bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Love All Play, Impian Pebulu Tangkis Andal

Love All Play adalah sebuah anime sports yang diadaptasi dari serial novel karya Asami Koseki. Anime adaptasinya diproduksi oleh studio Nippon Animation dan OLM, serta disutradarai oleh Takeuchi Hiroshi. Anime-nya telah tayang perdana pada 2 April 2022.

Jika biasanya pada musim semi banyak anime yang bertemakan tentang kisah percintaan, bagi kamu yang sedang mencari tema anime yang berbeda, bisa memasukkan anime ini ke dalam daftar tontonan kamu. Anime-nya sendiri mengambil tema sport, khususnya olahraga bulu tangkis.

Baca juga: Cari Hiburan Bertema Sport? Ini 10 Anime Sport Terbaik

Sinopsis

Love All Play__

Mizushima Ryou, seorang siswa SMP bergabung ke dalam klub bulu tangkis di sekolahnya. Ryou sangat mengagumi salah seorang pemain bulu tangkis dari SMA Yokohama Minato, Yusa Kento.

Suatu ketika, seorang pelatih dari bulu tangkis SMA Yokohama Minato, Ebihara, datang menjumpai dirinya dan menawarkan Ryou  untuk masuk ke SMA Yokohama Minato lewat jalur olahraga. Akankah Ryou menerima tawaran tersebut?

Episode 1-2

SINOPSIS LOVE ALL PLAY_

Suatu ketika, Ryou sedang menonton video pertandingan atlet bulu tangkis favoritnya, Yusa Kento, dari SMA Yokohama.

Shizuo, teman sekelas Ryou menanyakan apakah ia mau mencoba masuk ke SMA Yokohama. Namun, Ryou yang seorang pemalu dan sering tidak percaya diri langsung mengatakan kalau hal tersebut tidak mungkin terjadi. 

Tiba-tiba wali kelasnya, Shimamura memanggil Ryou. Dan betapa terkejutnya Ryou ternyata seorang pelatih bulu tangkis dari SMA Yokohama, Ebihara, ingin menemui Ryou. Ebihara menawarkan Ryou untuk masuk ke SMA Yokohama melalui jalur khusus olahraga dan mengajak Ryou bergabung dengan klub bulu tangkis di sana.

Ryou belum bisa menyetujui tawaran tersebut. Selain karena ia merasa kurang percaya diri, Ryou pun sudah berjanji dengan dua sahabatnya, Shizuo dan Hiroto untuk masuk ke SMA Enayama. Meskipun kedua sahabatnya merasa iri, tapi mereka mendukung Ryou sepenuh hati untuk masuk ke SMA Yokohama.

Saat di rumah, Ryou pun meminta izin pada dua orang tuanya untuk masuk ke SMA Yokohama. Tapi, Ryou bertekad masuk ke Yokohama melalui jalur ujian biasa dan ia sangat didukung oleh kakak perempuannya, Rika.

Dengan bantuan kakaknya, Ryou berjuang belajar keras agar mendapatkan nilai yang cukup untuk masuk ke SMA Yokohama.

Tidak hanya mendapatkan tawaran masuk jalur khusus, Ryou juga berkesempatan untuk ikut latihan di SMA Yokohama sekali dalam seminggu. Ketika pelatihan di mulai, Ryou bertemu teman baru dari SMP lain yaitu, Shoukei, Taichi, Hiroji, dan Kouki. Selain itu, akhirnya Ryou juga bisa bertemu dengan sang idola, Yusa Kento.

Namun, ketika bertemu dengan sang idola, Ryou merasa kalau Yusa memiliki kepribadian yang jauh berbeda dari yang selama ini ia lihat. Belum selesai Ryou terkejut melihat karakter asli Yusa, ia pun terkejut dengan pelatihan yang ia ikuti di SMA Yokohama bersama teman barunya.

Episode 3

episode 3 love all play_

Pada musim semi, kehidupan Ryou sebagai siswa SMA Yokohama Minato pun di mulai. Selain Sakaki dan beberapa siswa yang sempat diundang oleh pelatih bulu tangkis, ada beberapa siswa baru lainnya yang ikut bergabung dengan klub bulu tangkis.

Pelatih Ebihara menargetkan para anggota klub bisa mengikuti pertandingan dan menjadi juara nasional. Latihan di awal semester pun menjadi sangat melelahkan dan tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Terutama, bagi para siswa yang baru saja bergabung pada awal semester. Padahal, latihan yang dilakukan hanyalah pelatihan dasar fisik tanpa memegang raket sama sekali.

Pada keesokan harinya, ada beberapa murid baru yang telah mengundurkan diri dari klub bulu tangkis. Tidak seperti hari sebelumnya, latihan kali ini para anggotanya mulai menggunakan raket.

Mereka mulai berlatih dengan para seniornya, termasuk Ryou yang diminta untuk berlatih dengan Yusa. Ryou berusaha fokus agar bisa membaca gerakan dari Yusa, namun meskipun sudah berusaha sekeras tenaga Ryou masih belum bisa menandingi Yusa.

Setiap hari latihan bulu tangkis semakin berat, belum lagi para anggota klub harus bisa menjaga nilai mata pelajarannya. Jika tidak, mereka bisa dilarang untuk mengikuti kegiatan klub. Hingga akhirnya, setiap hari satu-persatu anggota klub mulai keluar dari klub bulu tangkis dengan berbagai alasan masing-masing.

Episode 4

sinopsis love all play episode 4_

Latihan pada Golden Week telah usai, kemudian pelatih Ebihara mengumumkan akan mengadakan pertandingan penyisihan klub untuk menentukan siapa yang akan mengikuti lomba di prefektur. Pertandingan terbagi atas kelompok single dan ganda, dengan masing-masing satu set permainan agar adil.

Sakaki merasa perlakuan terhadap anak-anak tingkat satu kurang adil. Tidak hanya selalu mendapat tekanan, mereka pun bahkan tidak memiliki loker pribadi di ruang klub bulu tangkis, sehingga, anak-anak tingkat satu melihat pertandingan penyisihan ini sebagai peluang.

Mereka pun kemudian saling menyemangati satu sama lainnya untuk babak penyisihan esok hari. Pada hari pertama babak penyisihan, Uchida langsung mendapatkan lawan Yusa.

Dan tentu saja Yusa dengan mudah mengalahkannya. Kemudian, Mizushima berkesempatan melawan Yusa, meskipun dirinya dikalahkan oleh Yusa, tapi setidaknya sudah berusaha dan mendapatkan sedikit poin.

Hari pertama babak penyisihan, Yusa telah memenangkan permainan sebanyak 15 kali, Matsuda empat kali, si Sakaki memenangkan tiga kali permainan, si kembar Taichi dan Yoji juga Mizushima dua kali, sementara Uchida tidak memenangkan satu pun.

Pada keesokan harinya, Mizushima bertemu dengan Yusa dan tiba-tiba mengatakan kalau dia bisa mengalahkan Mizushima hanya dalam waktu 7 menit. Pertandingan babak penyisihan hari ke-2 pun dimulai. Mizushima kini memiliki sebuah target pasti saat bertanding melawan Yusa nanti.

Episode 5

Love All Play_Episode 5_

Pertandingan penyisihan permainan single masih berlanjut. Kini, Mizushima bertanding bersama dengan Matsuda. Pertandingan mereka berdua cukup sengit dan menarik perhatian semua anggota klub bulu tangkis.

Bahkan, Yusa yang awalnya tidak begitu tertarik pun menaruh perhatian lebih pada pertandingan mereka berdua. Pelatih Hongo melihat kalau kemampuan Mizushima mulai semakin terlihat berkembang.

Pertandingan Mizushima Vs Matsuda berlangsung cukup lama. Mizushima juga sempat berhasil mengejar ketinggalan poin.

Namun, karena stamina Mizushima semakin terkuras, dia pun akhirnya kalah dengan selisih poin tipis. Di sisi lain Matsuda terlihat tidak begitu senang dengan kemenangannya.

Babak penyisihan permainan single telah usai dan permainan ganda pun akan berlangsung keesokan harinya. Sepulang latihan, Mizushima dan yang lainnya melihat hasil peringkat babak penyisihan.  Sayangnya, Mizushima dan  yang  lainnya tidak lolos pada babak penyisihan tersebut.

Sementara itu, di tempat lain, Matsuda merasa kesal karena sebenarnya dia merasa telah kalah telak dari Mizushima. Merasa lelah, Matsuda pergi mencari makan ke sebuah restoran yang ternyata milik keluarganya Sakaki.

Matsuda dan Sakaki pun akhirnya berbincang mengenai pertandingan mereka pada babak penyisihan pertandingan single. Kemudian, Sakaki mempertanyakan kenapa Matsuda selalu sendirian dan akhirnya mengetahui alasannya dari Matsuda langsung.

Pada keesokan harinya, pertandingan ganda pun dimulai. Sesuai dengan ekspektasi, pertandingan ganda pasangan si kembar Higashiyama pun lolos pada babak penyisihan.

Episode 6

love all play Episode 6__

Pertandingan Olahraga Nasional SMA di mulai. Klub bulu tangkis SMA Yokohama Minato berhasil lolos babak eliminasi, mulai dari permainan bulu tangkis tunggal hingga permainan ganda. Para peserta yang telah lolos di babak eliminasi melanjutkan pertandingan Olahraga Nasional antar SMA.

Dimulai dari pertandingan tunggal, Yusa berhasil meraih kemenangan. Dilanjutkan dengan si kembar yang bermain ganda, mereka berhasil meraih beberapa kemenangan. Sehingga, berhasil menambahkan poin bagi SMA Yokohama Minato.

Si kembar Taichi dan Yoji pun berhasil melanjutkan pertandingan dan menuju ke semi final. Pada babak semi final, mereka berdua akan berhadapan dengan Okazaki Shoji dan Arimura Tetsuya dari SMA Hojo.

Okazaki adalah salah satu lawan yang pernah berhadapan dengan Yusa pada pertandingan antar SMA tahun sebelumnya. Dia sangat berambisi untuk membalaskan kekalahannya pada pertandingan tahun lalu.

Namun, sayangnya si kembar Higashiyama berhasil dikalahkan oleh pemain dari SMA Hojo. Meskipun Yoji berusaha terlihat biasa saja, tapi orang-orang di sekitarnya tahu kalau dia merasa terpukul dan tertekan.

Kemudian, si kembar kembali harus berhadapan dengan pemain dari SMA Hojo pada babak final. Tentunya, mereka harus menghadapi kembali tekanan yang cukup berat.

Episode 7

Review Love All Play ep 7__

Akademi Saitama Futaba memenangkan pertandingan bulu tangkis nasional sebanyak lima kali berturut-turut. Sehingga, melawan Akademi Saitama Futaba merupakan sebuah tekanan yang besar bagi klub SMA Yokohama Minato.

Namun, saat diadakan latihan diantara dua SMA tersebut, tidak ada pemain senior yang hadir dari Akademi Saitama Futaba. Seolah-olah, klub Yokohama Minato telah diremehkan. Pelatihan bersama Akademi Saitama Futaba pun dimulai.

Meskipun yang datang latihan bukanlah pemain utama, tapi anggota klub tingkat satu SMA Yokohama Minato cukup kewalahan saat bertanding melawan mereka. Kecuali Yusa yang tetap bisa mengikuti permainan dan memenangkan pertandingan.

Selama latihan dimulai, Uchida memilih untuk menonton alur pertandingan. Kemudian dia mencatat semua data yang dikumpulkannya dan berharap bisa berguna bagi anggota timnya.

Yusa kemudian bermain ganda bersama dengan Yokokawa. Namun, karena kondisi Yokokawa kurang begitu baik, pasangan Yusa-Yokokawa hampir dikalahkan oleh lawan. Tapi, pasangan Yusa-Yokokawa berhasil membalikan keadaan di detik-detik terakhir.

Sementara Hongo yang termasuk kedalam pemain bulu tangkis nasional, secara mengejutkan dikalahkan oleh pemain dari sekolah lawan.

Tiba-tiba Yusa didatangi oleh lawan Hongo yang mengatakan kalau Yusa salah memilih sekolah. Sementara Mizushima mendapatkan pujian sekaligus kritik dari sekolah lawan. 

Latihan pertandingan dengan Akademi Saitama Futaba pun berakhir, kini mereka memiliki target baru untuk latihan bulu tangkis. Pada keesokan harinya, anggota Mizushima dan teman-teman anggota klubnya berkumpul. 

Mereka membicarakan misteri Yusa yang memiliki SMA Yokohama Minato. Selain itu, mereka juga cukup tertarik dengan gadis yang berada di poster. Melihat gadis yang ada di poster tersebut, membuat Mizushima terkejut dan tidak ingin ikut berkomentar dan hanya bergumam dalam hati saja.

Episode 8

love all play ep 8__

Mizushima cukup tertekan dengan nilai ujian akhir semesternya, tidak hanya dari pihak sekolah tapi orang tuanya pun memperingati Mizushima dengan nilainya yang buruk. Dia pun harus bisa menaikan nilainya pada selama libur musim panas agar bisa tetap latihan bulu tangkis.

Mizushima pun mulai serius belajar, baik bersama temannya dan juga belajar mandiri. Namun, pada hari pertandingan, Mizushima tidak bisa ikut karena terserang penyakit flu. Hal itu cukup membuat dirinya murung.

Sementara itu, teman-teman klub bulu tangkis mulai mengikuti pertandingan antar SMA. Ketika sedang luang, teman-teman klub bulu tangkis menghubungi Mizushima.

Mereka kemudian memberi kabar kalau SMA Yokohama Minato berhasil masuk ke final. Mizushima sontak sangat senang mendengar kabar tersebut dan akan selalu mendukung mereka.

Selama teman-teman klubnya berjuang, Mizushima pun latihan fisik dan belajar keras untuk meningkatkan nilainya.

Namun, Mizushima mendapat kabar kalau SMA Yokohama Minato meraih juara dua untuk pertandingan ganda, sementara hasil akhir dari pertandingan nasional, SMA Yokohama Minato hanya meraih juara tiga.

Tahun ini SMA Yokohama Minato tidak berhasil menjadi juara nasional, sehingga para senior Mizushima berharap pada juniornya supaya bisa meningkatkan kemampuan mereka. Karena hasil yang tidak sesuai tersebut, membuat Yusa kesal sampai menangis.

Sakaki dan yang lainnya memberikan kejutan dengan menjenguk Mizushima. Tapi mereka sangat terkejut ketika melihat ‘dewi cantik’ yang pernah mereka lihat di poster adalah kakak perempuan Mizushima, Rika.

Setelah mendengarkan semua cerita dari teman-temannya, Mizushima sedikit pesimis. Tapi, Rika kembali memberikan semangat pada adik laki-lakinya itu supaya mengingat kembali tujuan awal dan targetnya.

Episode 9

love all play Episode 9__

Pada hari yang cerah di musim panas, klub badminton SMA Yokohama Minato melakukan sebuah latihan khusus. Senior kelas tiga mereka sudah pensiun dalam klub badminton, sehingga dimulai dengan sistem yang baru. 

Yokokawa adalah ketua klub badminton yang baru. Dia menjelaskan tentang latihan khusus yang akan diadakan dalam empat hari kedepan.

Dengan harapan dari para kakak kelas yang telah pensiun, mereka akan melakukan latihan yang cukup keras. Betapa terkejutnya mereka ketika kakak kelas mereka tiba-tiba datang untuk ‘melatih’ mereka.

Mizushima Ryou dan yang lainnya sangat kewalahan ketika melakukan pemanasan dengan lari jarak jauh. Tidak cukup sampai disitu, ketika mereka mengira akan segera latihan menggunakan raket, tapi latihan masih berlanjut dengan sprint.

Kemudian Mizushima Ryou mulai merenungkan latihan tersebut pasti akan berguna ketika pertandingan. Dia juga memperhatikan kalau ‘jarak’ antara dia dan Yusa sangat jauh untuk digapai. 

Pada keesokan harinya, mereka kembali melanjutkan pelatihan. Pelatih Ebihara mengundang Hishikawa yang merupakan alumni dari klub badminton Yokohama Minato untuk menjadi pelatih sementara.

Dulu, Hishikawa merupakan pemain terbaik di klub dan menjadi salah satu pemain terbaik nasional. Sekarang, dia adalah pemain tetap di Universitas Soukyou.

Saat Hishikawa melatih, dia lebih memilih untuk melakukan pertandingan. Jika sudah mencapai lima poin, makan pemain yang kalah harus diganti.

Seperti biasa, Mizushima Ryou selalu memperhatikan pemain lain yang sedang bertanding. Hishikawa pun langsung memperhatikan Mizushima Ryou yang sedang meneliti pemain lain.

Hingga akhirnya Mizushima mulai bertanding dengan Yusa, tapi dengan mudah Yusa mengalahkannya. Ketika istirahat, Hishikawa mendekati Mizushima Ryou dan mengatakan kalau Yusa dan Yokokawa sudah saling kenal sejak lama.

Mendengar perkataan tersebut, Mizushima semakin memperhatikan permainan mereka berdua. Lalu, Mizushima Ryou tiba-tiba disuruh bermain kembali melawan Yusa, akankah dia bisa mengalahkan Yusa?

Episode 10

love all play Episode 10__

Seluruh alumni Yokohama Minato berharap juniornya bisa melanjutkan cita-cita mereka untuk meraih juara badminton nasional. Mizushima Ryou dan anak-anak kelas satu yang menguping pembicaraan tersebut langsung mengatakan harus berjuang lebih keras lagi.

Mizushima Ryou langsung teringat kalau Yusa telah mengetahui kalau dia adalah adik dari Rika. Yusa langsung kesal dan menanyai Ryou dengan berbagai pertanyaan. Sementara itu, pelatih Ebihara mulai kembali melakukan latihan khusus untuk mencapai tujuan kejuaraan nasional.

Ketika sedang melakukan pemanasan, tiba-tiba Rika datang ke tempat latihan. Tentu saja hal tersebut membuat Yusa sangat terkejut. Lalu Yusa meminta kesempatan baru untuk mencapai targetnya agar bisa berkencan dengan Rika. Dan Rika pun dengan mudah memberikan kesempatan baru tersebut.

Setelah berbincang dengan Yusa, Rika menghampiri Ryou dan juga teman-temannya. Namun, kehadiran Rika membuat Ryou sedikit risih, terutama karena sikapnya yang sangat berbeda saat ada di rumah. Selesai melakukan pemanasan, Ryou dan yang lainnya mulai berlatih badminton. 

Yusa meminta izin pada pelatih Ebihara untuk bertanding melawan anak-anak kelas satu, dan tentu saja dengan mudah Yusa mengalahkan mereka. Kemudian ketika Ryou dan Sakaki latihan bermain ganda melawan si kembar, mereka berdua menemukan kesulitan.

Episode 11

Love All Play episode 11__

Setelah perselisihan antara Sakaki dengan Mizushima Ryou, suasana klub badminton jadi tidak enak. Tapi, Sakaki membuat perkataannya seolah-olah tidak pernah terjadi dan bersikap seperti biasa.

Sementara itu, latihan khusus yang diadakan selama empat hari berturut-turut telah usai. Kemudian Uchida Akira mengajak teman-teman untuk datang ke rumahnya supaya bisa diadakan BBQ.

Secara diam-diam, Akira pernah mencari tahu tentang kelemahan Yusa. Akira juga sering membicarakan teman-teman klub badminton kepada orang tuanya, sehingga saat mereka bermain ke rumah Akira, orang tuanya merasa sangat senang.

Sementara itu, Mizushima Ryou merasa aneh dan bingung dengan sikap Sakaki sebelumnya. Lalu, tiba-tiba Ayumi mengajak Matsuda untuk melihat festival kembang api bersama-sama. Namun, Matsuda mengajukan untuk mengajak teman-temannya sebagai syarat untuk ikut pada acara tersebut.

Ayumi merasa lega karena banyak orang yang ikut, sehingga dia tidak begitu canggung jika hanya berdua saja dengan Matsuda.

Namun, permasalahan Sakaki dan Mizushima Ryou ternyata masih belum selesai. Matsuda kemudian dengan sengaja mengajak yang lain untuk meninggalkan mereka berdua agar bisa berbicara.

Tapi, ketika Sakaki dan Mizushima Ryou tinggal berdua, Sakaki terlihat jelas sedang menghindari Ryou. Padahal Ryou telah memberanikan diri untuk menyelesaikan kesalahpahaman mereka.

Episode 12

Love all play_Episode 12_

Pertandingan badminton bagi pemula dimulai. Mizushima Ryou dan Matsuda berhasil masuk ke final sebagai pemain tunggal. Pelatih Ebihara menyarankan keduanya untuk bertanding dengan menyadari kekuatan dan kelemahan masing-masing. 

Akhirnya pertandingan dimulai. Mizushima Ryou bertanding melawan Matsuda. Meskipun sudah mendapatkan masukan dari pelatih Ebihara, pada set pertama Mizushima masih belum bisa menandingi pertandingan Matsuda.

Hingga akhirnya poin Mizushima sudah terlampau jauh dari Matsuda. Kemudian, Mizushima berusaha menyerapi perkataan pelatih untuk memperhatikan kelebihan diri sendiri dan kelemahan lawan.

Namun, Mizushima semakin tidak sabar dan dia mulai terpojok tanpa bisa menemukan serangan balik. Akankah Mizushima Ryou bisa membalikkan keadaan?

Ryou dan Perjalanannya Menjadi Atlet Bulu Tangkis

Ryou dan Perjalanannya Menjadi Atlet Bulu Tangkis_

Anime ini menceritakan kisah Ryou yang bercita-cita menjadi seorang pemain bulu tangkis profesional. Salah satu jalan untuk mencapai cita-citanya tersebut adalah dengan masuk ke SMA Yokohama.

Tapi, secara mengejutkan, Ryou malah memilih masuk ke SMA Yokohama melalui jalur biasa, padahal ia sudah mendapatkan tawaran untuk masuk melalui jalur khusus.

Keputusan Ryou memilih masuk ke SMA Yokohama melalui jalur ujian biasa adalah agar dia bisa membuktikan kalau Ryou sebenarnya bisa dan mampu, sekaligus ingin membuktikan pada ayahnya yang sempat ragu pada kemampuan Ryou.

Selama durasi 23 menit di setiap episodenya, setiap kali melihat Ryou sedang latihan bulu tangkis, kamu akan mendengar suara decitan sepatu khas para pemain bulu tangkis, sehingga ketika menonton anime ini seperti sedang menonton pertandingan bulu tangkis yang sesungguhnya. 

Selain itu, anime ini memiliki kualitas gambar yang enak dipandang dengan detail yang cukup halus juga, sehingga cukup menarik untuk menontonnya dan cukup dibuat penasaran dengan cerita selanjutnya.

Penerimaan Anggota Baru Klub Bulu Tangkis 

penerimaan anggota baru klub bulu tangkis_

Ryou akhirnya berhasil menjadi murid SMA Yokohama Minato dengan hasil usaha kerasnya sendiri. Tak disangka-sangka, ternyata Ryou sekelas dengan si dingin, Matsuda, yang sama-sama pernah berlatih beberapa minggu sebelum masuk ke SMA Yokohama.

Sebenarnya pada awal penerimaan anggota baru klub bulu tangkis, ada cukup banyak anggota baru. Tapi seiring berjalannya waktu, anggota baru itu malah mengundurkan diri dengan berbagai alasan.

Mulai dari lelah dengan latihannya, tidak bisa fokus pada pelajaran, memilih pindah klub, bahkan ada yang memilih lebih menikmati hari-harinya sebagai murid SMA dan berkencan.

Jika dilihat lebih dalam lagi, anggota baru yang mengikuti klub bulu tangkis dan memilih mengundurkan diri itu, kebanyakan karena kurangnya minat pada bulu tangkis dan motivasinya yang kurang tepat. Jadi merupakan hal yang sangat wajar kalau akhirnya memilih mengundurkan diri.

Berbeda dengan orang-orang yang memang minat dan memiliki motivasi yang tepat dan kuat, seberat apa pun latihan yang mereka hadapi, pasti akan dijalani. Seperti kata-kata dari kakaknya Ryou, saat ini mereka sedang berdiri di depan pintu impian yang sedang ingin dikejar, jadi harus semangat.

Sementara latihan semakin berat, sebentar lagi akan diadakan seleksi untuk pertandingan penyisihan prefektur. Bagaimana nasib Ryou dan teman-temannya? Apakah mereka bisa mendapatkan ranking yang bagus dan bisa mengikuti pertandingan tersebut?

Pertandingan Penyisihan Klub

pertandingan penyisihan_

Pada Episode ke-4 ini, memperlihatkan bagaimana anak-anak tingkat satu berjuang dengan sungguh-sungguh agar bisa mengalahkan Yusa. Terutama Sakaki, dia kurang menyukai sikap arogan Yusa yang selalu merasa paling hebat di klub, walaupun memang Yusa ini paling jago main bulu tangkis di SMA Yokohama.

Mizushima awalnya tidak percaya diri bisa mengalahkan Yusa, karena dia sudah terkenal mahir dalam bulu tangkis. Dan hasilnya pun memang sesuai perkiraannya Mizushima, dia dengan mudah dikalahkan juga pada hari penyisihan pertama.

Tapi, pada hari kedua babak penyisihan, pelatih Ebihara melihat kalau Mizushima mulai bisa mengikuti permainan Yusa, meskipun perkembangannya cukup lambat. 

Kalau dilihat-lihat, Mizushima ini selalu memperhatikan setiap detail cara bermain lawannya, sehingga dia bisa ‘meniru’ gerakan itu dan mencoba mempraktekannya pada pertandingan selanjutnya.

Ketika melihat perjuangan Mizushima CS, walaupun sebenarnya mereka tahu hanya memiliki peluang yang kecil, tapi setidaknya mereka tidak menyerah dan terus berjuang keras. Dan menurut saya, semangat ini cukup bagus untuk dipertahankan untuk mengikuti pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Akhir Babak Penyisihan Klub Bulu Tangkis

Love All Play Episode 5_Akhir Babak Penyisihan Klub Bulu Tangkis_

Meskipun baru babak penyisihan dari klub, tapi pertandingan bulu tangkis yang dilakukan oleh anggota klub Yokohama Minato cukup sengit. Terutama pertandingan antara Mizushima dan Matsuda yang berhasil menarik perhatian semua anggota klub.

Sesuai dengan perkataan dari pelatih Hongo, permainan bulu tangkis Mizushima memang terlihat jauh berkembang. Bahkan, beberapa trik permainan dari Yusa pun berhasil diterapkan oleh dirinya saat melawan Matsuda.

Meskipun pada akhirnya Mizushima kalah dari Matsuda dengan selisih poin yang sangat tipis, yakni dua poin saja. Tapi, Mizushima tidak berkecil hati dengan usaha yang telah dia lakukan.

Di episode kali ini juga terungkap alasan Matsuda yang selalu terlihat menyendiri. Secara mengejutkan, ternyata sosok Matsuda yang lebih sering sendiri itu dipengaruh oleh kehidupan keluarganya.

Orang tua Matsuda telah bercerai dan dia ikut dengan ayahnya. Tapi, ayahnya Matsuda sangat sibuk, sehingga dia sudah terbiasa hidup sendiri dan melakukan segala hal sendiri.

Sementara, murid baru dari klub bulu tangkis SMA Yokohama Minato yang berhasil ikut pertandingan antar sekolah itu hanya si kembar Higashiyama. Tapi, anggota yang lain tidak patah hati dan tetap memberikan dukungan pada teman-teman anggota klubnya.

Tekanan Cukup Berat Bagi Si Kembar

love all play Episode 6_Tekanan Cukup Berat Bagi Si Kembar_

Pada episode 6, diperlihatkan SMA Yokohama Minato yang telah berhasil lolos pada babak eliminasi dan bermain pada pertandingan antar SMA. Beberapa pemain SMA Yokohama Minato kembali berhadapan dengan musuhnya pada pertandingan tahun sebelumnya, yaitu SMA Hojo.

Namun, pada episode kali ini lebih fokus pada pertandingan bulu tangkis si kembar Higashiyama, Taichi dan Yoji. Awalnya, si kembar berhasil memenangkan beberapa pertandingan bulu tangkis ganda, tapi kemudian mereka kalah saat bertanding dengan pemain dari SMA Hojo.

Kekalahan tersebut membuat Yoji merasa sangat tertekan. Kemudian baru diketahui dari Taichi kalau sebenarnya si kembar sebelumnya pernah bergabung dalam klub baseball.

Dari Taichi barulah diketahui kalau Yoji adalah orang yang tak bisa menghadapi tekanan berat, terutama ketika orang-orang berekspektasi besar pada mereka. 

Tapi, pada pertandingan selanjutnya, Yoji berhasil bangkit kembali setelah mendengar dukungan dari rekan-rekannya. Yang cukup mengejutkan adalah ketika Matsuda yang biasanya terlihat cuek memberikan dukungan yang cukup besar bagi si kembar Higashiyama.

Permainan Ganda dan Misteri Yusa

Review Love All Play ep 7_Permainan Ganda dan Misteri Yusa_

Pada episode 7, diperlihatkan karakter Yusa yang sesungguhnya. Meskipun dia terlihat seolah ‘galak’, tapi Yusa ternyata merupakan seorang yang peduli pada partner bermainnya.

Seperti kata Yokokawa, Yusa merupakan seorang yang tidak memiliki kelemahan. Kecuali saat bermain ganda, Yokokawa adalah kelemahan Yusa.

Hal tersebut membuat Yokokawa tidak ingin menjadi beban dan berusaha sekuat tenaga untuk menutupi kelemahan tersebut.

Sama seperti Mizushima, dia akhirnya tersadar dengan perkataan lawan mainnya, bahwa saat bermain ganda harus bisa saling menyempurnakan satu-sama lain agar tercipta sebuah pasangan bulu tangkis yang kuat.

Kemudian pada episode kali ini terkuak sebuah misteri dimana Yusa lebih memilih SMA Yokohama Minato. Hal yang cukup membuat Mizushima terkejut dan tidak percaya. Alasan simple Yusa masuk ke SMA Yokohama Minato adalah karena dia jatuh cinta pada kakaknya Mizushima, Mizushima Rika.

Ada satu hal yang menarik lagi di anime ini. Setiap kali ada karakter yang baru berbicara, selalu ditampilkan nama karakter yang berbicara tersebut. Jadi, kalau kamu tipe yang gampang lupa dengan nama karakternya, tentu ini akan membantu sekali.

Gagal Juara dan Misteri Yusa yang Lain

love all play ep 8_Gagal Juara dan Misteri Yusa yang Lain_

Pada episode 8, klub bulu tangkis SMA Yokohama Minato akhirnya mengikuti pertandingan antar sekolah yang dilanjut dengan pertandingan nasional. Setelah berjuang keras, klub bulu tangkis SMA Yokohama Minato harus berpuas diri dengan meraih juara dua dan gagal menjadi juara nasional.

Di episode 8 juga diperlihatkan kalau Mizushima Ryou sempat bertemu dengan teman dekat saat SMP. Terlihat sekali kalau Mizushima Ryou agak cemburu dengan ‘keberhasilan’ dua teman dekatnya itu.

Bahkan, dia sampai agak down setelah bertemu mereka. Tapi, berkat masukan dari kakaknya, dia pun akhirnya bisa bangkit kembali.

Teman-teman Mizushima pun akhirnya di episode ini mengetahui kalau Rika, sang dewi yang ada di poster sekolah adalah kakaknya Mizushima Ryou. Tapi lucunya ketika mereka membahas mengenai sebutan ‘dewi’ itu, Ryou tidak berani mengatakan fakta yang sebenarnya.

Kemudian ada fakta lain yang cukup mengejutkan tentang Yusa. Jika sebelumnya telah diketahui kalau Yusa itu menyukai Rika, ternyata ada fakta lainnya yang cukup mengejutkan.

Yusa menyatakan cintanya pada Rika dan membuat sebuah taruhan akan mengencaninya jika dia sudah tiga kali menjadi juara nasional.

Pantas saja waktu klub bulu tangkis SMA Yokohama Minato tidak menang, Yusa sangat kecewa sekali. Kalau yang tidak tahu alasan sebenarnya, pasti akan mengira dia kecewa karena kalah bulu tangkis saja. Padahal ada alasan lain yang hanya diketahui oleh dirinya.

Pengamatan Mizushima Ryou

love all play Episode 9_Pengamatan Mizushima Ryou yang Sangat Jeli_

Sejak awal, Mizushima Ryou memang terbiasa melakukan ‘pengamatan’ terhadap para pemain badminton. Kebiasaannya ini ternyata ada pengaruh dari kakaknya, Mizushima Rika.

Berkat kakaknya itu, Ryou semakin terbiasa mengamati orang, dengan cukup mudah mengetahui perbedaan dan lain sebagainya.

Dengan kemampuannya itu, Mizushima tentu diuntungkan karena bisa melihat titik lemah lawan bermainnya atau bisa juga mengambil ilmu untuk dia praktikkan. Sama seperti ketika dia melihat permainan Yusa dan mencoba melakukan trik dan membuat strategi untuk mengalahkan Yusa. 

Walaupun pada akhirnya Mizushima Ryou hanya bisa membuat satu poin saja, tapi hal tersebut merupakan suatu kemajuan yang luar biasa. Bahkan Yusa dan yang lainnya pun terkejut melihat permainan Mizushima Ryou saat melawan Yusa.

Lucunya, pada episode 9 ternyata Hishikawa mengetahui kalau Mizushima Ryou adalah adiknya Rika. Hal tersebut merupakan suatu kejutan bagi Yusa yang merupakan fansnya Rika. Bahkan sangat lucu sekali mendengar intonasi Yusa yang terkejut itu, karena tak seperti Yusa yang biasanya terlihat cool.

Selain alur cerita yang semakin menarik, lagi para karakter di anime ini mulai semakin terlihat perkembangannya.

Sinematografinya pun seperti biasa terlihat bagus dan halus, jadi semakin betah ketika menonton pertandingan badmintonnya. Seolah-olah sedang menonton pertandingan badminton yang sesungguhnya.

Ryou dan Sakaki Kesulitan Bermain Ganda

love all play Episode 10_Ryou dan Sakaki Kesulitan Bermain Ganda_

Pada episode 10, latihan khusus badminton masih dilakukan. Di setiap episodenya, tingkat kesulitan latihan pun semakin ditingkatkan supaya bisa mencapai tujuan menjadi juara nasional. 

Ryou dan teman-temannya tidak menemukan masalah ketika bermain tunggal. Mereka menyadari kalau yang dibutuhkan adalah berusaha lebih keras lagi demi bisa mengejar kemampuan Yusa. Tapi, berbeda saat mereka bermain ganda, terutama pasangan Ryou dan Sakaki.

Ryou dan Sakaki mulai menemukan kesulitan untuk berkolaborasi ketika bermain ganda. Tentunya mereka berdua merasa frustasi dan mencoba mencari jalan keluar. Tapi keduanya masih belum menemukan jalan yang terbaik, sampai-sampai Sakaki merasa kalau dia adalah beban bagi Ryou.

Dan yang mengejutkan adalah ketika Sakaki tiba-tiba meminta Ryou untuk mencari pasangan bermain ganda lain. Tidak sampai disitu, karena permasalahan ini pun hubungan Ryou dan Sakaki jadinya kurang enak. Padahal babak penyisihan tinggal sebentar lagi.

Penyelesaian Masalah Sakaki dan Mizushima Ryou

Love All Play episode 11_Penyelesaian Masalah Sakaki dan Mizushima Ryou_

Penyelesaian masalah yang terjadi antara Sakaki dengan Mizushima Ryou terbilang cukup cepat. Meskipun awalnya Sakaki terlihat menghindar dari pembicaraan tersebut. Mungkin dia hanya bingung harus memulai dari mana untuk membicarakan permasalahan mereka berdua.

Sakaki ini ternyata merasa iri pada perkembangan Mizushima Ryou. Sementara dirinya tidak ada perkembangan sama sekali dan merasa akan menjadi beban jika terus bermain ganda bersama Mizushima Ryou.

Tapi, sebenarnya permasalahan antara mereka bukan hanya kesalahan Sakaki, tapi juga ada pada Mizushima Ryou. Seperti perkataan si kembar Higashiyama, Mizushima Ryou kurang mempercayai Sakaki ketika bermain ganda, sehingga kolaborasinya dengan Sakaki jadi sangat berantakan. 

Menariknya pada episode 11 ini, selain melihat penyelesaian masalah Sakaki dengan Mizushima Ryou, kita juga bisa melihat sisi Matsuda yang berbeda.Dia memang biasanya terlihat ‘cool’ dan blak-blakan dengan keinginannya.

Contohnya ketika secara tidak sadar Matsuda menyakiti perasaan Ayumi, tapi sebenarnya dia tidak bermaksud seperti itu. Berkat dorongan dari Sakaki, akhirnya Matsuda bisa mengatakan hal yang manis pada Ayumi dan membuatnya sangat senang.

Pertandingan Mizushima Ryou Vs Matsuda

Love all play_Episode 12_Pertandingan Mizushima Ryou Vs Matsuda_

Episode 12 memperlihatkan pertandingan yang dilakukan oleh para pemula. Secara mengejutkan, Mizushima bertanding tunggal melawan rekan satu klubnya, Matsuda.

Sebelumnya, baik Mizushima maupun Matsuda sudah diberikan masukan oleh pelatih Ebihara. Tapi, sayangnya Mizushima belum terlalu mendapatkan kunci dari saran tersebut.

Sementara Matsuda antusias untuk memenangkan pertandingan, Mizushima masih terseok-seok untuk mengejar poin yang sudah semakin melebar. Pertandingan mereka berdua mulai menegangkan semenjak set ke-2 dimulai. 

Mizushima mulai bisa menerapkan masukan dari pelatih Ebihara dan berhasil mengalahkan Matsuda. Tidak hanya Mizushima, para penonton pun semakin tertarik dengan pertandingan dan trik yang digunakan Mizushima.

Berbeda dengan Matsuda yang menjadi lawannya dan terus-terusan berusaha untuk mengalahkan Mizushima dengan cepat. Berhubung Mizushima menang pada set ke-2, akhirnya pertandingan pun dilanjutkan dengan set tambahan.

Permainan badminton Mizushima sudah semakin berkembang sejak set ke-2, dia jadi jauh lebih tenang dan mulai bisa mengontrol emosinya. Sementara Matsuda yang berambisi untuk menang, harus puas dengan hasil akhir yang mengecewakan bagi dirinya.

Love All Play
Rating: 
2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram