Sinopsis & Review Lupin Season 1, Cerita yang Penuh Trik

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Lupin Season 1
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Jika Anda penggemar cerita-cerita misteri dan teka-teki yang penuh trik, ada satu tontonan seru yang tidak boleh dilewatkan. Cerita tersebut dikemas dalam sebuah serial berjudul Lupin karya George Kay dan François Uzan. Karakter pada serial ini diceritakan terinspirasi dari karakter fiktif dalam novel petualangan karya Maurice Leblanc bernama Arséne Lupin.

Dikerjakan oleh sutradara andal dengan melibatkan aktor dan aktris hebat Prancis, Lupin tersaji sebagai sebuah hiburan yang tidak membosankan. Konflik yang dibangun, latar belakang dan motif tokoh utama dibuat sedemikian rupa hingga menjalin satu cerita yang utuh dan berhasil membuat penasaran di setiap episodenya. Ingin tahu lebih lanjut? Baca sinopsis dan ulasannya terlebih dahulu berikut ini, yuk!

Sinopsis

YouTube video

Menjadi anak dari seorang imigran asal Senegal, Assane Diop harus menghadapi sebuah peristiwa memilukan yang kelak mengubah hidupnya. Setelah kehilangan sang ayah yang tewas sebab bunuh diri, Assane hidup sebatang kara di Perancis.

Sebelum meninggal, Babakar Diop (Fargass Assandé), memberinya sebuah buku tentang seorang gentleman thief, gentleman burglar bernama Arséne Lupin. Buku itu yang nantinya menjadi bagian dari hidup seorang Assane.

Assane Diop melamar pekerjaan sebagai tenaga pembersih di Museum Louvre dengan nama Perenna Luis. Tujuannya tentu saja untuk lebih dekat dengan sebuah kalung bersejarah, yang bukan sekadar berharga untuknya, melainkan juga punya makna lain. Kalung tersebut dipamerkan di Museum Louver dan akan dilelang mulai harga 17 million euros.

Bermodalkan kecerdikannya, Assane memperalat komplotan penjahat untuk mencuri kalung tersebut. Dia menyusun sebuah rencana yang melibatkan mereka. Tiba pada hari pelelangan, lelaki itu datang sebagai seorang pengusaha sukses dengan kekayaan 576 million euros bernama Paul Sernine. Sebuah identitas yang sangat meyakinkan pihak pelelang.

Benar saja, dengan lancar, Assane berhasil memenangkan lelang tersebut. Bukan hanya berhasil memenangkan lelang, lelaki misterius itu sukses mengelabui orang-orang di sana dan membawa lari kalung berharga tersebut. Sejak itu, identitasnya menjadi incaran pihak kepolisian.

Misi Assane sesungguhnya bukan mendapatkan kalung tersebut dan menjualnya untuk kemudian bersenang-senang. Dia punya misi yang lebih pribadi dan emosional. Pasalnya, kalung tersebutlah yang membuat sang ayah masuk penjara sebab dituduh telah mencurinya lalu bunuh diri karena putus asa.

Sebagai seorang anak imigran berusia 14 tahun, Assane tidak bisa melakukan perlawanan apapun. Dia juga tidak bisa membuktikan apapun hingga sebuah buku tentang pemberian sang ayah menginspirasinya. Assane dewasa tumbuh dengan meniru semua hal yang dilakukan tokoh tersebut. Ketika menjalankan misinya, dia dapat mengubah identitas dengan cepat.

Assane juga punya banyak nama. Dia menggunakan bakat luar biasanya untuk melakukan berbagai pencurian. Tidak ada satu halangan pun dapat mengganggu rencananya. Arséne Lupin adalah tipe a lone wolf. Tanpa ragu, hal itu pun ditiru oleh Assane Diop ketika berusaha untuk mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi pada sang ayah.

Tuduhan bahwa selama ini sang ayah adalah benar-benar pencuri, membuatnya bersedih hati. Selama kurang lebih 25 tahun, dia menganggap ayahnya bersalah. Sampai pada suatu hari, Assane mengetahui bahwa ayahnya diperalat, Babakar Diop telah dituduh mencuri kalung milik Hubert Pellegrini (Hervé Pierre).

Sejak itu tujuannya berubah. Dia ingin tahu siapa dalang sesungguhnya di balik peristiwa yang menimpa sang ayah. Untuk mulai menguak informasi itu, dia kembali mencari orang-orang yang terlibat dalam kasus sang ayah terdahulu. Sebuah petunjuk membawanya pada Anne Pellegrini (Nicole Garcia). Namun, begitu menemuinya dan meminta penjelasan, Assane justru menghadapi fakta lain.

Menurut Anne, Babakar mengakui perbuatannya dan menandatangani sebuah perjanjian. Anne yang sebenarnya merasa bersalah pada Babakar, tidak bisa melakukan apapun setelah peristiwa itu, kecuali diam-diam membiayai Assane untuk bersekolah di sekolah terbaik.

Petualangannya baru dimulai. Berbekal informasi dari Anne, Assane mulai mendatangi satu per satu orang yang terlibat dan dapat memberi petunjuk mengenai kasus yang menimpa ayahnya. Lantas bisakah ‘Lupin’ dalam jiwa Assane menemukannya? Mampukah dia melawan sebuah kekuatan yang sangat besar hingga mampu mengembalikan nama baik sang ayah?

Alur Maju Mundur

Alur Maju Mundur

Serial dengan plot cerita yang penuh teka-teki dan trik yang memukau ini dikemas dalam alur maju mundur yang sangat halus. Perubahan alur yang terjadi, boleh dikatakan tidak terasa. Anda baru akan menyadari jika alur sedang mundur setelah beberapa saat kemudian, begitu halnya ketika alur kembali ke kehidupan Assane saat ini.

Alur mundur dalam serial ini memperlihatkan kehidupan masa remaja seorang Assane Diop. Ketika dia dipaksa tinggal di sebuah panti sosial, ketika dia bersekolah di sekolah terbaik dan bertemu dengan Claire remaja (Ludmilla Makowski) serta ketika dia mulai sangat terinspirasi oleh tokoh Lupin. Pemeran Assene Diop remaja dibawakan dengan baik oleh Mamadou Haidara.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram