bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Film Korea More Than Friends (2020)

Sinopsis & Review Film Korea More Than Friends (2020)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 10 Mei 2021

Hanya dianggap teman ketika diperlakukan lebih dari teman, akan membuat siapapun bingung. Perasaan cinta yang diutarakan dengan sedikit keberanian ditolak karena dianggap teman. Bukan satu melainkan dua kali Woo Yeon mencoba mendapatkan hati Lee Soo, tapi yang dia dengar hanya pengakuan bahwa mereka tak lebih dari sekadar teman.

Namun, tidak ada yang tahu isi hati seseorang dan apa yang berkelahi di dalam sana. Satu yang pasti, kita tidak boleh membohongi perasaan sendiri. Kisah Woo Yeon dan Lee Soo yang melibatkan perasaan ini bisa Anda saksikan melalui drama More Than Friends.

Dramanya cukup ringan tapi punya pesan dan akan membuat Anda terkesan. Terutama bagi siapa saja yang mengalami cerita serupa. Lalu apa pelajaran yang ingin disampaikan oleh drama ini? Anda bisa membaca sinopsis serta ulasannya lebih dulu untuk mengetahui gambarannya sebelum mulai menonton. Simak yuk!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 25 September – 28 November 2020
  • Genre: Komedi, Romantis, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Pemain: Ong Seong Wu, Shin Ye Eun, Kim Dong Jun, Pyo Ji Hoon
  • Sutradara: Choi Shung Bum
  • Produksi: JTBC Studios, Zium Contents

Kyung Woo Yeon (Shin Ye Eun) tidak sengaja menjatuhkan beberapa gelas ketika dia bekerja sebagai pramusaji dalam acara yang digelar sebuah penerbitan. Ketika itu, sang CEO, Ohn Joon Soo (Kim Dong Jun) sedang memberi sambutan. Kekacauan yang dibuat Woo Yeon langsung menarik perhatian hadirin yang ada di sana, termasuk Joon Soo.

Woo Yeon adalah seorang pekerja lepas. Dalam seminggu dia bekerja di beberapa tempat sekaligus. Pertama di sebuah café, menjadi guru les tambahan, dan sebagai juru kaligrafi. Besoknya, Woo Yeon dan kekasih hendak merayakan hari jadi mereka ke 100, tapi gadis itu malah diputuskan.

Kekesalannya ini dia bagikan pada teman-teman. Sayang, tidak ada satu pun yang menguatkannya. Bukan karena mereka tidak menyayangi Woo Yeon melainkan karena gadis itu sudah terlalu sering putus cinta. Sejauh ini dia sudah punya mantan sebanyak 12 orang, sehingga teman-temannya sudah sangat terbiasa dan tidak lagi merasa kaget atau iba.

Saat berkumpul dengan teman-temannya, Woo Yeon mendapat pesan dari mantannya yang terakhir. Pesan itu berbunyi bahwa Woo Yeon tidak tahu caranya mencintai. Woo Yeon terdiam lalu menyadari bahwa dirinya memang tidak tahu cara mencintai. Hal itu sudah dia anggap sebagai kutukan dalam hidupnya.

Ingatannya kemudian kembali ke 10 tahun lalu. Saat itu dia masih berusia 18 tahun. Woo Yeon tidak tahu cara mencintai siapa pun kecuali pada seseorang yang ada di masa lalunya. Dia adalah Lee Soo (Ong Seong Wu), teman saat di bangku SMA dulu.

Lee Soo sangat populer di sekolah karena ketampanannya, sementara Woo Yeon adalah siswi yang baik dan pintar tapi kerap ceroboh hingga dinilai aneh. Selain itu dia tidak disukai oleh para siswi karena kedekatannya dengan Lee Soo. Woo Yeon kerap dimanfaatkan dan Lee Soo menyelamatkannya. Alih-alih merasa tertolong, Woo Yeon justru tersinggung.

Salah paham antara keduanya tidak bertahan lama. Woo Yeon dan Lee Soo justru semakin dekat karena menjadi anggota sebuah klub yang sama. Apalagi ketika mereka sama-sama menjadi relawan untuk panti jompo. Lee Soo terlihat terus mengikuti Woo Yeon dan sengaja mencari cara untuk dekat dengan gadis itu.

Ketika suatu hari Woo Yeon terluka karena melawan siswi yang sering jahat padanya, Lee Soo memberikan salep sebagai obat. Perhatian kecil dari Lee Soo membuat Woo Yeon bingung. Saat dia menceritakan ini pada dua temannya, mereka dengan yakin mengatakan bahwa Lee Soo menyukainya.

Suatu hari Lee Soo mengabarkan bahwa dirinya harus pergi ke Amerika. Hal ini membuat Woo Yeon sedih sekaligus gelisah. Berkat nasihat sang ibu, Woo Yeon akhirnya mencari Lee Soo ke bandara. Setelah bertemu, gadis itu mengutarakan perasaannya. Dia akan menunggu Lee Soo sekalipun bertahun-tahun lamanya. Sayang, perasaan Woo Yeon bertepuk sebelah tangan. Lee Soo hanya menganggapnya teman.

Mendengar hal itu, Woo Yeon tentu saja bersedih. Tahun berlalu Woo Yeon sudah mulai menjalin hubungan asmara dengan beberapa pria tapi dia masih memikirkan Lee Soo. Hingga suatu hari, Lee Soo kembali ke Korea. Akankah setelah keduanya sama-sama dewasa mereka bisa bersatu? Mungkinkah Lee Soo hanya menganggap Woo Yeon sebagai teman?

Drama dengan Premis Klasik

Drama dengan Premis Klasik

Di tengah banyaknya drama Korea baru dengan berbagai premis yang tak biasa dan belum pernah ada sebelumnya, More Than Friends tampil percaya diri dengan berbekal premis yang klasik. Premis dalam drama ini kurang lebih hubungan antara pria dan wanita yang bertepuk sebelah tangan dan berakhir dengan penyesalan yang dirasakan salah satunya.

Namun, Anda jangan langsung menganggapnya tidak menarik. Drama More Than Friends punya banyak hal lain yang bisa membuat penontonnya betah. Dua di antaranya adalah jalan cerita yang dibuat seringan mungkin dan tidak terlalu banyak konflik yang rumit dan berbelit. Jadi, menonton drama ini Anda bisa sambil bersantai tanpa perlu ikut berpikir terlalu dalam.

Teman dan Perasaan Tak Bisa Disatukan

Teman dan Perasaan Tak Bisa Disatukan

Woo Yeon yang diperlakukan baik oleh Lee Soo mulai memiliki perasaan yang berbeda. Berawal sebagai teman, benih cinta mulai tumbuh di hatinya. Dengan keberanian yang sebenarnya masih dia raba-raba, Woo Yeon menyatakan cinta. Namun, tanggapan dari Lee Soo di luar harapannya. Lelaki itu mengaku bahwa kebaikannya selama ini hanya karena dia menganggap Woo Yeon sebagai teman dan tidak lebih.

Pada salah satu episode saat Lee Soo kembali ke Korea untuk liburan, lelaki itu kembali mencari Woo Yeon. Woo Yeon yang masih mencintainya kembali menyatakan perasaan. Tanggapan Lee Soo tetap sama. Dia hanya menganggapnya teman. Secara tegas, Woo Yeon kemudian mengatakan bahwa dirinya tidak ingin berteman.

Lee Soo meminta gadis itu berhenti. Dia lalu melanjutkan bahwa kemana pun dia pergi, sudah berapa lama pun dia pergi, dia akan terus menemui Woo Yeon sebagai teman. Setelah mendengarnya, Woo Yeon memutuskan sesuatu. Dirinya tidak akan lagi menyukai Lee Soo dan tidak ingin berteman. Woo Yeon ingin memperjelas batasan antara mereka berdua.

Scene ini cukup penting karena menjadi part baru dalam hubungan mereka. Woo Yeon memperlihatkan bahwa hubungan teman dan perasaan tidak bisa disatukan seperti yang Lee Soo mau. Bagi beberapa orang, tidak ada kata teman setelah penolakan. Menjadi orang asing akan terasa jauh lebih baik bagi mereka.

Sedihnya menahan perasaan sementara terus dianggap teman, akan sulit membuat hati terbuka untuk orang baru, sementara mengharapkan Lee Soo pun tidak mungkin. Woo Yeon mengajarkan para wanita untuk bersikap tegas dalam hal ini. Tentu saja dia juga sedih dan tak rela, karena bagaimana pun hati tidak bisa dikendalikan.

Kisah Cinta yang Dialami Banyak Orang

Kisah Cinta yang Dialami Banyak Orang

Perasaan emosional yang dirasakan Woo Yeon terhadap Lee Soo pasti dialami oleh cukup banyak orang. Begitu pun dengan kondisinya yang terjebak sebagai teman. Keberanian yang gadis itu kumpulkan untuk menyatakan cinta, harus diterima ketika akhirnya tidak bersambut. Anda mungkin juga pernah berada di posisi Woo Yeon atau Lee Soo.

Urusan hati memang tidak bisa dikendalikan. Sekalipun kita sudah mengatakan tidak akan mengejarnya lagi, tidak akan mencintainya, hati tidak bisa dibohongi. Kekuatan More Than Friends terletak di sini. Ia tawarkan cerita cinta yang banyak dialami dan cukup relevan dengan muda-mudi. 

Diperankan Idol Kpop

Diperankan Idol Kpop

Dalam drama arahan sutradara Choi Shung Bum ini setidaknya ada tiga Idol Kpop yang terlibat. Mereka adalah Ong Seung Woo sebagai Lee Soo yang merupakan mantan anggota Wanna One, Kim Dong Jon sebagai Ohn Joon Soo yang ternyata anggota boyband ZE:A dan Pyo Ji Hoon yang berperan sebagai teman Woo Yeon bernama Jin Sang Hyuk. Dia adalah anggota grup BLOCK B.

Walau datang dari panggung Idol, kemampuan akting mereka tidak mengecewakan. Lagipula pengalaman bermain dalam sebuah drama bukan pertama kali bagi mereka. Sebelum More Than Friends, Ong Seung Woo bermain dalam Moment at Eighteen (2019). Kim Dong Jon juga menjadi main role dalam drama Chief of Staff (2019) sementara Pyo Ji Hoon diingat melalui aktingnya sebagai bell boy di drama Hotel del Luna (2019) lalu.

Sesuai judulnya, drama More Than Friends siap mengacak-acak hati siapa pun yang terjebak dalam zona “lebih dari teman tapi enggan jadi pasangan”. Hal yang harus diingat dari drama ini adalah  walau hati tidak bisa dikendalikan, setidaknya jangan dibohongi. Ingin merasakan perihnya Woo Yeon mencintai temannya sendiri? More Than Friends jawabannya.

More Than Friends
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram