Sinopsis & Review Mob Psycho 100 III, Kegundahan Hati Mob

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Mob Psycho 100 III
3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Mob Psycho 100 merupakan salah satu anime overpower yang cukup memiliki banyak penggemar. Pada musim ke-3 yang perdana ditayangkan pada 6 Oktober 2022, anime ini kembali diproduksi oleh studio Bones. Dan musim kali ini pun ia termasuk ke dalam salah satu anime yang trending

Sama seperti dua musim sebelumnya, anime ini akan mengikuti kisah karakter utama, Kageyama Shigeo alias Mob, bersama tiga karakter utama lainnya; Reigen Arataka yang merupakan bos di tempat Mob bekerja paruh waktu, Kageyama Ritsu yang merupakan adik Mob dan Ekubo, sosok roh berwarna hijau.

Sinopsis

Mob sibuk dengan kehidupan sehari-harinya. Di sisi lain, Reigen dan karyawan barunya, Serizawa, sibuk dengan permintaan aneh dari pelanggannya yang datang.

Sementara itu, terdapat sebuah brokoli besar menjulang tinggi di pusat kota dan dipuja sebagai Pohon Dewa. Namun, Mob merasakan adanya bahaya yang menuju pohon tersebut, apakah yang akan terjadi di dalam Shinju?

Episode 1-2

mob psycho 3_Episode 1-2_

Mob tengah dipusingkan dengan survei pilihan karier. Ia semakin bingung ketika siswa lain sudah memiliki pilihan karier untuk masa depan mereka. Mob lantas mencoba berkonsultasi dengan Reigen. Ia semakin terganggu dengan jalannya sendiri, sehingga tidak ada satupun karier yang terlintas dalam pikirannya.

Di tempat Mob bekerja paruh waktu, ada seorang pelanggan yang datang. Kegelisahan sang klien tumbuh, tumpang tindih, dan menyebar hingga ke seluruh kota. Kegelisahan kliennya itu membuat roh hidup dan menjadi raksasa. Mob dan Serizawa pun diperintahkan untuk melakukan eksorsisme demi menghentikan roh tersebut.

Sementara roh itu berhasil ditangani, Reigen semakin terobsesi dengan pengusiran setan. Namun di sisi lain, Mob dan Serizawa diserang oleh kecemasan yang lebih besar tentang masa depan mereka.  Terutama Mob yang semakin mencemaskan tentang karier masa depannya.

Pada hari yang berbeda, Mob sedang sibuk mempersiapkan festival budaya sekolah yang akan dilaksanakan dua minggu lagi. Sementara itu, Serizawa memutuskan untuk menghadiri tempat kerjanya pada malam hari. 

Seorang pria muncul di kantor konseling milik Reigen. Pria bernama Amakusa itu memproklamirkan diri sebagai seorang pengusir youkai. Dia mengatakan ingin mengalahkan Hyakki, raja youkai yang energinya ia rasakan di kota tempat Mob dan yang lainnya tinggal.

Awalnya, Reigen tak ingin membantu Amakusa karena penampilannya yang mencurigakan. Tapi Reigen tertarik setelah Amakusa memberikan bayaran yang cukup besar untuk permintaannya itu.

Kemudian Mob datang untuk meminta saran pada Reigen. Namun, Reigen langsung mengajaknya pergi ke tempat yang akan dituju karena menurutnya hal tersebut lebih penting untuk saat ini.

Reigen semakin skeptis terhadap Amakusa dan selalu mempertanyakan apakah ia benar seorang pengusir setan atau bukan. Lalu, ketika mereka tiba di gedung yang ditinggalkan, para youkai muncul dan Hyakki yang disebut oleh Amakusa pun muncul.

Episode 3

mob psycho 100 3_Episode 3_

Untuk pertama kalinya setelah sekian lama, Mob berkesempatan berbicara dengan Tsubomi. Hal tersebut membuat suasana hati Mob sangat bahagia. Ditambah lagi ketika berjalan di kota, gadis-gadis tampak memperhatikan Mob. Itu pun membuat Mob semakin senang karena merasa dirinya mulai terkenal.

Pada malam harinya, Ekbo datang dan mendengarkan cerita Mob. Namun, Ekbo menganggap kalau Mob hanya salah paham terhadap tatapan para gadis tersebut. Ekbo menyarankan Mob untuk ikut audisi dalam pemilihan pemimpin ketua cenayang kultus helm. Tapi, setelah mendengar perkataan Mob, Ekbo pergi menghilang.

Di sisi lain, Reigen yang mendengarkan cerita Mob, untuk pertama kalinya menyuruh Mob mengikuti audisi pemilihan pemimpin kultus itu. Bahkan, Reigen memberikan Mob uang tambahan untuk membeli pakaian yang akan dipakai Mob pada acara pemilihan.

Episode 4

mob pyscho s3_Episode 4_

Mob bertanya pada Emi dan Kurata karena tidak datang pada hari sebelumnya. Keduanya menjawab kalau mereka mendatangi pertemuan dengan kultus Cenayang Helm.

Sepulang sekolah, Mob diminta bantuan oleh Reigen karena banyak laporan terkait akar tanaman yang menyebabkan banyak bangunan retak parah.

Akar tanaman terus menjalar di seluruh kota seiring dengan berkembangnya pengikut kultus Cenayang Helm. Merasakan adanya bahaya, Reigen meminta Ritsu untuk menghancurkan Pohon Dewa yang dicurigai menjadi penyebabnya.

Dalam perjalanan untuk menghancurkan Pohon Dewa tersebut, Mob merasa kalau ia sedang diamati. Mengingat Pohon Dewa itu sangat besar, Mob meminta bantuan pada adiknya, Ritsu. Tapi ternyata perjalanan menuju ke Pohon Dewa itu cukup sulit dicapai.

Episode 5

mob psycho s3_Episode 5_

Dalam perjalanan memasuki Pohon Dewa, Mob mendengar suara yang terus berbicara padanya. Hingga akhirnya Mob berhasil masuk ke dalam Pohon Dewa (pohon brokoli raksasa). Di dalam sana, Mob melihat Hanazawa yang tersegel oleh akar pohon itu.

Mob terus berbicara pada suara yang bertanggung jawab atas perilaku orang-orang di kota, termasuk orang-orang terdekat Mob. Dan tak lama, identitas ketua kultus Cenayang Helm itu muncul, yang tak lain adalah Ekubo.

Sebelum Mob menyerang Ekubo, ia terpaksa harus melawan Hanazawa yang telah dicuci otaknya. Akhirnya pertempuran Mob melawan Ekubo dan Hanazawa pun semakin memanas. Namun semakin lama, kekuatan Mob semakin terkuras.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram