bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Serial Drama Indonesia Little Mom (2021)

Ditulis oleh Suci Maharani R
Little Mom
2.5
/5

Rasanya sudah biasa saat menonton TV ada berita soal penemuan bayi yang ternyata berasal dari pasangan anak muda. Fenomena hamil di luar nikah yang menimpa pasangan anak sekolah memang sudah menjadi hal yang sangat lumrah.

Melihat fenomena ini, akhirnya Hitmaker Studios membuat web serial berjudul Little Mom (2021), dengan penulis skenario Riheam Junianti. Serial yang menampilkan aktor muda seperti Natasha Wilona, Al Ghazali, Teuku Rassya dan Elina Joerg ini memang seru untuk disaksikan.

Bukan hanya karena ceritanya yang bagus dan dibuat dengan taste masa kini, tapi ada nilai sosial yang diberikan. Serial ini akan membuat anak muda setidaknya tahu resiko apa yang akan mereka ambil dari setiap tindakan dan perilakunya.

Makanya kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai serial web Little Mom (2021). Penasaran Temukan jawabannya di bawah ini.

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Youth
  • Produksi: Hitmaker Studios
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto
  • Pemeran: Natasha Wilona, Al Ghazali, Teuku Rassya, Elina Joerg
  • Jumlah Episode: 13 Episode

Sinopsis

Serial web yang ditayangkan WeTV ini bertabur bintang muda seperti Natasha Wilona, Al Ghazali, Tengku Rasya dan Elina Joerg. Mereka memang ikon anak muda yang paling digandrungi dan sedang naik daun, tak heran dramanya menjadi salah satu yang paling ditunggu. Penasaran?

Episode 1 - 3

Little Mom Episode 1 - 3_

Kisahnya dimulai ketika Naura berada di situasi yang tidak pernah ia pikirkan akan terjadi. Naura sedang berjuang untuk melahirkan anak pertamanya ditemani oleh sang ibu. Namun inilah yang membuat hidupnya hancur, semua kesalahan ini telah merenggut cita-citanya.

Kembali ke masa kanak-kanak, untuk pertama kalinya Naura memutuskan untuk bercita-cita menjadi seorang dokter kandungan. Semuanya berawal ketika ia berhasil menyelamatkan ibu dan bayinya yang akan melahirkan di rumah makan milik ayahnya. Setelah itu Naura berjanji untuk terus belajar dengan giat, namun Janji hanya sekadar janji.

Inilah kisahnya dengan seorang siswa tampan dan paling disukai oleh semua gadis di sekolah, yaitu Yuda. Keduanya berpacaran secara diam-diam, hingga suatu hari mereka melakukan hal yang sudah melewati batasan. Satu bulan berlalu kejutan menghampiri pasangan muda ini, perbuatan mereka membuat Naura hamil.

Ada rasa takut dan bingung, hingga keduanya sepakat untuk mencoba menggugurkan anak itu. Naura mencoba berbagai macam hal yang bisa menggugurkan anak di kandungannya.

Hingga mereka nekat mendatangi tukang urut yang ahli untuk menggugurkan kandungan. Namun di detik-detik akhir Naura menolak hal ini karena takut dan tidak berani melakukannya.

Selain mengenai kehamilan, hubungan Yuda dan Naura terus menegang karena adanya Keenan dan Celine. Sebenarnya dua orang ini memang anak yang bermasalah, tapi masalah mereka karena tekanan orang tua yang berbeda dengan keinginan mereka.

Kesialan lainnya muncul ketika kedua orang tua Naura tahu bahwa putri kebanggan mereka sedang mengandung. Mereka benar-benar kecewa, bahkan ayah Naura benar-benar hancur hingga mengamuk pada Yuda.

Apalagi setelah Yuda tiba-tiba saja kabur tanpa memberikan kabar sama sekali pada Naura. Keadaan makin genting, Celine terus sama menyerah dan berusaha membuktikan kehamilan Naura.

Naura benar-benar hancur, gadis ini telah kehilangan akalnya dan berniat untuk bunuh diri. Untungnya ada Keenan yang menyelamatkan dan menyadarkannya dari semua kegilaan sesaat itu.

Keenan menjadi tempat ternyaman untuk Naura, setidaknya untuk sesaat melepas semua bebannya. Penyelesaian masalah diambil, kedua orang tua Naura memutuskan untuk pindah ke Bali demi menyembunyikan kehamilan.

Mereka sudah merencanakan semuanya matang-matang agar Naura bisa terus sekolah dan meraih cita-citanya. Namun di Bali, gadis ini dipertemukan kembali dengan teman-teman sekolahnya dulu, kelompok Celine dan Keenan. Perkataan Keenan benar, takdir akan membawa mereka berdua untuk bertemu kembali kurang dari satu tahun.

Tapi hal lebih gila dari bertemu dengan teman-temannya, ternyata Yuda juga bersembunyi dan bersekolah di Bali. Untuk kedua kalinya Keenan dan Yuda bertarung basket memperebutkan Naura, kini Keenan yang menjadi juaranya.

Namun hati Naura sudah benar-benar kecewa dengan semua yang dilakukan oleh Yuda di balik semua kesusahannya, apakah Yuda benar-benar berubah?

Episode 4

Sinopsis & Review Serial Drama Indonesia Little Mom (2021) 2

Pertemuan Naura dengan Bayu membuatnya merasa muak, kini ia merasakan benci dan cinta di waktu yang bersamaan. Naura tidak memungkiri bahwa dirinya masih mengharapkan Yuda untuk kembali, sementara hatinya berkata sebaliknya.

Di sisi lain, Keenan melihat adanya kesempatan untuk mendekati gadis yang disukainya, ia juga menantang Bayu untuk mendapatkan Naura. Masih berprasangka pada Naura, Celine mengajak Keenan untuk menyelidiki soal kebenaran Naura di Bali.

Keduanya mengajak Naura ikut ke beach party yang sulit untuk ditolak, karena ingin tetap menjaga rahasianya. Tapi di balik itu, ternyata Celine melakukan penyelidikan sendiri mengenai Naura, hingga ia mengetahui fakta bahwa gadis itu tinggal di Bali.

Di beach party, Naura dan Keenan kembali bertemu dengan Yuda, namun laki-laki itu merasa cemburu melihat kedekatan keduanya. Ketika Yuda mengatakan Keenan adalah trouble maker, Naura berbalik menyerangnya dengan kelakuan buruknya.

Masalah lain muncul ketika Naura meminum minuman yang dicampur miras, hal ini membuat kandungannya dalam bahaya. Lebih apesnya lagi dokter kandungannya adalah tante dari Keenan, sehingga Naura memohon agar semuanya dirahasiakan.

Hubungan Naura dan Yuda terus saja memanas, kali ini gadis itu memberikan satu lagi kesempatan. Naura meminta Yuda untuk datang ke rumahnya dan setelah banyak drama akhirnya laki-laki itu benar-benar datang.

Yuda mengungkapkan permohonan maafnya dan mengatakan kesulitan yang dialaminya soal kedua orang tuanya. Hal ini diperkuat oleh omnya, ia mengungkapkan kondisi keluarganya dimana ayah Yuda sangat temperamen. Jika hal ini diketahui dan dibicarakan di waktu yang salah, bisa-bisa Yuda dibunuh oleh ayahnya saat itu juga.

Pertanyaan muncul dalam benak keduanya, ketika pilihan menikah mendatangi keduanya. Pasalnya baik Naura dan Yuda tidak pernah memikirkan soal pernikahan di usia muda.

Ketika membicarakan hal ini, tiba-tiba rombongan sekolah lama mereka datang dan keduanya tidak sempat kabur. Namun di saat itu karena rasa cemburu dan emosi, Yuda mengungkapkan rahasia bahwa mereka akan menikah.

Episode 5

Little Mom Episode 5_

Naura menolak omongan Yuda, karena menyebut bahwa dirinya adalah calon suaminya dan akan menikah. Naura dan Yuda kembali adu mulut, karena gadis itu benar-benar tidak ingin menikah menjadi jalan pintas dari masalahnya. Namun Yuda dengan pemikirannya dan kecemburuannya pada Keenan, membuat Naura makin frustasi.

Naura memahami bahwa pernikahan hanya satu kali seumur hidup, tapi menikah secara paksa tidak akan membahagiakan. Foto-foto Naura yang mencoba wedding dress tersebar, karena ulah Celine yang sengaja menyebarkan ke seluruh sekolah. Bahkan dari sini asumsi Naura hamil makin berhembus kencang dan lagi-lagi karena ulah Celine.

Seperti biasa Celine selalu saja membuat suasana makin keruh, kini satu sekolah meminta Naura untuk membuktikan soal kehamilannya. Seluruh anak Cipta Bangsa menantang melakukan wall climbing, yang sangat berbahaya untuk wanita hamil. Naura merasa sangat disudutkan, bahkan teman-temannya sendiri ikut memprofokasinya.

Baik Yuda dan Naura keduanya merasa gugup, karena hal ini memang sangat beresiko untuk mereka. Naura sudah mencapai limitnya, namun ia harus terus berusaha untuk menyelesaikan sampai finish.

Naura terjatuh, untung ada Keenan yang membantunya agar gadis ini tidak terluka. Kali ini Keenan hilang kesabaran, begitu pula Naura yang kembali menjelaskan semuanya sejelas mungkin.

Keenan membuat perhitungan pada Celine, kali ini ia benar-benar sudah muak dengan kelakuannya. Di sisi lain Naura mendapatkan peringatan keras dari dokter kandungan.

Janin Naura dalam keadaan yang berbahaya. Tapi kebahagiaan muncul ketika bayi dalam kandungannya bergerak. Baik Naura dan Yuda sangat senang, bahkan ia mengatakan bahwa anak mereka berjenis kelamin perempuan.

Momen singkat ini membuat keduanya sangat senang. Kesenangan mereka tidak bertahan lama karena masalah lain muncul ketika diary miliknya hilang.

Naura sangat panik apalagi diarinya tidak ditemukan dimanapun, karena diari itu adalah bukti kehamilannya. Naura dan Yuda mencari diari itu di tempat wall climbing namun tidak ditemukan, malah Keenan datang di saat yang tidak tepat.

Sementara itu diari Naura ditemukan oleh Kiki, tentu saja hal ini benar-benar berbahaya. Di tempat lain Keenan dan Yuda malah saling pukul satu sama lain, padahal Naura sedang membutuhkan bantuan.

Kiki yang merasa iba dan kasihan pada Naura, memberitahu semuanya pada Keenan dan Yuda. untungnya Kiki tidak mau berkata jujur soal pelakunya, tapi Celine dan Widi kesal melihat kelakuannya.

Di malam hari Naura kembali mengatakan, bahwa pernikahan dilakukan bukan karena rasa bersalah atau ingin bertanggung jawab saja. Naura muak dengan Yuda yang terus saja menunda memberitahu kedua orang tuanya soal hal ini. Makannya gadis ini menolak dengan sangat keras, ide soal menikah dengan Yuda. 

Kemenangan Keenan membuatnya makin percaya diri, bahkan kali ini dia akan mengungkapkan perasaanya pada Naura. Makannya malam itu Keenan akan mengutarakan isi hatinya, tepat di malam pesta kembang api. Keenan mengembalikan hasil USG yang dikira milik ibunya Naura dan keduanya mulai menikmati malam. 

Untuk kesekian kalinya Keenan gagal untuk mengutarakan perasaanya, karena kedatangan Yuda. Untuk kesekian kalinya Yuda dan Keenan bertengkar dan kali ini Naura mencari kebenarannya. Hingga Keenan akhirnya mengatakan bahwa ia sebenarnya menyayangi Naura, dan itu membuat Naura kaget.  

Episode 6

Episode 6

Akhirnya Kiki menghubungi Naura untuk mengembalikan buku harian gadis itu. Tentu saja kekhawatiran hadir di benak Naura, apakah rahasianya akan tetap aman? Akhirnya Naura bertemu dengan Kiki, keduanya membicarakan rahasia yang selama ini di sembunyikannya. Kiki tidak menjamin bahwa rahasia Naura akan aman dengannya, ia bisa tutup mulut tapi mungkin hanya sementara saja. 

Di saat itu Kiki juga berniat mengenbalikan buku harian Naura yang ia temukan di toilet tempat wall climbing. Namun seseorang mencuri tasnya, Kiki dan Naura berusaha mengejar orang itu bahkan ada Keenan disana.

Sayangnya tas Kiki tidak berhasil di dapatkan oleh Keenan, tas itu malah berakhir di tangan Celine dan Widi. Untungnya Kiki sudah menyadari dirinya diikuti oleh seseorang, gadis ini dengan cerdiknya menukar buku harian naura dengan buku lain. Yuda berhasil menemukan buku yang disembunyikan Kiki dan mengembalikan buku itu pada pemiliknya.

Di sisi lain Keenan kembali gagal mengungkapkan perasaanya, di tambah lagi ia patah hati dan kecewa atas kekalahannya dari Yuda. Keenan merasa sangat terpuruk, karena ia sangat kecewa dengan keputusan Naura untuk kembali lagi dengan Yuda. Naura meminta maaf pada Keenan, namun ungkapan "sayang" yang terucap tidak lebih dari hubungan sahabat. 

Malam hari Yuda menghubungi Naura soal ia yang sudah menghubungi kedua orang tuanya, bahkan Pak Cakra menghubungi ayah Naura langsung lewat telpon. Hal ini membuat Naura dan Yuda gugup sekaligus bahagia, hal ini benar-benar sangat membuat gelisah. Namun keluarga Yuda tidak kunjung datang, sampai-sampai ayah Naura mendatangi Om Haris menagih janji.

Lagi dan lagi keluarga Naura di bohongi oleh Yuda, kali ini pak benar-benar murka besar. Naura yang mengetahui hal ini benar-benar hancur, Yuda kalah dari ketakutannya untuk berkata jujur pada kedua orang tuanya. Yuda hanya meninggalkan sepucuk surat, tapi semua tulisan cinta yang ada di kertas itu benar-benar membuatnya muak. 

Dalam keterpurukan dalam kesedihan dan tidak percaya, hingga kedua orang tuanya memberikan ultimatum keras padanya. Sejak saat itu mereka sudah tidak ada hubungan lagi dengan Yuda, kini Naura hanya menyesali kenapa ia tidak jadi lompat dan mati tenggelam. Anak-anak Cipta Bangsa kembali ke sekolah, namun Keenan tengah merindukan gadis yang dicintainya.

Mereka terhubung dengan gelang long distance yang diberikan Keenan sebagai kado sweet 17 untuk gadis itu. Naura kembali menghubungi Keenan dan mengutarakan semua kesedihannya, gadis itu benar-benar putus asa karena di khianati lagi. Keenan berniat pergi ke Bali, di sisi lain Kiki kembali di ancam oleh kedua temannya soal ayahnya yang seorang koruptor ke seluruh sekolah. 

Datang untuk menemui Naura, Keenan dikejutkan dengan berita gadis itu masuk rumah sakit. Bahkan ia melihat untuk kedua kalinya Naura berusaha untuk bunuh diri lagi, untungnya ia berhasil mencegahnya. Naura berkelit bahwa ia tidak ingin bunuh diri, gadis itu berusaha untuk menutupi perutnya, tapi yang membuatnya shock adalah saat Keenan mengatakan cintanya.

Episode 7-9

Episode 7-9

Naura dalam dilema, bagaimanapun gadis itu tengah mengandung anak Yuda dan tidak mungkin bersama dengan pria lain. Naura tidak ingin Keena sakit hati, apalagi setelah tahu kenyataan soal dirinya dan anak yang dikandungannya. Tak hanya Keenan, Kiki pun kini menjadi korban dari Celine, berita mengenai orang tuanya tersebar bahkan sampai viral.

Kiki tidak peduli, gadis ini malah berbalik mengancam karena tahu bagaimana perlakuan orang tua Celine. Dugaan Kiki akan hal ini memang tepat, Celine menjadi bulan-bulanan kedua orang tuanya yang makin membuatnya sakit hati. Karena sudah habis kesabaran, Celine memilih untuk tetap menjadi anak nekat menjadi anak pembangkang.

Hubungan persahabatan dua orang yang asalnya musuh menjadi semakin dekat dan saling support. Kiki kerap membantu Naura, bahkan ia juga membantu gadis itu untuk menjauhkan dari Keenan. Keenan patah hati untuk kesekian kalinya, bahkan sampai tidak mau untuk pergi ke Bali. Tapi setelah kebenaran terungkap, Keenan mau ke Bali untuk meminta penjelasan dari Naura.

Episode 7-9a

Keenan tidak pernah bisa bertemu dengan Naura, maklum saja gadis itu tidak ingin keadaanya diketahui. Hingga malam itu Naura tiba-tiba pecah ketuban dan terpaksa harus melahirkan putrinya. Sayangnya anak yang dilahirkannya memiliki kelainan usus dan harus sesegera mungkin di operasi. Keenan menjadi sosok pelindung dan penjaga untuk Naura dan bayinya, tanpa ia sadari sebelumnya.

Setelah melahirkan Naura akhirnya berani untuk bertemu dengan Keenan, gadis ini sepertinya ingin membuka hati. Apalagi setelah tahu bahwa orang yang telah menolongnya dan sang putri, tidak lain adalah Keenan. Kebahagiaan hanya datang sesaat, karena akhirnya Keenan tahu bahwa wanita yang ditolongnya saat itu ternyata Naura yang dikenalnya.

Pikirannya terganggu, apakah ia akan tetap memperjuangkan cintanya atau mengikuti nasihat tantenya. Mengingat hubungan kedua orang tuanya berakhir karena ibunya tidak pernah bisa melupakan pria yang dicintainya. Tapi kini Keenan sudah benar-benar bertekad, ia memilih untuk melepaskan Naura dan melupakan gadis itu untuk selamanya.

Episode 7-9b

Keduanya hancur karena perpisahan, namun setelah ini Naura bisa kembali ke kehidupannya dulu. Ia kembali bersekolah di Cipta Bangsa dan memulai hari-hari baru tanpa saling mengenal dengan Keenan. Di sisi lain Yuda kembali ke Bali untuk mengurus pemakaman ibunya, hingga Yuda mengetahui soal Naura dari Kiki. Yuda mengakui kesalahannya pada papahnya, hal ini mengakibatkan Pak Reza sangat murka. 

Bahkan sampai memukuli Yuda dan tak habis sampai disitu, mereka juga mengalami kecelakaan yang membuatnya menjadi yatim piatu. Yuda tengah meratapi kesedihan dan penyesalan setelah kehilangan kedua orang tuanya. Kini ia juga tidak bisa mendatangi Naura begitu saja, karena ia tahu tidak mungkin dimaafkan. 

Kembalinya Naura ke Jakarta ternyata membuat hati Keenan luluh, pria ini akhirnya menolong Naura dan Milli untuk kedua kalinya. Milli cukup rewel, tapi bayi itu bisa tenang saat berada di pangkuan Keenan yang membuat Naura tersentuh. Keenan juga kembali mengutarakan perasaannya dan berusaha meyakinkan Naura bahwa ia menerimanya apa adanya.

Tapi hal ini membuat Celine makin berapi-api, pasalnya kembalinya Naura saja sudah membuatnya geram. Belum lagi Naura tidak sengaja membuat ibunya Celine celaka karena jatuh dari tangga, padahal itu ulah Widi. Fakta Naura dan Keenan bersama membuat gadis ini dipenuhi dengan amarah, apa yang akan dilakukannya kali ini?

Cerita yang Membawa Pesan Moral

Cerita yang Membawa Pesan Moral_

Little Mom (2021) menjadi serial web selanjutnya yang ditayangkan oleh WeTV dan diproduksi oleh Hitmaker Studios. Serial web yang diperankan oleh empat aktor dan aktris muda Indonesia ini memang patut untuk diacungi jempol.

Pasalnya sejak pertama penayangannya, serial ini berhasil jadi trending di 16 negara sekaligus, termasuk di UK, US, Dubai dan Australia. Jujur saja saya menyukai ketika serial ini mengangkat cerita yang bisa dikatakan sudah lumrah di lingkungan kita.

Hamil di luar nikah yang terjadi pada pasangan anak sekolah, bahkan di Indonesia sendiri yang mengalami hal ini setiap tahunnya semakin banyak. Little Mom (2021) diangkat dari kisah nyata berdasarkan data WHO tahun 2018 dan bagi saya serial ini sangat penting untuk anak muda.

Setelah ada film berjudul Dua Garis Biru (2019), saya berharap Little Mom (2021) akan menjadi pukulan keras untuk pasangan muda mudi di Indonesia.

Hubungan intim di usia yang masih muda akan menghancurkan hidup mereka dan kedua orang tua. Ada banyak resiko yang akan ditanggung, bukan hanya secara sosial tapi mental dan kesehatan.

Entah ini hanya pandangan saya atau ada banyak dari kalian yang memikirkan hal yang sama. Banyak pasangan muda yang sudah menjadikan hubungan intim sebagai hal yang lumrah.

Saya sering mendengarkan cerita, bagaimana mereka dengan mudahnya bangga sudah melakukan hal tersebut. Hal yang sangat miris untuk anak muda dijaman ini, wujud dari kemunduran moral dan etika.

Saya berharap ke depannya Little Mom (2021) bisa memberikan ulasan lebih lengkap akan resiko dari perbuatan anak muda ini.

Kehamilan di luar nikah dan di usia yang masih sangat muda, bukanlah hal yang bisa disepelekan. Mereka harus tahu bahwa hal ini membutuhkan tanggung jawab yang sangat tinggi, bukan soal menikah untuk menutupi aib.  

Hampir Sempurna, Dua Pemeran Masih Kurang

Hampir Sempurna, Dua Pemeran Masih Kurang_

Setelah menonton serialnya, saya menyukai premis yang diangkat yaitu kehamilan di luar nikah yang terjadi pada anak usia sekolah. Jujur saja premis ini memang sangat mengena dengan kehidupan dan fenomena yang ada di masyarakat Indonesia.

Apalagi belakangan banyak kasus pembuangan bayi dari pasangan anak muda hingga korban meninggal karena proses menggugurkan kandungan. Bagi saya Natasha Wilona berhasil memberikan gambaran seorang gadis muda dengan sangat baik.

Pembawaan karakternya sangat baik sebagai Naura, si anak yang pintar dan berbakti pada kedua orang tua. Aktris ini memang tepat untuk memerankan karakter Naura. Saya juga sudah sering melihat akting Natasha Wilona di beberapa serial TV nasional, ia memang berbakat.

Saya bisa merasakan karakter gadis muda yang sembunyi-sembunyi untuk merasakan cinta. Bahkan cara pemikiran dari Naura selaras dengan body language, mimik wajah hingga intonasi katanya.

Bagi saya, Natasha Wilona berhasil memberikan potret si anak baik yang mabuk asmara hingga melebihi batas. Sayangnya saya membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk bisa merasakan karakter Yuda dan Keenan.

Yuda diperankan oleh Tengku Rasya dan Keenan diperankan oleh Al Ghazali. Kedua aktor ini sepertinya membutuhkan waktu lama untuk bisa memberikan gambaran yang tepat.

Pasalnya, untuk episode pertamanya, saya merasa akting dari kedua aktor ini sangat lost. Seakan ada penjiwaan tapi tidak selaras dengan body language, mimik wajah dan intonasinya.

Mereka berdua sepertinya masih meraba-raba karakter yang sedang diperankan, karena toh tidak terlalu berbeda. Keduanya adalah anak laki-laki yang sama-sama pemberani. Bedanya, Keenan urakan sementara Yuda versi kalem. Mental state keduanya juga sepertinya hampir sama, mudah untuk terbawa emosi dan berapi-api.

Jujur saja saya mengharapkan keduanya bisa mengimbangi akting Natasha Wilona dan Elina Joerg. Jika mereka tidak bisa mengejar ketertinggalan ini, maka web series ini akan terasa sangat hambar. Ketika ceritanya sudah bagus, tapi karakter penting di serialnya justru masih butuh waktu lama untuk up.

Lagi dan Lagi, Yuda Kembali Menjadi Stupid Guy

Lagi dan Lagi, Yuda Kembali Menjadi Stupid Guy_

Bagi para penonton serial web Little Mom (2021) pasti pada setuju kalau Yuda ini bikin greget. Pasalnya bukan karena sikap romantisnya, tapi karena perilaku tidak terkontrolnya ketika sedang emosi.

Pertama Yuda mengungkapkan bahwa ia dan Naura berpacaran di hadapan Celine. Kali ini untuk kedua kalinya, Yuda terpancing emosi saat berhadapan dengan Keenan.

Ia mengatakan ada hal yang hanya Yuda dan Naura miliki, merujuk pada anak di kandungan Naura. Ketiga kalinya dan di hadapan teman-temannya, Yuda mengatakan bahwa ia calon suami Naura.

Jujur saja saya agak gedek dengan kelakuan sembrono dari Yuda, benar-benar menyulitkan, karena semua kelakuannya ini akan membuka selubung kehamilan Naura yang sudah ditutupi gadis itu.

Mungkin inilah hormon anak muda, dimana mereka terkadang jadi tidak rasional terutama saat emosinya tersulut. Namun Yuda benar-benar orang yang paling saya tidak harapkan untuk bertemu, karena bagaimanapun ia agak bajingan.

Terlepas dari kondisi kedua orang tuanya, memang Yuda bukanlah orang yang bisa diharapkan untuk menjaga rahasia. Jadi bisa saya katakan selama Naura berada di samping Yuda, saya jamin semua rahasia akan terungkap perlahan-lahan.

Saya berharap Naura cukup pintar untuk melihat bahwa segala usahanya sia-sia jika ia masih berharap pada Yuda.

Pemikiran Naura yang Sangat Dewasa

Pemikiran Naura yang Sangat Dewasa_

Episode ke lima dari Little Mom (2021) memang memberikan konflik yang tidak berhenti-hentinya. Pasalnya di episode ini persaingan antara Keenan dan Yuda makin berapi-api untuk mendapatkan Nuara.

Tapi saya ingin menggiring opini para penonton untuk melihat pola pikir Naura yang patut ditiru. Pasalnya gadis ini terlihat cukup dewasa dan logis memikirkan soal jalan hidup yang akan ditempuhnya.

Dibanding mengandalkan jalan pintas untuk menyelesaikan masalah kehamilannya, Naura masih memikirkan tanggung jawab yang disisipi dengan sedikit cerita fairytale.

Saya tahu menikah akan menjadi jalan paling mudah untuk menyelesaikan masalah kehamilannya saat ini. Tapi gadis ini tidak mau jika pernikahan yang sakral, justru menjadi sebuah jalan atas kesalahan yang dilakukannya.

Naura tidak ingin karena paksaan ia hanya ingin menikah, hal ini tidak akan berakhir dengan baik. Ia tahu bahwa baik dirinya dan Yuda sama-sama belum siap untuk menjalani rumah tangga. Makannya Naura kembali mengatakan bahwa ia tidak ingin menikah dengan Yuda, apalagi pria itu terlihat emosional dibanding tulus. 

Jujur saya menyukai cara berpikir Naura, karena di zaman sekarang ini kita kekurangan anak-anak yang logis. Hal ini bisa menjadi contoh kepada anak muda di luar sana, bahwa menikah bukanlah hal sepele.

Pernikahan bukanlah cara untuk menutupi aib, justru bisa mempengaruhi hidup mereka. Jika pasangan di usia yang matang dan sudah benar-benar siap, bisa merasakan kegagalan berumah tangga. 

Lalu, bagaimana dengan pernikahan yang dilakukan secara terpaksa, oleh anak-anak yang masih belum dewasa. Ada banyak jalan untuk bertanggung jawab, tapi saya ingin menyampaikan bahwa pernikahan bukan jalan pintas dan bukan hal sepele.

Bertanggung jawablah, mulai dari hati dan beranikan dirimu untuk mengakui segala kesalahan. Memang tidak mudah, tapi inilah konsekuensi dari semua perbuatan yang lewat batas dan kenikmatan sesaat yang dilakukan.

Realita yang Tidak Bisa Dipungkiri Pasti Dilakukan oleh Anak Muda

Realita Yang Tidak Bisa Dipungkiri Pasti Dilakukan Oleh Anak Muda

Episode keenam dari Little Mom (2021) langsung mengembalikan realita yang terjadi di kehidupan nyata. Pasalnya web series ini memang membuat kesalahan anak muda terlihat cukup mudah untuk diatasi. Tapi dalam praktek di kehidupan nyata, hal ini menjadi badai yang merusak sebuah keluarga dengan sangat keras. Setelah kagum dengan keberanian Yuda di tiga dua episode terakhir, akhirnya kenyataan memukul lagi.

Kini kita diberikan contoh nyata, dari seorang anak yang tidak ingin hidupnya hancur meski sudah melakukan kesalahan fatal. Yuda yang tidak berani mengatakan masalah kehamilan Naura pada orang tuanya, tentu bukan hal yang aneh lagi. Saya rasa di kehidupan nyata hal ini menjadi cukup lumrah, terlihat dari banyaknya pasangan muda yang membuang atau menggugurkan anak di belakang orang tuanya.

Saya tidak mengatakan semua pria brengsek, tapi pria yang seperti Yuda jelas-jelas sangat brengsek. Kejadian ini bukan hal yang aneh lagi, jika kamu mengikuti Little Mom sejak episode awalnya. Saya sudah yakin bahwa Yuda memang seorang anak yang tidak memiliki keberanian untuk berkata jujur. Bukan karena takut, saya pikir hal ini lebih pada kecenderungan dirinya untuk menghindari masalah.

Unexpected Plot Twist, Karakter Kiki Bisa Berubah

Unexpected Plot Twist, Karakter Kiki Bisa Berubah

Karakter lain yang membuat saya sangat terkesan adalah perubahan yang terjadi pada Kiki. Saya pikir gadis ini akan menjadi dalang dibalik semua keruntuhan rencana Naura. Karena kalau di lihat-lihat Kiki memang capable untuk melakukan hal ini, apalagi demi gengnya. Namun saya bisa melihat bagaimana seorang gadis merasakan kesedihan dan simpati pada gadis lain yang mendapatkan kemalangan.

Tapi yang sangat saya sukai dari perubahan Kiki, gadis ini tidak menjual rasa simpati begitu saja pada Naura. Ucapannya soal menyembunyikan rahasia, Kiki secara gamblang menjelaskan kemungkinan yang akan terjadi. Secara jelas ia mengatakan tidak tahu sampai kapan bisa menyembunyikan rahasia Naura dari Celine dan teman-teman lainnya.

Kiki bagi saya cukup realistis, karakternya merepresentasikan bagaimana anak muda jaman sekarang bertindak. Pada dasarnya Kiki memang anak yang baik, namun mereka hanya berjalan di arah yang kurang baik.

Karma Instan yang Akhirnya Dirasakan oleh Yuda

Karma Instan yang Akhirnya Dirasakan oleh Yuda

Semakin lama serial Little Mom (2021) memang semakin seru, pasalnya kisah cinta segitiga Naura, Keenan dan Yuda semakin rumit. Namun kali ini saya ingin sedikit bersimpati pada Yuda yang baru saja menerima status baru. Pria ini harus menerima kenyataan bahwa kini dirinya adalah anak yatim piatu yang sangat-sangat menyedihkan.

Di satu sisi saya merasa iba dengan apa yang terjadi padanya, tapi di sisi lain hal ini memang sangat pantas untuk diterimanya. Ketika Naura menerima karma yang akan ia tanggung seumur hidupnya, maka Yuda memilih untuk kabur. Rasanya bukan hal yang aneh lagi jika Yuda mendapatkan predikat laki-laki paling tidak berguna dan cengeng.

JIka saja Yuda mau mengakui semua kesalahannya sejak awal pada kedua orang tuanya. Setidaknya hal ini mungkin akan membuat suasana jadi lebih baik, karena Naura tidak perlu repot mengurusi anak manja seperti Yuda. Kedua orang tuanya akan membawanya menjauh dari kehidupan Naura agar membuatnya fokus mengejar cita-cita dan tragedi ini tidak terjadi .

Memang tidak adil, tapi hal ini akan memudahkan kehidupan yang dijalani Naura dan putrinya. Tapi apa yang terjadi, kini Yuda harus mengalami penderitaan berkali-kali lipat dari yang dirasakan Naura. Ia membuat ibunya terkena serangan jantung dan meninggal, tak lama ia terlibat dalam kecelakan yang membuat ayahnya meninggal.

Ini adalah karma yang didapatkan setelah meninggalkan dan mengkhianati Nuara berkali-kali. Karena karma ini ternyata lebih menyakitkan dari apa yang diterima oleh Naura. Saya berharap dengan kejadian ini ada perubahan besar dalam kepribadian Yuda di masa depan. Setidaknya saya berharap Yuda bisa sedikit menjaga emosi dan mulai berpikir lebih panjang dan dewasa.  

 Celine dan Karakteristik Keluarga Patriarki

 Celine dan Karakteristik Keluarga Patriarki

Karakter lainnya yang penuh masalah atau suka mencari masalah, tidak lain adalah si troublemaker Celine. Pada awalnya saya kira kelakuan Celine didasari dari rasa cemburu, pasalnya pria yang disukainya justru menyukai Naura. Tapi lama kelamaan saya merasa ada yang aneh dari karakter Celine, seakan gadis ini memang sedang melampiaskan amarahnya.

Sayangnya orang yang menjadi sasaran untuk melampiaskan rasa kesalnya adalah Naura. Alhasil Celine selalu melakukan apapun untuk mengganggu dan menjatuhkan gadis malang itu. Sepertinya kita tahu pasti apa yang mendasari perilaku Celine, yang membuat gadis ini makin nekat. Ia memiliki keluarga yang sangat Patriarki, dimana ayah tirinya selalu menuntut dan membandingkan dirinya dengan sang kakak.

Saya pikir hal yang wajar jika Celine merasa lelah dan tidak kerasan untuk berada di rumah. Saya pun akan memilih kabur, jika rumah yang ditempati berisikan orang-orang yang toxic. Ayah tiri Celine jelas adalah pria patriarki yang merendahkan wanita dan melihat seseorang dari kualifikasinya. Tak ayal pria ini selalu saja semena-mena pada istrinya dan membuat Celine seakan anak yang tidak berguna.

Tekanan untuk menjadi nomor satu, saya pikir hal ini sudah sangat kelewatan dan berlebihan. Makannya tidak aneh jika kepribadian Celine sama kerasnya dengan sang ayah tiri, ini bentuk perlawanannya. Namun Celine semakin buta dan mulai melampiaskan hal ini ke orang yang salah, saya yakin di masa depan gadis ini bisa berubah makin ekstrim.

Inilah review saya setelah menonton Little Mom (2021) bagi saya serial ini tidak hanya sekedar hiburan tapi memiliki makna. Saya enjoy dengan jalan ceritanya yang jelas. Tertarik untuk menontonnya juga?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram