bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Major Grom: Plague Doctor (2021)

Ditulis oleh Dhany Wahyudi - Diperbaharui 19 September 2021

Igor Grom berusaha mencari tahu jati diri dan mengejar pelaku pembunuhan yang menebar teror di kota Saint Petersburg yang dikenal sebagai Doctor Plague. Aksi teror ini justru mendapat sambutan meriah dari warga kota. Ternyata para korban pembunuhan adalah sosok yang mendapat image buruk di masyarakat. Berhasilkah Major Grom membekuk pelakunya dan menghentikan teror ini?

Major Grom: Plague Doctor adalah film action produksi Rusia yang merupakan adaptasi dari komik karya Artyom Gabrelyanov dan diterbitkan oleh Bubble Comics. Menjadi film kedua tentang Major Grom, film pertama berupa film pendek produksi 2017, petualangan seru polisi dengan kekuatan layaknya superhero ini dirilis pada 8 April 2021 di Rusia setelah sempat terhenti produksinya.

Sejak 7 Juli 2021, film berbahasa Rusia ini sudah bisa disimak di Netflix sebagai distributor resmi untuk penayangan streaming secara internasional. Menarik? Tentu saja kita penasaran dengan film yang infonya banyak mengambil elemen yang mirip dengan film-film produksi Marvel. Sebelum menontonnya, simak dulu review kami berikut ini.

Sinopsis

Sinopsis & Review Major Grom: Plague Doctor (2021) 1
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Adventure
  • Produksi: BUBBLE Studios
  • Sutradara: Oleg Trofim
  • Pemeran: Tikhon Zhiznevsky, Lyubov Aksyonova, Aleksei Maklakov

Igor Grom mengejar pelaku perampokan bank dengan berlari di jalan raya. Dengan segala hambatan dan rintangan, akhirnya Igor berhasil membekuk para perampok tersebut, tetapi menyebabkan banyak kerusakan di jalanan yang membuat marah atasannya, Kol. Fedor Prokopenko.

Igor kemudian menyelidiki kasus pembunuhan terhadap remaja kaya raya yang menang di pengadilan setelah aksi kebut-kebutan di jalan rayanya memakan korban jiwa. Aksi pembunuhan ini dilakukan oleh sosok yang mengenakan kostum seperti superhero dengan tangan yang mengeluarkan api. Tetapi ketika datang agen FSB dari Moskow, Igor dilepaskan dari kasus ini dan diberikan tugas lain.

Bersama dengan partner barunya, Dmitry Dubin, Igor justru tetap menggali fakta tentang sosok yang dijuluki Plague Doctor yang atas aksinya ini justru mendapat dukungan masyarakat yang jengah dengan ketidakadilan yang terjadi di kotanya. Sang Doctor dianggap superhero bagi mereka. Igor menyelamatkan Yulia dari berandalan yang ternyata dia adalah seorang blogger yang mencari info serupa.

The Doctor melakukan aksinya kembali. Kali ini dia membunuh pimpinan bank yang dianggap penipu yang juga pemilik lahan tercemar beserta seluruh anggota keluarganya, termasuk anaknya. Moral masyarakat menjadi dipertanyakan ketika mereka justru semakin mendukung aksi The Doctor meski dia juga membunuh anak kecil.

Igor mendapat informasi jika sebuah acara pembukaan casino yang akan dihadiri oleh banyak pejabat akan menjadi lokasi aksi The Doctor berikutnya. Tetapi yang ditunggu tidak hadir, justru sekelompok kriminal merangsek ke dalam tempat acara dan memulai aksi penyanderaan. Sergei Razumovsky, seorang milyuner, menawarkan kepada kelompok ini sejumlah uang, tetapi mereka menolaknya.

Perkelahian tidak bisa dihindarkan yang melibatkan Igor dan sejumlah anggota FSB yang berhasil meringkus kelompok perusuh ini. Evgeny Strelkov, agen FSB dari Moskow, menyudutkan Igor dan memaksa Kol. Fedor untuk memberhentikannya. Meski sudah bukan seorang polisi lagi, Igor yang gigih tetap melanjutkan penyelidikannya tentang Plague Doctor ini.

Igor menyelidiki latar belakang kehidupan Sergei di panti asuhan tempat dia dibesarkan. Yulia memberi info kepada Igor tentang perusahaan yang disinyalir membuatkan kostum Plague Doctor yang mengarah kepada Sergei. Igor langsung menyebut Sergei adalah sang Doctor. Sergei yang dari awal terlihat rapuh, ternyata memiliki gangguan jiwa yang cukup buruk.

Dia menganggap Oleg, pengawalnya yang dinyatakan sudah tewas di Suriah, telah menjadi kepribadian kedua yang membuatnya menjadi sosok antagonis. Sergei kemudian melumpuhkan Igor, membuatnya mengenakan kostum Plague Doctor dan meletakkannya di lokasi pembunuhan berikutnya. Dengan semua bukti yang ada, Igor dinyatakan sebagai Plague Doctor, sang pelaku pembunuhan.

Dmitry dan Yulia membantu Igor keluar dari tahanan dan memburu Sergei. Sementara itu, Sergei membuat video yang mengajak seluruh masyarakat untuk turun ke jalan dan mengadili siapa pun yang mereka anggap pelaku kejahatan. Terjadilah kekacauan di jalanan kota. Igor berhasil menemukan Sergei dan memulai perkelahian. Nyaris kalah, Dmitry dan Yulia datang membantu dan melumpuhkan Sergei.

Dengan rekaman ucapan Sergei tentang bagaimana skenario dia untuk menciptakan “Petersburg Baru” cukup untuk menjadi bukti kuat untuk menghukumnya. Kerusuhan mereda ketika sekelompok gangster turun ke jalan untuk menghadapi para perusuh atas permintaan Igor. Salah satu perusuh, seorang remaja, tidak jadi membunuh hakim korup yang membuktikan dirinya masih memiliki hati nurani.

Penyelesaian kasus Plague Doctor ini diakui atas kerja keras Evgeny dan FSB, sedangkan Igor yang terbiasa hidup sendiri menghabiskan waktu bersama dua teman barunya, Dmitry dan Yulia. Sergei yang kini berada di institusi kejiwaan mendengar suara dari sisi gelapnya bahwa dia akan segera bebas. Oleg Volkov menyimak berita tentang Sergei di televisi dari Suriah. Ternyata dia belum mati!

Alur Cerita Penuh Misteri

Sinopsis & Review Major Grom: Plague Doctor (2021) 3

Komik Major Grom sangat populer di Rusia sejak kemunculannya di tahun 2012. Seri pertama petualangan Igor Grom ini berakhir di tahun 2016 setelah menghasilkan 50 volume. Di tahun 2017, kelanjutan komik berseri ini berganti judul menjadi Igor Grom dan selesai di tahun 2021. Uniknya, muncul komik berseri lanjutan berjudul Major Igor Grom yang melanjutkan kisah petualangan polisi dari Saint Petersburg ini.

Igor Grom digambarkan sebagai polisi yang gigih dalam menuntaskan kasus yang ditugaskan kepadanya. Tergolong sosok introvert dan tidak memiliki teman, Igor terbiasa bekerja sendiri. Di film Major Grom: Plague Doctor ini, yang merupakan chapter pertama dalam komiknya, Igor gigih memburu Doctor Plague, meski dia dipecat dari kepolisian, sekaligus dia pun berhasil pula menuntaskan kasus pencurian kulkas.

Igor memiliki keunikan yang menjadi kekuatannya, yaitu dia selalu memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum beraksi. Setiap kali adegan seperti ini muncul, kita seringkali dibuat tertipu karenanya, selalu menduga jika itulah yang terjadi. Jadi ingat dengan pemikiran Wilee di film Premium Rush (2012) ketika dia mempertimbangkan segala kemungkinan dari jalur sepedanya.

Tujuh orang penulis naskah meramu kisah yang lugas yang menyimpan misteri secara baik, meski pada akhirnya kita bisa menebaknya dengan mudah karena alur cerita seperti ini sudah seringkali dipaparkan dalam film-film bertema superhero lainnya. Bisa dibilang terlalu padat, cerita yang bertumpuk membuat durasi film ini menjadi cukup panjang, 2 jam 16 menit.

Performa Akting Prima

Sinopsis & Review Major Grom: Plague Doctor (2021) 5

Meski ceritanya terlalu panjang, padahal sebenarnya ada beberapa adegan yang bisa dipangkas, nyatanya tidak mengurangi sedikitpun kenikmatan kita dalam menonton film ini, terutama karena akting para pemerannya yang prima. Aktor pendatang baru Tikhon Zhiznevsky tampil sangat baik sebagai Igor Grom menggantikan Aleksander Gorbatov yang tampil sebagai Igor di film pendeknya tahun 2017 lalu.

Awalnya, film ini sudah direncanakan sejak tahun 2017 setelah film pendek karya Vladimir Besedin tersebut mendapat banyak respon positif dan mereka hendak ditawarkan kontrak oleh The Weinstein Company, tapi gagal di detik terakhir karena kasus pelecehan seksual yang menimpa Harvey Weinstein. Akibatnya, baik Gorbatov dan Besedin mundur dari proyek ini.

Di tahun 2019, ketika Oleg Trofim ditunjuk sebagai sutradara, produksi dimulai kembali dengan mengambil chapter pertama dari komiknya sebagai jalan cerita utama. Syuting selesai pada bulan Desember 2019 dengan jadwal rilis musim panas 2020. Tapi karena terkendala pandemi COVID-19, film ini baru bisa dirilis di tahun 2021, baik di bioskop Rusia maupun secara streaming di Netflix.

Bertabur Elemen Khas Hollywood

Sinopsis & Review Major Grom: Plague Doctor (2021) 7

Apa yang ditawarkan oleh film Major Grom: Plague Doctor ini memang tidak ada yang baru, bahkan semua unsurnya mengambil mayoritas elemen perfilman Hollywood. Adegan pembuka yang cepat dan menegangkan, mengingatkan kita dengan film-film James Bond, sementara nuansa kelam kita dapatkan dari film-film DC Comics dan pergerakan kamera dinamis layaknya film-film Marvel.

Semua elemen Hollywood ini diramu sedemikian rupa sehingga tetap menarik hingga akhir film yang cukup melelahkan ini. Dan jangan lupa, ada dua adegan lagi yang muncul ketika credit title berjalan. Sangat Marvel Cinematic Universe (MCU) sekali, kan?

Major Grom: Plague Doctor menjadi film yang cukup menghibur dengan jalan cerita penuh misteri, tentu saja ada twist di dalamnya dan didukung oleh akting prima dari para cast-nya. Bisa menjadi pondasi yang bagus jika hendak dikembangkan menjadi sebuah franchise superhero baru dari Rusia. Semoga masih ada kelanjutannya ya. Dan sekarang nikmati dulu petualangan perdana Igor Grom di Netflix.

Major Grom: Plague Doctor
Rating: 
3.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram