bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Law School, Manusia Mempermainkan Hukum

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Menjadi Profesor di jurusan hukum, siapa sangka Yang Jong Hoon justru ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan. Tapi pria yang dijuluki “Yangcrates” dituduh membunuh rekannya sendiri yang merupakan paman dari muridnya yaitu Han Joon Hwi. Tapi fakta mengejutkan mengenai Professor Seo Byung Ju dan para mahasiswa jurusan hukum di Universitas Hankuk.

Law School (2021) adalah drama yang mengangkat berbagai kasus hukum yang cukup familiar dengan kehidupan. Drama yang diarahkan oleh Kim Seok Yoon ini menjadi salah satu drama yang mendapatkan rating tinggi di Korea Selatan.

Drama ini mendapatkan rating 8.7 di My Drama List dan mendapatkan banyak respon positif selama penayangannya. Kira-kira bagaimana “Yangcrates” menghadapi masalah yang melilitnya? Jawabannya bisa kamu temukan di bawah ini.

Sinopsis

Sinopsis & Review Law School, Manusia Mempermainkan Hukum 1
  • Tanggal Penayangan: 14 April – 9 Juni 2021
  • Genre: Drama Law
  • Pemain: Kim Myung Min, Kim Bum, Ryu Hye Young, Lee Jung Eun, Lee Soo Kyung, Lee David, Park Hyuk Kwon, Jung Won Joong
  • Sutradara: Kim Seok Yoon
  • Produksi: JTBC Studios, Studio Phoenix, Gonggamdong House

Fakultas hukum di Universitas Hankuk menjadi heboh setelah salah seorang Profesornya ditangkap karena tuduhan pembunuhan. Profesor Yang Jong Hoon atau “Yangcrates” ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan Profesor Seo Byung Ju. “Yangcrates” memang dikenal sebagai seorang profesor killer, karena komentarnya yang sangat menggigit.

Tapi tidak ada seorang pun yang menyangka bahwa mantan rekan kerja di kejaksaan, Yang Jong Hoon, bisa membunuh Seo Byung Ju. Meski ditetapkan sebagai tersangka Yang Jong Hoon tidak memperdulikan sama sekali, ia tetap menjalani tugasnya sebagai pengajar.

Di tengah-tengah kemelut itu Han Joon Hwi terseret dan disebut sebagai tersangka sesungguhnya atas pembunuhan pamannya. Namun hal ini membuat para mahasiswa Yang Jong Hoon makin curiga dan mulai menyelidiki kasus ini.

Hingga terungkap bahwa Yang Jong Hoon dan Han Joon Hwi tidak terlibat dalam pembunuhan ini. Tapi sebuah fakta lain muncul, dimana Seo Byung Ju ternyata seorang jaksa yang culas. Seo Byung Ju telah menabrak seorang anak yang menjadi saksi mata kasus pemerkosaan anak.

Kematian Seo Byung Ju juga membawa Yang Jong Hoon, Han Joon Hwi dan Kang Sol A menemukan kasus yang lebih besar lagi. Beberapa mahasiswa Yang Jong Hoon terlibat dalam kasus hukum yang menyulitkan mereka. Kang Sol B terlibat dalam kasus plagiat karya ilmiah yang membuatnya masuk dalam lingkaran pembunuh Seo Byung Ju.

Jeon Ye Seul terlibat dalam kasus pelecehan seksual dan kekerasan yang melibatkan anak dari anggota majelis Jo Hyeong Soo. Se Ji Ho akhirnya mengetahui siapa dalang dibalik kematian ayahnya di masa lalu dan mulai melancarkan aksi balas dendam. Sol A mengetahui alasan dibalik saudara kembarnya Kang Dan meninggalkan keluarga dan menghilang secara misterius.

Ternyata seluruh kasus ini berputar pada seorang anggota majelis yaitu Jo Hyeong Soo. Ia melakukan banyak pemalsuan kasus, kejahatan siber dan pembunuhan untuk memuluskan pencalonan dirinya. Tentu saja ada peran dari Jaksa Jin Hyung Woo dan beberapa reporter bayaran yang membuat banyak kekacauan.

Law School: Membuat Penonton Tidak Buta Akan Hukum

Sinopsis & Review Law School, Manusia Mempermainkan Hukum 3

Drama Korea memang selalu memiliki kelebihan, dimana dramanya tidak hanya drama romantis dan komedi saja. Seperti drama Law School (2021) ini, yang mengangkat berbagai kasus kejahatan yang sering terjadi. Mulai dari kasus pembunuhan, pemerkosaan, kekerasan seksual hingga kasus peretasan dan berita hoax.

Saya menyukai bagaimana drama ini benar-benar membeberkan berbagai pasal yang berlaku di Korea bekerja. Contoh seperti beberapa simulasi persidangan yang mengangkat berbagai macam kejahatan dan bagaimana jaksa dan pengacara tersangka saling berargumen.

Drama ini memberikan pengertian kenapa sebuah kasus kejahatan bisa menjadi begitu lemah dan bagaimana hukum yang seharusnya berlaku bisa dikecualikan, semuanya dijelaskan dan dipaparkan dengan sangat baik.

Selain itu kasus yang dia angkat bukanlah kasus yang rumit, karena kasus lain seperti plagiat, peretasan, kekerasan seksual dan hoax adalah kasus yang umum ditemukan. Tapi di sini kita bisa melihat bahwa selalu ada sebab di balik sebuah tindak kejahatan.

Selain itu di sini kita juga di berikan pengertian bahwa pelaku kejahatan tidak selalu memiliki niat mencelakai. Seperti kasus yang dialami Jeon Ye Seul, ia di jadikan tersangka dalam percobaan pembunuhan dan kekerasan. Kenyataanya, hal itu adalah sebuah pembelaan dan ia adalah korban pelecehan seksual dan kekerasan dari pacarnya.

Drama ini menunjukkan bahwa setiap kasus memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri. Selain itu drama ini menunjukkan bahwa pekerjaan seorang jaksa dan pengacara ternyata memiliki banyak resiko. Pasalnya jaksa bisa saja memberikan hukuman pada orang yang tidak bersalah, di sisi lain pengacara tersangka kejahatan bukanlah orang yang membela aksi kejahatan.

Baca juga: 10 Pemain Memorist, Drama Korea Genre Kriminal yang Menarik

Alurnya Kurang Rapi dan Plot Twistnya Makin Mudah Ditebak

Sinopsis & Review Law School, Manusia Mempermainkan Hukum 5

Sebenarnya saya menyukai premis dimana drama ini ingin mengungkapkan bagaimana hukum bekerja. Sayangnya saya cukup terganggu dengan alur maju mundur yang ada di paruh pertama drama ini. Saya tahu bahwa penulis dan sutradara ingin membuat penonton bingung mengenai siapa pembunuh Seo Byung Joo sebenarnya.

Memang hampir semua orang memiliki alibi dan alasan untuk menjadi pembunuh Seo Byung Joo. Tapi alurnya yang maju mundur ini membuat saya kurang bisa menikmati ceritanya, karena alur ini cukup mengganggu. Meski saya tahu bahwa setiap alur mundur selalu memberikan fakta mengenai siapa pembunuh Seo Byung Joo.

Selain itu drama ini memang memiliki cukup banyak plot twist yang sebenarnya seru dan menegangkan. Tapi karena terlalu banyak plot twist yang diberikan sejak awal drama ini ditayangkan, plot twist yang ada di akhir yang seharusnya membuat kaget, justru menjadi hal yang terasa biasa saja.

Bahkan saya sudah bisa membaca bahwa pembunuh Seo Byung Ju bukanlah dari Universitas Hankuk. Kedatangan Kang Dan dan Sol A yang menyamar sebagai Kang dan terasa kurang greget.

Padahal awalnya drama ini memang cukup misterius dan sangat seru untuk diikuti. Terlalu banyak plot twist, saya merasa drama ini kehilangan rasa menegangkan itu. Untungnya drama ini terselamatkan dengan kasus-kasus yang diangkat dan akting para pemainnya yang sangat baik.

Selain itu sejak di tengah hingga akhir drama, saya merasa alurnya menjadi lebih rapi dan tidak terlalu mengandalkan alur mundur lagi. Saya pikir penulis skenario mungkin sudah lelah membuat adegan flashback untuk mengungkap fakta-fakta yang mengejutkan.

Makannya saya lebih menikmati alur di akhir drama ini, meski sebenarnya yang paling seru adalah kasus pembunuhan Seo Byung Joo.

Beberapa Kasusnya Ternyata Diambil dari Kasus Nyata

Sinopsis & Review Law School, Manusia Mempermainkan Hukum 7

Setelah menonton drama Law School, saya menjadi teringat pada salah satu kasus pemerkosaan anak di bawah umur yang sangat terkenal di sana. Kasus Cho Doo Soon yang menjadi tersangka dalam pemerkosaan anak dalam keadaan mabuk dan menjalani hukuman penjara selama 12 tahun. Dalam drama Law School kasus ini diperankan oleh Jo Jae Ryong sebagai Lee Man Ho.

Lee Man Ho ini memang cukup creepy, pasalnya saya bisa merasakan bahwa ia adalah seorang pria mesum. Selain itu dalam beberapa adegan saat Lee Man Ho bertemu dengan adik Kang Sol A yaitu Kang Byeol, saya bisa merasakan aura predator seks anak. Jujur saja saya sempat merasa takut untuk melihat karakter Lee Man Ho yang mengingatkan saya pada kasus Cho Doo Soon.

Selain kasus pemerkosaan anak di bawah umur, kasus lainnya yang diangkat dari kisah nyata adalah tentang peretasan soal ujian. Menurut pengakuan Hyun Woo yang memerankan karakter Yoo Seung Jae, kasus peretasan yang ia lakukan dalam drama memang nyata. Pasalnya sebelum syuting drama ini ia sudah mempelajari mengenai karakter dan kasus-kasusnya.

Hyun Woo mengatakan bahwa ia mempelajari kasus peretasan tersebut dan menjadikannya sebagai bahan observasi. Ia mendiskusikan kesaksian pelaku peretasan tersebut untuk membuat karakternya lebih baik lagi bersama aktor lainnya. 

Sejujurnya saya menyukai drama Law School ini memberikan pandangan lain mengenai hukum, kasus kejahatan, korban dan tersangka. Pasalnya dalam drama ini kita diberikan berbagai macam sudut pandang mengenai sebuah kasus dan hukum yang menjerat. Untuk yang tertarik dengan drama berbau hukum, Law School bisa menjadi tontonan yang tepat.

Law School
Rating: 
4.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram