Sinopsis & Review Mili, Mencoba Bertahan Hidup atau Mati Membeku

Ditulis oleh Suci Maharani R
Mili
3.8
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Pertama saya pikir ada kesalahan dari penulis ceritanya, Ritesh Shah seakan tidak memahami ceritanya. Saya mengakui bahwa menulis ulang cerita yang ada tidaklah mudah dan hal ini terjadi di film ini.

Bicara soal cerita, pada awalnya alurnya terasa sangat lambat. Namun secara perlahan tensi emosinya mulai meningkat tajam di paruh kedua.

Namun yang membuat saya heran, Mathukutty Xavier menggarap versi Hindi dan Malayalamnya. Namun sang sutradara seakan kehilangan sense dan menggarap Mili (2022), rasanya sang sutradara masih ragu.

Banyak momen penting yang kehilangan impact mempengaruhi penonton. Mulai dari adegan mencoba menghancurkan kipas hingga Sameer yang kecelakan.

Scene yang harusnya terasa merinding, justru terbuang sia-sia. Padahal secara garis besar, Mili (2022) memiliki cerita yang unik dan fresh. Bencana seperti ini jarang terjadi dan disentuh dan harusnya bisa jadi gebrakan.

Sinematografinya dan Skoringnya Tidak Maksimal

Sinematografinya dan Skoringnya Tidak Maksimal

Bicara soal kesederhanaan, saya ingin mengomentari sinematografi dan set freezer yang digunakan dalam film ini. sebenarnya sinematografi yang ditunjukkan tidaklah buruk, tapi tetap saja saya kurang puas.

Bagi saya tidak banyak scene-scene dalam Mili (2022) yang begitu memorable. Setidaknya hanya ada tiga scene saja yang begitu membekas di kepala saya.

Scene pertama saat Mili bertemu dengan tikus kecil yang juga terjebak di freezer. Scene kedua saat Mili menangis dan kehilangan harapan melihat tikus itu mati membeku.

Terakhir adalah scene saat polisi arogan yang menolak kasus hilangnya Mili mendapatkan bayaran yang pantas. Selebihnya, saya melupakan adegan tersebut, karena tidak ada yang spesial.

Sebelum mengisahkan cara Mili berusaha bertahan hidup, akan lebih baik penonton diperlihatkan keadaan dan seberapa luas freezer tersebut. Hal terakhir, saya kurang puas dengan skoring yang dipilih oleh sutradara Mathukutty Xavier. Background musiknya gagal menaikkan emosi dan membuat akting brilian Janhvi Kapoor terbuat sia-sia.

Mili (2022) sebenarnya memiliki modal yang baik untuk menjadi salah satu film terbaik di India. Sayang alur ceritanya terasa monoton dan kurang fokus pada inti masalahnya. Dilihat dari kualitas, akting dan makeup Janhvi Kapoor memang keren. Tapi sinematografi dan skoringnya, sayang sekali keduanya benar-benar tidak bisa diandalkan.  

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram