bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Review & Sinopsis Film Live Action Death Note: The Last Name

Review & Sinopsis Film Live Action Death Note: The Last Name

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 16 Juni 2021

Death Note: The Last Name adalah film ke-2 dari serial film Death Note. Film ke-2 ini di-release di tahun yang sama dengan selang 5 bulan dari serial yang sebelumnya. Tak kalah dengan serial sebelumnya, bahkan film ke-2 nya ini mendapatkan penghasilan lebih besar dari serial sebelumnya. Yaitu sebesar 5,5 miliar Yen dan menjadi pendapatan ke-4 terbesar di Jepang.

Dengan cerita yang masih menggantung di serial film sebelumnya, di serial kali ini diceritakan lebih lanjut mengenai pertarungan antara L dan Kira. Nah, dari pada penasaran, berikut ini review dan sinopsis film live action Death Note: The Last Name.

Sinopsis

review death note the last name_Sinopsis
  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Kriminal, Suspense-Thriller, Fantasi
  • Produksi: Warner Bros. Japan
  • Sutradara: Kaneko Shusuke
  • Pemeran: Kenichi Matsuyama, Fujiwara Tatsuya

Film ini dimulai dengan melanjutkan pencarian pembunuh berantai ‘Kira’. L (Kenichi Matsuyama) masih memiliki kecurigaan yang tinggi kalau Light Yagami (Fujiwara Tatsuya) sebenarnya adalah ‘Kira’. L kemudian mengajak Kira bergabung dengan tim investigasi.

Light pun menerima tawaran dari L dan menganggap hal tersebut merupakan kesempatan emas untuk mencari tahu nama asli dari L agar ia bisa menuliskannya di dalam buku Death Note miliknya. Dengan memanipulasi orang-orang yang ada di tim investigasi, ia berusaha menyembunyikan kalau ia adalah Kira.

Tiba-tiba muncul sosok baru yang mengakui kalau dirinya adalah ‘Kira Kedua’ dengan sosok Shinigami lainnya yang bernama Rem. Ia membunuh orang-orang dengan metode yang sama dengan ‘Kira Pertama’ namun lebih brutal dan tak pandang bulu. Karena ‘Kira Kedua’ ini membunuh juga orang-orang yang tidak memiliki catatan kriminal.

‘Kira Kedua’ itu adalah Misa Amane (Erika Toda), ia mengajak Kira pertama untuk bergabung bersamanya untuk menciptakan sebuah dunia yang baru bersama. Karena Misa memiliki 死神の目 (Shinigami no Me) atau mata Shinigami yang tidak dimiliki oleh Light sehingga Light mau bergabung dengan Misa. 

Light pun memanfaatkan mata Shinigami yang dimiliki oleh Misa. Bahkan Misa rela menjadi kaki tangan dan walaupun hanya dianggap sebagai ‘alat’ oleh Light, ia tidak mengapa asalkan bisa selalu dekat dengan Light. Misa pun dapat dengan mudah membunuh L karena cukup dengan melihatnya wajahnya saja ia sudah bisa melihat nama asli dari L.

Dengan bergabungnya Misa, Light pun terus melancarkan misi dan manipulasi lainnya untuk menutupi kalau dirinya adalah Kira dan melanjutkan aksinya untuk membuat dunia baru yang ideal menurut dirinya. Dan karena salah satu manipulasi dari Kira, L beserta tim investigasi bisa melihat sosok Shinigami.

Setelah kejadian tersebut barulah L mengerti dengan semua kejadian yang terjadi selama ini. Dan setelahnya L terus berusaha mencari cara untuk membuktikan kalau Light adalah memang sosok Kira yang selama ini ia curigai. Akankah L bisa membuktikan kalau Light adalah Kira yang sesungguhnya?

Sebuah Trik dan Manipulasi

review death note the last name_Sebuah Trik dan Manipulasi

Disini kita diperlihatkan ketika dua orang yang memiliki kecerdasan mengadu trik, dimana yang satu trik yang digunakan untuk mengungkapkan kejahatan Kira dan yang satu lagi adalah trik memanipulasi agar tidak dicurigai sebagai Kira.

Menurut saya, trik yang digunakan baik L dan juga Light adalah trik yang cukup cerdas dan beresiko. Contohnya ketika L mengajak Light untuk bergabung dengan tim investigasi yang ternyata hal tersebut dilakukan L untuk ‘mengawasi’ Light lebih dekat agar bisa membuktikan kalau Light adalah Kira.

Sedangkan trik yang digunakan oleh Light adalah memanipulasi tim investigasi, kemudian memberikan sebuah analisa tentang sosok ‘Kira’ dan L pun mengakui analisa dari Light tersebut. Tapi diwaktu yang bersamaan juga ia sedang menjalankan misi lainnya untuk memanipulasi para tim investigasi kembali.

Sosok Amane Misa dan Another Shinigami

review death note the last name_Sosok Amane Misa dan Another Shinigami

Sosok Amane Misa (Erika Toda) adalah sosok yang baru muncul di serial ini. Menurut saya ia merupakan sosok yang cukup naif karena rela menjadi kaki tangan Light demi bisa dekat terus dengannya. Ditambah, ia juga rela walaupun hanya digunakan sebagai ‘alat’ oleh Light demi mencapai tujuannya untuk mengubah dunia.

Dan ternyata, kenapa ia rela berbuat seperti itu adalah karena menganggap sosok ‘Kira’ telah menjadi penyelamat hidupnya dari masa lalu yang kelam. Menurut saya Misa ini selain naif tapi ternyata bucin juga terhadap Light.

Nah, kalau sosok Shinigami yang baru ini bernama Rem. Awalnya saya mengira kalau sosok Rem ini adalah Shinigami laki-laki, tapi ternyata Rem ini digambarkan oleh penulis manga nya sebagai sosok Shinigami perempuan.

Mungkin karena itu juga Rem ini memiliki sifat keibuan dan menyayangi Misa. Contohnya ketika ia membela Misa dan mengancam Light kalau ternyata rencananya hanya akan merugikan Misa. Bahkan ia rela memberikan nyawanya demi memperpanjang hidup Misa. Ya walaupun menurut saya kurang masuk akal sih sosok dewa kematian memberikan nyawanya demi menolong manusia.

The Last Name dan Terungkapnya Kejahatan

review death note the last name_The Last Name dan Terungkapnya Kejahatan

Sesuai dengan judul film ini Death Note: The Last Name dalam serial ini pun diceritakan bahwa ada sebuah nama terakhir yang dituliskan pada buku catatan kematian tersebut. Dan yang mengejutkan adalah ketika nama terakhir yang dituliskan dalam buku catatan kematian tersebut merupakan nama L.

Tapi sekali lagi kecerdasan L disini diperlihatkan dengan terungkapnya identitas Light yang memang merupakan sosok Kira walaupun L sampai mengorbankan nyawanya untuk mengungkapkan sosok Kira. Para penggemar L pasti sedih di akhir cerita film ini, termasuk saya juga.

Tapi berkat kecerdasan dari L itu akhirnya sebuah kejahatan pun terungkap. Dan sama persis seperti dalam sebuah pribahasa yang mengatakan sepintar apa pun menutupi sebuah kejahatan, tapi suatu saat pasti akan terungkap juga. 

Menurut saya pribadi, film ini sangat menarik terutama ketika trik-trik baik yang dilakukan oleh L maupun yang dilakukan oleh Light diungkapkan. Selain memiliki cerita yang menarik, film ini juga cukup ikut memutar otak karena penonton akan diajak penasaran dengan trik yang digunakan bik oleh L maupun Light.

Dan seperti sudah disebutkan juga sebelumnya, penggemar sosok L pasti akan merasa sedih melihat akhir cerita dari L di film ini. Nah bagi yang belum pernah menonton, bagaimana sudah mau tertarik untuk menonton film ini?

Tapi untuk penggemar L, jangan khawatir, karena meskipun diceritakan kalau L di dalam film ini mati, kamu masih bisa melihat kembali sosok L dalam serial film spin-off lanjutannya. Untuk melihatnya kamu juga bisa baca review dan sinopsis film terakhir dari serial film Death Note yang berjudul L Change the World

Death Note: The Last Name
7 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram