Sinopsis & Review One Flew Over Cuckoo’s Nest (1975)

Ditulis oleh Aditya Putra
One Flew Over Cuckoo’s Nest
4.5
/5

Hidup Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Indonesia kurang mendapat perhatian yang layak. Banyak ODGJ yang masih berkeliaran di jalanan. Hal itu diperparah dengan keadaan keberadaan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang belum merata. Padahal di sana merupakan tempat mereka mendapat perawatan.

RSJ diharapkan menjadi tempat untuk bisa merawat dan menyembuhkan pasien ODGJ dengan tenaga medis yang kompeten. Film One Flew Over Cuckoo’s Nest memperlihatkan sisi lain dari perawatan di RSJ. Metode yang digunakan dianggap nggak membantu kondisi para pasiennya. Seperti apa lengkapnya? Langsung saja simak sinopsis dan review filmnya berikut ini.

Sinopsis

Sinopsis & Review One Flew Over Cuckoo’s Nest (1975) 1
  • Tahun Rilis: 1975
  • Genre: Drama
  • Produksi: Fantasy Films
  • Sutradara: Milos Forman
  • Pemain: Jack Nicholson, Louise Fletcher, Will Sampson, William Redfield

Bulan September 1963, Randle Patrick McMurphy dijatuhi hukuman penjara atas tuduhan melakukan kekerasan dan pemerkosaan terhadap perempuan berusia 15 tahun. Dia dipindahkan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) untuk dievaluasi keadaan mentalnya. Sebagaimana hukum yang berlaku, seseorang yang jiwanya terganggu nggak akan mendapatkan hukuman penjara.

McMurphy mulai menjalani kehidupan baru di RSJ. Dia bertemu dengan banyak pasien yang mengalami gangguan jiwa dengan tingkatan berbeda-beda. Di antaranya ada Bibbit yang bicaranya terbata-bata, Martini yang marah seperti anak kecil, Dale yang tertekan, Scanlon yang pendiam tapi brutal, Taber yang menyukai kekerasan serta Chief, seorang tunarungu bertubuh besar.

McMurphy menyadari bahwa Kepala Perawat di RSJ, Mildred Ratched adalah seorang yang pasif-agresif. Selain itu, dia juga sosok yang otoriter. Ketika ada pasien yang nggak menuruti perintahnya, dia akan melakukan intimidasi dengan berbagai cara. Berkali-kali McMurphy memberi masukan tapi nggak ada satu pun yang terlaksana..

Ratched melihat sosok McMurphy sebagai sebuah ancaman. Dia mulai menyita rokok para pasien dan mencurigai waktu untuk bermain kartu digunakan McMurphy untuk menghasut pasien. McMurphy nggak menyerah begitu saja dengan tindakan Ratched. Suatu hari, dia mencuri bus sekolah yang berada di dekat RSJ untuk membawa sejumlah pasien pergi memancing dan berenang.

Tindakan McMurphy membuat mood dan kepercayaan para pasien membaik. McMurphy mendapat informasi bahwa waktu kurungannya di RSJ nggak akan dikurangi melainkan sama dengan kurungan di penjara. Karena hal tersebut, McMurphy berencana untuk melarikan diri. Dia membujuk Chief untuk melempar bak yang biasa digunakan untuk pengobatan, ke jendela agar dia bisa kabur.

Ratched menghukum Chief, Cheswick, Taber dan McMurphy untuk menjalani shock shop, sebuah metode setrum untuk pasien yang membangkang. Tindakan itu dilakukan karena mereka melawan petugas. Saat menunggu giliran disetrum, Murphy menawari Chief permen karet. Chief membalas dengan berbicara. Chief ternyata nggak tuli, melainkan hanya berpura-pura agar nggak perlu berinteraksi dengan pasien lain.

Sinopsis & Review One Flew Over Cuckoo’s Nest (1975) 3

McMurphy kembali ke ruangan bersama teman-temannya. Dia berpura-pura mengalami kerusakan otak. Dia kemudian menyatakan pada pasien-pasien lain bahwa yang dia alami justru membuatnya lebih bersemangat untuk membalaskan dendam pada Ratched. McMurphy merencakan kabur bersama Chief tapi melihat RSJ kosong pada malam Natal, mereka menunda niatnya itu.

McMurphy memilih mengadakan pesta untuk para pasien RSJ. Dia menggunakan telpon untuk menghubungi dua teman perempuannya, Candy dan Rose untuk datang serta membawa banyak minuman beralkohol. Dengan dalih, pesta mereka hanya pesta sederhana dan Ratched nggak akan tahu, petugas itu mempersilakan Candy dan Rose masuk. Mereka semua pun berpesta.

Setelah pesta, McMurphy dan Chief mengajak Bibbit untuk kabur. Bibbit menolak tapi meminta supaya bisa kencan dengan Candy. McMurphy mengabulkan keinginan Bibbit bahkan membuatnya bisa tidur dengan Candy. Terlalu terbawa suasana, McMurphy banyak minum sehingga dia tertidur bukannya kabur dengan Chief.

Pagi harinya, Ratched mendapati pasien banyak yang pingsan serta kondisi RSJ berantakan. Dia mencoba mempermalukan Bibbit tapi Bibbit berhasil berbicara lancar dan melawan Ratched. Ratched mengatakan akan melaporkan tindakan Bibbit pada ibunya. Bibbit kembali terbata-bata. Chief dan McMurphy terlibat perkelahian dengan para petugas. Bisakah mereka kabur? Ataukah Ratched akan menggunakan metode lain agar para pasiennya kapok melawan?

Isu tentang Hak dan Otoritas

Sinopsis & Review One Flew Over Cuckoo’s Nest (1975) 5

One Flew Over Cuckoo’s Nest mengangkat isu tentang hak dan otoritas. Para pasien RSJ sejatinya adalah manusia yang mempunyai hak. Tapi mereka diberi rutinitas monoton setiap harinya. Satu-satunya hiburan bagi mereka adalah ketika bisa bermain kartu bersama. Sisanya, mereka hanya bisa tiduran di ranjang dengan suara musik yang cukup keras di bangsal.

Sosok Ratched adalah gambaran dari otoritas. Dia memutuskan segala detail yang perlu dilakukan di RSJ. Ketika ada pasien yang berontak atau nggak menuruti perintah, pasien akan diberikan hukuman. Semakin parah tindakan pasien, akan sejalan dengan hukuman yang diberikan. Ketika melihat akan ada kekacauan, dia akan mengintimidasi para pasien. Hal itu dia lakukan dengan dingin, seakan-akan yang dirawat bukanlah manusia.

Ratched membatasi kesenangan yang bisa didapat para pasien, terutama setelah McMurphy hadir. Ide-ide McMurphy yang merusak tatanan yang dibangun Ratched, memaksa Ratched bertindak lebih keras. Padahal para pasien lebih berbahagia setelah McMurphy bisa memberi mereka pengalaman baru selama di RSJ.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram