bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Last Summer, Cinta Segitiga di Pantai Turki

Ditulis oleh Dhany Wahyudi - Diperbaharui 21 September 2021

Saat berlibur musim panas bersama keluarganya di pantai, Deniz bertemu kembali dengan Asli, wanita yang pernah dia suka saat kecil dahulu. Tetapi sifat pendiamnya membuat dirinya sulit untuk menyatakan cinta, sehingga Asli jatuh kepada hati yang lain. Tapi Asli juga tidak mau melepaskan Deniz darinya. Kerumitan situasi ini membuat Deniz galau.

Last Summer adalah original film Netflix produksi Turki yang dirilis pada 9 Juli 2021. Menyuguhkan kisah cinta remaja saat liburan musim panas, film ini tentu saja menampilkan suasana pantai yang hangat, sehangat pergulatan batin seorang remaja kepada sang cinta impian. Dengan premis film yang tampaknya tipikal, apakah ada hal menarik dari film ini? Simak review kami sebelum menontonnya.

Sinopsis

Sinopsis & Review Last Summer, Cinta Segitiga di Pantai Turki 1
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: OG Medya, OGM Pictures, PToT Films
  • Sutradara: Ozan Asiktan
  • Pemeran: Fatih Sahin, Ece Sesmioglu, Halit Ozgur Sari

Setiap liburan musim panas, Deniz bersama keluarganya selalu mengunjungi rumah mereka yang berada di tepian pantai selatan Turki yang indah. Deniz yang berusia remaja, tepatnya 16 tahun, mulai merasa dia butuh pengalaman cinta yang romantis. Setibanya di pantai, kakaknya yang bernama Ebru sudah terlebih dahulu bergabung dengan teman-temannya, sedangkan Deniz baru menyusul.

Ebru dan teman-temannya, termasuk Asli, berangkat ke tebing. Sebenarnya Ebru tidak ingin Deniz ikut, tapi Asli bersikeras agar Deniz dibawa serta. Dalam perjalanan, Deniz dan Asli saling berbincang. Rasa lama yang pernah ada sepertinya hadir kembali. Ketika sampai di tebing, mereka ragu untuk terjun ke laut, tapi tidak dengan Deniz yang langsung melompat. Sepertinya dia ingin membuat Asli terkesan.

Kemudian Deniz naik kembali ke tebing disaat bersamaan Ebru dan teman-temannya memilih untuk bergabung dengan teman mereka di kapal dengan terjun ke laut tanpa membawa tas mereka. Beruntungnya Asli tidak ikut dengan mereka dan memilih menjaga tas dengan Deniz yang menyembunyikan luka di kakinya.

Melihat kulit Deniz memerah karena kepanasan, Asli mengoleskan lotion ke tubuh Deniz. Mereka kemudian menuruni tebing menuju pantai dengan membawa tas teman-teman mereka. Di perjalanan, Deniz sempat mengajak Asli mengambil buah di kebun milik orang lain dan kabur setelahnya.

Malamnya, Ebru dan teman-temannya berencana berpesta di sebuah klub. Sekali lagi Asli tetap mengajak Deniz meski Ebru tidak ingin dia ikut, apalagi Deniz belum memiliki KTP. Pesta berakhir dengan cepat setelah Ebru marah kepada pacarnya yang terlihat sedang mencium wanita lain. Asli menarik perhatian Burak, pria tampan penduduk setempat.

Deniz kemudian diundang oleh Burak ke café tempat dia kerja. Deniz mengajak Asli. Ternyata di café itu, Burak mencoba mendamaikan pacar Ebru yang mengakui kekhilafannya melalui Deniz. Asli dan Burak terlibat perbincangan yang hangat. Di kesempatan lain, Deniz dan Burak saling berbincang. Sekilas disinyalir Burak jatuh cinta kepada Asli dan mencoba mendekatinya melalui Deniz.

Deniz yang sadar kesempatan mencuri hati Asli menjadi kecil, mengalihkan perhatiannya kepada gadis lain. Deniz dan Ebru melewatkan makan malam keluarga dengan alasan kumpul bersama teman-teman mereka. Ebru pergi dengan pacarnya dan Deniz pergi dengan Asli dan Burak ke pantai terpencil dimana Burak nekat mengendarai mobil tanpa menggunakan lampu.

Merasa dirinya seperti ban serep, Deniz mengasingkan diri ke mobil dan minum hingga mabuk lalu tertidur disana. Keesokan harinya, Deniz pergi bersama Pinar dan teman-temannya. Karena tidak bisa masuk ke dalam klub, mereka berpesta di parkiran sambil mendengarkan musik dari klub. Deniz melihat Burak mencium wanita lain dan membuatnya marah sehingga terjadilah perkelahian.

Keesokan paginya, Deniz melambaikan tangannya kepada Burak dari balkon rumahnya, menandakan perseteruan mereka yang singkat telah berakhir seiring dengan usainya liburan musim panas ini. Deniz datang ke tebing dan meloncat bersama Asli. Mereka berciuman dan kemudian Deniz berenang menjauh.

Deniz sudah mempersiapkan isi tasnya dan siap kembali ke kota dengan keluarganya. Masih merasa galau, Deniz mencoba untuk melupakan liburan kali ini, terutama tentang Asli. Tapi kemudian Ebru datang dan memberikan secarik kertas dengan nomor telpon Asli di dalamnya.

Cinta Remaja yang Terpendam

Sinopsis & Review Last Summer, Cinta Segitiga di Pantai Turki 3

Tema cinta remaja sepertinya sudah tidak ada hal baru yang bisa disuguhkan dan film Last Summer ini hanya mengulang kembali kisah cinta terpendam yang terjebak dalam friendzone. Faktor yang membedakan mungkin dari karakter tokohnya dan konflik pribadi yang melanda pasangan itu.

Dalam cerita dengan seting waktu di tahun 1996 atau 1997 ini, di trailer diceritakan kisah ini terjadi di tahun 1996 bahkan di negara lain film ini diberi judul Summer ’96 tapi di awal film dituliskan seting waktunya ialah di tahun 1997, tokoh utama kita yaitu Deniz adalah seorang remaja yang pendiam yang mungkin tidak akan bisa mengungkapkan cinta kepada wanita idamannya.

Selain pendiam, Deniz juga seperti selalu berperang dengan pemikirannya sendiri yang membuat sikapnya suka berubah-ubah dan agak sulit ditebak oleh kita, apalagi Asli. Tetapi dia sebenarnya adalah orang yang jujur dan baik hati, dia selalu mendukung Ebru, meski kakaknya itu seringkali tidak ingin dia terus mengikutinya, sehingga dia rela berbohong kepada orang tuanya.

Saat Deniz sedang mencoba menyambung tali kasih dengan Asli, muncul pria lain melintas di dalam hati Asli. Burak memang bukan saingan setara dengan Deniz. Burak adalah pria dewasa yang tampan dan gagah serta mudah bergaul, sangat berlawanan dengan Deniz. Tentu saja, gadis seperti Asli akan mudah terbuai dengan pria seperti Burak.

Sering bepergian bertiga, membuat Deniz seolah ban serep dan membuatnya canggung sekaligus galau. Demi menanggulangi kegalauan, Deniz pergi dengan wanita lain tapi hatinya memang tidak bisa lepas dari Asli dan dia rela berkelahi demi cintanya. Pada akhirnya, sinyal cinta Deniz baru disadari oleh Asli di akhir film. Sangat tipikal bukan?

Menyuguhkan Keindahan Pantai Turki

Sinopsis & Review Last Summer, Cinta Segitiga di Pantai Turki 5

Apalah artinya film dengan seting lokasi pantai tanpa menampilkan keindahan panorama tepian laut tersebut. Jika tahun kemarin kita disuguhkan pantai Italia oleh Netflix di film Under the Riccione Sun (2020), maka kali ini Netflix menampilkan keindahan pantai Turki, tepatnya di daerah Bodrum, Selatan Turki. Lansekap pantai dan lautan ditangkap dengan sangat baik oleh kamera.

Meski seting waktu sepertinya sedikit diabaikan atau kurang detail sehingga membuat kita menyangka jika cerita film ini terjadi di masa kini, tapi setidaknya mata kita dibuat sejuk dengan pemandangan indah di pantai yang ternyata ramai pengunjung.

Performa Akting Pencuri Hati

Performa Akting Pencuri Hati_

Cerita yang standar membuat kedalaman karakternya kurang tergali dan juga membuat para pemerannya terpaku tanpa bisa mengeksplorasi karakternya lebih jauh. Fatih Sahin yang berperan sebagai Deniz lebih banyak diam dan berakting dengan tatapan matanya, terutama setiap menatap Asli. Walhasil, kita melihatnya seperti seorang psikopat yang sedang mengincar mangsanya.

Apalagi setelah ditelusuri ternyata seluruh cast dalam film ini bukanlah remaja lagi, terutama pemeran Asli yaitu Ece Sesmioglu yang sudah berusia 30 tahun, semakin menjauhkan rasa kita tentang kisah remaja yang otentik. Tapi justru diantara deretan cast ini, hanya Sesmioglu yang berhasil mencuri perhatian dengan karakternya yang easy going.

Sesmioglu membawa Asli tampil riang dan penuh warna hidup, meski dibelakangnya ada masa lalu yang kelam membayanginya. Kisah tarik-ulur cintanya dengan Deniz sedikit banyak membuat kita gemas. Dan beberapa kali kamera selalu menampilkan bagian-bagian tubuhnya dalam balutan bikini. Penampilannya di film berdurasi 1 jam 41 menit ini nyaris mirip dengan Brie Larson di film Short Term 12 (2013).

Last Summer bisa jadi hiburan bagi kita yang tidak bisa mengunjungi pantai di musim liburan kali ini karena masih tingginya pandemi COVID-19, meski dengan cerita yang masih meninggalkan banyak celah, tapi setidaknya sinematografi yang apik cukup menyegarkan mata kita. Tonton filmnya sekarang di Netflix, ya!

Last Summer
Rating: 
2.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram