bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Love Is Sweet, Kembalinya Cinta Masa Kecil

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 30 Agustus 2021

Cinta adalah anugerah yang paling indah untuk banyak orang, karena cinta bisa membuat hidup mereka lebih berwarna. Begitu pula dengan Yuan Shuai yang tiba-tiba saja dipertemukan dengan wanita yang dicintainya sejak masih kecil yaitu Jiang Jun. Namun Jiang Jun memiliki kondisi unik, dimana wanita ini mengidap alergi air mata yang cukup parah.  

Tapi ada hal lain dari sekedar kisah cinta mereka, ada rahasia besar yang terkubur mengenai kematian ayah Jiang Jun. Kisah yang ciamik ini bisa disaksikan dalam drama Cina berjudul Love is Sweet (2020). Drama yang mendapatkan rating 8.5 di My Drama List ini memang menjadi drama hits baik di Tiongkok maupun di Indonesia.

Sinopsis

Love Is Sweet_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Romantic, Comedy, Drama, Business
  • Produksi: iQIYI
  • Sutradara: Yu Zhongzhong, Wu Jianxin
  • Pemain: Leo Luo, Bai Lu, Kido Gao, Shane Xiao, Riley Wang, Ariel Ann, Melvin Sia, Zhao Yuan Yuan
  • Jumlah Episode: 36 Episode

Jiang Jun (Bai Lu) adalah seorang wanita yang berpendidikan dan mendapatkan gelar double degree bidang ekonomi dan psikologi. Semenjak peninggalan ayahnya, Jiang Jun menjadi tulang punggung keluarga, selain itu salah satu obsesinya adalah memasuki MH. Bukan main-main, MH adalah perusahaan investasi ternama yang banyak sekali diimpikan oleh banyak orang.

Jiang Jun tidak sama seperti kebanyakan orang, wanita ini mengalami alergi air mata yang cukup parah. Dengan kekurangan ini, Ma Yuan Shuai (Leo Luo) selalu saja menekannya untuk keluar dari perusahaan.

Namun Jiang Jun tidak mau kalah begitu saja, ia menjamin bahwa penyakitnya tidak akan menyulitkan. Ia berjanji bahwa dirinya tidak akan menangis dengan mudahnya, karena itu ia harus kuat.

Sejak pertama kali memasuki MH, ada hal yang tidak terduga sama sekali olehnya yaitu pertemuannya dengan Ma Yuan Shuai. Pertemuan ini tidak seindah yang dibayangkan, belum lagi persaingan kerja antara para intern. Di balik sikapnya yang dingin, ternyata secara diam-diam Ma Yuan Shuai membantu Jiang Jun untuk menemukan jalannya dan bertahan di MH.

Hingga keduanya kembali lagi merajut asmara yang selama hampir 10 tahun hilang begitu saja. Tentu saja hubungan ini tidak berjalan dengan mudah, ada Du Lei (Kido Gao) dan Qiao Na (Zhao Yuan Yuan). Dua orang yang memiliki kepentingan sendiri untuk mendapatkan orang yang mereka cintai.

Di tengah-tengah bahagianya hubungan mereka, ada satu rahasia besar yang muncul. Rahasia mengenai kematian ayah Jiang Jun yang ternyata berhubungan erat dengan MH. Yuan Shuai berjanji pada ibu Jiang Jun untuk mengungkap semua kejanggalan yang ada.

Begitu pula dengan Du Lei yang merasa bersalah karena terlibat dalam hal ini bersama kakak angkatnya. Langkah Yuan Shuai ini tercium oleh orang tertinggi di MH, Lin Tai Mo membuat skandal untuk mengeluarkan Yuan Shuai.

Sementara itu agar Jiang Jun tidak terluka, Yuan Shuai memilih memutuskan hubungannya. Ia bekerjasama dengan Du Lei secara diam-diam dan mengungkapkan kejahatan Lin Tai Mo. Setelah masa-masa kelam berlalu, kini Yuan Shuai harus berurusan dengan Du Lei yang masih terobsesi dengan dirinya.

Jiang Jun sudah muak dengan segala permainan Du Lei, hingga wanita ini memutuskan untuk berhenti bekerja. Kini ia hanya ingin menghabiskan waktunya bersama pria yang ia cintai yaitu Yuan Shuai dan membuat keluarga kecilnya sendiri.

Premis Awal yang Hilang Begitu Saja

Premis Awal yang Hilang Begitu Saja_

Love is Sweet (2020) membuat saya cukup excited untuk menonton filmnya, karena di episode pertamanya saja drama ini bikin penasaran. Bertemu lagi setelah 10 tahun berpisah, Jiang Jung ternyata memiliki penyakit unik. Wanita ini memiliki alergi pada air mata sehingga setelah menangis dirinya akan langsung pingsan dan terdapat ruam di merah di wajahnya.

Dari sini saja saya sudah memiliki ekspektasi tinggi, karena jujur saja alergi air mata adalah hal baru untuk saya. Setelah melihat karakter yang ada, saya menyukai bagaimana Jiang Jun berusaha menjadi wanita kuat demi menghindari menangis. Namun pergulatan emosi yang saya nantikan tidak muncul, justru premis unik ini seakan hilang begitu saja.

Makannya saya sempat kehilangan interest untuk menonton drama ini, setidaknya ada pengganti atas gagalnya premis awal ini. Namun, ada cerita tentang kehidupan dari orang-orang yang bergelut di dunia investasi perbankan yang berhasil menutupi kekurangan tadi.

Ditambah dengan plot twist di akhir mengenai siapa pembunuh dari ayah Jiang Jun yang membuat saya cukup kaget. Overall semua plot dari segmen di atas dijelaskan dengan sangat baik dalam 36 episode.

Semuanya dijelaskan mengikuti fase hubungan Jiang Jun dan Yuan Shuai yang semakin kuat. Masalah dalam hubungan mereka menjadi lebih kompleks dan lebih rumit lagi.

Begitu pula dengan adegan flashback, semuanya tersusun rapi dan membuat banyak plot hole menjadi jelas. Hanya saja yang saya sayangkan premis awal yang seharusnya bisa menjadi keunikan justru dihilangkan begitu saja.

Jujur saja ketika saya memikirkan bagaimana membuat plot cerita untuk penyakit seperti tadi dalam drama China romcom pasti sangat sulit. Saya sedikit memahami tetapi tetap tidak bisa mengurangi rasa kecewa saya akan hal tersebut.

Dunia Investasi Perbankan yang Menarik

Investasi Perbankan yang Menarik_

Premis lain yang menutupi cacatnya premis alegi air mata yang diderita Jiang Jun adalah premis para pekerja di dunia investasi perbankan. Mungkin sudah banyak drama yang mengambil latar belakang mengenai dunia bisnis dan perbankan, tapi yang membuat saya kagum adalah drama ini seakan mengulas lebih dalam mengenai kehidupan para pekerja ini.

Dibanding menjadikan tambahan keterangan dari profil pemeran utamanya, Love is Sweet (2020) meneliti lebih dalam soal kehidpan para pekerjanya. Ketika Jiang Jun harus bertahan di MH, gadis ini mendapat berbagai rintangan kerja yang tidak mudah. Rintangan ini dijelaskan dengan sangat baik, apa dan bagaimana hal ini bisa terjadi.

MH bukanlah perusahaan investasi perbankan yang sembarangan, mereka memiliki MH Securities Analyst. Kegunaanya adalah untuk mengecek kelayakan dari perusahaan yang menjual obligasi pada mereka. Pengecekan keseluruhan mulai dari audit laporan keuangan, administrasi hingga “kesehatan” ditubuh perusahaan itu.

Salah satu kasus yang membekas dalam ingatan saya ketika ada perusahaan agensi entertainment. Ada hal aneh yang melibatkan CEO atau petinggi perusahaan tersebut. Ketika Jiang Jun datang untuk mengecek perusahaan, ia menemukan seorang gadis menjadi korban bullying.

Belum ada fakta bahwa gadis ini menjadi korban bullying karena menjadi anak emas dan korban pelecehan seksual atasannya. Jiang Jun dan Yuan Shuai berusaha keras untuk mencari bukti kejahatan ini untuk mencegah penandatanganan kerjasama.

Hal ini melibatkan kekuatan media sosial dan aparat kepolisian setempat untuk mengungkap kebusukan pimpinan perusahaan entertainment tadi. Selain mengenai investasi perbankan, ada juga pengembangan aplikasi perjodohan namun tidak terlalu di jelaskan men-detail. Sangat menarik, kan?

Pengembangan Karakternya Sangat Baik

Pengembangan Karakternya Sangat Baik_

Meski terasa kehilangan jati diri, bukan berarti Love is Sweet (2020) tidak memuaskan untuk ditonton. Saya merasa drama ini justru memiliki kekuatan lain, yaitu dari pengembangan karakter yang ada di dalamnya. Di sini saya bisa melihat bagaimana karakter pemeran utamanya menjadi semakin kuat mengikuti alur yang ada.

Jiang Jun yang awalnya penuh keraguan, namun wanita ini memiliki semangat juang yang tinggi. Keinginannya untuk menjadi mandiri dan sukses tidak bisa dibendung dengan apapun. Apalagi semakin banyak pengalaman kerja yang didapatnya, wanita ini menjadi lebih cerdas dalam menyikapi banyak hal.

Saya bisa melihat bagaimana Jiang Jun berusaha keras untuk menahan air matanya keluar. Segala masalah dan tekanan yang seharusnya membuatnya menangis, semua ini dilaluinya meski sulit.

Nilai-nilai Karakter Yuan Shuai juga menjadi lebih jelas, tidak sekedar pria muda yang arogan karena pintar dan kompeten di bidangnya. Yuan Shuai menunjukkan kematangan secara psikologis yang membuatnya bertindak dalam ketenangan.

Yang paling menarik justru karakter kakak adik angkat Du Lei dan Linda, karena mereka berdua bisa disebut memiliki masalah psikologis masing-masing. Dalam kasus Du Lei, sejak kecil dirinya dianggap sebagai pengganti putera ayah angkatnya sehingga ia tidak memiliki hak untuk menentukan jalan hidupnya, semua sudah diatur oleh Linda dan ayahnya.

Linda memiliki gangguan kecemasan, wanita ini sepertinya memiliki perasaan lebih pada adik angkatnya. Namun karena kecenderungannya menjadi seorang pengatur, Linda menjadi sangat kewalahan ketika Du Lei mulai bergerak sendiri. Linda juga memiliki pengalaman buruk, terlibat dalam pembunuhan ayah dari Jiang Jun dan kejahatan lainnya.

Love is Sweet (2020) tidak hanya menunjukkan bahwa cinta itu membuat hidup terasa lebih manis. Ada berbagai masalah, intrik dan rahasia penting yang terjadi di dalam drama ini. Makannya dramanya worth untuk ditonton meski durasinya cukup panjang. Tertarik untuk menontonnya?

Love is Sweet
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram