bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis & Review Lost S1, Perjalanan Korban Kecelakaan Pesawat

Sinopsis & Review Lost S1, Perjalanan Korban Kecelakaan Pesawat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 9 Juni 2021

Menjadi korban selamat atas kejadian kecelakaan pesawat adalah lembaran baru bagi hidup Jack Sephard dan kawan-kawan. Mereka harus terdampar di sebuah pulau misterius tanpa tahu kapan akan diselamatkan atau keluar dari sana. Orang-orang itu harus berhadapan dengan sesuatu yang asing, sekaligus beradaptasi dengan keadaan yang serba tidak pasti.

Lost Season 1 tayang pada 2004 lalu. Serial berjumlah 25 episode ini akan memuaskan Anda, khususnya para penggemar cerita-cerita survival. Ingin tahu kelanjutannya? Anda bisa membaca sinopsis serta ulasannya terlebih dahulu sebelum mulai menontonnya. Simak yuk!

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Rilis: 22 September 2004 – 25 Mei 2005
  • Genre: Survival, Drama, Time Traveler
  • Produksi: Bad Robot Productions, Touchstone Television
  • Sutradara: Jeffrey Lieber, J.J Abrams, Damon Lidelof
  • Pemeran: Naveen Andrews, Emilie de Ravin, Matthew Fox, Jorge Garcia
  • Jumlah Episode: 25

Sebuah pesawat mengalami kecelakaan menjelang akhir 2004. Dari sekian banyak penumpang, hanya 48 orang yang selamat. Mereka mencoba bertahan hidup dengan berbagai cara sekaligus mencari tahu mengenai posisi keberadaan mereka. Salah satu korban selamat yang merupakan mantan petugas komunikasi dari pasukan pengawal Iraq bernama Sayid Jarrah (Naveen Andrews) mencoba memperbaiki transceiver yang ada di dalam pesawat.

Selain itu Sayid bersama beberapa korban selamat lainnya, yaitu Boone (Ian Somerhalder), Charlie (Dominic Monaghan), Shannon (Magie Grace), Sawyer (Josh Holloway)dan Kate (Evangeline Lily) mendaki ke sebuah pegunungan guna mendapatkan sinyal. Sepanjang jalan mereka banyak mendapat serangan dari beruang kutub. Tidak sia-sia, transceiver berhasil dinyalakan.

Namun, sinyal tersebut rupanya diblokir oleh transmisi suara seorang perempuan yang berbicara bahasa Perancis. Oleh Shannon diterjemahkan sebagai permintaan tolong sebab dia berada di sebuah pulau sendirian. Rekannya yang lain tewas dibunuh oleh ‘mereka’. Pesan tersebut datang berulang hingga Sayid memperkirakan bahwa pesan ini sudah berulang sejak enam belas tahun lalu.

Persediaan makanan mulai menipis, Locke (Terry O’Quinn)berinisiatif memimpin kelompok untuk berburu babi hutan pertama mereka. Di hari ke enam seorang korban selamat justru tenggelam dan Boone mencoba menyelamatkannya. Di sisi lain, Jack Shephard (Matthew Fox) mulai berhalusinasi karena melihat penampakan mendiang ayahnya di pulau tersebut.

Para korban yang selamat akhirnya terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang berpindah ke dalam hutan sementara kelompok kedua memutuskan untuk tetap tinggal di pantai dengan harapan tinggi untuk diselamatkan. Konflik pun mulai muncul di antara mereka, terutama Jack, Sawyer dan Sayid. Sayid bahkan sampai melukai Sawyer walau akhirnya merasa malu dan bersalah.

Saat pergi meninggalkan kelompok, Sayid menemukan sebuah kabel. Dia mengikuti kabel tersebut dan tanpa diduga bertemu dengan seorang perempuan berbahasa Perancis yang suaranya dia dengar beberapa waktu lalu. Perempuan tersebut adalah Danielle Rousseau (Mira Furlan). Dia kemudian bercerita pada Sayid mengapa bisa sampai di pulau tersebut.

Cerita berlanjut ketika Hurley (Jorge Garcia) mencoba mendata semua korban selamat setelah dua malam berturut-turut Claire (Emilie de Ravin) diserang. Dari sana mereka mengetahui bahwa nama Ethan Rom tidak ada di dalam daftar penumpang. Ethan diketahui menculik Claire dan Charlie yang sedang hamil.

Dua minggu terdampar di antah-berantah, Locke dan Boone menemukan sebuah lubang misterius di tanah. Locke penasaran dan menjadi terobsesi dengan sesuatu yang tersimpan di dalamnya. Saat keduanya menjelajah pulau, mereka juga menemukan Beechcraft di salah satu sisi tebing. Lelaki itu terus memanjat hingga masuk ke dalam pesawat dan menemukan radio. Tidak menyiakan kesempatan dia mengirimkan panggilan darurat.

Dari seberang terdengar suara laki-laki menjawab. Boone menjelaskan bahwa dia dan teman-teman yang lain adalah korban selamat dari pesawat Oceanic Flight 815, sementara suara lelaki di seberang sana mengatakan hal sama sebelum Beechcraft tersebut jatuh dan melukai Boone. Locke segera membawanya ke camp, tapi Jack tidak bisa menyelamatkan hidupnya.

Di sisi lain seorang korban selamat lainnya, Michael (Harold Perrineau) membuat sebuah rakit untuk melarikan diri bersama putranya, Walt (Malcolm David Kelley). Sawyer dan Jin lantas bergabung dengan mereka. Ketika berhasil mereka terkejut sekaligus senang karena melihat perahu lain, tapi ternyata perahu tersebut membawa sekelompok “Others” yang meminta Walt untuk diserahkan.

Sejurus kemudian rakit hancur, Sawyer ditembak dan Walt diculik. The Others juga terlihat mengejar Rousseau dalam wujud awan hitam. Apa yang akan terjadi selanjutnya pada mereka? Siapa The Others yang meneror para korban selamat?

Pengenalan Karakter dan Konflik

Seperti pada serial-serial lain, musim pertama selalu diawali dengan pengenalan karakter, begitu pun pada Lost Season 1. Anda akan diajak mengenal karakter per karakternya mulai dari Jack Sephard yang dibawakan oleh Matthew Fox. Jack adalah seorang dokter ahli bedah tulang belakang yang usianya masih cukup muda. Dia de facto leader untuk para korban selamat sekaligus pemberi pertolongan pertama untuk luka-luka yang diderita mereka.

Kemudian ada karakter Sayid. Dia adalah lelaki pemberani sekaligus pemimpin yang kompeten. Ketika kecelakaan terjadi Sayid sempat disangka teroris oleh Sawyer. Namun, Sayid berhasil membuktikan jika tuduhan tersebut salah. Selama berada di pulau, dia bahkan memegang peran kunci untuk keberlangsungan hidup korban lainnya.

Karakter selanjutnya yang akan Anda temui di musim pertama ini adalah James ‘Sawyer’ Ford; lelaki pemberani dan percaya diri sekaligus pemberontak. Sawyer tidak terlalu disukai oleh para korban selamat karena sikapnya yang begitu menyebalkan. Sesaat setelah pesawat jatuh, naluri ‘drifter’-nya bekerja dan mengambil alih. Sawyer mencuri bahkan mengais-ngais dompet para korban tewas. Sawyer dan Jack diceritakan bersaing untuk mendapatkan Kate.

Tiga karakter tersebut tentu saja hanya sebagian kecil dari karakter pada Lost Season 1. Setidaknya ada beberapa lagi korban selamat. Menariknya mereka mendapat porsi cerita yang sama. Tidak ada karakter yang terlalu ditonjolkan atau sekadar pelengkap. Masing-masing punya peran dalam kelompok.

Baca juga: Film Tentang Kecelakaan Pesawat Paling Menegangkan

Plot Rapi

Untuk sebuah tayangan serial, musim pertama memegang kunci apakah ia bisa membuat penonton betah dan semakin penasaran dengan ceritanya atau tidak. Jika dari awal sudah sangat asal dan membosankan, jangan harap serial tersebut akan diminati. Beruntung hal itu tidak terjadi pada Lost Season 1.

Sebanyak 25 episode yang masing-masing berdurasi sekitar 45 menit, Anda akan diajak mengikuti plot cerita yang rapi sekaligus detail dan berurutan. Pengenalan para karakter dalam serial ini menggunakan alur maju mundur akan tetapi hal tersebut tidak mengganggu. Penonton justru menunggu cerita mengenai karakter siapa lagi yang akan ditampilkan, masa lalu siapa lagi yang akan dikenalkan. Semua tersaji dengan rapi dan tidak membosankan.

Sudah Penuh Misteri Sejak Awal

Pada musim pertama, terutama di episode-episode awal akan ada scene-scene ledakan pesawat dan puing-puing berserakan yang bisa saja menimbulkan trauma. Anda bisa menghindarinya jika merasa terganggu. Selain itu dari segi cerita, sejak musim pertama Anda akan menemukan rentetan-rentetan misteri yang semakin menambah rasa penasaran.

Misteri yang dimaksud antara lain terdapat bangkai pesawat yang di dalamnya terdapat heroin, kerangka manusia yang ditemukan di dalam hutan, suara misterius yang terdengar dari dalam hutan hingga misteri rangkaian angka yang tidak diketahui maknanya. Semua misteri tersebut tentu saja tidak langsung terjawab di musim pertama. Ia menjadi alasan Anda untuk melanjutkan musim yang lain.

Tema-tema survival entah bagaimana memang selalu membuat penasaran. Oleh karena itu keseruan dan segala teka-teki yang ada di Lost Season 1 membuat serial ini semakin menarik. Sudah siap memulai dan mengikutinya hingga musim terakhir nanti? Mari mulai di musim pertama terlebih dahulu! Selamat menyaksikan!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram