bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Koizora (2007), Kisah Cinta Murid Berandal

Film Koizora atau dikenal juga dengan judul Sky of Love merupakan film Jepang yang sempat booming pada tahun 2007.  Semenjak pertama kali ditayangkan, film inienjadi salah satu film yang cukup banyak ditonton dengan penghasilan total mencapai 3,9 miliar yen.

Film ini berasal dari sebuah biografi yang dituangkan ke dalam sebuah keitai shousetsu atau novel yang dipublikasikan melalui ponsel. Sampai akhirnya ditawari untuk dicetak dan terjual lebih dari dua juta eksemplar.

Selain karena ceritanya yang menarik, film ini juga didukung oleh para pemain yang cukup digemari oleh banyak orang yakni Yui Aragaki dan Haruma Miura yang berperan sebagai dua pemeran utama. Dari pada penasaran, berikut ini ulasan film Koizora yang akan Bacaterus bahas. Siap-siap tisu ya buat yang gampang sedih.

Sinopsis

film-koizora-5_
  • Tahun rilis: 2007
  • Genre: Romance, School, Drama
  • Produksi:  TBS, Toho
  • Sutradara: Natsuki Imai
  • Pemeran: Yui Aragaki, Haruma Miura

Film ini berpusat pada cerita dua karakter utama yaitu Mika yang diperankan oleh Yui Aragaki dengan Hiro yang diperankan oleh Haruma Miura. Diceritakan bahwa mereka adalah murid SMA yang bersekolah di sekolahan yang sama.

Bermula pada tahun pertama sekolah di SMA pada musim semi, Mika kehilangan handphone-nya. Setelah mencari-cari akhirnya Mika menemukan handphone nya di perpustakaan ketika ada seseorang yang meneleponnya. Tapi semua kontak telepon dan pesan di handphone Mika menghilang dan dihapus oleh orang misterius yang meneleponnya tersebut.

Libur musim panas pun tiba, selama itu juga Mika terus berkomunikasi dengan orang misterius itu. Awalnya Mika merasa terganggu karena selalu di telepon, hingga akhirnya Mika mulai terbiasa. Bahkan Mika mulai tertarik dengan sang penelepon misterius walaupun dia belum tahu siapa penelepon misterius tersebut.

Lalu ketika sudah mulai masuk sekolah lagi, Mika pun akhirnya janjian akan bertemu dengan orang tersebut. Tapi betapa terkejutnya Mika ketika mengetahui kalau selama ini orang misterius yang menemukan handphone nya tersebut adalah Hiro, seorang murid berandalan dengan penampilannya yang mencolok.

Hiro adalah orang yang Mika takuti. Masih merasa tidak percaya kalau orang yang selama ini berkomunikasi dengan Mika adalah Hiro, Hiro kemudian menunjukan bukti foto langit yang pernah ia ambil ketika saling berkomunikasi.

Meskipun awalnya Mika masih tidak percaya dan merasa takut pada Hiro, tapi lama-kelamaan Mika pun mulai dekat dekat dengan Hiro. Bahkan mereka sampai melakukan hubungan seksual. Dari sana juga akhirnya Mika mengetahui nama mantan pacar Hiro, Saki (Asami Suda).

Saki yang masih menyukai Hiro sampai menyuruh orang untuk memperkosa Mika. Lalu Mika pun mulai mengalami teror dari Saki. Namun Hiro yang menyukai Mika terus menolong Mika, bahkan sampai mengancam orang-orang yang mau berbuat jahat pada Mika.

Beberapa bulan berlalu kemudian, Mika mendapati kalau ia ternyata hamil anaknya Hiro. Awalnya Mika takut kalau Hiro akan meninggalkannya, tapi ternyata Hiro malah senang mendapatkan kabar tersebut. Ia bahkan meminta Mika untuk bersama-sama membesarkan anak mereka.

Hiro pun akhirnya memutuskan untuk berhenti sekolah dan mencari pekerjaan untuk menunjukan keseriusannya kepada keluarga Mika dan juga kepada keluarga Hiro sendiri. Mengetahui Hiro yang jadi jarang masuk sekolah, Saki kembali menyerang Mika hingga akhirnya Mika terjatuh dari tangga.

Karena kejadian itu, Mika dan Hiro harus menerima kenyataan pahit ketika mengetahui kalau anak mereka telah tiada. Mika dan Hiro yang masih merasa kehilangan lalu membuatkan sebuah kuburan di suatu tempat dimana Hiro pernah menanam bunga hadiah untuk Mika. Mereka pun berjanji akan datang setiap tahun di tanggal yang sama untuk mengunjungi tempat tersebut.

Setelah sekolah memasuki tahun ke-2, Hiro perlahan mulai menghindari Mika. Bahkan Hiro dengan sengaja membuat Mika sakit hati dan meminta putus dengan Mika. Meskipun Mika merasa sakit hati, ia terus berjuang sendirian hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang mahasiswa bernama Yu (Keisuke Koide) yang baik kepada Mika. Mereka pun mulai berpacaran.

Suatu hari di hari peringatan kematian anak Mika dan Hiro, Mika menemukan Nozomu (Aoi Nakamura) disana. Dari dia lah Mika mendapatkan berita yang mengejutkan tentang penyakit yang diidap oleh Hiro selama ini.

Lalu Mika pun menceritakan hal tersebut kepada Yu dan dengan berbesar hati, Yu pun akhirnya melepaskan Mika untuk pergi menemui Hiro. Mika kesal dengan Hiro karena ia berpura-pura tidak mencintai Mika, apalagi ia baru mengetahui kalau Hiro sakit kanker dan hanya akan bertahan dalam waktu tiga bulan.

Hiro pun mulai mengakui kalau ia masih menyukai Mika dan mereka akhirnya kembali. Kemudian Mika pun memutuskan untuk cuti dari perkuliahannya dan merawat Hiro di rumah sakit. Hiro perlahan mulai membaik berkat dukungan dari Mika.

Tapi suatu ketika Hiro kembali ke rumah sakit dengan didampingi Mika. Sebelum ia pergi untuk check-up Hiro meminta Mika untuk mencetak foto yang selama ini ia ambil. Naas, ketika Mika tengah berada di perjalanan menuju rumah sakit, ternyata Hiro sudah meninggal. Mika yang frustasi atas kematian Hiro, akhirnya berencana untuk bunuh diri. Tapi usahanya terhenti ketika ada sekelompok burung yang terbang ke arah Mika.

Mika menganggap kalau itu adalah pertanda dari Hiro yang melihatnya dari langit, karena Hiro menyukai langit. Dan dari jurnal milik Hiro, Mika pun akhirnya mengetahui kalau Hiro berharap ia akan terus melanjutkan hidupnya dan hidup bahagia bersamanya dan anaknya dalam hati.

Dari Telepon Misterius Menjadi Cinta Pertama

film-koizora-1_

Bagi karakter Hiro, mungkin Mika bukanlah cinta pertamanya. Tapi bagi Mika, Hiro adalah cinta pertamanya. Uniknya Mika menemukan cinta pertamanya yang diawali dengan menerima telepon dari seorang yang misterius yang ternyata ketika bertemu secara langsung adalah orang yang Mika takuti.

Tapi, karena sering berkomunikasi melalui telepon dan dari percakapan-percakapan tersebut akhirnya timbul rasa nyaman bagi Mika. Sampai akhirnya, Mika bertemu dengan Hiro. Walaupun awalnya menghindar, tapi Mika bisa yakin dan percaya pada Hiro hingga akhirnya mereka bisa berpacaran.

Perkembangan Karakter Mika dan Hiro

film-koizora-3_

Pembawaan karakter Mika, seorang gadis yang masih polos dan cukup penakut dimulai ketika ia bertemu dengan Hiro. Di umurnya yang masih muda, ia mengalami pelecehan, bullying, hamil dan bahkan keguguran. Pertemuannya dengan Hiro membuat Mika tumbuh menjadi sosok dewasa, sosok yang kuat dan juga penyayang meskipun ia harus melewati banyak kejadian pahit.

Sedangkan karakter Hiro memiliki dua sisi, dimana ia bisa jadi anak berandalan dan tak segan-segan kepada musuhnya tapi ia bisa menjadi sosok yang lembut ketika sedang bersama Mika. Ketika mengetahui Mika hamil anaknya pun, ia malah gembira dan dengan keyakinan yang kuat, ia pergi menemui orang tua Mika agar mereka diizinkan untuk menikah ketika sudah berumur 18 tahun.

Pembawaan karakter dari keduanya berhasil membuat penonton merasakan emosi kesal, bahagia, lucu dan sedih secara bersamaan seiring dengan jalan ceritanya. Meskipun ada beberapa adegan yang tidak patut ditiru dan menimbulkan kontroversi tersendiri di Jepang, tapi Yui Aragaki dan Haruma Miur berhasil memerankan karakter mereka dengan baik.

Ending yang Menyayat Hati

film-koizora-4_

Dalam durasi cerita yang cukup pendek, para penonton dibuat mengikuti alur yang rollercoaster. Sempat berharap kalau film ini memiliki akhir yang happy ending, tapi ternyata film ini memiliki akhir yang cukup menyayat hati. Bahkan banyak penonton yang berhasil dibuat menangis karena melihat akhir dari cerita film ini.

Kenyataannya, Hiro malah meninggal setelah sempat membaik karena dibantu oleh Mika. Lalu Mika yang diminta untuk tersenyum ketika mengetahui Hiro yang sedang sekarat. Scene ini merupakan scene paling menyayat hati menurut saya.

Mika tidak menyesal telah bertemu dengan Hiro, bahkan ia merasa bersyukur sempat bertemu dengan sosok Hiro. Mika juga menunjukan kalau sampai akhir ia tetap menyukai langit sama seperti Hiro yang suka dengan langit.

Meskipun film ini terbilang film yang sudah lama, tapi tetap seru untuk ditonton, kan?  Kalau kamu pencinta film romantis dan melodrama, kamu pasti suka dengan film ini. Jangan lupa siapkan tisu ya kalau mau menonton film ini ya!

Koizora
Rating: 
3.7/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram