bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Moonlight, Kisah Cinta Novelis dan Editor

Sangat menyukai novel, Chu Li berusaha keras untuk bisa bekerja di salah satu penerbitan paling terkenal di Cina. Bahkan untuk menggapai cita-citanya, Chu Li rela merantau sendirian dan menggantungkan hidupnya pada nasib.

Hingga pertemuannya dengan seorang penulis arogan bernama Zhou Chuan malah mengubah seluruh hidupnya. Kisah ini bisa kamu saksikan saat menonton drama Cina berjudul Moonlight (2021). Drama yang diadaptasi dari novel populer berjudul Here’s Chu Li, karya Qing Mei.

Drama ini disutradarai oleh Zhang Bo Yu serta dibintangi oleh Yu Shu Xin sebagai Chu Li dan Ding Yu Xi sebagai Zhou Chuan. Tak hanya itu, drama ini memiliki jalan cerita yang kocak, tapi detail soal kehidupan seorang novelis dan editor.

Kira-kira seperti apa jalan ceritanya? Biar nggak penasaran lagi, kamu bisa membaca informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama China Unforgettable Love (2021)

Sinopsis

Sinopsis

Nekat merantau, tujuan Chu Li (Yu Shu Xin) hanya satu yaitu hanya untuk bekerja di Yuan Yue Publishing House. Namun impian dan kenyataan terkadang tidak sejalan, hal inilah yang harus dihadapinya saat ditolak oleh manajer editor.

Chu Li memang memiliki pengetahuan soal novelis dan karyanya dalam otaknya, tapi hal ini tidak berguna karena Yuan Yue Publishing House tidak lagi membuka lowongan.

Tak menyerah begitu saja, akhirnya Chu Li mendapatkan kesempatan magang du Yuan Yue Publishing House. Ia menyelamatkan tim editor yang hampir kehilangan hak untuk menerbitkan novel karya salah satu penulis dari perusahaan lain.

Namun untuk bisa menjadi penulis tetap, Chu Li ditantang untuk bisa menandatangani kontrak penerbitan dengan Zhou Chuan (Ding Yu Xi).

Sepertinya kesialan dalam hidupnya sangat berlimpah, karena Zhou Chuan sangat sulit untuk didekati dan arogan. Setelah beberapa kali mencoba dengan berbagai macam cara, akhirnya Chu Li bisa bertemu dengan Zhou Chuan.

Tentunya penuh perjuangan untuk Chu Li bisa meluluhkan hati Zhou Chuan untuk menandatangani kontrak dengan Yuan Yue Publishing House.

Dari sinilah hubungan keduanya secara perlahan berubah menjadi cinta yang manis dan jenaka. Chu Li menyadari bahwa Zhou Chuan adalah orang yang membodohinya saat mencari novel langka.

Sementara untuk Zhou Chuan, Chu Li adalah teman daringnya yang sangat penting dalam hidupnya. Ternyata Zhou Chuan sudah lama mengenal Chu Li lewat pesan daring, tapi ia tidak ingin identitasnya diketahui.

Apalagi karena suatu masalah Chu Li akhirnya tinggal di rumahnya sebagai penyewa, koki dan pengurus anjingnya. Hubungan keduanya juga semakin lama semakin dekat, berbagai macam kedekatan yang terjadi menumbuhkan cinta di hati mereka.

Namun keduanya masih menutupi perasaan masing-masing, karena berbagai masalah mulai muncul. Tantangan lain muncul, ketika Chu Li harus dihadapkan dengan sabotase dari wakil ketua editor dan pihak publishing.

Semua usaha Chu Li untuk membuktikan semua janjinya pada Zhou Chuan berakhir dengan kekecewaan dan putus kontrak. Zhou Chuan memilih untuk menandatangani kontrak dengan Gu Bai Zhi untuk novel selanjutnya.

Setelah keduanya resmi berpacaran, Chu Li akhirnya mengetahui bahwa Zhou Chuan adalah teman daringnya yang bernama Mr. Rubah.

Gadis ini merasa sudah ditipu habis-habisan, bahkan tak lama setelah masalah ini ada rumor jahat yang muncul. Kali ini Zhou Chuan disebut sebagai plagiat, saat seseorang mengklaim sebagai pemilik cerita original dari novel yang sudah terbit.

Melibatkan ayah dan orang-orang dari masa lalu Zhou Chuan, kira-kira bagaimana mereka mengatasi berbagai masalah yang datang. Apakah rasa kecewa Chu Li pada Zhou Chuan membuat gadis ini memilih untuk kembali ke kampung halaman?

Romcom Unik dan Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Romcom yang Unik dan Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Belakangan ini drama Cina sedang mencari suasana baru sehingga drama yang klise bisa terasa lebih fresh dan berbeda. Hal ini bisa saya rasakan saat menonton Moonlight (2021), yang memiliki premis klise namun dengan alur cerita yang terasa fresh.

Premisnya kisah benci jadi cinta antara seorang novelis dengan editor yang selalu mengganggunya untuk menandatangani kontrak penerbitan. Saya pikir banyak orang yang menebak bagaimana ceritanya berjalan, romansa yang manis atau romansa yang bergejolak.

Justru drama ini lebih menitik beratkan bagaimana perjuangan Chu Li sebagai fresh graduate dengan mimpinya menjadi editor handal. Tapi mimpinya terhambat gara-gara Zhou Chuan si novelis yang arogan dan sangat sulit untuk didekati oleh siapapun.

Saya sendiri tidak bisa menduga plotnya, malah menikmati berbagai adegan komedi ketika Zhou Chuan cemburu dan kesal. Belum lagi bromance Zhou Chuan dan Jiang Yu Cheng, saya yakin para penonton perempuan akan jatuh cinta pada keduanya.

Selain itu soal lead female keduanya yaitu karakter Gu Bai Zhi, awalnya saya pikir ia akan menjadi orang yang menyulitkan pasangan utamanya.

Ternyata Gu Bai Zhi malah berkutat dengan kisah cinta yang belum usai dengan Jiang Yu Cheng. berbagai hal yang tidak terduga ini menjadi daya tarik yang membuat Moonlight (2021) terasa berbeda.

Selain itu konflik di akhir drama, bagi saya menjadi penutup yang sangat sempurna untuk drama ini. Saya menyukai konflik ini, karena pada akhirnya bisa menjawab plot hole yang ada sejak paruh kedua. 

Hubungan Zhou Chuan dengan ayahnya akhirnya bisa diketahui dengan jelas, semua masalah bisa terselesaikan dengan baik dan happy ending.

Sayangnya 36 episode terasa terlalu panjang, seperti pada umumnya, dibagian kedua dramanya sangat bertele-tele. Sehingga saya pikir ada banyak hal remeh yang bisa dibuang, mungkin 26 sampai 30 episode terasa lebih efektif.  

Keseharian Novelis dan Editor yang Cukup Realistis

Keseharian Novelis dan Editor yang Cukup Realistis

Mengisahkan cinta antara Zhou Chuan si penulis novel muda yang terkenal dengan editornya Chu Li yang penuh semangat dan harapan. Jujur saja drama ini mungkin memiliki kualitas soal detail pekerjaan seperti drama You Are My Glory (2021).

Meski tidak terlalu dalam, tapi saya bisa melihat bagaimana cara seorang penulis novel mencari inspirasi dan bekerja. Tidak hanya menulis sesuai dengan passion-nya, tapi menulis adalah bagian terpenting dalam hidupnya.

Seperti nyawa, menulis adalah satu-satunya hal yang membuat hidup para novelis ini berjalan dengan baik. Mereka mencari inspirasi menulis dengan membaca karya novelis lainnya, lalu membaca berbagai filsafat dan sejarah Cina.

Hal ini menghasilkan kisah fantasi yang bikin pembacanya terhibur, namun novel yang baik tidak hanya soal cerita dan siapa yang menulisnya. Kesuksesan novel ini juga ada di tangan para editornya, karena sense mereka harus sama dengan pembaca dan komersial.

Saya melihat bagaimana Chu Li bekerja untuk merevisi tulisan Zhou Chuan dan Jiang Yu Cheng. Berbagai coretan stabilo dan revisi lebih dari satu halaman, ilustrasinya seperti revisi saat sedang skripsi.

Saya juga baru tahu, bahwa editor tidak hanya berurusan dengan merevisi isi novel saja tapi mencari bakat seorang penulis. Chu Li menjadi orang yang memiliki simpati, empati dan kepercayaan pada para penulis mengenai sense dan bakat mereka.

Selain itu, industri ini juga memiliki sisi komersial, contohnya ketika orang pemasaran menimbang berapa banyak novel yang akan dicetak dan royalti penulis.

Ternyata hal ini tidak begitu saja diputuskan, ada rumus dan value lain yang menentukan berapa banyak jumlah cetakan bagi para penulis. Nama besar saja tidak bukan menjadi acuan, tapi penjualan buku di hari pertama juga sangat penting.

Yu Shu Xin dan Ding Yu Xi Terlihat Adorable

Yu Shu Xin dan Ding Yu Xi Terlihat Adorable

Untuk kesekian kalinya, saya tidak pernah merasa lelah saat melihat Yu Shu Xin atau Esther Yu di setiap dramanya. Yu Shi Yun menantang diri dengan memerankan Tian Jing Zhi, yang sebelumnya diperankan oleh Janice Wu untuk My Amazing Boyfriend 2 (2019).

Saya terpukau dengan keahliannya membuat karakter yang sama, namun vibes yang diberikan adalah karakter versi Yu Shu Xin. Dalam Moonlight (2021), saya juga sangat menyukai karakternya sebagai Chu Li, gadis yang sangat optimis dan penuh pertimbangan.

Meski karakternya terkesan bodoh dan polos, namun semangat dan daya juangnya sangat luar biasa. Aksi komedi justru muncul setiap kali Chu Li bertemu dengan Zhao Chuan yang diperankan oleh Ding Yu Xi.

Keduanya benar-benar memberikan sinergi yang luar biasa, saya sudah biasa melihat Yu Shu Xin memerankan karakter lucu. Ding Yu Xi adalah seorang novelis yang arogan, ternyata dibalik itu, hanya pria yang polos dan tidak tahu cara mengungkapkan perasaannya.

Alhasil ketika Zhao Chuan mengejar-ngejar Chu Li, hal ini terlihat sangat lucu dan gemesin. Kisah cinta mereka juga bukan kisah cinta yang banyak skinship lho, justru adegan intimnya sangat minim.

Kisah cinta mereka benar-benar polos, malah terlihat seperti Chu Li yang mengambil kesempatan ketika ia memiliki kekasih seorang penulis. Setiap kali Zhou Chuan menyinggung soal novel terbarunya, Chu Li langsung bergegas untuk memeriksanya.

Zhou Chuan juga menjadikan novel untuk membuat Chu Li mengikuti setiap keinginannya. Namun semua inilah yang membuat romansa keduanya terasa sangat tulus dan tidak neko-neko.

Pokoknya kemistri keduanya sangat kuat, meski 36 episode terlalu panjang dan bertele-tele di paruh keduanya. Setidaknya dubbing suaranya pas, sinematografi dan soundtrack sangat pas dengan tema dramanya.

Inilah review saya setelah menonton drama Cina berjudul Moonlight (2021). Drama ini memiliki cerita yang ringan dengan kisah cinta yang terasa tulus dan polos. Drama ini sangat cocok untuk ditonton saat sedang bersantai, karena komedinya tidak pernah gagal bikin tertawa.

Moonlight
Rating: 
3.6/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram