bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama Link: Eat, Love, Kill (2022)

Lahir sebagai anak kembar, Gye Hoon dan adik perempuannya, Gye Young, memiliki perasaan yang saling terhubung. Suatu hari Gye Young hilang dan Gye Hoon meyakini adiknya sudah meninggal sebab perasaan terhubung itu tidak ada lagi.

Dua puluh tahun berselang, tiba-tiba fenomena aneh itu kembali dirasakan Gye Hoon. Dia bisa menangis dan tertawa tanpa alasan yang jelas. Gye Hoon lantas bertemu tanpa sengaja dengan seorang gadis dan secara naluri dia merasa bahwa gadis itu terhubung dengannya.

Gadis bernama Da Hyun tersebut menyimpan rahasia menakutkan. Seperti apa persisnya? Drama Korea terbaru berjudul Link: Eat, Love, Kill (2022) yang dibintangi Yeo Jin Goo dan Moon Ga Young siap menghiburmu!

Baca juga: Sinopsis & Review True Beauty, Kecantikan Saat Menerima Diri Sendiri

Sinopsis

Gye Hoon yang berprofesi sebagai chef, memutuskan membuka restoran sendiri setelah mengalami fenomena yang aneh. Fenomena tersebut berupa perasaan terhubung yang dia miliki bersama saudari kembarnya.

Namun, sudah sejak lama saudari kembar Gye Hoon hilang secara misterius. Gye Hoon pun mencurigai bahwa perasaannya terhubung dengan seorang gadis bernama Da Hyun.

Episode 1-2

Episode 1-2

Karir Eun Gye Hoon sebagai seorang chef terkenal terancam karena fenomena yang dirasakan dulu, kembali muncul.

Fenomena yang dimaksud adalah dia bisa tiba-tiba menangis dan tertawa karena merasa terhubung dengan adik kembarnya, Eun Gye Young. Anehnya, sosok Gye Young sendiri sudah tidak ada karena dia hilang secara misterius sejak mereka kecil. 

Menggunakan kemampuannya, Gye Hoon kecil dapat merasakan bahwa Gye Young sudah meninggal karena getaran perasaan itu tidak ada lagi.

Dua puluh tahun kemudian, perasaan terhubung itu anehnya kembali muncul. Gye Hoon merasa bahwa seorang gadis asing bernama Noh Da Hyun adalah sosok yang terhubung dengannya.

Pasalnya saat mereka bertemu tanpa sengaja, kesedihan Noh Da Hyun tanpa alasan jelas dirasakan pula oleh Gye Hoon.

Gye Hoon lantas mulai bertanya hal-hal bersifat pribadi yang membuat Da Hyun tidak nyaman. Puncaknya Da Hyun mendapat syal bekas pakai yang diduga merupakan pemberian Gye Hoon.

Syal tersebut bukan pemberian Gye Hoon, melainkan pemberian Lee Jin Geun, rekan kerja yang terobsesi padanya. Lee Jin Geun tertarik pada Da Hyun, tetapi menunjukkan perasaannya dengan cara aneh.

Jin Geun diam-diam memotret Da Hyun seolah-olah mereka sedang pergi kencan atau jalan bersama. Dan Jin Geun juga mengaku pada orang-orang bahwa mereka berpacaran.

Dia menganggap semua sikap manis Da Hyun adalah tanda bahwa gadis itu menyukainya. Da Hyun ketakutan dan membuang semua barang pemberian Jin Geun yang misterius.

Namun, pria itu tidak berhenti mengejar Da Hyun. Dia sampai menguntit dan mengikuti Da Hyun yang sudah pindah ke rumah ibu dan neneknya.

Ketika Da Hyun berontak, Jin Geun melemparnya hingga pingsan. Begitu sadar, gadis itu kaget karena Jin Geun sudah tewas berlumuran darah di lantai restoran ibu dan neneknya.

Dengan ingatan yang samar, Da Hyun coba pergi ke kantor polisi. Namun, dia berubah pikiran dan kembali ke restoran. Sampai di sana, Da Hyun terkejut karena ibu dan neneknya sudah duduk di dekat mayat.

Anehnya walau sempat terkejut, keduanya tampak tenang, bahkan ibu dan nenek Da Hyun terlihat luwes saat menyingkirkan mayat dan membersihkan darah yang menggenang.

Mereka lantas menyimpan si mayat di dalam kulkas yang ada di depan restoran orang lain. Restoran dan kulkas tersebut rupanya milik Gye Hoon.

Gye Hoon memang memutuskan membuka restoran sendiri di wilayah tempat tinggalnya dulu. Tak lama Gye Hoon dan Jin Hu memasukkan kulkas tersebut ke dapur mereka.

Da Hyun, ibu dan neneknya tentu panik. Mereka berusaha membawa kembali kulkas itu dengan berbagai cara, tapi selalu gagal. Kegelisahan Da Hyun lagi-lagi ikut dirasakan oleh Gye Hoon.

Lelaki tersebut semakin yakin bahwa Da Hyun memang terhubung dengannya. Dia mulai curiga kalau-kalau Da Hyun adalah adik kembarnya yang hilang.

Kemunculan kembali Gye Hoon di Jihwa-dong tidak disadari oleh siapa pun kecuali seorang anggota polisi yang dulu sempat menyelidiki kasus hilangnya Gye Young.

Polisi bernama An Jung Ho tersebut juga tampaknya mengetahui sebuah rahasia yang disimpan Hong Bok Hee, ibu Da Hyun.

Da Hyun sendiri akhirnya berhasil masuk ke restoran Gye Hoon menggunakan kode yang dia tebak berdasarkan hari ulang tahun seseorang.

Begitu membuka kulkas, dari arah belakang Gye Hoon mengejutkannya. Lantas apakah mayat tersebut bisa Da Hyun pindahkan? Benarkah Da Hyun dan Gye Hoon saudara kembar?

Episode 3-4

Episode 3-4

Da Hyun kaget mendapati tubuh Lee Jin Geun yang disimpan di kulkas Gye Hoon menghilang. Sejak itu dia gelisah dan sulit tidur. Perasaan Da Hyun secara otomatis dirasakan pula oleh Gye Hoon.

Untuk menenangkan diri keduanya kerap minum bersama. Gye Hoon berulang kali membuatkan makanan setiap mereka terbangun tengah malam selama berhari-hari.

Gye Hoon menegaskan pada Da Hyun untuk tidak terbawa perasaan dengan sikap baiknya. Da Hyun setuju walau di dalam hatinya merasakan sesuatu pada pria itu.

Ibu Da Hyun, Hong Bok Hee, kedatangan pelanggan seorang wanita yang diketahui bernama Lee Eun Jung. Eun Jung diam-diam sedang mencari Lee Jin Geun, sang adik yang sudah menghilang beberapa hari.

Secara kebetulan dia berpapasan dengan Da Hyun dan langsung mengenalinya karena foto Da Hyun banyak terpajang di media sosial sang adik.

Dengan maksud tersembunyi Eun Jung mulai mendekati Da Hyun. Dia bahkan bekerja di restoran milik Gye Hoon; sama seperti Da Hyun yang juga baru mulai bekerja di sana setelah bertengkar dengan ibunya.

Bok Hee sendiri sedang bingung karena salah satu tetangganya, Jo Jae Sook, meminta dia membunuh suaminya yang tempramental.

Jo Jae Sook ternyata melihat Bok Hee dan ibunya, Na Chun Ok, serta Da Hyun memasukkan tubuh Lee Jin Geun ke dalam kulkas beberapa waktu lalu.

Wanita tersebut lantas meminta Bok Hee membunuh suaminya karena tak tahan lagi dipukuli. Jika permintaannya tidak dipenuhi, Jo Jae Sook akan melaporkan mereka ke kepolisian.

Sebelum meminta tolong pada Bok Hee, tindak kekerasan yang dialami Jae Sook sebenarnya udah diketahui dan dicurigai Opsir Hwang Min Jo dan Ji Won Tak. Namun, Jae Sook menolak dibantu.

Ancaman Jo Jae Sook membuat Bok Hee dan Chun Ok gelisah. Tanpa pikir panjang Chun Ok bergegas menghampiri suami Jae Sook.

Belum sempat melakukan apa pun mereka mendapati sosok suami Jae Sook sudah tergeletak di jalan. Pria pelaku KDRT tersebut rupanya dipukuli oleh Opsir Ji Won Tak yang malam itu bertingkah aneh.

Da Hyun serta ibu dan neneknya dibawa ke kantor polisi karena diduga menganiaya suami Jae Sook. Tak lama ketiganya dibebaskan karena menurut pengakuan suami Jae Sook pelakunya adalah seorang pria.

Gye Hoon yang sempat berpapasan dengan Opsir Ji dan melihat darah di tangan polisi itu merasa aneh karena dia berlaku seolah tak melakukan apa pun.

Namun, perhatian Gye Hoon segera berpindah pada hasil tes DNA antara dirinya dan Da Hyun yang diam-diam dilakukan Cha Jin Hu. Hasilnya mereka tidak memiliki keterikatan darah sama sekali.

Alih-alih tenang, Gye Hoon malah terlihat lebih gelisah. Terlebih malam itu dia menyadari kalau ada salah satu pisaunya yang hilang.

Gye Hoon segera menemui Da Hyun dan menyampaikan dugaannya bahwa Lee Jin Geun belum tewas. Lelaki yang menghilang itu bisa sewaktu-waktu membahayakan Da Hyun. Dugaan Gye Hoon terbukti benar karena sejurus kemudian Jin Geun menyerang Da Hyun.

Episode 5-6

Episode 5-6

Perasaan Da Hyun pada Gye Hoon semakin kuat. Namun, mengingat Gye Hoon terus-menerus berpesan agar tidak jatuh cinta, Da Hyun bersikap dingin dan mengabaikannya.

Gye Hoon sendiri akhirnya mengaku pada warga di sekitar tempat tinggalnya kalau dia adalah Gye Hoon.

Suasana pun berubah menjadi aneh karena para warga menatap dan memperlakukannya secara misterius. Mereka mengetahui dan tampak masih trauma dengan kejadian hilangnya Gye Young.

Sepasang suami istri warga setempat, Yang Dong Sook dan Jo Dong Nan, bahkan bertingkah mencurigakan.

Hilangnya Gye Young masih menjadi beban di hati Gye Hoon dan sang ibu. Hari itu Gye Hoon bahkan dimaki di depan Da Hyun dan banyak orang oleh ibunya yang mengalami depresi.

Da Hyun menangis atas kejadian tersebut dan seketika Gye Hoon juga menangis padahal sudah biasa mengalaminya.

Di tengah ramainya masyarakat membicarakan Gye Hoon, identitas Lee Eun Jung sebagai kakak Lee Jin Geun diketahui ibu dan nenek Da Hyun.

Keduanya tidak langsung mengabari Da Hyun mengenai hal tersebut. Eun Jung malah lebih dulu mendengar percakapan rahasia antara Da Hyun dan Gye Hoon tentang Jin Geun.

Wanita yang sedang mencari adiknya itu tak bisa lagi menahan diri untuk mengonfrontasi Da Hyun secara langsung. Belum sempat terjadi, Bok Hee mencegahnya. Mereka bertengkar dan tak lama nenek Da Hyun juga datang.

Da Hyun yang baru saja pulang ke rumah mendapati pesan dari Jin Geun melalui sosial medianya. Jin Geun mengabari kalau dia sempat dirawat di rumah sakit dan bersiap menemuinya kembali serta orang-orang terdekat Da Hyun.

Pesan dari Jin Geun dia kabarkan pada ibu, neneknya serta Gye Hoon. Mereka lega karena akhirnya Da Hyun terlepas dari kemungkinan menjadi pembunuh.

Gye Hoon yang belum mengetahui wajah Jin Geun ikut lega sekaligus was-was. Tak lama lelaki asing datang ke restorannya dan bersikap aneh lalu kembali pergi.

Seketika Gye Hoon menyadari bahwa orang yang barusan datang adalah Jin Geun. Dia lalu mencari dan mengabari Da Hyun. Sayang, Jin Geun sudah lebih dulu menemukannya.

Episode 7-12

Episode 7-12

Pasca Gye Hoon menyelamatkan Da Hyun, Lee Jin Geun mulai mengincarnya. Dia mengancam Kim Min Cheol untuk membunuh Gye Hoon.

Namun, supir taksi itu tak sampai hati melakukannya. Bahaya yang mengancam Gye Hoon mulai membuat Da Hyun khawatir dan memutuskan menjauh.

Situasi yang tidak terkendali membuat Da Hyun berpikir untuk mempertemukan Jin Geun dengan Eun Jung yang dia tahu sebagai kakaknya.

Da Hyun memancing keduanya untuk bertemu di resto Gye Hoon. Hal yang terjadi selanjutnya justru di luar perkiraan. Eun Jung berusaha membunuh Jin Geun karena rupanya pemuda tersebut merupakan kekasih adik perempuannya.

Adik perempuan Eun Jung hilang dan ditemukan meninggal. Dia yakin pembunuhnya adalah Jin Geun, tapi tak punya cukup bukti untuk memenjarakannya.

Fakta tersebut mengagetkan banyak orang. Gye Hoon sendiri kembali terkejut mengetahui fakta lain tentang Jin Geun dan Ji Won Tak. Mereka ternyata teman masa kecilnya.

Ji Won Tak yang kini menjadi petugas polisi rupanya putra Han Ui Chan, tertuduh pembunuh Gye Young. Nama asli Ji Won Tak adalah Han Se Jin. Dia merupakan teman kecil Gye Hoon yang melaporkan ayahnya sendiri karena mencurigainya sebagai pembunuh Gye Young.

Kejutan tak berakhir sampai sana karena Jin Geun dan Da Hyun adalah teman kecil mereka juga. Jin Geun yakin betul bahwa ayah Ji Won Tak atau Han Ui Chan bukan pembunuh Gye Young. Pasalnya dia melihat sendiri seseorang menyeretnya Gye Young yang terluka.

Setelah reuni yang tak terduga itu Jin Geun terlihat menemui seseorang yang misterius. Dia sempat menelepon Gye Hoon dan bertanya soal kabar ayahnya sebelum menjadi sulit dihubungi.

Sementara itu, Ji Won Tak semakin diliputi rasa bersalah terhadap sang ayah setelah mendengar pengakuan dari seniornya di kepolisian, An Jung Ho.

Menurut Jung Ho, Han Ui Chan memang bukan pembunuh Gye Young, tetapi rumor yang disebarkan Kepala Seo Young Hwan terlanjur tertanam di ingatan warga.

Da Hyun yang mulai menjalin hubungan dengan Gye Hoon terganggu dengan perkataan Jin Geun yang mengatakan bahwa dirinya juga mengetahui peristiwa hilangnya Gye Young.

Ingatan Da Hyun tertuju pada sebuah pagar berwarna merah. Dia ingat saat kecil dulu, dirinya dan Jin Geun berdiri di depan pagar merah tersebut.

Da Hyun juga ingat kalau dia mengenal Gye Young dan ada kemungkinan menjadi saksi terakhir yang melihat Gye Young hidup. Ingatannya membuat Gye Hoon terkejut, tapi hubungan mereka tidak terganggu.

Keduanya terlihat tetap mesra hingga membuat Jin Geun cemburu. Kecemburuan Jin Geun mendorongnya untuk mengungkap kejadian hilangnya Gye Young 18 tahun lalu.

Tanpa rasa bersalah Jin Geun mengaku pada Gye Hoon bahwa dia secara tidak langsung turut membantu si penculik menjebak Gye Young.

Jin Geun kecil dirayu menggunakan konsol gim untuk membawa Gye Young ke rumah berpagar merah. Jin Geun juga menjebak Da Hyun untuk dibawa ke tempat yang sama. Pelaku yang mengiming-imingi Jin Geun dengan konsol gim adalah Lee Young Hun.

Gye Hoon dibuat pingsan oleh Lee Young Hun, sedangkan Jin Geun diculik dan disekap. Gye Hoon masih belum mengetahui siapa pelaku sesungguhnya yang dimaksud Jin Geun.

Dia melanjutkan aktivitas seperti biasa. Sayang, Da Hyun justru gelisah karena dia mendapatkan ingatannya kembali.

Da Hyun ingat bahwa dirinya dan Gye Young sama-sama diculik 18 tahun lalu. Namun, hanya dirinya yang berhasil selamat. Da Hyun merasa bersalah pada Gye Hoon, tapi lelaki itu bisa memaklumi situasinya.

Gye Hoon lebih fokus mendatangi rumah berpagar merah, yang ternyata didiami oleh pasangan Yang Dong Sook dan Jo Dong Nan.

Namun, ternyata pasangan itu baru menghuninya satu tahun setelah peristiwa penculikan Gye Young terjadi. Teka-teki pelaku penculik Gye Young kembali buntu.

Masalah menjadi lebih emosional bagi Gye Hoon karena Da Hyun tak bisa melanjutkan hubungan sebab dihantui perasaan bersalah.

Jin Geun sendiri berhasil kabur dari sekapan Young Hun. Dalam keadaan babak belur dia lantas bersembunyi di dalam kulkas besar milik Gye Hoon.

Tanpa diduga kulkas tersebut dibawa ke kantor polisi oleh para petugas. Ketika dibuka, Hwang Min Jo kaget mendapati Jin Geun ada di sana dalam keadaan pingsan.

Perasaan Terhubung Antara Chef Terkenal dan Gadis Cantik

Perasaan Terhubung Antara Chef Terkenal dan Gadis Cantik

Apa jadinya jika kamu punya kekuatan layaknya bertelepati dalam hal perasaan dengan saudara kembarmu? Kamu bisa tiba-tiba menangis karena saudara kembarmu sedang sedih atau kamu bisa tertawa karena dia sedang bahagia.

Sebagai individu yang punya perasaan sendiri, hal semacam ini pasti mengganggu. Ia terasa bagai beban yang sulit sekali dikendalikan.

Beban seperti ini pula yang dirasakan seorang chef muda dan terkenal, Eun Gye Hoon saat bertemu gadis cantik bernama Noh Da Hyun.

Mereka terhubung dengan alasan yang masih misteri. Pasalnya Gye Hoon hanya bisa merasa terhubung dengan saudari kembarnya, sementara sudah lama saudari kembarnya tersebut hilang.

Dari dua episode pertama Link: Eat, Love, Kill (2022), sebuah tanda tanya mengenai hubungan karakter utamanya sudah langsung disajikan.

Rasa penasaran dan tebak-tebakan apakah Gye Hoon dan Da Hyun bersaudara atau bukan, sulit dihindari. Dengan menyimpan teka-teki di dua episode pertama, drama ini cukup pintar untuk mengikat para penonton agar terus mengikuti episode-episode selanjutnya.

Yeo Jin Goo dan Moon Ga Young dalam Thriller, Fantasy, Romance

Yeo Jin Goo dan Moon Ga Young dalam Thriller, Fantasy, Romance

Hal yang jadi misteri dari dua episode pertama Link: Eat, Love, Kill (2022) bukan hanya perihal hubungan sesungguhnya antara Gye Hoon dan Da Hyun. Drama ber-genre fantasy, thriller dan romance ini menampilkan konflik serius lain.

Konflik tersebut tak kalah bikin penasaran sekaligus ngeri karena berhubungan dengan kematian seseorang dan kasus hilangnya seorang anak kecil di masa lalu.

Cerita yang kompleks tapi segar ini secara meyakinkan dibawakan oleh Yeo Jin Goo dan Moon Ga Young. Sama-sama mengawali karir dari belia, mereka tidak kesulitan menyampaikan emosi pada karakter yang diperankan.

Gye Hoon dengan luka masa lalu yang belum pulih dan Da Hyun dengan ketakutannya, tergambar secara luwes dan apik.

Di tengah persaingan drama-drama baru, Link: Eat, Love, Kill (2022) siap bersaing dengan premisnya yang segar. Mengusung tema fantasi dan ketegangan dari thriller serta campuran romantis yang manis, ia sayang untuk dilewatkan.

Gye Hoon dan Da Hyun Bukan Kakak Beradik

Gye Hoon dan Da Hyun Bukan Kakak Beradik_

Keterkaitan perasaan antara Gye Hoon dan Da Hyun menjadi misteri sejak episode pertama. Kejadian di masa lalu Gye Hoon yang traumatis karena kehilangan adik perempuannya menarik penonton untuk menebak-nebak: apakah Da Hyun adik kandung Gye Hoon? Pertanyaan yang bikin penasaran itu terjawab di dua episode ini!

Cha Jin Hu yang tidak tahan melihat Gye Hoon terus penasaran dan bimbang, mengambil langkah besar dengan memeriksakan DNA kedua orang tersebut.

Hasilnya, mereka bukan kakak dan adik kandung. Plot ke arah ini sebenarnya sudah bisa ditebak, karena jika keduanya benar-benar punya hubungan darah, rasa penasaran terhadap drama ini bisa berkurang.

Kenyataan seperti itu justru dapat menimbulkan pertanyaan lain karena keterkaitan perasaan antara Gye Hoon dan Da Hyun masih jadi misteri. Hubungan dua orang itu menjadi teka-teki terbesar selain keberadaan adik kandung Gye Hoon yang belum juga ditemukan.

Masih Soal Ketegangan Da Hyun

Masih Soal Ketegangan Da Hyun_

Memasuki episode lima dan enam, konflik utama belum beranjak dari perasaan was-was milik Da Hyun yang terus-menerus gelisah tentang Jin Geun.

Identitas Eun Jung sebagai kakak Jin Geun pun terungkap. Selain itu Eun Jung juga mengetahui rahasia Da Hyun yang sempat menyimpan tubuh Jin Geun di kulkas.

Ancaman untuk Da Hyun kembali datang di episode enam karena pesan dari Jin Geun tiba-tiba muncul. Terdapat scene flashback yang memperlihatkan kondisi Jin Geun selama dirawat di rumah sakit akibat gegar otak.

Ketegangan menemui puncaknya di bagian akhir ketika Jin Geun yang sudah sehat kembali menampakkan diri di depan Da Hyun.

Sesuatu yang dia khawatirkan pasca menghilangnya tubuh Jin Geun akhirnya terjawab secara mengejutkan.

Pada dua episode ini hubungan Gye Hoon dan Da Hyun sendiri tampak belum menunjukkan perkembangan yang signifikan. Gye Hoon masih terus lebih dominan merasakan emosi dan perasaan Da Hyun daripada perasaannya sendiri.

Jin Geun Saksi Penting Penculikan Gye Young

Jin Geun Saksi Penting Penculikan Gye Young

Karakter Jin Geun sejak awal dikenalkan sebagai sosok penguntit yang terobsesi dan membahayakan bagi Da Hyun. Siapa sangka, posisinya dalam drama ini ternyata bukan sekadar menjadi pengganggu, melainkan kunci penting dari konflik utama Link: Eat, Love, Kill (2022).

Ada banyak rahasia tentang Jin Geun yang terungkap sampai dengan episode dua belas. Semua rahasia yang dia simpan mengubah plot cerita dan memimpinnya.

Karakter Jin Geun mengendalikan emosi tokoh utama, yaitu Gye Hoon dan Da Hyun karena dia secara tidak langsung ikut terlibat atas penculikan Gye Young. Pertanyaannya kemudian adalah: apakah Lee Young Hun benar-benar penculik Gye Young?

Kembalinya Ingatan Da Hyun yang Traumatis

Kembalinya Ingatan Da Hyun yang Traumatis_

Selain terungkapnya rahasia milik Jin Geun, sampai episode dua belas, rahasia masa lalu Da Hyun juga terkuak. Selama ini Da Hyun ternyata hilang ingatan, baru pada episode sebelas dan dua belas, dia mendapatkan ingatanya kembali.

Ingatan Da Hyun bukan sesuatu yang menyenangkan karena lagi-lagi masih berhubungan dengan kisah penculikan Gye Young.

Ingatan traumatis tersebut menghantui Da Hyun dengan rasa bersalah hingga memengaruhi keputusanya dalam menjalin hubungan dengan Gye Hoon.

Sepasang kekasih yang baru resmi pacaran itu terancam karena Da Hyun tak ingin melanjutkan hubungan. Dia menyesal karena melarikan diri sendirian dari penculikan tersebut. Lalu, akankah hubungan mereka dapat diselamatkan?

Link: Eat, Love, Kill
Rating: 
3.1/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram