bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Murder Mystery, Film Misteri Berbalut Komedi

Film-film bergenre misteri atau yang mengangkat tema pembunuhan umumnya memiliki cerita yang seram dan menegangkan. Namun dalam film berjudul Murder Mystery, kamu justru akan menyaksikan film misteri mengenai pembunuhan yang dikemas dengan kocak dan mengundang tawa.

Penasaran seperti apa serunya  film ini? Kamu bisa baca review dan sinopsis dari film Murder Mystery berikut ini!

Sinopsis

murder-mystery-1_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Misteri / Komedi
  • Produksi: Happy Madison Productions / Endgame Entertainment
  • Sutradara: Kyle Newacheck
  • Pemeran: Adam Sandler, Jennifer Aniston, Luke Evans

Nick Spitz (Adam Sandler) merupakan seorang opsir polisi yang berbohong pada sang istri, Audrey (Jennifer Aniston), dengan mengatakan bahwa dirinya sudah menjadi detektif. Nick dan Audrey tengah merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-15. Nick pun menghadiahi Audrey perjalanan ke Eropa seperti yang sudah lama diinginkan Audrey.

Mereka pun berangkat menggunakan pesawat kelas ekonomi dan menjadwalkan liburan murah dengan bus. Saat dalam pesawat, Audrey tak sengaja masuk ke kabin nomor satu dan bertemu Charles Cavendish, seorang bangsawan kaya yang patah hati karena tunangannya direbut sang paman, milyarder Malcolm Quince.

Charles berencana pergi ke kapal pesiar milik sang paman karena undangan pernikahan mereka. Charles kemudian mengajak Audrey dan Nick untuk ikut serta. Mulanya mereka menolak, namun akhirnya mereka ikut dengan Charles saat melihat bus rongsok yang akan membawa mereka liburan. Nick dan Audrey pun akhirnya ikut melakukan perjalanan mewah menggunakan kapal pesiar.

Acara di kapal pesiar itu dihadiri para orang kaya yang merupakan kerabat Malcolm Quince. Ada Suzy, mantan tunangan Charles yang menjadi calon istri Malcolm.

Hadir pula Grace Ballad seorang artis terkenal, Juan Carlos si pembalap F1, Vikram si Maharaja dari India, Tobey Quince sang anak dan pewaris tahta dari Malcolm, serta Kolonel Ulenga dan Sergei sang pengawal Malcolm.

Pada malam pesta, Malcolm mengumumkan jika ia akan mengubah surat wasiatnya dan akan memberikan semua hartanya pada Suzy. Saat hendak menanda tangani warisan, tiba-tiba saja lampu padam dan terjadi pembunuhan. Malcolm ditemukan tewas sebelum menanda tangani surat wasiatnya yang baru.

Sebagai detektif, Nick meminta semua orang untuk kembali ke kamarnya sampai mereka berlabuh di Monaco dan bertemu polisi. Ia dan Audrey pun kembali ke kamar. Nick seolah tak peduli dengan kasus itu dan tertidur.

Sementara Audrey yang suka membaca novel misteri sangat bersemangat untuk menebak pembunuhnya. Mereka pun menduga Tobey sebagai pelakunya.

Saat mereka di kamar, kembali terdengar suara tembakan. Rupanya Tobey ditemukan tewas seolah bunuh diri, namun banyak hal janggal hingga diduga Tobey pun dibunuh oleh pembunuh Malcolm.

Setelah sampai di Monaco, kasus tersebut ditangani Inspektur de la Croix. Semua penumpang kapal dan de la Croix menuduh Nick dan Audrey sebagai pembunuhnya karena mereka orang asing.

Akibat tuduhan itu, Nick dan Audrey akhirnya melakukan penyelidikan mereka sendiri untuk mengungkap pembunuh sebenarnya. Mereka pura-pura mengobrol dengan setiap orang di kapal untuk mencari keterangan dari mereka. Sementara itu, de la Croix merilis pernyataan di berita bahwa Nick hanyalah opsir polisi yang mengaku sebagai detektif.

Audrey yang mengetahui hal itu sempat marah pada Nick tapi pada akhirnya mereka kembali fokus untuk memecahkan misteri pembunuhan itu

Namun anehnya orang-orang di sekitar mereka pun mulai terbunuh, mulai dari Sergei, Suzy, hingga Charles Cavendish. Nick dan Audrey yang mulanya menuduh Charles dan Suzy sebagai pembunuh pun kini tak punya bukti apapun.

Karena tak bisa memberi bukti, de la Croix nyaris menahan keduanya. Di detik-detik terakhir, Nick dan Audrey berhasil mengungkap jika pembunuh sebenarnya adalah Grace.

Grace pun tertembak dan diamankan. Saat mereka merayakan keberhasilan itu, Audrey kembali mengungkap fakta jika Juan Carlos juga terlibat pada pembunuhan itu.

Mereka pun melakukan aksi kejar-kejaran mobil hingga akhirnya Juan Carlos tertangkap. Setelah kasus itu terungkap, Nick dan Audrey pun akhirnya menjalani sisa liburan mereka.

Tema Misteri dengan Kisah Ringan dan Menghibur

murder-mystery-2_

Film berdurasi 97 menit ini memang mengangkat tema mengenai pembunuhan, namun alur ceritanya banyak menampilkan komedi yang membuat kasus misteri pembunuhan ini tidak menjadi sesuatu yang seram seperti film-film misteri pada umumnya. Bahkan semua elemen dalam film ini justru membuat film ini terasa seperti film komedi yang terasa ceria.

Jika pada umumnya film-film misteri memiliki visual dengan nuansa yang kelam, film Murder Mystery justru terasa memiliki visual dan sinematografi yang begitu ceria. Dari awal hingga pertengahan film, kita akan cukup banyak melihat shot-shot indah pemandangan lautan hingga kemegahan kapal pesiar dengan tone warna yang cenderung cerah.

Pada beberapa scene yang seharusnya menjadi adegan serius, kita juga justru akan dibuat tertawa dengan tingkah konyol para karakter dalam film ini.

Dengan alur cerita yang cukup unik ini, film Murder Mystery cocok ditonton untuk kamu yang menyukai genre misteri namun ingin mendapatkan pengalaman baru dalam film-film bertema pembunuhan semacam ini.

Gabungan Misteri, Komedi, Drama, hingga Aksi

murder-mystery-3_

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, film ini memang mengangkat tema misteri yang dibalut dengan paduan komedi. Namun tak hanya misteri dan komedi saja, film ini juga menyajikan paduan kisah drama hingga aksi yang bisa kamu saksikan di sepanjang jalan ceritanya.

Selain unsur misteri yang penuh teka-teki dan memiliki plot twist yang cukup mengejutkan serta komedi yang akan membuatnya sering tertawa di sepanjang film, Murder Mystery juga akan mengajak kita menyaksikan drama percintaan antara Nick dan Audrey.

Drama mengenai kisah cinta keduanya memang tak dibuat seperti kisah cinta yang romantis, namun akan tetap terasa manis.

Di bagian akhir film, kita juga akan disajikan dengan adegan aksi kejar-kejaran mobil yang cukup menegangkan selama beberapa menit lamanya. Bisa dibilang jika film Murder Mystery ini merupakan paket lengkap film dengan paduan misteri, komedi, drama, dan aksi sekaligus.

Siapakah Karakter Antagonis Sebenarnya? 

murder-mystery-4_

Baik karakter utama maupun karakter pendukung dalam film Murder Mystery juga memiliki kepribadian masing-masing yang unik dan tak bisa ditebak. Sepanjang film, kamu pun mungkin akan ikut menebak mengenai siapakah sosok antagonis dalam film ini atau siapakah sosok pembunuh yang sudah membunuh satu persatu keluarga kaya tersebut.

Hingga menjelang akhir film, kamu mungkin belum bisa menebak dengan benar siapa pembunuhnya karena film ini akan memiliki cukup banyak plot twist tak terduga. Jadi, kamu harus tonton filmnya sampai selesai untuk tahu siapa sebenarnya karakter antagonis yang menjadi pembunuh dalam film ini.

Itulah review dan sinopsis dari film Murder Mystery, film tentang pembunuhan yang dikemas dengan banyak komedi dan akan membuatmu terpingkal di sepanjang filmnya. Apakah kamu sudah pernah menonton filmnya dan berhasil menebak sosok pembunuhnya dengan tepat? Kita bahas di kolom komentar yuk!

Murder Mystery
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram