bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Korea My Love from the Star (2013)

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 30 September 2021

Sekumpulan alien berwujud manusia mendarat di Bumi 400 tahun lalu, saat Dinasti Joseon berjaya di Korea Selatan. Salah satunya adalah Do Min Joon. Dia tampan dan pintar. Sebagai alien, dia mempunyai kemampuan penglihatan, pendengaran, dan kecepatan yang luar biasa.

Namun, dia tidak bisa kembali ke planetnya karena ketinggalan pesawat. Sedangkan pesawat lainnya baru bisa datang 400 tahun kemudian. Selama di Bumi, Do Min Joon selalu dingin kepada manusia, sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang aktris cantik bernama Cheon Song Yi.

Dalam waktu beberapa bulan, Do Min Joon bisa kembali ke planet asalnya. Dan, dia harus melakukannya, karena terlalu lama di bumi membuat fisik aliennya menjadi sakit. Jika tak kembali, dia bisa mati.

Akan tetapi, Do Min Joon terlanjur jatuh cinta pada Cheon Song Yi. Bagaimana dengan perbedaan mereka, yang satu alien, yang satunya manusia? Haruskah dia meninggalkan Cheon Song Yi, dan kembali ke planet asalnya? Yuk, simak sinopsis dan ulasan drama Korea "You Who Came From the Star" dari Bacaterus di sini!

Sinopsis

Sinopsis & Review Drama Korea My Love from the Star (2013) 1
  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Drama, Romance, Comedy, Fantasy
  • Produksi: HB Entertainment
  • Sutradara: Jang Tae Yoo
  • Pemeran: Jun Ji Hyun, Kim Soo Hyun, Park Hae Jin, Yoo In Na, Na Young Hee, Um Hyo Sup, Ahn Jae Hyun, Kim Chang Wan, Shin Sung Rok, Lee Jung Gil, Sung Byung Sook, Lee Il Hwa, Oh Sang Jin, Hong Jin Kyung
  • Jumlah episode: 21

Do Min Joon (Kim Soo Hyun) berasal dari sebuah planet luar angkasa. Dia mendarat di Bumi pada masa Dinasti Joseon, lebih tepatnya tahun 1698. Dia terlambat masuk ke pesawatnya karena menyelamatkan seorang gadis kecil yang berada dalam bahaya, Seo Yi Hwa (Hyeon-s Soo Kim).

Do Min Joon pun tertinggal di Bumi dan harus menunggu pesawat berikutnya 400 tahun kemudian. Hal yang mengejutkan adalah, Do Min Joon hidup dengan baik di Bumi pada setiap masa yang dia jalani. Dia juga dapat beradaptasi dengan lingkungan di mana dia berada.

Sampai pada akhirnya dia berada di zaman modern. Berkat uang yang dia kumpulkan sejak kurang dari 400 tahun lalu, dia bisa tinggal di sebuah apartemen mewah, yang kebetulan bersebelahan dengan apartemen aktris Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun).

Pertemuan keduanya kurang bagus, karena Song Yi mengira Min Joon adalah penggemarnya. Inilah awal konflik diantara mereka berdua. Masa sekarang adalah hari-hari terakhir Min Joon di Bumi sebelum pulang ke planet asalnya, KMT 184,05. Sebelum pulang, Min Joon ingin bertemu dengan Yi Hwa-nya.

Yi Hwa pernah diselamatkan dua kali oleh Min Joon, 400 tahun lalu saat dia hampir jatuh dari tebing, dan 10 tahun lalu saat Yi Hwa diculik. Reinkarnasi Yi Hwa yang 10 tahun lalu memberikan jepit rambut pada Min Joon sebagai tanda terima kasih. Min Joon tak pernah bertemu lagi dengan Yi Hwa-nya, tapi seharusnya dia sudah dewasa sekarang, kalau pun dia masih hidup.

Sinopsis & Review Drama Korea My Love from the Star (2013) 3

Kembali ke masa sekarang. Song Yi akan kembali ke kampus untuk melanjutkan pendidikannya. Sebenarnya itu dilakukan demi publikasi saja, karena dia dicap sebagai aktris yang bodoh. Memang, dia itu malas belajar.

Saat mendapatkan tugas membuat makalah, Song Yi menyuruh asistennya untuk mengkopi tugas zaman dulu saja. Namun, Min Joon yang menjadi profesornya tahu kalau makalah itu hasil 100% plagiat.

Suatu ketika, Min Joon tak sengaja melihat foto di dalam dompet Song Yi. Betapa terkejutnya dia karena itu adalah foto Yi Hwa yang dia selamatkan 10 tahun lalu. Min Joon pun menanyakan hubungan Song Yi dengan Yi Hwa, dan juga menanyakan keberadaan Yi Hwa. Tapi, Song Yi merahasiakan bahwa dirinya lah gadis kecil di foto itu.

Kembali ke 400 tahun lalu, Min Joon sedang mengantar Yi Hwa pulang ke rumah orang tuanya. Pada masa itu, membawa pulang pria asing ke rumah adalah suatu hal yang merusak reputasi keluarga sehingga Yi Hwa pun harus dibunuh.

Walaupun marah, ibu Yi Hwa mengurungkan niatnya membunuh anaknya karena tak tega. Dia malah membiarkan Yi Hwa kabur untuk menyelamatkan dirinya sendiri.

Pada masa kini, Song Yi dan Han Yoo Ra (Yoo In Young), rekan sesama aktris, saling membenci. Semua orang tahu akan hal itu. Bahkan media selalu meliput tentang perseteruan mereka berdua. Saat mendatangi acara di kapal pesiar, jasad Yoo Ra ditemukan mengapung di sungai. Tentu Song Yi menjadi tersangka karena mereka memang bertengkar malam itu.

Tapi, Song Yi mengetahui satu rahasia, yaitu Yoo Ra mengenal Lee Jae Kyung (Seong Rok Sin), dan mereka sempat berselisih. Min Joon yang teleportasi ke kapal pesiar mengetahui bahwa Jae Kyung lah yang membunuh Yoo Ra karena terseret dalam kasus pembunuhan ini, karir Song Yi hancur.

Song Yi mendapatkan kritik pedas dari media dan netizen, hingga agensinya memutuskan kontrak secara sepihak dengannya. Flashback lagi ke 400 tahun lalu, di saat Min Joon dan Yi Hwa dikejar oleh para petugas.

Mereka berhasil kabur, namun tak lama kemudian Yi Hwa tewas karena melindungi Min Joon. Pada masa sekarang, Song Yi menemukan video mencurigakan di dalam USB milik Yoo Se Mi (Yoo In Na), karena waktu di kapal pesiar itu ternyata tas mereka tertukar.

Lee Hwi Kyung (Park Hae Jin) menyarankan Song Yi untuk menyerahkan video tersebut ke polisi. Kemudian, karena mencurigai Song Yi, Jae Kyung memberikannya sebuah boneka beruang yang sudah diimplan kamera pengawas.

Suatu hari, Min Joon tiba-tiba memeluk dan mencium Song Yi, yang kemudian membuat Min Joon jatuh sakit. Song Yi merawatnya seorang diri karena Min Joon tidak mau dibawa ke rumah sakit.

Min Joon teleportasi dan memperingatkan Jae Kyung untuk tidak menyakiti Song Yi, atau dia akan membeberkan rahasia kelam Jae Kyung. Hwi Kyung dan Song Yi bertanya kepada Min Joon, apakah dia pernah menyelamatkan Song Yi 10 tahun yang lalu, serta apakah dia ada di sekitar saat kecelakaan mobil belum lama ini.

Min Joon tentu saja tidak mengakuinya. Karena, bagaimana bisa manusia berwajah sama dengan dirinya saat 10 tahun yang lalu.

Sinopsis & Review Drama Korea My Love from the Star (2013) 5

Min Joon ulet mengumpulkan bukti kematian Yoo Ra, dan semakin menggali, dia menyadari persoalan ini tidak semudah yang dia pikirkan. Song Yi mengungkapkan perasaannya kepada Min Joon, namun dia bersikap tidak acuh sehingga membuat Song Yi menangis dan pergi meninggalkannya.

Pada akhirnya, Min Joon mengungkapkan identitasnya kepada Song Yi dan tentang Yi Hwa yang mirip sekali dengannya. Hubungan mereka semakin dekat setelahnya. Waktu dipercepat hingga saat syuting, Song Yi terjatuh dari tempat tinggi.

Dia dilarikan ke rumah sakit dan orang tua Song Yi pun datang. Berkat kecelakaan itu, Song Yi bertemu dengan ayahnya dan memaafkannya karena pernah meninggalkan dia selama beberapa tahun ini.

Sementara itu, Min Joon menyerahkan bukti bahwa Jae Kyung yang telah membunuh Yoo Ra ke polisi, yang membuat Jae Kyung akhirnya dipenjara. Min Joon jadi tenang karena merasa tak akan ada lagi orang yang bisa membahayakan Song Yi.

Min Joon seharusnya tidak boleh berhubungan erat dengan manusia di Bumi. Karena, dia tidak bisa kembali ke Bumi jika telah pulang ke planet asalnya. Makanya, Min Joon memutuskan untuk bertahan di Bumi saja dan tidak pulang. Jang Young Mok, satu-satunya teman Min Joon, mengingatkan sang alien akan kerentanan tubuhnya jika terlalu lama tinggal di Bumi.

Semakin lama Min Joon di Bumi, maka tubuhnya akan semakin melemah dan dia bisa menghilang. Song Yi yang mengetahui hal ini meminta Min Joon untuk kembali ke planet asalnya saja. Song Yi mengatakan akan menunggu Min Joon selamanya, walau kemungkinan Min Joon kembali ke Bumi sangat tipis.

Disukai Secara Global

Sinopsis & Review Drama Korea My Love from the Star (2013) 7

Drama ini mendapatkan apresiasi yang tinggi pada masa tayangnya. Bahkan di beberapa negara, banyak yang menjiplak drama ini. Seperti serial televisi "Kau yang Berasal Dari Bintang" yang tayang di RCTI dan juga "My Love From Another Star" yang ditayangkan oleh Channel 7 di Thailand.

Tetapi, SBS telah menyelesaikan masalah ini sebagai plagiarisme. Akhirnya kedua pihak yang meng-copy pun mengatakan disklaimer kalau drama tersebut merupakan remake.

Dipenuhi Bintang-Bintang Bersinar

Sinopsis & Review Drama Korea My Love from the Star (2013) 9

Pemeran dalam drama ini sebagian besar adalah bintang-bintang ternama yang namanya sudah mendunia. Siapa yang tak kenal Kim Soo Hyun yang berakting apik dalam drama Dream High, The Moon Embraces The Sun, The Producers, dan It’s Okay To Not Be Okay.

Juga Jun Ji Hyun yang telah berperan dalam film My Sassy Girl, Il Mare, Windstruck, The Thieves, The Berlin File, Assassination, dan saat dia menjadi duyung dalam drama The Legend Of The Blue Sea bersama Lee Min Ho.

Serta kehadiran aktor dan peragawan tampan, Ahn Jae Hyun yang berkontribusi dalam drama You’re All Surrounded, Blood, Cinderella With Four Knights, Reunited Worlds, dan The Beauty Inside.

Tak ketinggalan Bae Suzy sebagai kameo yang telah berperan dalam drama Dream High, Architecture 101, Gu Family Book, Uncontrollably Fond, While You Were Sleeping, Vagabond, dan Start-Up. Meski Park Hae Jin dalam drama ini hanya sebagai peran pendukung, sebelumnya dia telah sukses menjadi peran utama dalam Bad Guys, Cheese In The Trap, dan Man To Man, loh.

Soundtrack yang Populer

Sinopsis & Review Drama Korea My Love from the Star (2013) 11

Drama Korea kurang pas tanpa adanya OST yang membantu mengiringi emosi karakter dalam tiap adegan. Seperti "My Destiny" yang dinyanyikan oleh Lyn, "Like A Star" yang dibawakan oleh K. Will, "Goodbye" yang dinyanyikan oleh Hyolyn, "I Love You" oleh Just, "Tears Fallin Like Today" oleh Huh Gak, dan "If I" oleh Kim Soo Hyun sendiri!

"My Destiny" adalah lagu yang paling populer di Korea Selatan pada masa itu. Bahkan, sempat menempati posisi kedua dalam Gaon Music Chart.

Visual dan efek drama ini tentu tidak perlu diragukan lagi, ya, teknologi drama Korea dan Indonesia sangat berbeda jauh. Para pemainnya pun tak hanya tampan dan cantik, tapi juga piawai berakting. Namun, tak memungkiri aAda beberapa hal yang timpang, dalam drama ini.

Misalnya ketika setelah Do Min Joon menghilang, saya pikir dia 'mati' karena tubuhnya memuai. Akan tetapi, tiba-tiba dia muncul lagi walau "Hanya sebentar saja" kalau kata Do Min Joon, karena kekuatannya belum cukup untuk menahan diri lebih lama di Bumi.

Jadi, dia menggunakan teleportasi dari planet asalnya ke Bumi, bukan begitu? Kalau memang dia bisa melakukannya, kenapa dia perlu menunggu pesawat planetnya hingga 400 tahun? Kan, dia bisa teleportasi ke planetnya 'walau cuma sebentar'. Hmm, cukup membingungkan untuk orang yang suka over thinking, bukan?

Lalu untuk kuliahnya Song Yi, kenapa cuma seperti adegan tambahan semata? Supaya Min Joon dan Song Yi bisa bertemu saja gitu. Soalnya setelah mereka semakin dekat, Min Joon seperti tidak jadi dosen lagi karena terlalu banyak menghabiskan waktu bersama Song Yi.

Anyway untuk keseluruhan drama mulai dari ide cerita, visualisasi, efek, dan akting para karakternya saya memberikan skor 4. Soalnya drama fantasi ini begitu menggemparkan, telah di terjemahkan ke berbagai bahasa bahkan sampai di-remake juga. What do you think about this drama?

My Love from the Star
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram