bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Kiss Sixth Sense, Lihat Masa Depan Lewat Ciuman

Memiliki kekuatan khusus dapat melihat masa depan tidak selamanya menyenangkan. Hong Se Yool harus melihat hubungannya kandas setelah mencium kekasihnya. Sejak itu dia tidak ingin lagi menyentuhkan bibirnya pada siapa pun. Hingga suatu hari tanpa sengaja dia mendaratkan bibir pada bibir atasannya.

Hong Se Yool semakin terkejut karena di sana dia melihat sesuatu yang menggairahkan terjadi antara dia dan sang atasan. Akankah masa depan yang dia lihat benar-benar terjadi? Drama Kiss Sixth Sense (2022) yang dibintangi Yoon Kye Sang dan Seo Ji Hye siap menjawabnya untukmu!

Sinopsis

Hong Se Yool memiliki kekuatan khusus dapat melihat masa depan seseorang lewat ciuman. Bagian tubuh siapa pun yang nempel atau terkena bibirnya, memberikan wanita itu gambaran mengenai masa depan orang bersangkutan.

Satu hari Se Yool secara tidak sengaja berciuman dengan atasannya. Dia kaget karena melihat dirinya ada di sana. Apa yang terjadi pada Se Yool?

Episode 1-2

Kiss Sixth Sense_ Ep 1 -2_

Hong Se Yool bekerja di sebuah perusahaan periklanan. Dia tengah sibuk sebagai penanggung jawab iklan tempat tidur. Hong Se Yool memiliki kekuatan khusus, yaitu bisa membaca masa depan siapa pun yang disentuh, dicium atau sekadar menempel di bibirnya. 

Beban pekerjaan Hong Se Yool semakin besar karena dia memiliki atasan super galak. Cha Min Hu atau dikenal juga dengan julukan Dewa Cha adalah sosok atasan yang perfeksionis.

Dia kerap menekan Se Yool untuk memberikan ide-ide terbaik. Cha juga tidak segan mengkritik dengan keras jika pekerjaan Se Yool dirasa buruk.

Untuk projek tempat tidur ini mereka bekerjasama dengan selebritas terkenal bernama Oh Ji Young. Rupanya Cha dan Oh Ji Young sudah saling mengenal sebelumnya. Ji Young tidak segan menunjukkan ketertarikannya pada Cha Min Hu di depan karyawan yang lain, termasuk Hong Se Yool.

Pada malam persiapan, tim produksi yang dipimpin Yeom Kyung Seok berkeras agar memasang tempat tidur di luar ruangan.

Yeom yang asyik berpesta tidak mendengarkan pendapat Se Yool yang menegaskan supaya tempat tidur dipasang pagi hari mendekati waktu syuting guna mencegah hal-hal buruk terjadi.

Tak berapa lama, malam itu hujan turun dengan deras. Tim kewalahan menyelamatkan barang-barang agar tidak kena hujan, termasuk Hong Se Yool dan Cha Min Hu yang langsung turun ke lapangan.

Saat itulah tanpa sengaja bibir Hong Se Yool mendarat di bibir Cha Min Hu. Seketika Se Yool melihat masa depan yang tidak pernah dia duga sebelumnya.

Wanita itu tertegun tidak percaya karena di sana dia melihat dirinya dan Cha Min Hu bercumbu. Se Yool bahkan bisa melihat detail sampai ke bekas luka yang ada di punggung Cha Min Hu.

Kegelisahannya berubah menjadi kebingungan karena pada satu kesempatan dia melihat tidak ada bekas luka di punggung Cha Min Hu. Se Yool sempat berpikir bahwa penglihatan masa depannya kali ini salah.

Pasca berciuman dengan Se Yool, Cha mendadak sakit. Tubuhnya berubah sensitif karena dia bisa mendengar suara sekecil apa pun dan melihat sesuatu sejauh apa pun. Dalam keadaan seperti itu Cha tetap membantu tim menyelesaikan projek iklan pop up tempat tidur yang mereka kerjakan.

Semua berjalan lancar hingga tiba-tiba seorang tunawisma memaksa tidur di atas kasur yang sedang mereka pamerkan. Cha berniat menolong tapi dia malah terdorong hingga bagian punggungnya terluka cukup serius. Seketika Se Yool teringat pada bekas luka di punggung Cha Min Hu. 

Se Yool yang mengantar ke rumah sakit juga harus mengantar Cha Min Hu pulang. Begitu di rumah atasannya, dia kembali melihat masa depan yang menggairahkan bersama Cha.

Untuk memastikan, Se Yool berencana menempelkan bibirnya pada pria itu lagi. Belum sempat menciumnya, Cha Min Hu terbangun.

Episode 3-4

Kiss Sixth Sense_Episode 3-4_

Proyek iklan yang dipimpin Hong Se Yool berjalan lancar dan menghasilkan penjualan yang memuaskan. Se Yool kemudian kembali sibuk mempersiapkan proposal untuk mega proyek berikutnya. Idenya harus bagus agar proposalnya terpilih.

Saat sedang melakukan riset produk di kantor, lampu tiba-tiba padam. Ketika itulah bibir Se Yool lagi-lagi menyentuh bagian tubuh Cha Min Hu. Gambaran masa depan pun seketika muncul. Dia melihat sebuah pesta dan cincin.

Beberapa hari kemudian pesta hari jadi perusahaan digelar. Tanpa diduga Se Yool bertemu mantan kekasihnya yang putus tiga tahun lalu, Lee Pil Yo. Kehadiran Lee Pil Yo yang mengejutkan Se Yool bukan tanpa alasan.

Sebagai sutradara terkenal dan sukses sampai internasional, Lee Pil Yo dipercaya menyutradarai mega proyek yang diincar Se Yool. Secara otomatis dia akan banyak bekerjasama dengan perusahaan tempat Se Yool bekerja.

Pil Yo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mendekati Se Yool. Setelah tiga tahun putus, Pil Yo bahkan langsung menyodorkan cincin karena berniat menikahi Seo Yool.

Rupanya cincin yang dia lihat di gambaran masa depan bukan dari Cha Min Hu, melainkan dari mantan yang dia campakkan tiga tahun lalu. Dia memutuskan Pil Yo karena melihat bahwa di masa depan keduanya tidak bisa bersama. Se Yool terus menghindar dan berakhir dengan mabuk sendirian. 

Cha Min Hu menemaninya dan pada kesempatan itu keduanya kembali bicara tentang masa depan yang dilihat Se Yool. Min Hu masih tidak percaya bahwa mereka akan berakhir di ranjang. Dalam keadaan mabuk Se Yool dan Cha Min Hu berciuman untuk memastikannya.

Aneh, Se Yool tidak mengingat apa pun keesokan harinya. Keluhan Min Hu yang pusing setelah berciuman pun tidak terasa.

Esok hari Pil Yo mulai aktivitasnya. Dia meminta pada Min Hu agar Se Yool ditugaskan menjadi manajernya selama proyek. Pil Yo juga ingin mencoba mobil yang iklannya akan dia garap.

Setelah menyetujui perjanjian kerahasiaan, Pil Yo dan Se Yool mencoba mobil tersebut, tapi kemudian Min Hu tiba-tiba bergabung.

Min Hu terlihat menghalang-halangi upaya Pil Yo mendekati Se Yool. Pil Yo sendiri meminta Se Yool mengganti kamera mahal miliknya yang dirusak saat keduanya putus. Namun, Pil Yo tak ingin uang melainkan ingin Se Yool berkencan dengannya sebanyak tiga kali.

Pil Yo juga menegaskan tujuannya kembali datang ke hidup Se Yool. Dia ingin menikahinya, sesuai dengan janji yang mereka buat dulu.

Se Yool terlihat emosional dan menghindar. Dia malah lebih memikirkan Cha Min Hu. Cha Min Hu sendiri perlahan mulai memercayai penglihatan masa depan Se Yool, khususnya tentang mereka.

Min Hu mengisyaratkan agar mereka tidur bersama malam itu, seperti masa depan yang dilihat Se Yool, tetapi seorang wanita asing tiba-tiba datang.

Episode 5-6

Review Kiss Sixth Sense Ep 5-6__

Min Hu mengajak Ye Sool tidur bersama untuk mewujudkan masa depan yang dilihat wanita itu beberapa waktu lalu. Syaratnya mereka harus berkencan lebih dulu karena Min Hu tidak bisa tidur dengan seseorang tanpa ikatan. 

Mengingat sikap Min Hu yang tidak berkesan baik selama lima tahun mengenalnya, Ye Sool menolak ajakan itu. Min Hu malah meragukan kemampuan Ye Sool melihat masa depan.

Dia mengatakan kalau Ye Sool hanya berusaha menarik perhatiannya. Semua ucapan Ye Sool tidak masuk akal, termasuk menolaknya padahal sedang tidak punya kekasih.

Ye Sool yang tersinggung dengan ucapan Min Hu mengiyakan ajakan kencan Pil Yo beberapa waktu lalu. Dia ingin menunjukkan kalau dirinya juga punya teman kencan.

Selama berkencan dengan Pil Yo, Ye Sool terlihat tidak menikmatinya. Dia berusaha menghindar setiap kali Pil Yo bertanya alasan dia memutuskannya.

Alasan Ye Sool adalah karena dia melihat mereka memang tidak ditakdirkan untuk bersama. Pil Yo membangun rumah tangga tetapi bukan dengannya. Namun, Ye Sool masih merahasiakan alasan tersebut pada mantan kekasihnya itu. Hingga kencan berakhir, Ye Sool tetap diam.  

Sesampainya di rumah, Ye Sool mendapati rumahnya berantakan karena dimasuki perampok. Min Hu yang memiliki pendengaran sangat sensitif mendengar Ye Sool ketakutan. Dia segera datang menyelamatkannya. 

Masalah berbeda menimpa Pil Yo karena foto mobil terbaru yang dia ambil beberapa waktu lalu bocor di internet. Akibatnya Ye Sool sebagai tim yang ikut menangani proyek Mopix dikeluarkan dan dipindahkan ke Tim Perencanaan 2.

Pil Yo merasa bersalah karena sebelumnya Ye Sool sudah memberi peringatan agar tidak mengambil foto sembarangan.

Min Hu sendiri memenuhi panggilan polisi sebagai saksi atas peristiwa perampokan di rumah Ye Sool. Saat memberi pernyataan, Min Hu mengaku sebagai kekasih Ye Sool. Dia juga berinisiatif melengkapi rumah wanita tersebut dengan alat-alat keamanan yang mutakhir.

Min Hu akhirnya mengaku kalau sudah menyukai Ye Sool sejak lima tahun lalu, tetapi baru menyadarinya belakangan ini. Saat keduanya sedang berbicara, Pil Yo datang meminta Ye Sool tidak buru-buru menjawab pernyataan cinta dari Min Hu. Mereka bertiga lantas pergi minum.

Min Hu mabuk hingga Ye Sool terpaksa membawanya ke rumah. Dalam keadaan mabuk, Min Hu lagi-lagi membahas tentang masa depan yang dilihat Ye Sool. 

Kebetulan Ye Sool sudah ingat masa depan yang dia lihat saat dirinya mabuk dan berciuman dalam mobil dengan Man Hu. Ye Sool melihat dirinya bahagia bersama Min Hu, sesuatu yang tak pernah dia lihat di gambaran masa depannya. Akhirnya Ye Sool pun setuju untuk berkencan dengan Min Hu.

Episode 7-8

Kiss Sixth Sense Ep 7-8

Setelah sepakat untuk berpacaran, Ye Sool mengajukan beberapa syarat pada Min Hu. Salah satunya hubungan mereka bersifat rahasia dan akan berakhir saat masa depan yang dilihat Ye Sool terwujud. Hampir semua syarat yang diajukan Ye Sool disetujui, tapi Min Hu menolak kalau harus putus setelah mereka tidur bersama.

Sejak Ye Sool pindah ke Tim Perencanaan 2, proyek Mopix tidak berjalan lancar. Pekerjaan Pil Yo dinilai buruk dan harus direvisi. Sutradara terkenal itu menolak sebelum akhirnya mendapat ide dari Ye Sool.

Ide tersebut mendapat sambutan baik dari klien dan Ye Sool kembali dipindahkan ke Tim Perencanaan 1 untuk menangani proyek mobil terbaru Mopix.

Masalah terjadi ketika Pil Yo secara tidak sengaja menemukan kertas kontrak berisi syarat-syarat berpacaran milik Ye Sool dan Min Hu. Dia tak percaya karena menurut sepengetahuannya Ye Sool sangat membenci Min Hu.

Pil Yo terlihat kecewa karena alasan Ye Sool berpacaran dengan Min Hu lagi-lagi karena masa depan yang dilihatnya; sama seperti alasan saat dia diputuskan.

Pil Yo akhirnya mengaku kalau dia sudah tahu kemampuan Ye Sool dalam melihat masa depan. Pil Yo juga tahu kalau dia diputuskan karena Ye Sool melihat dirinya bersama wanita lain bernama Eun Jung di masa depan.

Pil Yo merasa diperlakukan tidak adil karena dia tak pernah diberi tahu mengenai masa depan yang dilihat Ye Sool; berbeda dengan Min Hu.

Untuk meluruskan semuanya Pil Yo mengajak Ye Sool menemui Eun Jung. Wanita itu terkejut karena Eun Jung ternyata sudah memiliki suami dan buah hati. Gambaran masa depan yang dia lihat antara Pil Yo dan Eun Jung rupanya hanya kesalahpahaman. Alih-alih meminta maaf Ye Sool kembali berusaha menghindarinya.

Pil Yo cukup kesal dengan sikap Ye Sool yang terus lari dari masalah. Emosinya terekam oleh orang-orang yang melintas dan melihat mereka. Videonya pun tersebar sampai Min Hu ikut mengetahuinya. Masalah yang tengah dialami keduanya bertambah rumit ketika Ji Young diam-diam mengangkat telepon Ye Sool untuk Min Hu.

Dengan niat memisahkan mereka, Ji Young mengatakan kalau Min Hu sudah membocorkan rahasia kelebihan Ye Sool padanya. Akibat hal tersebut saat Min Hu meminta konfirmasi soal video Pil Yo, Ye Sool balik marah. Ye Sool menghindari kekasih sekaligus atasannya itu selama beberapa hari, bahkan saat bekerja.

Ketika tim pergi ke Jeju untuk urusan pekerjaan, Ye Sool malah melihat Ji Young mencium Min Hu. Setelahnya Min Hu tampak sempoyongan dan tidak stabil. Dia kesulitan menjelaskan kejadian sebenarnya pada Ye Sool yang kadung tak mau mendengar penjelasan.

Kemampuan sensitif indera pendengaran dan penglihatan Min Hu pun kambuh karena ciuman itu. Akibatnya dari kejauhan dia bisa mendengar dan merasakan bahaya yang sedang mengincar Ye Sool.

Lihat Masa Depan Lewat Ciuman

Kiss Sixth Sense_Lihat Masa Depan Lewat Ciuman_

Apa jadinya jika kamu bisa melihat masa depan seseorang melalui ciuman? Kekuatan khusus semacam itu membuat seorang wanita karir nan cantik bernama Hong Se Yool trauma karena masa depan yang dia lihat tidak semuanya indah.

Se Yool memutuskan untuk berusaha menjaga bibirnya agar tidak mengenai bagian tubuh siapa pun. Hingga satu ketika tanpa sengaja dia mencium atasannya. 

Berangkat dari premis penuh imajinasi, drama Kiss Sixth Sense (2022) membuka ceritanya dengan formula yang cukup klise. Kamu akan bertemu dengan seorang pekerja yang tertindas dan sesosok atasan yang dingin tapi cerdas.

Bisa ditebak, keduanya akan terikat satu takdir yang tidak bisa dihindari, dan takdir yang mengikat mereka bermula dari sebuah ciuman yang tidak disengaja. 

Drama Fantasi Romance Seo Ji Hye dan Yoon Kye Sang

Kiss Sixth Sense_Drama Fantasi Romance Seo Ji Hye dan Yoon Kye Sang_

Dibuat berdasarkan sebuah webtoon, drama ini memasang Seo Ji Hye sebagai Hong Se Yool dan Yoon Kye Sang sebagai Cha Min Hu. Masing-masing dipertemukan sebagai bawahan dan atasan yang diam-diam saling mengagumi, khususnya dalam hal pekerjaan. 

Dari dua episode perdana Kiss Sixth Sense (2022), nuansa romantis serta elemen fantasi sudah terasa. Sejak beberapa menit pertama, pengenalan karakter Hong Se Yool yang memiliki kekuatan ajaib sudah disajikan.

Kemudian hubungan dengan Cha Min Hu yang kikuk tapi bertendensi ke arah romantis, tanpa ragu-ragu juga sudah disuguhkan untuk menarik rasa penasaran penonton.

Sayangnya, terasa tidak ada yang baru dari drama ini. Nonton dua episode pertamanya belum muncul rasa antusias yang mengikat untuk tetap fokus pada alur cerita.

Dari segi karakter dan cara membangun konflik utama cukup membosankan. Chemistry Seo Ji Hye dan Yoon Kye Sang juga belum terlihat cukup kuat. Hasilnya sebagai drama fantasi romantis, Kiss Sixth Sense (2022) sebuah tontonan yang tanggung.

Baca juga: 20 Drama Korea Fantasi Terbaik yang Seru Buat Ditonton

Kemunculan Mantan Se Yool

Kiss Sixth Sense_Episode 3-4_

Memasuki episode tiga dan empat, drama fantasi romantis Kiss Sixth Sense (2022) memunculkan karakter baru dan membawa perubahan pada plot cerita. Dia adalah Lee Pil Yo, mantan kekasih Se Yool yang diputuskan tiga tahun lalu.

Kehadiran Lee Pil Yo di tengah-tengah hubungan Min Hu dan Se Yool yang memang belum jelas, menambah keseruan karena menciptakan konflik baru. Min Hu yang terlihat menaruh hati pada Se Yool, mulai merasa khawatir karena ada saingan yang luput diperhitungkan.

Se Yool sendiri memperlihatkan ekspresi dan emosi yang ambigu. Di satu sisi bingung dengan perasaannya pada Pil Yo, di sisi lain dia juga bingung menghadapi penglihatan masa depannya bersama Min Hu.

Alasan mengapa Se Yool memutuskan Pil Yo juga belum diperlihatkan secara jelas. Hanya terdapat penggalan dialog yang menyiratkan bahwa Se Yool memutuskan Pil Yo karena melihat masa depan mereka saat keduanya berciuman.

Tarik-Ulur Min Hu dan Ye Sool

Review Kiss Sixth Sense Ep 5-6_Tarik-Ulur Min Hu dan Ye Sool_

Sampai pada episode lima dan enam, bahasan mengenai masa depan Ye Sool masih terus dibicarakan. Sebagai ‘pemilik’ penglihatan masa depan, Ye Sool konsisten dengan kegelisahannya.

Dia tidak tenang setiap kali bertemu Min Hu. Pembicaraan antara dua orang itu lama-lama membosankan karena yang dibicarakan hanya soal bercinta, yang belum terjadi.

Semakin aneh karena hal itu seperti memberi keduanya ide untuk bercinta sungguhan. Tujuannya agar Ye Sool tenang, agar dia tidak gelisah berhadapan dengan Min Hu.

Plot di bagian itu benar-benar terasa mengada-ada dan cheesy. Lucunya, Ye Sool masih terus merahasiakan penglihatan masa depannya dengan Pil Yo. Dia tidak seterbuka itu pada mantan kekasihnya dan membiarkan Pil Yo kebingungan.

Jika Ye Sool bisa bercerita tentang sesuatu yang memalukan pada orang se-menakutkan Min Hu, mengapa dia tidak bisa terbuka pada kekasihnya sendiri?

Sampai episode enam sikap Ye Sool terasa tidak adil untuk Pil Yo. Namun, khusus untuk penumpang kapal Min Hu dan Ye Sool kamu akan bahagia karena di akhir episode enam, Ye Sool setuju menjalin hubungan dengan atasannya itu.

Masa Depan Ye Sool Tak Selamanya Benar

Masa Depan Ye Sool Tak Selamanya Benar

Hubungan Ye Sool dan Min Hu mulai berkembang di dua episode ini setelah keduanya setuju untuk berpacaran. Namun, jangan berharap chemistry yang kuat karena hubungan mereka terasa seperti formalitas, tidak menggemaskan selayaknya pasangan baru. Interaksi Ye Sool dan Min Hu tetap canggung seperti sebelum berpacaran.

Hasilnya love line antara dua main role ini masih sangat hambar. Hal lebih menarik justru ada pada hubungan Ye Sool dan Pil Yo. Pasalnya sutradara tersebut dapat membuktikan fakta mengejutkan tentang kemampuan ajaib Ye Sool.

Pil Yo yang berharap hubungannya dapat diperbaiki membuktikan bahwa penglihatan masa depan Ye Sool ternyata bisa salah.

Sayangnya, plot yang berpotensi menambah keseruan itu tidak dikembangkan dengan baik. Alur malah kembali pada hubungan Ye Sool dan Min Hu yang menjemukan karena belum apa-apa mereka sudah terjebak salah paham.

Bukan hanya itu, sentuhan thriller yang disimpan di bagian akhir episode delapan dengan niat menambah ketegangan, malah terkesan tiba-tiba dan klise.

Kalau mencari drama korea adaptasi webtoon lain seperti Kiss Sixth Sense, Bacaterus juga punya lisnya untukmu di artikel 20 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Asyik untuk Ditonton.

Kiss Sixth Sense
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram