Bacaterus / Review Film Korea / Sinopsis dan Review Drakor Love Affairs in the Afternoon

Sinopsis dan Review Drakor Love Affairs in the Afternoon

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau tahun 2020 perasaan pecinta drama Korea dibuat campur aduk oleh drama “The World of the Married“, sebenarnya sudah ada banyak drama tentang perselingkuhan sebelumnya. Salah satunya adalah “Love Affairs in the Afternoon” yang tayang satu tahun sebelumnya.

Jalan cerita kedua drama tersebut tidak jauh berbeda, seputar pernikahan dan perselingkuhan. Tapi, biasanya yang dikisahkan mendua berasal dari pihak pria, yaitu suaminya. Namun, bagaimana jika kini yang mengkhianati pernikahan tersebut justru sang istri? Eitherway, drama “Love Affairs in the Afternoon” ini cukup menguras emosi.

Sama seperti “The World of the Married”, cerita perselingkuhan yang terjadi pada pasangan muda di dalam drama “Love Affairs in the Afternoon” juga merupakan hasil remake, tapi kalau yang satu ini dari serial Jepang. Versi aslinya dirilis pada tahun 2014 dengan judul “Hirugao”.

Namun, kabarnya drama yang versi Korea dan Jepang memiliki banyak perbedaan cerita. Meski pun ber-genre melodrama dan romance seperti kebanyakan drama Korea lainnya, drama ini menyuguhkan sensasi yang berbeda.

Di Jepang, serial aslinya mendapat rating tinggi, hingga serial tersebut juga diangkat dalam bentuk novel dan layar lebar dua tahun setelah ditayangkan. Apakah drama Korea ini sama sukses dan menarik banyak penonton? Sebelum kamu semakin penasaran, lebih baik simak sinopsis dan review “Love Affairs in The Afternoon” dari Bacaterus di bawah ini.

Tapi, perlu digaris bawahi, jika kamu masih di bawah umur (atau kurang nyaman dengan topik berikut), sebaiknya jangan menonton drama ini. Selain mengupas banyak perihal rumah tangga, terdapat juga adegan dewasa dalam drama, mulai dari adegan panas, ciuman, hingga hubungan ranjang.

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Romance | Melodrama
  • Produksi: Pan Entertainment
  • Sutradara: Kim Jung Min
  • Pemeran: Park Ha Sun | Ye Ji Won | Lee Sang Yeob | Jo Dong Hyuk

Hadir dengan judul “평일 오후 세시의 연인” (Pyeongil Ohu Sesiui Yeonin) atau yang lebih dikenal “Love Affairs in the Afternoon”, drama ini disiarkan di Channel A. Menceritakan tentang perselingkuhan yang terjadi di antara empat orang dewasa yang merasa tidak bahagia dengan pernikahannya, namun mereka menggunakan ‘cinta’ sebagai alasan atas kesalahan yang mereka perbuat.

Satu dari empat orang tersebut adalah Son Ji Eun yang diperankan oleh Park Ha Sun. Ia adalah seorang istri dari Jin Chang Kook yang dimainkan oleh Jung Sang Hoon. Keduanya telah menjalin hubungan pernikahan selama lebih dari 5 tahun dan tinggal bersama di sebuah apartemen.

Son Ji Eun yang awalnya ingin menjadi seorang penulis, mengubur dalam-dalam impiannya setelah menikah dan bekerja part time di salah satu swalayan. Sedangkan suaminya yang cuek dan hanya fokus memberi perhatian pada Sarang dan Mideung, hewan peliharaannya. Sedangkan pekerjaannya adalah sebagai pegawai sipil.

Setelah bertahun-tahun menikah, keduanya belum memiliki anak. Hal ini bukan tanpa sebab, tetapi karena Jin Chang Kook yang tidak mau, bahkan tidak pernah membahas soal anak. Son Ji Eun yang kesepian dan merasa hidupnya tidak bahagia secara tidak sengaja bertemu dengan Yoon Jung Woo yang diperankan oleh Lee Sang Yeob.

Yoon Jung Woo adalah seorang guru biologi di SMA yang juga sudah berkeluarga. Namun, yang membuatnya berbeda, ia dan istrinya menjalin hubungan jarak jauh atau beken dengan istilah long distance marriage. Noh Mi Young, istri Jung Woo, tinggal di luar negeri selama 3 tahun karena harus menyelesaikan kuliahnya.

Tapi, alih-alih merasa sedih, Jung Woo justru terlanjur nyaman dengan kondisi tersebut karena merasa istrinya lebih mementingkan karir. Bahkan, ketika istrinya akan pulang ke Korea, ia tidak sedikitpun merasa bahagia. Setelah perjumpaan itulah, Yoon Jung Woo dan Son Ji Eun mulai jatuh cinta meskipun awalnya mereka membantah perasaan hingga membatasi pertemuan satu sama lain karena sudah berumah tangga.

Saat suami Ji Eun ditugaskan pergi bekerja ke luar kota, Ji Eun dan Jung Woo semakin nyaman membangun neraka di rumah tangganya masing-masing. Setelah hubungan terlarang itu dimulai, Jung Woo mengaku jika dirinya tidak mencintai Noh Mi Young dan pernikahan mereka hanya didasari rasa kasihan.

Di luar cerita mereka, Ji Eun memiliki tetangga yang kaya raya dan sudah mempunyai dua anak perempuan bernama Lee Young Jae, pemilik perusahaan penerbit buku yang sangat kasar pada istrinya, Choi Soo Ah yang diperankan oleh Ye Ji Won. Suatu sore, Ji Eun memergoki Choi Soo Ah sedang berselingkuh dan berciuman dengan lelaki lain di taman.

Ji Eun un diancam oleh ibu dari Lee Ah Jim dan Lee Ah Ram itu agar menutupi kejadian yang telah ia saksikan. Hubungan rumit yang terjadi pada tiga pasangan suami istri di dalam drama ini akan memancing emosi penonton hingga akhir episode di tengah pro dan kontra yang ada.

Dibintangi Aktor & Aktris Ternama

Drakor yang melekat dengan konflik antar pasangan ini diperankan oleh pemain drama terkenal di Korea. Bahkan, dapat dikatakan hampir semuanya aktor dan aktris senior seperti Park Ha Sun yang telah membintangi puluhan film dan drama, diantaranya adalah “Roman Holiday” dan “Drinking Solo”.

Drama ini sendiri menjadi drama comeback-nya Park Ha Sun setelah tampil di sebuah drama pada tahun 2016. Dan, dalam “Love Affairs in The Afternoon” ini, aktris cantik itu ditemani oleh peran pendukung yang tak kalah hebat antara lain Ye Ji Won, Lee Sang Yeob, dan Jo Dong Hyuk.

Cerita yang Dekat dengan Kehidupan Pasangan

Selain ceritanya yang memang menarik, para pemeran yang menjiwai juga piawai dalam berakting, kisah yang diangkat oleh drama “Love Affairs in The Afternoon” sangat dekat dengan kehidupan nyata suami istri. Konflik yang paling sering terjadi dan ditakutkan pasangan ini dikemas secara baik, meskipun ceritanya terkesan berat dan provokatif.

Drama keempat yang digarap oleh sutradara Kim Jung Min ini menggambarkan persoalan rumah tangga yang tak hanya seputar hubungan ranjang dan ekonomi, tapi juga kebahagiaan dan pengertian yang diberikan satu sama lain sebagai pasangan suami istri.

Banyak Pesan dalam Berumah Tangga

Meskipun tak sedikit orang yang memanfaatkan drama ini sebagai ‘bentuk pembenaran’ jika berselingkuh itu demi kesenangan, drama “Love Affairs in The Afternoon” justru menyampaikan pesan yang dalam. Mulai dari saling menghargai pasangan, tidak memaksa ataupun merendahkan, namun memberi apresiasi.

Karena, jika melihat tokoh Son Ji Eun, ia sebenarnya adalah penggambaran karakter istri yang penurut dan pendiam (tidak mengomel atau menuntut), tapi ia tidak pernah mendapatkan perhatian dari sang suami. Namun, biar bagaimanapun juga, tetap saja perselingkuhan itu salah.

Selain mengkhianati pasangan, perbuatan itu juga akan menyakiti perasaan anak, jika sudah diberkahi keturunan. Kalau memang pernikahan didasari cinta sepihak dan dipertahankan hanya karena keadaan atau karena adanya anak, sebaiknya tetap dikomunikasikan terlebih dahulu oleh suami istri, bukannya malah menjalin hubungan terlarang.

Karakter yang Tidak Mudah Ditebak

Tanpa membenarkan perselingkuhan, para tokoh drama ini hadir dengan alasan yang kuat sebelum terjerumus dalam hubungan gelap. Selalu ada sebab yang membuat salah satu dari pasutri berpaling, entah karena nafsu atau karena hubungan resmi mereka yang tak harmonis.

Son Ji Eun yang penurut akhirnya mendua akibat sikap acuh suaminya, Yoon Jung Woo menikah atas dasar kasihan ditambah karakter istrinya yang egois dan lebih mementingkan karir sendiri dibandingkan hubungannya dengan suami, lalu Choi Soo Ah yang meskipun sudah dikaruniai dua anak dan dilimpahi kekayaan terus saja menerima perlakuan kasar dari sang suami.

Sehingga, tak adil jika kita sebagai penonton begitu saja menghakimi salah satu tokoh dalam drama. Saya rasa para penonton akan terhanyut dalam cerita yang memainkan emosi ini. Kesal, sedih, dan bingung akibat keputusan-keputusan bodoh yang diambil para tokoh juga merupakan bagian seru dari menonton “Love Affairs in the Afternoon”.

Jadi, kalau kamu suka nonton drama Korea bertema perselingkuhan, Love Affairs in the Afternoon bisa menjadi salah satu pilihan drakor yang tepat. Ceritanya bikin penonton geregetan! Tapi, kalau kamu pernah nonton dramanya, beri pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *