bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Nightbooks, Terjebak Bersama Penyihir Jahat

Kisah mengenai sosok penyihir jahat seolah menjadi kisah klasik yang banyak diangkat dalam cerita sebuah dongeng atau film. Kisah ini juga yang diangkat dalam sebuah film berjudul Nightbooks, dimana seorang anak harus terjebak melayani penyihir dan tidak bisa menemukan jalan keluar.

Bagaimanakah nasib anak tersebut setelah terjebak di tempat penyihir? Sebelum kamu menonton filmnya, kamu bisa membaca terlebih dulu review dan sinopsisnya berikut inI!

Sinopsis

film-nightbooks-1_

Kisah dalam film Nightbooks bermula saat seorang anak bernama Alex hendak membakar sebuah buku yang berisikan kisah-kisah horror yang selama ini ditulisnya. Saat keluar lift, ia justru melihat sebuah pintu yang membuatnya tertarik untuk masuk ke dalam. Ketika sudah berada di dalam, Alex pun menyadari bahwa pintu tersebut hilang dan ia terjebak di ruangan tersebut.

Rupanya, tempat itu adalah apartemen milik Natacha, seorang penyihir yang sering menculik anak-anak. Natacha hampir membunuh Alex karena dianggap tak berguna, namun Alex mengatakan jika ia bisa menulis cerita horror. Natacha kemudian membiarkan Alex tetap hidup untuk melayaninya dengan membacakan satu cerita horror setiap malam.

Setiap malam, Alex akhirnya melayani Natacha dengan membaca satu per satu judul cerita horror dari buku yang tadinya hendak ia bakar. Di apartemen itu, Alex juga bertemu seorang anak perempuan bernama Yasmin. Sama seperti Alex, Yasmin juga terjebak dan harus menjadi pelayan Natacha yang memasak dan menyajikan makanan untuk Natacha setiap malam.

Di perpustakaan milik Natacha, Alex dan Yasmin berusaha mencari cara untuk bisa kabur dari apartemen tersebut. Mereka kemudian menemukan sebuah catatan milik seorang anak bernama Unicorn Girl yang tampaknya berhasil kabur dari tempat itu. Salah satu cara yang dituliskan oleh Unicorn Girl adalah dengan memberi si penyihir ramuan tidur.

Alex kemudian menjebak Natacha agar mengatakan nama tanaman yang bisa digunakan untuk ramuan tersebut. Setelah mengetahui nama tanaman tersebut, mereka pun mengambilnya dari kebun Ajaib milik Natacha. Keduanya berencana untuk memasukkan ramuan tersebut pada makan malam Natacha.

Akibat mempersiapkan ramuan itu, Alex belum sempat menulis cerita horror untuk Natacha. Sementara buku lamanya telah dirusak oleh monster yang datang dari kebun. Oleh karena itu, Alex panik saat Natacha memintanya membacakan cerita horror. Sementara rencana Yasmin untuk memberikan ramuan pada Natacha kacau karena ramuan yang disiapkan menghilang.

Saat Natacha mulai marah karena Alex tidak memberinya cerita horror, ia tiba-tiba tertidur. Rupanya, ramuan tidur itu dimasukkan oleh Lenore, kucing peliharaan Natacha ke botol spray yang dipakai Natacha. Kesempatan itu digunakan Alex dan Yasmin untuk mencuri kunci yang dipegang Natacha dan membuka pintu rahasia. Namun ternyata pintu itu tidak mengarah ke rumah mereka.

Mereka masih berada di apartemen dalam bagian yang lain. Ruangan itu tampak seperti rumah dongeng Hansel dan Gretel dan merupakan tempat Natacha memanen spray sihirnya. Mereka kemudian terjebak di tempat itu. Natacha yang sudah sadar menyusul mereka ke tempat tersebut untuk mengambil spray sihirnya.

Rupanya spray sihir yang memberi Natacha kekuatan sihir berasal dari penyihir asli yang sedang tertidur. Alex kemudian menyadari bahwa Natacha bukanlah penyihir asli, namun sosok Unicorn Girl yang dulu sempat kabur. Natacha kemudian mengaku jika ia dulu adalah anak kecil yang terjebak oleh penyihir. Saat ia berhasil keluar, orang tuanya telah melupakannya.

Natacha kemudian memilih kembali ke apartemen dan mengambil alih kekuasaan penyihir asli. Ia membuat penyihir asli tetap tertidur dengan cerita-cerita horror. Oleh karena itu, ia membutuhkan Alex. Alex kemudian membacakan cerita horror yang berakhir bahagia sehingga membangunkan penyihir asli. Pertarungan pun terjadi antara Natacha dan penyihir asli.

Natacha kalah dari penyihir, sementara Alex dan Yasmin memanfaatkan hal itu untuk kabur dan menuju lift apartemen orang tua Alex. Namun keduanya dikejar oleh penyihir asli. Alex dan Yasmin kemudian menjebak penyihir ke ruang pembakaran. Alex melempar bukunya ke tungku pembakaran dan diikuti penyihir yang ikut terbakar di tempat tersebut.

Alex akhirnya berhasil kembali pada orang tuanya. Begitu pula dengan Yasmin yang kembali pulang setelah tiga tahun menghilang. Keduanya kini menjadi berteman. Alex kembali menulis buku misteri, dan Yasmin semakin memperdalam dunia sains.

Kisah Horor Anak-Anak dengan Nilai Persahabatan

film-nightbooks-2_

Film Nightbooks adalah film horror fantasi yang mengangkat sudut pandang dari anak-anak. Film ini mengangkat tema mengenai penyihir dan kisah mengenai bagaimana anak-anak diculik dari rumah dan dipisahkan dari orang tua mereka, hal-hal yang tentu cukup menyeramkan dari sudut pandang seorang anak.

Film ini hanya mengisahkan sudut pandang dari karakter anak-anak dalam film, seperti Alex dan Yasmin. Bahkan di akhir film kita akan melihat bagaimana masa lalu Natacha yang juga merupakan seorang anak yang kehilangan orang tuanya setelah ia diculik penyihir. Sementara karakter dewasa dari film ini tidak banyak diceritakan mengenai bagaimana latar belakang mereka.

Sebagai film yang cocok ditonton oleh anak-anak, film ini juga memiliki nilai nilai mengenai persahabatan dan bagaimana para anak-anak harus menjadi berani serta menjadi diri mereka sendiri. Kisah persahabatan ini juga bisa kita lihat dari manisnya pertemanan Alex dan Yasmin di sepanjang cerita.

Alur Cerita yang Hanya Mengambil Setting di Satu Lokasi

film-nightbooks-3_

Film Nighbooks yang berdurasi selama 103 menit ini hanya mengambil setting lokasi di satu tempat saja, yaitu di apartemen milik penyihir Natacha. Di tempat tersebut, kita akan melihat bagaimana Alex dan Yasmin berusaha untuk kabur dari awal hingga akhir cerita. Konsep sinematografi dari setting lokasi ini juga dibuat seolah gelap, suram, dan menyeramkan.

Meski hanya berada di satu lokasi saja, konflik dan petualangan dari film ini tetap terasa. Perjalanan Alex dan Yasmin untuk mencoba kabur dari apartemen tersebut membuat film ini terasa seperti film petualangan meski ceritanya hanya berkutat di ruangan apartemen saja. Kita pun akhirnya akan ikut lega saat melihat anak-anak ini bisa menemukan jalan keluar.

Karakter Penyihir Natacha yang Unik

film-nightbooks-4_

Sosok penyihir biasanya identik dengan sosok wanita tua menyeramkan dengan aura mistis yang akan membuatmu ngeri. Namun sosok penyihir dalam film Nightbooks ini justru digambarkan berbeda. Di awal film, kedatangan Natacha memang dihadirkan dengan nuansa yang begitu seram sehingga membuat film ini terkesan sebagai film horror yang begitu mengerikan.

Namun rupanya ia hanya memakai topeng saja. Saat membuka topengnya, kita justru melihat sosok Natacha yang cukup cantik untuk disebut sebagai penyihir. Natacha juga selalu tampil dengan pakaian yang fashionable dan melakukan gesture tubuh selayaknya wanita yang begitu anggun. Tak dipungkiri, sosoknya menjadi salah satu daya tarik dan keunikan dari film Nightbooks ini.

Itulah review dan sinopsis dari film Nightbooks, film horror fantasi tentang penyihir jahat yang menculik dan menjebak anak-anak untuk tinggal di apartemennya. Apabila kamu menjadi Alex atau Yasmin, bagaimana caramu untuk kabur dari penyihir ini? Coba buat cerita versimu di kolom komentar!

Nightbooks
Rating: 
2.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram