bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis dan Review Film Live Action Death Note (2006)

Sinopsis dan Review Film Live Action Death Note (2006)

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 24 Maret 2021

Film live action Death Note merupakan sebuah film yang diadaptasi dari best seller serial manga supranatural aksi misteri dengan judul yang sama karya Tsugumi Ooba dan Takeshi Obata yang dipublikasikan pada tahun 2003. Film ini merupakan film trilogy dengan judul Death Note (2006), Death Note 2: The Last Name (2006) dan L Change the World (2008).

Film pertama ini mencatat sebanyak 2,23 juta penonton dan berhasil mendapatkan 2,8 miliar Yen juga berhasil menempati peringkat pertama di box office selama dua minggu berturut-turut. Untuk yang mengikuti manga dan anime ini mungkin sudah tidak asing lagi dengan ceritanya, meskipun ada beberapa bagian yang tidak diceritakan seperti dalam cerita aslinya.

Film ini merupakan salah satu film yang banyak direkomendasikan untuk ditonton, apalagi untuk kamu yang suka dengan film dari Jepang dengan genre supranatural, aksi dan misteri. Berikut ini sinopsis dan review film live action Death Note.

Sinopsis

review film live action death note_Sinopsis
  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Kriminal, Suspense-Thriller, Fantasi
  • Produksi: Warner Bros. Japan
  • Sutradara: Kaneko Shusuke
  • Pemeran: Fujiwara Tatsuya, Kenichi Matsuyama

Salah satu Shinigami (死神) yang bernama Ryuk dengan sengaja menjatuhkan death note nya ke dunia manusia karena merasa bosan. Kemudian buku itu ditemukan oleh seorang mahasiswa bernama Light Yagami (Fujiwara Tatsuya). 

Awalnya Light merasa ketakutan ketika memegang death note karena setelah memegang buku tersebut ia jadi bisa melihat Ryuk. Meskipun awalnya Light tidak percaya dengan penjelasan dari Ryuk tentang buku tersebut, tapi akhirnya ia percaya setelah mencoba menuliskan nama seseorang kriminal.

Kemudian perlahan Light Yagami menemukan beberapa cara untuk menggunakan buku itu. Dan dengan buku tersebut ia bertujuan untuk menciptakan sebuah dunia baru yang ‘ideal’ menurut dirinya dengan cara membunuh para kriminal.

Setelah percobaan pertamanya untuk membuktikan kebenaran buku catatan kematian tersebut, ia akhirnya terus membunuh para penjahat yang ada di dunia. Karena kasus kematian dari para penjahat, kemudian ia dikenal dengan sebutan ‘Kira’. 

Akhirnya pemerintahan di seluruh dunia menyadari bahwa sedang terjadi sebuah kasus kematian yang janggal yang terjadi pada para kriminal. Demi mencari tahu siapa dalang dibalik semua kejadian tersebut, akhirnya pemerintahan meminta bantuan pada seorang detektif terkenal yang dikenal dengan ‘L’.

L merupakan seorang detektif muda yang terkenal akan kecerdasannya karena bisa memecahkan kasus yang sulit. Bahkan kecerdasannya tersebut sudah diakui oleh FBI. Ia biasanya tidak memunculkan dirinya di hadapan publik dan hanya menampilkan sebuah layar latar putih dengan sebuah logo hitam bertuliskan huruf ‘L’. 

L memiliki tubuh yang kurus, lingkar hitam dibawah matanya dan tubuh yang bungkuk. L selalu memakai kaos putih longgar dengan celana jeans dan tidak pernah menggunakan alas kaki ketika dirumah. Dan ia memiliki cara jalan dan duduk yang cukup ‘unik’. Selain itu, L memiliki kebiasaan menggigit ibu jarinya dan sangat menyukai makanan manis. 

L dibantu oleh tim investigasi kepolisian untuk mengungkapkan kasus tersebut. L kemudian memiliki sebuah kecurigaan kepada Light Yagami yang merupakan anak dari ketua tim Investigasi, meskipun hal tersebut ditentang oleh tim investigasi. Akankah L berhasil mengungkap pelaku sebenarnya?

Buku Catatan Kematian

review film live action death note_Death Note

Death note adalah sebuah buku catatan kematian yang digunakan dan hanya dimiliki oleh para Shinigami atau dewa kematian, untuk mencabut nyawa manusia hanya dengan menuliskan namanya. 

Ada beberapa peraturan dalam menggunakan death note, contohnya adalah ketika menuliskan nama seseorang maka orang tersebut akan mati dalam waktu 40 detik karena serangan jantung. Tapi ketika menuliskan nama, orang itu harus sambil mengingat wajahnya.

Selain menuliskan namanya saja, bisa juga sambil menuliskan detail kematiannya karena apa. Dan penyebab kematiannya pun akan sesuai dengan yang dituliskan pada death note.

Kemunculan Shinigami

review film live action death note_Ryuk Sang Dewa Kematian

Ryuk ini adalah salah satu Shinigami (dewa kematian) yang muncul di film ini. Lucunya, Ryuk ini suka sekali dengan apel dan ia bisa dengan mudahnya diancam oleh Light tidak akan diberi apel jika tidak menurut.

Grafis Ryuk di film ini menurut saya sudah cukup baik tidak terlihat kaku. Walaupun ada beberapa yang masih kurang puas dengan grafisnya karena kadang terlihat seperti hologram.

Kira dan Death Note

review film live action death note_Kira dan Death Note

Nama ‘Kira’ ini diambil dari bahasa Inggris ‘killer’ namun karena pelafalan dan cara penulisan bahasa asing di Jepang maka kata killer pun dilafalkan dengan ‘Kira’. Ia digambarkan dengan seseorang yang sangat cerdas dan merasa muak dengan hukum yang ada di dunia.

Tapi menurut saya, sayangnya kecerdasan dan hidup ‘ideal’ yang diinginkan oleh Kira ini digunakan dengan cara yang salah. Contohnya ketika ia meretas situs kepolisian dan mengambil nama-nama kriminal di sana kemudian menuliskannya dalam death note untuk membunuh para kriminal itu. 

Meskipun perannya menjadi orang yang antagonis, tapi menurut saya Fujiwara Tatsuya telah berhasil memerankan sosok Light sekaligus Kira dalam film ini.

L, Detektif Muda yang Cerdas

review film live action death note_L Detektif Muda yang Cerdas

Sosok L diperankan oleh Kenichi Matsuyama, dan menurut saya ia berhasil memerankan sosok L yang terlihat mudah tapi nyatanya butuh pendalaman karakter yang baik. Belum lagi, sosok L ini digambarkan memiliki cara jalan yang unik dan memiliki postur badan yang bungkuk.

Selain tampilan luarnya, sosok L ini juga digambarkan adalah seseorang yang jenius. Terbukti dimulai dari cara berpikir, cara ia mengungkapkan analisisnya dan cara-cara yang digunakan ketika mengungkapkan kasus ‘Kira’. 

Pertarungan L dengan Light ‘Kira’

review film live action death note_L VS Light ‘Kira’

Ketika L dan Kira bertarung, dimana L ingin mengungkapkan sosok ‘Kira’ dan Light ingin membunuh L disini adalah adegan yang seru. Ketika L berusaha mengungkapkan sosok ‘Kira’ dan disaat yang bersamaan juga Light terus berusaha memanipulasi kejahatan yang ia lakukan agar tidak ditangkap.

Nah, dalam adegan inilah diperlihatkan adu kecerdasan dari dua orang tersebut dengan masing-masing trik yang digunakan. Walaupun disini L belum bisa membuktikan sosok ‘Kira’ karena Light berhasil memanipulasi dari semua tuduhan yang diberikan oleh L.

Untuk saya pribadi film ini sangat direkomendasikan untuk ditonron, karena para pemain terutama yang berperan sebagai L itu mirip dengan tokoh yang ada di manga dan anime nya, begitu juga dengan akting yang menjadi Kira. Dan menurut saya, film ini merupakan salah satu film adaptasi terbaik ketika diangkat menjadi sebuah film live action.

Oleh karena itu, saya merekomendasikan film ini untuk kamu tonton, terutama untuk para penggemar film Jepang yang bertemakan crime, suspense-thriller, fantasy

Untuk yang pernah menonton film ini boleh tuliskan kesannya setelah menonton film ini ya. Dan untuk yang belum pernah sudah tertarik untuk menonton film ini? Karena cerita dalam film ini belum selesai, kamu bisa lanjutkan membaca review film ini di ulasan selanjutnya ya yang berjudul Death Note 2: The Last Name.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram