bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Lost Season 6, Akhir yang Mengejutkan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 21 September 2021

Lost Season 6 akan membawa Anda pada dua timeline berbeda, yaitu 2007 dan 1977. Anda juga akan dibawa masuk ke dalam flash-sideways yang mengejutkan. Pasalnya, di sana pesawat tidak pernah mengalami kecelakaan. Jack dan yang lain menjalani hidup seperti biasa tanpa saling mengenal apalagi terlibat secara emosi, berbanding terbalik dengan kehidupan mereka di pulau.

Dalam 18 episode di musim terakhir ini, terdapat banyak sekali kejutan, plot penentu serta rahasia yang terbongkar. Pertanyaan-pertanyaan yang berkumpul dari musim pertama, jawabannya bisa Anda temukan di musim ini. Apakah akan memuaskan atau mengecewakan, Anda yang menilai. Namun, sebelum itu mari simak terlebih dulu sinopsis serta ulasan ringkasnya pada artikel di bawah ini!

Sinopsis

Sinopsis & Review Lost Season 6, Akhir yang Mengejutkan 1Sumber: filmaffinity.com
  • Tanggal/Tahun Rilis: 2 Februari – 23 Mei 2010
  • Genre: Survival, Drama, Time Traveler
  • Produksi: Disney – ABC Domestic Television
  • Sutradara: Jack Bender, Paul Edwards, Tucker Gates, Bobby Roth, Mario Van Peebles, Daniel Attias, Stephen Semel
  • Pemeran: Matthew Fox, Jorge Garcia, Terry O’Quinn, Naveen Andrews
  • Jumlah Episode: 18

Cerita Lost Season 6 dimulai dengan menampilkan akibat dari ledakan bom hydrogen pada seluruh penghuni pulau, termasuk para survivor. Mereka “hidup” di dua timeline berbeda. Timeline pertama, ketika mereka terdampar di tahun 1977 secara misterius dan terbangun di dalam hutan, tepat setelah ledakan tersebut terjadi.

Dari dalam kawah Swan Station, para korban selamat mendengar Juliet berada di bawah reruntuhan. Setelah melakukan berbagai usaha, Juliet berhasil dikeluarkan tapi sayang tidak bisa diselamatkan. Juliet meninggal dalam pelukan Sawyer. Sementara itu, sosok Jacob  (Mark Pellegrino) muncul di hadapan Hurley.

Sosok tersebut lantas memerintahkan Hurley untuk membawa Sayid dan yang lain ke sebuah kuil karena di sana Sayid bisa disembuhkan. Saat para korban yang lain pergi ke kuil, Sawyer dan Miles tetap tinggal untuk menguburkan jasad Juliet. Miles menyampaikan kata-kata terakhir Juliet pada Sawyer. Kata terakhir yang dimaksud adalah “berhasil!”

Ketika Jack, Kate, Hurley, Jin dan Sayid mencapai kuil, mereka justru ditawan oleh The Others, berikut dengan Sawyer dan Miles. Pemimpin kuil bernama Dogen menemukan salah satu daftar Jacob disembunyikan di kotak gitar milik Hurley. Sayid berhasil bangun setelah The Others menenggelamkannya ke dalam air berlumpur. Sayid yang sudah sadar lantas disiksa oleh Dogen.

Orang-orang yang ada di dalam kuil kemudian mencoba membuat Jack memberi Sayid sebuah pil. Jack yang curiga lantas meminum pil tersebut tapi dicegah oleh Dogen. Dia mengatakan bahwa pil tersebut beracun. Adegan berlanjut saat Hurley memberi tahu Dogen bahwa Jacob sudah tewas dan The Others telah pergi.

Ilana kemudian mengumpulkan abu Jacob dan menguburkan Locke. Dia melakukannya bersama Sun, Ben dan Frank. Di sisi lain, The Man in Black berhasil memperdaya Sawyer dan mengubahnya menjadi sosok Locke. Monster itu lalu membawa Sawyer ke sebuah gua. Di sana dia menemukan ratusan nama tertulis di dinding gua. Sebagian besar nama sudah dalam keadaan tercoret, kecuali lima nama, yaitu (Jack) Sephard, (Hurley) Reyes, (Sayid) Jarrah, (Sawyer) Ford dan (Jin/Sun) Kwon.

Lost Season 6 menampilkan plot lain atau kita sebut saja timeline kedua atau flash-sideways. Pada plot ini, cerita berlangsung tahun 2004. Disebutkan bahwa penerbangan 815 yang ditumpang Jack dan kawan-kawan memang mengalami gangguan kecil tapi berhasil mendarat dengan selamat di LAX. Desmond ada di dalam pesawat bersama Sun, Jin, Charlie dan Jack. Di sini Sun dan Jin belum terikat pernikahan, sementara Jack menemukan heroin di tubuh Charlie.

Sinopsis & Review Lost Season 6, Akhir yang Mengejutkan 3Sumber: slantmagazine.com

Setelah mendarat, mereka sibuk dengan urusan masing-masing. Desmond terlihat berinteraksi dengan Hurley dan Claire dalam sebuah limusin untuk perjalanan bisnisnya. Sementara Jack dan Locke terlihat bertemu di sebuah konter yang khusus mengurusi masalah kehilangan pada bagasi. Locke kehilangan pisau dan Jack kehilangan peti mati ayahnya. Dua orang itu saling menghibur.

Di sisi lain Kate terlihat kabur dari Edward dan masuk ke dalam lift. Di sana ada Sawyer. Dia lantas membantu Kate menghindari dua polisi yang mengejarnya. Kate berhasil lari dan masuk ke sebuah taksi, tapi di dalam taksi sudah ada Claire terlebih dulu.

Nasib Locke di timeline kedua ini cukup mengkhawatirkan sebab dia dipecat dari perusahaannya. Beruntung dia bertemu dengan Hurley, seorang pemilik perusahaan yang membantunya menemukan pekerjaan baru. Locke akhirnya menjadi guru pengganti di sebuah sekolah. Di sana, Locke bertemu dengan Ben Linus, seorang guru Sejarah Eropa.

Berbeda Locke, berbeda pula Jack. Sang dokter akhirnya kembali bekerja di rumah sakit. Jack diceritakan memiliki seorang anak laki-laki. Hubungan antara ayah-anak ini pun tidak terlalu dekat. Bagaimana dengan Sayid? Di timeline kedua ini Sayid diceritakan membunuh Keamy, sang lintah darat yang memukuli Omer, kakaknya, dan menculik dirinya.

Sementara Sawyer bukan lagi seorang ‘gembel’ seperti yang dikenal selama berada di pulau. Di sini dia adalah seorang detektif LAPD dan bekerja bersama Miles. Pada timeline kedua, mereka bukan para survivor yang berjuang sekuat tenaga untuk keluar dari pulau misterius, melainkan karakter yang menjalani kehidupannya masing-masing tapi tetap saling bersinggungan.

Alternate Universe di Musim Terakhir

Sinopsis & Review Lost Season 6, Akhir yang Mengejutkan 5Sumber: interlost.wordpress.com

Sejak musim sebelum-sebelumnya, serial Lost menyelipkan plot flash back dan flash forward. Para penonton bisa menghubungkan cerita antara peristiwa di masa lalu dan di masa depan melalui keduanya. Khusus untuk musim terakhir, serial Lost suguhkan dua timeline sekaligus.

Orang-orang yang selama ini kita kenal sebagai survivor dari kecelakaan pesawat, hidup di waktu dan tempat lainnya sebagai orang-orang yang tidak saling kenal tapi secara kebetulan tetap bersinggungan. Ada alternate universe yang coba disuguhkan sehingga penonton seolah diminta memilih cerita mana yang dipercaya sebagai plot sesungguhnya dari serial ini.

Saat dunia yang satu memperlihatkan kesibukan mereka dengan urusan masing-masing dan tidak saling mengenal, di dunia yang lain ikatan emosional antara mereka begitu kuat. Kematian salah satunya bahkan menjadi pukulan bagi yang lain, seperti saat Sawyer mendapati Juliet tewas dalam pelukannya.

Baca juga: Sinopsis & Review Lost S5, Para Survivor di Dua Waktu Berbeda

Menampilkan Cerita Perseteruan Man in Black dan Jacob

Sinopsis & Review Lost Season 6, Akhir yang Mengejutkan 7Sumber: blog.andersonshatch.com

Sisi misterius yang melingkupi pulau tempat para survivor berada, boleh dikatakan bermula dari perseteruan antara Man in Black dan Jacob. Pada Lost Season 6 ini hal tersebut diceritakan secara lebih mendalam. Sejarah dua karakter tersebut menjadi salah satu suguhan dalam musim terakhir ini.

Dua karakter ini diceritakan sebagai saudara yang berselisih karena kematian sang ibu angkat yang tewas di tangan Man in Black. Jacob lantas membalas dengan melemparkanya ke Heart of the Island. Peristiwa tersebut mengubah sosok itu menjadi Smoke Monster yang bisa menyerupai wujud siapa pun.

Dendam yang sudah berlangsung sejak ribuan tahun tersebut pada akhirnya menarik orang-orang untuk “datang” ke pulau.  Jacob sendiri adalah protector of the island. Pengangkatannya dilakukan di Heart of the Island oleh sang ibu sendiri.  Dia berupaya menemukan penerusnya sembari terus melarikan diri dari upaya pembunuhan yang dilakukan saudaranya.

Kematian dan Akhir Cerita Mengejutkan

Sinopsis & Review Lost Season 6, Akhir yang Mengejutkan 9Sumber: lostpedia.fandom.com

Setelah sekian lama, serial Lost berakhir di musim ke 6. Setelah sekian lama pula, karakter-karakter yang ada di dalamnya pasti meninggalkan kesan untuk para penonton, sehingga kematian demi kematian yang terjadi di antara mereka menciptakan perasaan sedih, mengejutkan dan mengecewakan. Termasuk semua kematian yang terjadi di Lost Season 6.

Selain kematian para karakter, yang salah satunya mungkin karakter jagoan Anda, akhir serial Lost juga benar-benar tidak terduga. Dua timeline yang disuguhkan di musim ini bukan tanpa alasan karena tujuannya benar-benar mengejutkan; bahwa kehidupan di alternate universe sebenarnya adalah dunia atau tempat para survivor berkumpul setelah kematian mereka. Dari sana, Jack dan kawan-kawan bersiap menuju kehidupan yang abadi.

Lost Season 6 menutup cerita dengan sesuatu yang tidak terduga oleh para penonton setianya. Walau demikian, pujian terhadap musim terakhir serial ini tetap mengalir karena ceritanya dibungkus dengan plot yang rapi dan sulit ditebak. Daripada semakin penasaran, Anda harus segera menonton serial yang pernah memenangkan Emmy Award for Outstanding Drama Series ini!

Lost Season 6
Rating: 
4.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram