bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Madame Chief Minister (2021)

Film Bollywood satu ini sepertinya akan sangat cocok untuk menggambarkan kata “Women Power”. Madam Chief Minister (2021) merupakan sebuah film yang memperlihatkan perjuangan seorang wanita melawan politik yang bringas.

Inilah Tara Roopram seorang anak yang terlahir ketika ayahnya mati terbunuh dan hampir diracun neneknya karena ia wanita. Perjuangan Tara untuk menjadi seorang menteri tidaklah mudah, tapi Tara berani melawan semua tradisi dan aturan demi rakyat yang makmur.

Film besutan sutradara Subhash Kapoor ini terlihat sangat menjanjikan, meski mendapat rating 4.7/10 di IMDb. Meski ada kontroversi, Richa Chadda mengatakan film ini melawan patriarki, penindasan kasta dan kekerasan brutal yang sering terjadi.  

Lalu bagaimana cara Tara Roopram menjalankan pemerintahannya? Kamu bisa menemukan jawaban lengkapnya di artikel di bawah ini.

Baca juga: Sinopsis & Review Gabbar is Back, Film India Bergenre Medis

Sinopsis

Sinopsis

Kisah ini dimulai ketika Tara Roopram terlahir ke dunia ini dengan kutukan yang diberikan oleh neneknya. Pasalnya lahir tepat di hari yang sama saat ayahnya dibunuh, membuat sang nenek sangat membencinya hingga hampir meracuni. Namun itu dahulu, kini Tara sudah tumbuh dewasa dan bekerja sebagai pustakawan di salah satu universitas.

Tara menjalin hubungan dengan seorang mahasiswa terkenal dan kaya raya, yaitu Indramani Tripathi. Gadis ini bahkan sampai hamil untuk kesekian kalinya, namun kali ini tidak ada niat untuk menggugurkan kandungannya.

Tara memimpikan pernikahan dan hidup sebagai seorang istri dari pria yang akrab disapa dengan nama Indu. Sayangnya mimpi hanya sekedar mimpi, Indu tidak ingin karir di universitasnya hancur dan memalukan bagi keluarga.

Pria ini mencoba untuk membereskan Tara, untungnya ada Master Surajbhan dari Partai Parivartan India yang menolongnya. Sejak saat itu Tara tinggal, mengabdi dan dengan tekun belajar mengenai politik dari pria yang ia sapa dengan nama Guru.

Musim pemilihan pun datang, Master Surajbhan mendapatkan tawaran berkoalisi dengan Arvin Singh dari Partai Vikas. Setelah perundingan, Guru mengirim Tara untuk berdialog dan menyampaikan persyaratan yang diminta oleh Guru.

Ketika tidak ada satu orangpun yang bersedia melawan CM sebelumnya, Tara menawarkan diri untuk ikut berkompetisi. Dengan caranya sendiri wanita ini berhasil meraih begitu banyak simpati dari masyarakat, bahkan setelah serangan penembakan terjadi.

Hingga akhirnya, Tara Roopram berhasil mengambil sumpahnya untuk menjadi menteri selanjutnya. Baru saja menjabat, Tara diganggu dengan keinginan Arvin Singh mengangkat Indramani Tripathi ke dalam kabinet.

Penolakan Tara akan hal ini membuat kedua orang itu sakit hati, ada banyak sekali intrik kotor yang mereka lakukan. Salah satunya saat Gurunya dibunuh dan Tara yang hampir terbunuh dalam operasi rahasia yang brutal dari Indu dan Arvin.

Bahkan hal yang lebih tidak masuk akal, orang yang paling ia percayai juga ikut membelot darinya. Bagaimana cara Tara Roopram melawan ketidak adilan yang terjadi pada dirinya dan masyarakat yang dibelanya?

Dialog Tara Roopram yang Tajam dan Keras Melawan Ketidakadilan

Dialog Tara Roopram yang Tajam dan Keras Melawan Ketidakadilan

Madame Chief Minister (2021) menjadi salah satu film yang berhasil memberikan saya rasa percaya diri yang tinggi. Memang film ini menunjukkan drama politik di India, namun karakter Tara Roopram bagi saya patut untuk dipuji. Wanita ini terlahir dengan kutukan dari neneknya dan hidup dalam masyarakat yang meremehkan kaum wanita.

Ada banyak dialog yang diucapkan Tara menjadi semangat untuk memberikan keadilan pada masyarakat. Seperti “aku mencalonkan diri dalam pemilu ini bukan untuk menang atau kalah, aku hanya ingin mencari tahu satu hal. Masterji yang telah berkeliling selama 15 tahun, apakah tindakannya berguna bagi kalian atau sia-sia?”.

Wanita ini benar-benar bergerak dan melawan semua belenggu bagi seorang wanita dan masyarakat. Dimana Tara Roopram menjadi seorang menteri yang berani membiarkan masyarakatnya jadi lebih maju. Ia juga menahan orang-orang tamak agar tidak mengganggu posisinya dan masyarakat yang ia layanai selama ini.

Tapi kalimat di akhir filmnya sangat luar biasa, bahkan kalimatnya benar-benar membangkitkan semangat melawan ketidak adilan. “Namun aku keras kepala, aku akan berkorban jika harus.

Namun aku berjanji kepada kalian, tak ada alam semesta dapat menghentikanku mengabdi kepada kalian!”. Perkataan ini mungkin terdengar omong kosong, tapi hal ini seharusnya menyadarkan diri banyak orang.

Premisnya Bagus tapi Jalan Ceritanya Agak Membosankan

Premisnya Bagus Tapi Jalan Ceritanya Agak Membosankan

Sudah bukan rahasia umum lagi jika masih ada orang yang menganggap wanita lebih lemah daripada pria. Hal ini juga masih menjadi belenggu yang sangat mengganggu di masyarakat India, karena prakteknya masih ada hingga sekarang.

Namun Madam Chief Minister (2021) memberikan gambaran lain, bahwa wanita juga tidak kalah berharga dan kuat dari para pria. Film ini mengkritik patriarki dan praktek politik kotor yang memang sudah jadi hal yang lumrah. Dengan premis di atas, sejujurnya film ini seharusnya memiliki makna yang sangat mendalam.

Tapi sangat disayangkan filmnya terasa kurang intense, terutama dalam adegan-adegan klimaks. Saat Tara Roopram menculik anggota partai koalisi yang mengakibatkan dirinya hampir terbunuh.

Saya berharap akan ada pertarungan yang lebih sengit dan menegangkan, dengan taktik melarikan diri yang hebat. Plot twist Tara yang bersembunyi di pinggiran dinding gedung membuat saya bertanya-tanya, memang amazing tapi agak simpel juga.

Bagi saya plotnya kurang menyajikan pertarungan politik yang penuh dengan intrik dan muslihat, karena terlalu flat apalagi alurnya lambat. Bahkan plot twist terakhir menjadi agak hambar, karena cara yang digunakan oleh penulis cerita benar-benar klasik.

Ingin menunjukkan kebangkitan seorang wanita yang terpuruk tapi terbelenggu dengan jingoistik dari pemeran utamanya. Setidaknya untuk soundtrack dan sinematografi yang ada di film ini benar-benar patut di acungi jempol.

Richa Chadda dan Saurabh Shukla, Duet yang Brilian

Richa Chadda dan Saurabh Shukla, Duet yang Brilian

Meski memiliki kekosongan dalam jalan cerita dan beberapa dialog yang terasa hambar, setidaknya film ini menampilkan duet yang luar biasa. Penampilan Richa Chadda sebagai Tara Roopram memang tidak bisa anggap remeh, ia benar-benar memberikan kesan women power yang luar biasa.

Sementara Saurabh Shukla sebagai Master Surajbhan, sosok ayah yang protektif namun selalu meyakini putrinya. Kedua orang ini menunjukkan bonding yang luar biasa, tidak seperti guru dengan muridnya.

Tapi hubungan keduanya lebih pada ayah yang sedang membimbing putrinya ke jalan yang benar. Bagaimana kerasnya Master Surajbhan kepasa Tara, ini adalah hal yang biasa dilakukan oleh seorang ayah. Adegan yang paling saya ingat adalah ketika Guru memarahi Tara karena pemikirannya yang sempit.

Tara yang mengungkapkan pikirannya soal konspirasi MLA dan Vikash Singh untuk menghancurkan karir dan martabatnya. Namun keesokan harinya Guru tetap memberikan kepercayaan dan tidak mencopot Tara dari posisinya. Bagi saya ini termasuk dalam salah satu scene terbaik dan penting dalam film Madam Chief Minister (2021).

Untuk Richa Chadda saya tidak mungkin melupakan adegan ketika wanita ini membuka kuil untuk masyarakat sekitar. Menerobos aturan dan tradisi yang sepertinya sudah banyak dimanipulasi hanya untuk mereka yang berkasta. Bagi saya ini adalah hal yang memang seharusnya dilakukan oleh para pemimpin, tidak hanya bicara tapi bergerak mewujudkan.

Inilah review saya mengenai film Madam Chief Minister (2021), bagi saya film ini tidak menitik beratkan pada politik. Bagi saya film ini lebih banyak menunjukkan women power melawan segala ketidak adilan yang ada di masyarakat.

Madam Chief Minister
Rating: 
2.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram