bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Maze Runner: The Scorch Trials

Pada film pertama di trilogi The Maze Runner, diceritakan Thomas dan beberapa temannya berhasil keluar dari labirin dan dievakuasi dari laboratorium WCKD yang sudah kacau balau. Lantas, kemanakah mereka dibawa sebenarnya? 

Pada film keduanya yang berjudul Maze Runner: The Scorch Trials, kita akan kembali melihat petualangan Thomas yang masih harus melarikan diri dari organisasi WCKD. Berhasilkah mereka? Kamu bisa membaca kelanjutannya pada review dan sinopsis Maze Runner: The Scorch Trials berikut ini! 

Sinopsis 

maze runner the scorch trials_

Sekuel kedua dari film The Maze Runner ini mengambil setting waktu setelah peristiwa di film pertamanya, dimana Thomas dan teman-temannya yang selamat dievakuasi menggunakan helikopter dan dibawa ke sebuah markas.

Di markas tersebut mereka bertemu dengan pria bernama Janson yang merupakan pimpinan dari tempat itu. 

Janson mengatakan bahwa di tempat itu mereka aman dari WCKD. Janson memberikan mereka baju ganti, tempat tidur, dan makanan yang layak.

Rupanya, tempat itu merupakan tempat bagi para anak-anak yang selamat dari labirin lain untuk dikumpulkan. Setiap hari, para petugas akan memanggil beberapa nama yang mereka sebut akan dikirim ke tempat aman. 

Anak-anak lain sangat senang di tempat tersebut, namun Thomas merasa ada yang janggal. Ia kemudian bertemu dengan Aris, seorang anak yang tampak pendiam di tempat tersebut.

Aris mengajak Thomas melihat melalui ventilasi dan mereka berdua menyadari jika anak-anak yang dipanggil tidaklah dikirim ke tempat aman. Rupanya tempat itu masihlah markas WCKD. 

Mereka melihat tubuh anak-anak tersebut dipasangi berbagai alat yang menyedot cairan dari tubuh mereka. Menyadari ada yang tidak beres, Thomas bergegas mengajak semua teman-temannya untuk kabur.

Setelah melewati kejar-kejaran yang cukup menegangkan, akhirnya Thomas, Teresa, Newt, Minho, Frypan, Winston, dan Aris berhasil keluar dari markas WCKD tersebut. 

Mereka terus berlari di tengah gurun hingga para anggota WCKD tak bisa menemukan mereka. Salah satu dari mereka kemudian menemukan sebuah tempat seperti toko yang tidak berpenghuni.

Anak-anak tersebut pun masuk dan mengambil semua barang persediaan yang ada. Saat melihat-lihat sekitar, tiba-tiba mereka diserang sosok menyeramkan mirip zombie

Zombie tersebut adalah para manusia yang telah terinfeksi virus flare dan menjadi crank. Mereka pun terlibat aksi kejar-kejaran.

Saat melarikan diri, Winston terkena serangan salah satu crank hinga terluka. Setelah situasi mulai aman, mereka kembali meneruskan perjalanan, namun Winston semakin terluka parah. 

Thomas mengatakan pada teman-temannya bahwa mereka harus menemukan Right Arms, pasukan yang disebut-sebut memberontak pada WCKD dan bisa memberi perlindungan pada anak-anak yang diculik WCKD.

Tak berselang lama, Winston mulai terinfeksi virus flare dan ia pun memohon agar bisa bunuh diri supaya tidak berubah menjadi crank

Anak-anak yang tersisa melanjutkan perjalanan hingga menemukan sebuah markas. Di sana, mereka bertemu Jorge dan Brenda, dua orang sahabat yang tampak seperti ayah dan anak.

Mulanya, Jorge berniat menjual mereka kepada WCKD, namun mereka akhirnya menjadi satu tim dan bersama-sama mencari Right Arms. 

Setelah perjalanan panjang dan sempat melalui aksi kejar-kejaran dengan WCKD dan cranks, mereka berhasil menemukan markas Right Arms dan bertemu anak-anak lainnya.

Namun, Teresa yang ingatannya mulai kembali rupanya berkhianat. Ia menghubungi WCKD dan memberi tahu lokasi mereka saat ini. Pasukan WCKD dan Ava Paige pun datang dan menhancurkan markas Right Arms. 

Mereka menahan semua anak-anak yang ada di markas Right Arms. Melihat itu, Thomas melakukan perlawanan dan diikuti oleh semua anak-anak lain.

Situasi pun menjadi kacau. WCKD langsung mengamankan Ava Paige dan hanya membawa anak-anak yang bisa mereka bawa. Salah satu anak yang tertangkap adalah Minho. Sementara Thomas, Newt, Frypan, dan Aris berhasil lolos. 

Pasukan Right Arms berniat untuk mengumpulkan kembali yang pasukan yang tersisa. Namun dengan tertangkapnya Minho, Thomas berniat untuk pergi ke markas WCKD dan menyelamatkan Minho. Teman-temannya pun siap untuk menemani Thomas menjalani misinya. 

Cerita yang Lebih Menegangkan dari Film Pertama 

Cerita yang Lebih Menegangkan dari Film Pertama _

Apabila dibandingkan dengan film pertamanya, film kedua The Maze Runner terasa memiliki alur cerita yang lebih menegangkan dengan tensi ketegangan yang terus meningkat.

Sepanjang durasi film selama 133 menit, kita seolah tak diberi kesempatan untuk menghela nafas saat menyaksikan perjalanan Thomas dan teman-temannya untuk melarikan diri. 

Sejak awal film, nuansa tegang ini sudah terasa semenjak Thomas mengetahui kejanggalan yang terjadi di markas WCKD tersebut.

Setelah itu, aksi kejar-kejaran dan melarikan diri baik dari pasukan WCKD atau pun para crank, menjadi adegan yang terus menerus berganti, bahkan terasa tanpa jeda untuk kita beristirahat dari adegan sebelumnya. 

Hingga akhir film, kita akan banyak disuguhi adegan aksi yang seru dengan teknik sinematografi yang banyak menggunakan shot-shot cepat ditambah efek musik backsound yang menegangkan. 

Visual Menyeramkan Kota Mati Hingga Para Crank

Visual Menyeramkan Kota Mati Hingga Para Crank_

Jika di film pertamanya kita akan dimanjakan dengan efek visual dari adegan labirin yang mengagumkan, maka di film Maze Runner: The Scorch Trials ini kita justru akan banyak melihat efek-efek visual yang tampak menyeramkan dan membuatmu ngeri.

Di film keduanya ini, kita akan melihat seperti apa keadaan bumi hingga mahluk menyeramkan bernama crank

Di beberapa scene, kita akan banyak melihat shot-shot lebar yang menunjukan bagaimana kondisi bumi. Visual bak kota mati yang terbengkalai ataupun hamparan gurun yang gersang pun menjadi pemandangan yang tampak mengerikan.

Selain kondisi bumi, hal mengerikan lainnya yang akan kamu temui di film ini adalah kemunculan dari crank

Seperti yang disebut di akhir film pertamanya, crank ini adalah para manusia yang sudah terinfeksi dengan virus flare, sehingga merubah tampilan mereka seperti zombie.

Kemunculan crank dengan wujud yang menyeramkan ini juga beberapa kali diawali dengan adegan jumpscare yang akan membuatmu kaget. Jadi, beranikan dirimu ya! 

Kemunculan Karakter-Karakter Baru 

karakter baru_

Meski pemeran utama di film Maze Runner: The Scroch Trials ini masihlah sama dengan film pertamanya, akan ada beberapa karakter baru yang muncul dan memegang peranan cukup penting dalam film ini. Misalnya saja tokoh Aris, Brenda, hingga Jorge.

Mereka bertiga adalah karakter-karakter yang baru muncul di film kedua dan perannya bisa dibilang cukup penting bagi jalan cerita. 

Sementara itu, kita juga akan melihat bagaimana karakter Ava Paige yang hanya muncul sebentar di film pertama, justru akan menjadi sosok villain utama di film ini. Ava Paige dibantu oleh Janson akan menjadi musuh bagi Thomas dan anak-anak lainnya yang masih akan mereka hadapi hingga film selanjutnya. 

Selain Ava dan Janson, karakter Teresa yang di awal film berpihak pada Thomas pun justru berbalik membela WCKD dan mengkhianati teman-temannya. Pada intinya, akan ada banyak kejutan baik dari karakter baru maupun karakter lama yang muncul di film Maze Runner: The Scorch Trials ini. 

Itulah review dan sinopsis dari film Maze Runner: The Scorch Trials atau yang juga dikenal dengan The Maze Runner 2. Bagaimana menurutmu, apakah film kedua ini jauh lebih seru dari film pertamanya? Ceritakan tanggapanmu di kolom komentar, ya! 

Maze Runner: The Scorch Trials
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram