bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Lost S4, Misi Penyelamatan Ocean Six

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 21 September 2021

Lost Season 4 berlanjut saat Ben tiba-tiba “menghilangkan” pulau dengan memutar sebuah roda raksasa. Ben memainkan ruang dan waktu sebab berhasil melemparkan sebagian korban selamat ke masa depan. Menggunakan formula flash forward, pada musim ini cerita mengenai Ocean Six jadi plot utamanya.

Ocean Six adalah sebutan untuk para survivor yang berhasil keluar dari pulau. Mereka mendadak terkenal ke seluruh dunia, tapi memutuskan untuk tetap menyimpan rahasia mengenai keberadaan kawan-kawannya yang lain. Siapa saja karakter yang termasuk dalam Ocean Six? Simak sinopsis dan ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. Yuk!

Sinopsis

Sinopsis & Review Lost S4, Misi Penyelamatan Ocean Six 1
  • Tanggal/Tahun Rilis: 31 Januari 2008 – 29 Mei 2008
  • Genre: Survival, Drama, Time Traveler
  • Produksi: Disney – ABC Domestic Television
  • Sutradara: Jack Bender, Stephen Williams, Eric Laneuville, Stephen Semel, Paul Edwards
  • Pemeran: Matthew Fox, Jorge Garcia, Elizabeth Mitchell, Evangeline Lilly
  • Jumlah Episode: 14

Pada Lost Season 4 jalan cerita memulai babak baru. Para korban selamat kedatangan tamu, yaitu awak kapal barang yang dikirim ke pulau untuk menyelamatkan mereka dari Benjamin. Kedatangan mereka tak lepas dari panggilan Jack di akhir musim ketiga. Saat awak kapal barang datang, Locke memilih untuk tidak percaya.

Para penyintas pun terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Jack yang bersiap menuju pantai untuk diselamatkan dan kelompok Locke yang memilih untuk kembali ke hutan menemukan tempat persembunyian. Locke dan Jack tidak sepenuhnya salah karena tim penyelamat atau anggota kapal barang juga terbagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama terdiri atas para ilmuwan yang bergerak menyelamatkan mereka, sementara kelompok kedua adalah para militer yang bertujuan untuk membunuh Ben dan membunuh orang-orang yang ada di sana, termasuk para korban selamat. Belakangan diketahui bahwa orang-orang di kapal barang tersebut diutus oleh Charles Widmore untuk menemukan pulau dan Ben. Tujuan utama mereka bukan menyelamatkan para penyintas.

Menurut pengakuan Ben, Charles ingin mengeksploitasi pulau ini. Dia berhasil meyakinkan Locke untuk bersama-sama mengamankan pulau. Sementara itu, saat Jack dan kelompoknya akan pergi meninggalkan pulau, Locke berpesan agar merahasiakan keberadaan yang lain dari siapa pun.

Mereka harus berbohong mengenai keberadaan para korban selamat lain yang memilih untuk tinggal. Locke mengatakan bahwa itu satu-satunya cara melindungi korban selamat. Kabar bahwa keberadaan orang-orang dari kapal barang tersebut bukan untuk menyelamatkan mereka, membuat gelisah banyak orang. Beberapa korban selamat akhirnya memutuskan untuk bergabung kembali dengan Locke.

Kelompok militer yang dipimpin oleh Martin Keamy mulai menyerang camp Locke dan menewaskan 8 orang korban selamat, termasuk Danielle, Karl dan Alex. Sisanya selamat karena bergegas melarikan diri ke pantai, sementara Locke, Hurley dan Ben menuju kabin untuk menyelamatkan pulau dan semua orang yang ada di dalamnya. Locke lantas diberi instruksi untuk memindahkan pulau oleh Christian Sephard, ayah dari Jack Shephard

Cerita berlanjut ketika Jack, Kate, Sayid, Frank, Hurley dan Sawyer berhasil naik ke halikopter, tapi karena kelebihan muatan, Sawyer memutuskan untuk menerjunkan diri dan tidak ikut terbang. Ketika helikopter berhasil mendarat di kapal barang, mereka kembali panik karena mengetahui bahwa kapal tersebut sudah dipasangi peledak.

Di tengah kepanikan, hanya Frank, Jack, Kate, Hurley, Sayid, Desmond , Aaron dan Sun yang berhasil naik sebelum kapal tersebut meledak. Di sisi lain, Ben terlihat memutar sebuah roda raksasa yang misterius. ketika roda itu berhasil diputar, tiba-tiba ada kilatan cahaya putih raksasa dan sekejap pulau pun menghilang.

Sinopsis & Review Lost S4, Misi Penyelamatan Ocean Six 3Sumber: ncjl.wordpress.com

Helikopter yang membawa Jack dan kawan-kawan pun hanya berputar-putar di tengah lautan tanpa tempat untuk mendarat. Tak lama helikopter tersebut jatuh ke dalam air. Ternyata akibat keputusannya memutar roda raksasa, Ben telah memindahkan pulau itu dalam ruang dan waktu untuk menghindari Widmore. Alhasil Jack dan para penumpang helikopter yang lain “dibawa” ke masa depan, tepatnya sepuluh bulan kemudian dari peristiwa tersebut.

Cerita berlanjut saat Jack dan kawan-kawan ditemukan oleh putri dari Widmore yang telah berusaha menemukan pulau itu selama tiga tahun. Jack dan Penny lantas mengarang cerita untuk mengelabui sang ayah agar dia berpikir bahwa para korban tersebut berenang ke pulau lain, di dekat tempat puing-puing kapal ditemukan, yaitu di Laut Indonesia, tepatnya di pulau fiksi bernama Membata.

Akhirnya hanya Ocean Six yang berhasil diselamatkan. Mereka adalah Jack, Kate, Sayid, Hurley, Aaron dan Sun, sementara itu Desmond, Frank dan Penny bersembunyi. Upaya penyelamatan Ocean Six dilanjutkan oleh penjaga pantai AS dan perwakilan Oceanic Airline, Karen Decker. Mereka menerbangkan Jack dan kawan-kawan ke pangkalan militer swasta di Hawaii.

Di sana, Ocean Six kembali bertemu dengan orang-orang tersayang, kecuali Sayid dan Kate yang tidak memiliki siapa-siapa. Sebuah konferensi pers kemudian digelar untuk mereka. Dalam kesempatan tersebut ke enam korban selamat sepakat untuk berbohong mengenai keberadaan rekan mereka yang lain.

Lalu, apakah hidup Sayid dan kawan-kawan Ocean Six bisa kembali normal? Bagaimana dengan nasib korban selamat lain yang masih ada di pulau antah-berantah itu? Kelanjutan serial Lost Season 4 harus Anda tonton untuk menuntaskan rasa penasaran.   

Flash Forward Jadi Alur Cerita Utama

Sinopsis & Review Lost S4, Misi Penyelamatan Ocean Six 5

Scene flash forward pertama kali dikenalkan di akhir musim ketiga. Ketika itu scene tersebut menunjukkan bagaimana hidup Jack di masa depan. Pada Lost Season 4, formula ini masih digunakan dan boleh dikatakan sebagai alur cerita utamanya. Justru pada musim ini, ide menggunakan flash forward mulai dikenalkan pada para penonton.

Melalui flash forward, Anda diajak mengetahui siapa-siapa saja orang yang cukup beruntung karena berhasil keluar dan selamat dari pulau tersebut dan siapa yang tetap tinggal di sana. Plot ini terkesan tidak memberi kejutan, tapi yang sebenarnya terjadi justru sebaliknya. Tetap ada beberapa kekacauan dan kejutan yang terjadi, terutama dari segi ceritanya. 

Episode Lebih Sedikit, Cerita Lebih Padat

Sinopsis & Review Lost S4, Misi Penyelamatan Ocean Six 7Sumber: lkagency.fr

Selama tiga musim berturut-turut penonton serial Lost disuguhi cerita panjang dalam episode yang banyak, tapi pada musim empat ini hal tersebut tidak terjadi. Lost Season 4 hanya tersusun dalam 14 episode. Walau lebih sedikit secara jumlah, tapi kualitas ceritanya justru semakin baik karena lebih padat.

Setiap alur di dalam episodenya terisi dengan adegan-adegan penting yang menegangkan sehingga tidak ada episode yang terasa membosankan. Romansa antara Jack dan Kate yang ditampilkan pun tidak terasa buruk. Menonton Lost musim ke empat, Anda tetap bisa merasakan sisi misteri dari serial ini sehingga rasa penasaran terus terjaga hingga akhir.

Baca juga: Sinopsis & Review Lost S3, Siapa Sesungguhnya The Others?

Plot Twist dan Kejutan

Sinopsis & Review Lost S4, Misi Penyelamatan Ocean Six 9Sumber: ncjl.wordpress.com

Tidak berlebihan jika serial ini disebut punya segudang plot twist dan kejutan. Hingga musim ke empat, elemen-elemen tersebut tetap diselipkan. Jika tanpa dua itu, rasanya serial Lost bisa selesai dalam beberapa musim saja, tidak sampai 6 musim dengan seratus episode lebih.

Dalam Lost Season 4, beberapa plot twist yang ditampilkan antara lain fakta bahwa Claire rupanya adalah saudara tiri Jack, kemudian Ben yang tiba-tiba terdampar di Irak dan menemui Sayid, lalu kabar bahwa Locke ternyata tewas karena bunuh diri. Keputusan Jack di musim ini juga akan jadi kejutan tersendiri yang bisa jadi membuat Anda kecewa. Apa yang Jack putuskan hingga serial ini masih berlanjut dua musim lagi?

Lost Season 4 seperti babak baru untuk serial ini. Pasalnya, setelah sekian lama terdampar dan berusaha keluar dari pulau, di musim ini, enam orang korban selamat yang beruntung bisa menapaki kembali kehidupan normalnya. Perjalanan mereka hingga akhirnya bisa kembali tentu bukan main beratnya karena penuh dengan pengorbanan dan perjuangan. Masih penasaran dengan akhir serial ini? Kalau begitu, jangan lewatkan Lost musim ke empat!

Lost Season 4
Rating: 
4.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram