bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Web Series “Memory Lost” Season 1 (2016)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 31 Agustus 2021

Memory Lost merupakan Chinese web series yang diproduksi tahun 2016 oleh iQiyi. Web series ini dibuat berdasarkan adaptasi dari trilogi detektif berjudul sama karya Ding Mo. Memory Lost ditayangkan sebanyak 3 musim dan mulai mengudara pada 24 Oktober 2016.

Web series ini ditonton secara online sebanyak 2,3 milyar kali. Angka fantastis tersebut belum termasuk penonton dari luar negeri. Di negara asalnya, Memory Lost meraih rating yang cukup tinggi, yakni 8,5% dari 270 pengguna.

Penasaran bagaimana keseluruhan jalan cerita dari web series ini? Ada baiknya Anda membaca sinopsis serta review-nya terlebih dahulu. Setelah yakin dengan plot ceritanya dan bertambah penasaran, Anda bisa langsung menyaksikannya sendiri. Simak yuk!

Sinopsis

Sinopsis Memory Lost
  • Tanggal Penayangan: 24 Oktober – 8 November 2016
  • Genre: Romance, Drama, Crime, Suspense
  • Jumlah Episode: 12 Episode
  • Season: 1
  • Pemain: Yang Rong, Johnny Bai, Evan Li, Vincent He, Nan Fu Long, Wang Yu
  • Sutradara: Li Dachao, Liang Qinxuan
  • Penulis: Yu Zheng, Ding Mo
  • Produksi: iQiyi
  • Jaringan Penayangan: iQiyi
  • Negara: China

Bai Jin Xi (Yang Rong) adalah seorang psikolog kriminal wanita yang brilian dalam bekerja sebagai polisi. Lima tahun lalu, Jin Xi mengalami kecelakaan yang membuatnya kehilangan ingatan. Semenjak peristiwa kecelakaan tersebut, Jin Xi kerap mimpi buruk yang berisi tentang potongan-potongan bagian hidupnya. Wanita ini merindukan kekasih yang tidak bisa diingatnya lagi.

Jin Xi dikenali juga sebagai detektif yang cantik namun berlidah tajam, terutama ketika bekerja dengan Zhou Xiao Zhuan (Vincent He). Tanpa rasa lelah dan takut, detektif cantik ini mengejar penjahat serta memimpin timnya. Meski lupa dengan masa lalu, Jin Xi tidak ingin melepaskan ingatannya tersebut.

Sementara itu Han Chen (Johnny Bai ) merupakan seorang detektif terkemuka yang sangat dihormati di kepolisian. Setelah terlibat dalam sebuah kecelakaan, Han Chen mengalami koma selama satu tahun. Dia pun melupakan tunangannya. Untuk mencari sang tunangan, detektif ini hanya mengandalkan sedikit ingatan serta feelings yang kuat.

Orang-orang di sekitar mengatakan bahwa dia tidak pernah memiliki tunangan. Namun, tekad serta feelings yang kuat membuat lelaki ini tetap setia dan tidak menyerah untuk mencari. Teman di sekitarnya tahu bahwa di balik sikap yang membuat banyak orang menghormatinya, Han Chen kesepian dan selalu sedih.

Kedua detektif yang memiliki latar belakang sama ini dipertemukan untuk menyelesaikan kasus pemerkosaan. Jin Xi baru mengetahui bahwa Han Chen adalah polisi yang berpengalaman. Dua orang polisi ini bertemu sebab salah paham, hingga akhirnya mereka saling tertarik.

Meski tertarik, Han Chen sesungguhnya masih menyangkal sebab dia ingat dengan tunangannya. Namun, bagaimana pun perasaannya tidak bisa dibohongi. Dia menyadari bahwa cintanya untuk Jin Xi adalah sungguh-sungguh. Akan kah keduanya bersatu? Mungkinkah sebenarnya mereka adalah sepasang tunangan yang saling hilang ingatan?

Drama Kriminal Dibalut Cerita Romantis

Drama Kriminal Dibalut Cerita Romantis
*

Memory Lost bergenre kriminal namun dibalut dengan cerita romantis antara dua karakter utamanya. Sehingga, web series ini cocok ditonton oleh penggemar dua genre sekaligus. Bagaimana tegangnya adegan saat memecahkan sebuah kasus, dibumbui adegan romantis yang tidak berlebihan namun tetap terasa.

Jin Xi dan Han Chen yang memiliki karakter kuat dan berbakat mengungkap sebuah kasus, menunjukkan sikap-sikap manis ketika keduanya saling merindukan. Pertengkaran kecil serta persaingan saat bekerja menambah kuat chemistry antara keduanya.

Terlibat dalam satuan tugas yang sama, keduanya disebut Black Shield. Masing-masing menjaga satu dan lainnya, saling membela dan melindungi dari berbagai ancaman. Suguhan cerita yang menggemaskan.

Kekuatan Cinta Menguatkan Tekad

Kekuatan Cinta Menguatkan Tekad
*

Sama-sama hilang ingatan dan merasa harus menemukan tunangannya, kedua karakter dalam drama ini memperlihatkan kekuatan tekad. Itu semua tidak akan bisa terjadi tanpa cinta yang juga kuat. Han Chen menolak pendapat banyak orang mengenai tunangannya. Begitu pula Jin Xi. Keduanya keukeuh bahwa tunangannya bisa ditemukan.

Ketika mereka saling jatuh cinta, hal tersebut juga sebenarnya bagian dari feelings yang coba diperlihatkan dalam web series ini. Meski belum yakin, keduanya tahu bahwa mereka adalah orang yang selama ini saling merindukan. Lagi-lagi perasaan yang terlibat.

Dalam salah satu scene Han Chen mengatakan bahwa melindungi Jin Xi bukan tanggung jawabnya, melainkan keinginan terbesar di dalam hidupnya. Siapa yang tidak meleleh mendengar keinginannya?

Chemistry Kuat Antara Karakter Utama

Chemistry Kuat Antara Karakter Utama

Yang Rong dan Johnny Bai memainkan dua karakter utama dengan baik. Sebagai dua polisi hebat, mereka bersaing sekaligus bekerjasama dengan kompak. Sementara ketika menjadi sepasang kekasih, Yang Rong dan Johnny Bai menunjukkan cinta mereka melalui interaksi yang manis.

Selain chemistry dengan Johnny Bai, Yang Rong juga membangun chemistry yang kuat dengan Evan Li; pemeran antagonis dalam drama ini. Evan Li yang memerankan tokoh Xu Si Bai diceritakan mencintai Jin Xi. Hidupnya yang kelam, mendadak berubah melihat hidup Jin Xi yang biasa-biasa saja namun hangat.

Meski bermain sebagai seorang psikopat, karakter Xu Si Bai mampu berubah jadi tulus ketika berhadapan dengan Jin Xi. Adu akting antara dua pelakon ini juga tidak kalah manis. Pada akhirnya, Anda mungkin akan lebih terpesona dengan karakter Xu Si Bai daripada Han Chen.

Baca juga: Sinopsis dan Review Boss & Me, Jadi Cinderella Setelah Donor Darah

Visual Para Pemain Menjadi Nilai Tambah

Visual Para Pemain Menjadi Nilai Tambah
*

Memory Lost dimainkan oleh para aktor dan aktris berwajah tampan serta cantik. Hal ini tentu saja menambah ketertarikan banyak penonton untuk terus mengikuti episode demi episodenya. Ditambah berbakat dalam akting, para pemain yang terlibat dalam web series ini sukses memesona banyak mata.

Yang Rong sebagai Jin Xi adalah lulusan dari Shanghai Theatre Academy jurusan akting. Tidak heran jika drama dan film yang dimainkannya sudah berderet. Setelah sukses di Memory Lost, aktris ini kembali mendapat peran utama di The Great Adventurer Wesley: Mind Port (2018).

Selain Yang Rong, aktor tampan Johnny Bai juga terlibat dalam produksi Memory Lost. Pria kelahiran tahun 1990 yang lulus dari Central Academy of Drama ini tidak kalah berprestasi. Menjadi tokoh utama dalam sebuah drama dan film seperti makanan kesehariannya. Soal ketampanan? Tolong jangan diragukan!

Diadaptasi dari Novel

Diadaptasi dari Novel
*

Sudah disinggung di awal bahwa Memory Lost adalah adaptasi dari trilogy karya Ding Mo. Dalam bahasa aslinya, novel tersebut berjudul Mei Ren Wei Xian. Bila Anda lebih suka membaca buku daripada menonton dramanya, novel tersebut akan cocok menemani saat-saat senggang.

Memory Lost bukan satu-satunya serial yang diadaptasi dari sebuah novel. Beberapa judul lain sebelumnya juga lahir dari karya tulis. Imajinasi dalam bentuk kalimat dan paragraf perlu keahlian khusus agar dapat tersaji dengan baik dalam bentuk audio visual. Beruntung, Li Dachao dan Liang Qinxuan selaku sutradara web series ini melakukan tugasnya dengan baik.

Memory Lost yang terbagi dalam tiga musim menyuguhkan cerita seru, manis dan menegangkan. Begitu pun dengan musim ke dua yang tayang pada 14 November 2016 dan musim ke tiga pada 12 Desember 2016. Konflik serta pengembangan karakternya semakin sayang untuk dilewatkan.

Bagaimana? Apakah tidak tertarik untuk mengikuti cerita detektif dengan bumbu-bumbu romantis ini? Kalau tertarik dan penasaran yuk bergabung dengan banyak orang yang sudah menonton Memory Lost!

Memory Lost Season 1
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram