Sementara itu Joong Han yang tidak menghadiri persidangan kedua tengah menyelidiki terduga lain. Dia menemui Hyo Jung, rekan Guk Hwa yang sempat bertengkar hebat dengan korban. Dia juga menemui Ki Jong, pemasok narkoba yang Guk Hwa konsumsi malam itu dengan Hyun Soo.

Joong Han juga menemui seorang pria yang terekam cctv membuntuti Guk Hwa dan Hyun Soo. Dia adalah seorang kurir yang pernah terlibat kekerasan seksual bernama Chul Ho. Joong Han menemuinya dan mengintimadasi Chul Ho sebagai tersangka.

Sementara itu suasana di pengadilan di luar kendali ketika Hyun Soo malah bersedia jadi saksi. Soo Jin yang mendampingi tidak bisa mencegah karena Hyun Soo merasa sudah cukup lama diam dituduh membunuh.

Hasilnya Hyun Soo dicecar banyak pertanyaan menyudutkan oleh Tae Hee. Posisinya yang di persidangan pertama cukup baik berkat bantuan Soo Jin kini berbalik.

Episode 7-8

Episode 7-8

Hyun Soo menunjukkan perubahan sikap menjadi lebih dingin dan terkesan tidak peduli pada apapun yang terjadi di pengadilan. Semua terjadi setelah Ji Tae memberinya masukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Di penjara Hyun Soo bahkan sudah mulai berani membalas dan menghajar Doo Shik.

Hyun Soo yang sudah memotong rambutnya kembali menghadiri persidangan. Joong Han menghadirkan beberapa saksi tapi kesaksian dari mereka berhasil dibantah Tae Hee.

Namun saksi yang terakhir, yaitu mantan istri Joong Han yang merupakan peneliti senior sekaligus dosen forensik, Hong Jung Ah, tampak berhasil menjabarkan bukti-bukti ilmiah yang kuat.

Bukti tersebut membuatnya yakin bahwa Hyun Soo besar kemungkinan bukan pembunuhnya. Alih-alih senang, Hyun Soo malah memperlihatkan ekspresi puas yang terkesan menyepelekan.

Di penjara, Hyun Soo menato lengannya. Dia mulai lebih dekat dengan Ji Tae. Hyun Soo bertanya apakah Ji Tae percaya dia bukan pembunuh Guk Hwa karena Hyun Soo mulai meragukan diri sendiri.

Hari persidangan selanjutnya, Joong Han berhasil tampil memuaskan. Dia bisa memojokkan Park Sang Bum karena menghilangkan salah satu barang bukti. Dia juga menghadirkan saksi lain yang pada malam itu berada di depan rumah Guk Hwa dan bertemu mereka, Seung Hun.

Seung Hun sudah beberapa lama menguntit dan mengambil foto di sekitar kediaman Guk Hwa. Dia juga sempat didenda karena ulahnya. Pada saat pengambilan keputusan, Joong Han memaksa tetap hadir walau penyakit gatalnya sedang parah.

Dia berhasil meyakinkan juri karena di antara 9 juri, 5 meyakini Hyun Soo tidak bersalah. Namun, putusan akhir tetap berada di tangan hakim. Sayangnya pengadilan tetap memvonis Hyun Soo bersalah dan menghukumnya penjara seumur hidup.

Hyun Soo terlihat pasrah. Dia juga tidak ingin banding. Sedih, satu-satunya teman Hyun Soo di penjara, Ji Tae, tewas dibunuh Doo Sik. Di sisi lain Joong Han tidak kehilangan harapan. Dia tetap yakin Hyun Soo tidak bersalah. Joong Han lantas mendesak Seung Hun buka suara soal foto-foto yang dia ambil di sekitar kediaman Guk Hwa.

Sejumlah foto yang dia dapat mengarahkannya pada pembunuh sebenarnya. Dia adalah Park Chan Yul, dokter rehabilitasi yang sempat Joong Han temui untuk mendapatkan laporan pengobatan Guk Hwa beberapa waktu lalu.

Guk Hwa ternyata sempat menjalin hubungan dengannya tapi setelah tahu Chan Yul sudah beristri, wanita tersebut meninggalkannya dan membuat Chan Yul murka.

«1 2 34»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram