bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review KinnPorsche, Series Thai BL yang Berani Beda

Berbeda dengan dunia perfilman Indonesia dan negara lainnya, Thailand dikenal memiliki alur yang unik ketika mengumumkan project film ataupun series terbaru mereka. Jadi, sebelum tanggal perilisan, judul, sinopsis singkat, dan calon pemeran udah dibagikan ke publik. Hal ini biasanya terjadi 1 hingga 2 tahun sebelum project-nya rampung.

Itulah yang terjadi juga pada KinnPorsche, serial BL Thailand yang sekarang sedang on-going. Teaser, pilot trailer, wawancara, semua telah tersedia sejak 2 tahun lalu. Jadi, walau lama menanti, antisipasi penonton bukannya memudar, malah terus menaik.

Jika kamu sering menonton drama BL pasti bisa melihat kesamaan di antara semuanya: yaitu cinta anak muda. Mau diproduksi oleh agensi manapun, diperankan oleh aktor dan aktris yang berbeda, temanya berkutat di percintaan anak sekolah. Lama-lama bosan juga, kan, nontonnya?

Makanya, ketika KinnPorsche hadir, disambut dengan antusiasme luar biasa dari Thai drama enjoyers. Soalnya, drama BL satu ini membawa muatan dewasa seperti aksi, violence, dan materi yang lebih berat dari sekedar cerita coming of age dan slice of life. Ingin tahu seperti apa sinopsis per episodenya? Yuk, Bacaterus!

Sinopsis

Review KinnPorsche_

Ceritanya unik dan berbeda dari yang lain. Berikut adalah sinopsis serial drama BL Thailand berjudul KinnPorsche dari episode awal sampai akhir. Penasaran?

Episode 1-6

Review KinnPorsche 2_

Kinn Anakinn Theerapanyakul putra kedua, tapi merupakan penerus, dari kelompok mafia yang ayahnya pimpin. Dia memiliki banyak musuh yang menginginkannya mati. Setelah menembak mati salah satu pegawai Don, sekutunya yang berbuat curang, dikerahkan beberapa orang untuk menghabisi Kinn.

Terjadi penembakan di jalanan hingga Kinn terpojok sendirian. Di sana lah dia bertemu Porsche Pachara Kittisawasd, seorang mahasiswa yang bekerja sebagai bartender.

Kinn meminta Porsche membantunya dengan iming-iming uang. Porsche yang tadinya acuh pun akhirnya menghajar orang-orang yang mengejar Kinn.

Sepulang itu, Kinn menceritakan tentang Porsche pada ayahnya. Karena keterampilan Porsche dalam seni bela diri, sang ayah memerintahkan Kinn untuk mencari identitas Porsche yang sebenarnya dan membuat Porsche sebagai bodyguard untuk Kinn.

Porsche tahu ini akan terjadi, bahwa Kinn bukanlah orang biasa dan dia akan digali identitasnya. Tapi, Porsche enggak pernah membayangkan akan dipaksa menjadi bodyguard Kinn. Karena terus diteror Kinn dan rentenir juga terus menagih hutang pamannya ke rumah, Porsche terpaksa setuju.

Porsche meminta dua hal, hutang pamannya dilunasi dan biaya kuliah Porchay, adik kandungnya, ter-cover hingga lulus. Kinn menyetujui hal itu, dan kehidupan Porsche sebagai bodyguard di keluarga mafia Theerapanyakul pun dimulai.

Saat memutuskan untuk jadi bodyguard, maka kehidupan Porsche seutuhnya jadi milik keluarga Theerapanyakul, terutama Kinn karena Porsche diutus sebagai bodyguard Kinn.

Porsche enggak boleh pulang ke rumah, enggak bisa keluar mansion Theerapanyakul kecuali dalam misi, enggak boleh punya ponsel pribadi, dan peraturan ketat lainnya.

Pada awalnya, Porsche sama sekali enggak berusaha untuk jadi bodyguard yang 'benar'. Sehancur apapun kehidupan Porsche, dia tahu kalau mafia melakukan hal yang enggak baik seperti menyiksa hingga membunuh orang.

Dan, itu enggak sesuai dengan prinsipnya. Tapi, setelah membuat banyak masalah untuk keluarga Theerapanyakul, akhirnya dia mau berlatih untuk menjadi bodyguard yang lihai.

por_

Dalam waktu singkat, banyak hal yang dilalui dan juga Kinn. Namun, yang paling enggak pernah diduga oleh mereka berdua, yaitu mereka saling tertarik satu sama lain. Karena konflik tersebut, Porsche meminta pada Tuan Korn, ayah Kinn, untuk ditunjuk sebagai bodyguard Theerapanyakul yang lain (Kinn punya seorang kakak dan seorang adik).

Namun, Tuan Korn malah memberikan 'hadiah', yaitu Porsche diizinkan pulang. Porsche sangat senang bisa bertemu lagi dengan adiknya, Porchay, dan juga kedua sahabatnya di kampus, Jom dan Tem.

Mengira Porsche enggak akan kembali ke kediaman Theerapanyakul, Kinn menghampiri Porsche ke rumahnya, juga ikut makan malam dan minum-minum bersama teman Porsche.

Setelah Jom dan Tem pulang, tersisa Porsche dan Kinn aja. Tapi, mereka kedatangan tamu yang enggak diundang. Porsche dan Kinn pun disandera oleh mereka. Dibawa ke area hutan, Porsche dan Kinn berhasil mengalahkan ajudan geng musuh, namun mereka tersesat di hutan tanpa kendaraan mau pun ponsel.

Food time kinnporsche_

Mereka berdua terpaksa bertahan hidup dengan mencari air dan makanan dari hutan sambil terus terborgol. Walau sering bertengkar, tapi mereka jadi makin dekat setelah saling terbuka satu sama lain. Menceritakan mimpi mereka sewaktu kecil dan juga kehidupan mereka yang kelam.

Di akhir episode, Kinn ternyata bisa membuka borgol mereka berdua, hanya aja dia enggak mau karena itu yang menahan Porsche juga membuat mereka semakin dekat. Tapi, karena Porsche rela memutuskan tangannya demi Kinn bisa mencari pertolongan, Kinn sadar kalau Porsche sangat peduli padanya di luar jobdesk sebagai bodyguard.

Kinn pun memerintahkan Porsche untuk pergi, pulang ke adiknya, jangan pernah muncul di keluarga Theerapanyakul lagi. Kinn akan mengatakan pada semua orang kalau Porsche mati di hutan, sehingga dia bisa bebas. Walau enggak ingin berpisah dari Kinn, Porsche memilih untuk pergi karena bagaimana pun juga dia punya adik yang perlu dia jaga.

Baru beberapa langkah pergi, Kinn ditembaki oleh geng musuh yang membuat Porsche kembali untuk menolong bosnya itu. Melihat ada yang mengarahkan pistol pada Porsche, Kinn ambil badan dan akhirnya dia yang tertembak.

Episode 6.5

KinnPorscheSideStory_

Episode 6.5 #KinnPorscheSideStory menceritakan Kinn dan Porsche yang telah keluar dari hutan. Karena, tepat setelah tertembak, bodyguard Major Family Theerapanyakul berhasil menemukan Kinn dan Porsche.

Porsche adalah yang pertama bangun, ketika mencari di mana Kinn, Tankhun sedikit mengerjainya sehingga dia mengira Kinn meninggal. Padahal, Kinn masih hidup, hanya belum sadar. Saat mengunjungi Kinn, tiba-tiba Vegas datang membawakannya bunga sambil confess terselubung pada Porsche.

Itu membangunkan Kinn. Dia pun mengusir Vegas dan meminta Porsche untuk tinggal di kamarnya selama masa penyembuhan. Berdurasi 8 menit dan bisa ditonton secara gratis di YouTube Be On Cloud, episode 6.5 hanya berisi cerita yang ringan namun memperlihatkan perkembangan hubungan Kinn dan Porsche.

Drama ini memang suka memberikan side story (seperti episode 2.5, tapi itu hanya untuk komedi dan enggak ada kaitannya sama cerita inti, jadi kalau enggak nonton juga enggak apa-apa). Sementara episode Side Story ini harus ditonton sebelum ke episode 7, karena ceritanya berkesinambungan.

Episode 7

vegas 3 (2)_

Episode ini memiliki banyak trigger warning, terutama gore dan darah. Lalu untuk content warning-nya sama seperti untuk episode-episode sebelumnya meliputi alkohol, rokok, dan semacamnya.

Karena Kinn masih dalam masa pemulihan, banyak musuh Theerapanyakul yang berulah. Para bodyguard kepercayaan Major Family pun diutus mengatasi mereka.

Ada Porsche, Pete, dan Big yang tangannya udah sembuh dari penembakan episode 1. Mereka menyusup ke Casino karena mencurigai Don, musuh Kinn yang muncul di episode pertama.

Ketika tengah menghajar antek-antek musuh, tiba-tiba datang Vegas dan mengklaim 'kemenangan' Minor Family karena berhasil menangkap musuh terlebih dulu dari Major Family. Musuh pun dibawa ke mansion Minor Family.

vp_

Di sana, Vegas mempraktikkan kekejiannya untuk pertama kali, yaitu mencopot gigi sanderanya hidup-hidup agar mau berbicara siapa orang yang memerintahkannya.

Kinn marah mengetahui Minor Family ikut campur, lalu Gun (ayah Vegas, Minor Family) memberi penjelasan bahwa bagaimanapun juga mereka keluarga, jadi enggak masalah siapa yang berhasil mengerjakan tugas.

Untuk menemukan lokasi Don, Minor Family menawarkan untuk memimpin aksi karena Kinn masih dirawat paska menembakan. Vegas juga meminta Porsche jadi asistennya untuk misi kali ini.

Kinn enggak menginginkan hal itu, tapi dia enggak bisa menolak perintah Papanya, karena beliau masih jadi pemimpin Major Family Theerapanyakul.

macau

Dari luar, mansion Minor Family tampak lebih 'hangat' dan free. Jika mansion Major Family sangat mewah, futuristik, dan tertutup, mansion Minor Family seperti berbaur dengan lingkungan masyarakat. Dari luar, mereka satu jajar dengan ruko-ruko biasa. Ketika masuk, bahkan suasana seperti pasar, ada yang berdagang di sana-sini.

Semua pedagang menyapa Vegas dengan santun, padahal Vegas jauh lebih muda dari mereka. Mungkin saja mereka tahu siapa Vegas, atau mungkin ruko-ruko itu hanya kamuflase supaya enggak ada yang tahu kediaman Minor Family Theerapanyakul.

Mansion Minor Family tampak lebih tradisional, namun enggak menghilangkan esensi megah dan mahal. Pakaian para bodyguard di sana bebas, bukan setelan jas seperti di Major Family. Para bodyguard bahkan bisa main kartu, minum-minum, dan ada company dari wanita yang leluasa berseliweran di mansion.

porsche

Bahkan para bodyguard makan di meja yang sama dengan Vegas dan Gun, bos mereka. Enggak ada jadwal makan seperti di mansion Major Family.

Makanan pun bukan based on diet tapi makanan yang 'enak-enak', terus bisa sambil minum alkohol dan merokok juga di meja makan. Pokoknya, di awal episode terlihat bagaimana Minor Family jauh lebih baik daripada Major Family.

Vegas juga tampak 'ramah'. Dia mendengar Pete dan Arm nyeletuk 'ada babi panggang di sini' dan langsung memberikan snack tersebut pada mereka. Vegas juga tampak seperti pribadi family oriented karena sangat perhatian pada adiknya, Macau.

p_

Walau begitu, Vegas sebenarnya punya rencana terselubung. Dia ingin memiliki Porsche sebagai bodyguard dan juga kekasih. Untuk itu, Vegas berbohong tentang masa lalu Kinn. Dia mengatakan kalau Kinn membunuh mantan kekasihnya sendiri, Tawan, demi menanam ketakutan di benak Porsche.

Di episode ini, Vegas mulai notice Pete. Maksudnya, tentu Vegas tahu Pete, bahkan merasa kehadirannya sangat mengganggu. Tapi, di akhir episode, Vegas menyadari Pete sedang menggali informasi tentang Minor Family dan menjauhkan Porsche darinya.

Vegas pun memutuskan untuk 'bermain-main' dengan Pete. Ini yang ditunggu-tunggu oleh penggemar KinnPorsche, yaitu cerita VegasPete. Enggak cuma scene seram dan aksi, di episode ini juga ada scene fluff dari Kim, adik Kinn, dan Porschay, adik Porsche.

Episode 8

ep 8 (2)_

Di Episode 8 ini sebagian besar berisi cerita fluff antara Kinn dan Porsche. Di mana mereka pergi berkencan secara 'proper' untuk pertama kalinya. Mereka memanfaatkan waktu 'bebas' sebaik mungkin sebelum masalah baru muncul lagi. Di setengah episode awal, sangat terlihat kalau mereka saling mencintai.

Kemudian muncul sosok yang membuat Kinn berubah, Tawan, mantan kekasihnya dulu. Tawan dipercaya telah meninggal dunia. Sehingga, ketika Porsche pertama kali menanyakan tentang Tawan pada Pete, roomate-nya itu mengatakan mungkin yang Porsche lihat adalah hantu.

KP_

Porsche sampai melakukan merit (mengunjungi kuil untuk berdoa dan 'memberikan jasa' yang baik) karena khawatir dia dan Kinn dihantui arwah Tawan.

Karena mengganggu kehidupan Porsche secara harfiah (Porsche takut hantu), akhirnya Kinn membicarakan tentang Tawan dengan Porsche untuk menenangkan pacarnya itu. Plot twist, sebenarnya Tawan masih hidup!

k_

Selain Kinn dan Porsche, episode 8 juga berisi tentang Kim yang mengumpulkan informasi tentang orang tua Porsche. Selama ini dia memang sangat sus, selalu mencari tahu tentang Porsche dan melakukan cocoklogy. Rupanya, dia curiga kasus kecelakaan mobil yang dialami orang tua Porsche ada sangkut pautnya dengan keluarganya.

Ada bumbu romansa juga antara Kim dan Porchay, adik Porsche. Jelas terlihat kalau motif utama Kim mendekati Porchay adalah untuk menggali info tentang keluarga mereka. Tapi, lama kelamaan Kim tampaknya merasa bersalah dan tumbuh perasaan lain di hatinya untuk Porchay walau dia masih belum menyadarinya, atau mungkin denial.

Episode 9

tawan_

Bagaikan tenang sebelum badai, episode 9 fokus pada Tawan, mantan pacar Kinn. Entah tipu daya atau benar-benar ingin membantu Kinn, Tawan mengaku memiliki bukti terkait Geng Italia yang berbuat curang pada Theerapanyakul Family. Karena itulah Tawan enggak dibunuh, malah mendapatkan perlindungan.

Kinn yang sebelumnya bucin akut sama Porsche mendadak dingin dan seperti tertarik kembali pada Tawan. Itu membuat Porsche khawatir dan insekyur. Ditambah Tawan yang 'terang-terangan' ingin merebut kembali Kinn ke pelukannya. Tawan nggak hanya mempermainkan pikiran Kinn, tapi juga Porsche, membuat Porsche merasa kalah.

Arm, si bodyguard nerd, memberikan alat sadap ciptaannya karena dia 'mendukung' Porsche. Dia satu-satunya orang yang sadar akan hubungan Porsche dengan Kinn, bahkan Pete yang satu kamar dengan Porsche aja clueless. Sayangnya, karena alat itu, Tawan jadi punya bukti untuk frame Porsche sebagai mata-mata.

vegas_

Sangat mengecewakan ketika Kinn terlihat mendengarkan segala repeh dari Tawan dan enggak membiarkan Porsche membela diri. Kinn langsung memerintahkan Big dan Ken mengurung Porsche di penjara bawah tanah Major Family. "I trust no one.", katanya. Mungkin karena malam sebelumnya Kinn memergoki Porsche berduaan dengan Vegas di kolam.

Atau, apakah Kinn punya rencana lain di balik itu semua? Apa ini taktiknya untuk mendapatkan kepercayaan Tawan sepenuhnya agar bisa mengetahui siapa yang 'menjaga' Tawan tetap hidup selama ini?

o

Sebelumnya, Kinn mengutus Pete untuk memata-matai Vegas karena mencuriagi Minor Family lah dalang yang menggunakan dan menyembunyikan Tawan selama ini. Pete memang bodyguard kepercayaan Kinn, tapi dia bukan yang terhandal. Metode menyelidiki secara diam-diam Pete enggak mencerminkan kalau dia bodyguard mafia, malah seperti anak SD yang sedang main kucing-kucingan.

Akibatnya dia ketahuan oleh Vegas dan Macau yang mau melakukan merit (berdoa) bersama-sama di kuil. Ini adalah interaksi yang ditunggu-tunggu oleh Vegas-Pete stans karena tinggal tersisa 6 episode sebelum tamat, tapi side couple ini enggak ada perkembangan apa pun yang berarti.

kim

Meanwhile, adik Porsche, Porschay, memberikan bumbu manis untuk episode ini. Dia menyatakan perasaannya pada Kim, dan pertahanan Kim runtuh. Kim menyambut perasaan Porchay dengan mencium pipi dan memeluknya.

Mungkin Kim lupa, kalau pada awalnya dia mendekati Porchay untuk menggali info tentang keluarga Kittisawasd. Ke depannya pasti ada waktu di mana Porchay tahu yang sebenarnya dan membuat anak muda tersebut sakit hati. Kita tunggu saja bagaimana kisah KimChay nanti, ya!

Episode 10

kim chay_

Dibuka dengan penampilan Kim dan Porchay yang manis, rupanya itu awal dari masalah besar lainnya. Porchay diculik gerombolan orang. Kim yang kebetulan sedang di rumah Porchay mencoba menolong, namun akhirnya gagal karena kalah jumlah.

mile

Sebelumnya, Vegas mengeluarkan Porsche dari penjara bawah tanah Major Family. Walau ketahuan Pete dan Kinn, Porsche bisa keluar dari mansion hidup-hidup. Esoknya, Porsche mengetahui adiknya diculik. Dia pun datang ke tempat yang diperintahkan penculik seorang diri. Pelakunya enggak lain enggak bukan, Tawan.

tawan_

Saat Porsche enggak berdaya, masuk Vegas yang memang sebenarnya datang bersama Porsche. Tapi, mengejutkannya, Vegas mengenal Tawan. Bahkan, mereka memiliki hubungan spesial. Kinn memang pernah bilang, Vegas selalu menginginkan apa yang jadi miliknya. Tawan adalah kekasih yang paling Kinn cintai pada waktu itu.

Tapi, Vegas berhasil merebut Tawan dengan memanipulasi Tawan. Padahal, Vegas enggak mencintai jajaran mantan Kinn yang dia 'rebut' (Iya, Tawan bukan satu-satunya). Heck, dia bahkan enggak mencintai siapapun kecuali ibu dan adiknya.

vegas_

Di scene ini, sangat terlihat betapa manipulatif Vegas. Dia kemudian mencium kening Tawan, seperti 'Judas's kiss'. Ini dikatakan sendiri oleh Bible Sumettikul, pemeran Vegas.

Menurut kepercayaan Yunani alkitabiah, Yudas adalah salah satu murid kepercayaan Yesus Kristus. Yudas mengkhianati Yesus dengan menciumnya dan kemudian mengungkapkan identitasnya agar ditangkap. Karena itu, nama Yudas sering digunakan sebagai simbol pengkhianatan.

Dalam dunia mafia, ada juga istilah 'the kiss of death'. Ciuman ini diberikan bos mafia untuk menandakan anggota keluarga mafia untuk dibunuh, karena mereka telah berkhianat. Detail banget, ya, KinnPorsche, tuh. Enggak setengah-setengah!

ken

Sementara itu, Pete yang tengah menyusup ke mansion Minor Family men-download data dari komputer Vegas. Saat itulah dia mengetahui siapa mata-mata Minor Family di Major Family, ialah Ken, bodyguard yang selalu berkelahi dengan Porsche.

chay

Porchay akhirnya mengetahui kakaknya enggak membuka bar di pinggir pantai, tapi terlibat dalam dunia gelap dan kotor bersama para mafia. Kecewa, Porchay pergi dan menghindari sang kakak.

gun

Gun, leader Minor Family dan adik Korn, menghabisi nyawa Ken. Rupanya, Ken bertindak di bawah perintah Vegas tanpa sepengetahuan Gun. Dia pun memutar otak agar anaknya enggak dihabisi Major Family dan dirinya selamat. Gun berhasil membuat Vegas tampak enggak mengkhianati Major Family di hadapan Korn. Namun, entah apa yang akan terjadi selanjutnya.

vegas

Untuk episode 11, diperlihatkan snippet kalau Kinn melupakan sesuatu saking stresnya. Ya, dia melupakan Pete yang lagi undercover tapi enggak pernah kembali. Saat ini Pete disekap di mansion Minor Family, dan Vegas menyiksanya setiap saat.

Episode 11

kp11

Kabar hubungan Kinn dan Porsche udah terendus seluruh orang di Major Family, termasuk Korn, ayah Kinn. Karena Porchay ingin Porsche resign, permintaan ini pun diindahkan oleh Korn. Kemudian, Korn juga mengizinkan Porsche dan Porchay tinggal di mansion Major Family tanpa harus bekerja sebagai bodyguard.

tay time

Sekarang Kinn bebas mengumbar hubungannya dengan Porsche pada siapapun. Karena, teman-teman Kinn, ayah Kinn, kakak Kinn, hingga semua bodyguard di Major Family mendukung hubungan Porsche dengan Kinn. Untuk pertama kalinya, Porsche merasa bahagia dan bebas dalam hidupnya.

vp

Sementara itu, Pete dibawa Vegas ke Safe House Minor Family, karena saat ini Vegas tengah di-blacklist oleh Major Family. Enggak sendiri, Vegas turut membawa 'peliharaan' barunya, Pete. Di Safe House, Pete masih diborgol dan hanya diizinkan berdiri atau duduk. Untuk makan pun, Pete diperlakukan seperti hewan.

Terjadi shift ketika Pete mengetahui ayah Vegas, Gun, sering memukuli Vegas jika sedang kesal. Gun juga selalu menyalahkan Vegas jika Minor Family 'kalah' dari Major Family. Pete menanyakan apakah Vegas baik-baik saja, dan menceritakan kalau ayahnya juga sering memukulinya dulu. Tapi, keputusan kita lah yang membuat kita jadi seperti apa sekarang.

pete

Jadi, walau sama-sama memiliki keluarga toxic, Pete dan Vegas tumbuh menjadi pribadi yang berbeda. Vegas yang tadinya sangat kasar perlahan-lahan luruh pada kehangatan Pete. Ketika Pete jatuh sakit (akibat Vegas juga), Vegas panik dan mengobati luka-luka Pete.

Dia juga meminumkan obat dengan cara mulut-ke-mulut soalnya Pete menolak minum obat. FYI, Vegas enggak pernah mencium partner-nya sama sekali, tapi dia mau melakukannya untuk Pete. Episode ini memang lebih berfokus pada Vegas-Pete, seperti yang telah ditunggu-tunggu penggemar. Karena 10 episode sebelumnya fokus ke Kinn-Porsche aja.

khun

Porchay yang kini tinggal di mansion Major Family bertemu dengan Tankhun. Mungkin kamu akan berpikir Porchay akan jadi malu-malu dan takut tinggal di kediaman mafia, tapi dia tampak baik-baik aja. Mungkin karena ada Porsche juga di sana.

Khun tampak menyukai Porchay, bahkan dia ingin membesarkan Porchay seperti ketika dia menjaga adik-adiknya, Kinn dan Kim. Di saat itu pula, Porchay mengetahui kalau Kim merupakan bagian dari Theerapanyakul family. Dia pun sadar, kalau selama ini Kim mendekatinya karena Porsche.

chay

Porchay mengkonfrontasi Kim di depan apartemennya, dan benar saja, Kim mengacuhkan Porchay seperti dia bukan siapa-siapa. Saat ditanya apakah Kim mencintai Porchay, sekali lagi Kim mengelak dan meninggalkan Porchay seorang diri.

Tapi, tunggu dulu! Jangan marah-marah sama Kim, karena sepertinya dia melakukan ini karena enggak ingin menyakiti Porchay lebih jauh. Soalnya, Kim semakin dekat dengan informasi tentang kematian ayah dan ibu Porche juga Porchay.

kim

Dengan bantuan Big (yang kini telah meninggal), Kim berhasil menemukan titik terang, kalau kasus tabrakan lari yang tiba-tiba ditutup kasusnya berhubungan dengan keluarganya sendiri. Bahkan orang yang membayar polisi untuk bungkam adalah Korn, ayah Kim, Kinn, dan Tankhun.

Ini adalah episode yang paling bagus di antara semua episode lainnya. Lompatan scene antara Kinn-Porsche, Vegas-Pete, dan Kim-Porchay terasa pas.

big_

Sayangnya, orang-orang nampak melupakan Big. Walaupun dia karakter yang lumayan dibenci di awal-awal episode, dia sampai merelakan hidupnya demi Porsche, orang yang Kinn cintai.

Tapi enggak ada penghormatan sama sekali, orang-orang di Major Family terlihat baik-baik aja, enggak ada yang bersedih atas kematian Big. Sedih banget rasanya jadi Big.. Bahkan Tawan di episode sebelumnya mengatakan "Major Family enggak ngasih kamu baju anti peluru?", dan itu menyadarkan saya kalau Major Family sangat konyol.

Mereka memiliki teknologi canggih di mansion, pakai pakaian yang bagus, makanan sehat, tapi enggak memberikan bodyguard mereka bulletproof vest. Aneh sekali bukan?

Episode 12

CHAY_

Dimulai dengan cuplikan manis antara kakak beradik Kittisawasd, di mana Porsche mengantarkan Porchay untuk interview pendaftaran masuk kuliah. Tapi, kemudian, Porchay malah membuang resumenya dan memutuskan untuk enggak mendaftar di fakultas musik yang selama ini dia idam-idamkan.

Scene berpindah pada Kinn yang bertemu dengan rentenir di Episode 1, yang hendak menyita rumah Porsche. Rupanya, sang rentenir bertindak atas perintah Kinn, untuk menjebak Porsche agar mau tak mau bekerja sebagai bodyguard-nya.

korn

Mengetahui hal tersebut, Porsche marah besar pada Kinn. Kekasihnya pun menjelaskan kalau dia hanya mengikuti perintah Papanya saja. Porsche, ditemani Kinn, pun menghampiri Tuan Korn. Bahkan sebelum Porsche bertanya, Korn langsung menjelaskan kalau orang yang menabrak mobil orang tuanya adalah "teman"nya.

Dia juga mengaku enggak tahu menahu dua orang tersebut punya anak, sehingga hanya menutupi kasus tersebut agar enggak terendus publik dan enggak mencari tahu tentang Porsche juga Porchay. Ketika melihat profil Porsche di Episode 1, Korn jadi teringat pada keluarga Kittisawasd. Korn mencoba menjelaskan sebaik mungkin, tapi Porsche tetap murka dan memilih keluar dari mansion Theerapanyakul.

vegas_

Lalu, episode ini juga menceritakan tentang Vegas yang masih menyekap Pete di Safe House Minor Family Theerapanyakul. Walau masih diborgol, Pete diperlakukan sedikit lebih baik. Vegas enggak membuat Pete makan seperti binatang lagi, Pete juga diperbolehkan tidur di kasur, mereka bahkan kadang mengobrol layaknya teman.

Ketika landak mini peliharaan Vegas mati, Vegas yang panik meninggalkan kunci borgol Pete di kamar. Melihat kesempatan itu, Pete pun bergegas kabur. Namun, melihat Vegas yang tampak merenung, dia menggagalkan misi melarikan dirinya dan malah menghampiri Vegas.

pete_

Vegas yang bahkan bisa tersenyum ketika membunuh orang, menangisi hewan peliharaannya itu setelah Pete menyentuh kaki Vegas untuk menenangkannya. Saya suka detil kecil ketika Vegas melihat Pete duduk di sebelahnya, Vegas bukannya marah, tapi malah mengatakan kalau landak mininya telah mati.

Lalu, sesaat sebelum Pete menyentuh paha Vegas untuk memberikan dukungan moral, Tangan Pete tetap berada dalam posisi seperti diborgol. Mungkin karena refleks tubuhnya yang berhari-hari diborgol. Mengobrol heart to heart, Vegas dan Pete pun memutuskan untuk menjalani hubungan BDSM karena sama-sama tertarik pada hal tersebut.

time_

Kakak beradik Kittisawasd kembali ke rumah mereka. Tapi, enggak cuma berdua aja, Kinn juga sekarang tinggal di sana. Datang dua sahabat dekat Kinn, Tay dan Time, main ke rumah Porsche. Jika begini, mereka terlihat seperti kumpulan teman biasa, bukan orang-orang yang berurusan dengan dunia mafia.

korn

Kedamaian itu terganggu ketika Korn datang membawakan foto + alamat pelaku tabrakan orang tua Porsche. (Entah kenapa saya feeling itu cuma orang yang dikambinghitamkan oleh Korn). Tadinya Porsche hendak membunuh pria tersebut, tapi melihat dia memiliki cucu, dia tak tega dan melepaskannya.

kimhan_

Selain enggak jadi mendaftar di Fakultas Musik, Porchay juga mewarnai rambutnya jadi warna terang dan pergi ke club untuk pertama kalinya. Ketika kita muda dan patah hati, memang terkadang melakukan hal-hal yang bisa membuat kita menyesal, bukan?

Tadinya Porchay hanya ingin minum saja, tapi salah satu teman minumnya menyodori dia narkoba. Tanpa pikir panjang (dan mungkin efek mabuk), Porchay nyaris menelan obat tersebut hingga Kim datang mendamprat orang yang bawa narkoba.

Terjadi adu mulut antara Porchay dengan Kim. Porchay meminta Kim enggak ikut campur urusannya lagi, dan permintaan itu pun diindahkan oleh Kim.

uncle

Mengira semuanya telah selesai, paman Porsche tiba-tiba kembali. Dia memberi tahu Porsche kalau keluarga Kittisawasd dan Major Family Theerapanyakul saling mengenal. Dibuktikan dengan adanya foto Korn bersama ayah ibu, juga Porsche dan Porchay kecil. Sang paman meningatkan, kalau keluarga tersebut enggak bisa dipercaya, satu orang pun.

BL Lakorn yang Lama Dinanti-nanti

action combat kinnporsche

Sama seperti film horor Indonesia "KKN di Desa Penari", KinnPorsche juga baru tayang 2 tahun setelah dikonfirmasi akan dijadikan drama. Tapi, penundaan penayangan film lokal tersebut selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, sementara KinnPorsche memang memerlukan banyak waktu sebelum drama rampung.

Walau begitu, jauh sebelum waktu penayangannya, desas-desus tentang KinnPorsche udah diketahui publik. Orang-orang sangat antusias karena drama ini mengusung dark & mature story. Dibalut pengambilan gambar yang berkualitas tinggi seperti untuk layar lebar, KinnPorsche udah disebut sebagai lakorn BL terbaik sejauh ini.

Bahkan trailer (final) KinnPorsche aja udah mencapai 5 juta kali penayangan di YouTube terhitung bulan Mei 2022. Itu adalah angka fantastis untuk sebuah trailer lakorn Thailand, loh.

Tema yang Tak Biasa

kinnporsche gun_

Hampir 80%, atau bahkan bisa dibilang 90%, lakorn BL Thailand berlatarkan sekolah. Kuliah, SMA, hingga SMP juga ada. Walau, kebanyakan terjadi dalam usia SMA dan kuliah. Jadinya cukup membosankan melihat drama yang serupa lagi hanya dengan para pemainnya saja yang berbeda.

Karena itu, KinnPorsche yang mengisahkan tetang mafia dan tema dewasa lainnya, membuat lakorn ini begitu menarik. Karena, udah lama penikmat BL menginginkan cerita yang lebih intens. Semenjak teaser mulai dikeluarkan satu per satu, orang-orang udah yakin kalau drama ini sangat menjanjikan.

Sinematografi yang Mewah

mewah_

Saya enggak berani mengintip berapa budget KinnPorsche, karena sangat jelas terlihat kalau biaya produksi drama ini enggak sedikit. Mansion Major Family Theerapanyakul aja terlihat futuristik (tonton scene ketika Kinn dan Porsche memilih senjata api di Episode 2, mirip film science fiction)!

Aktor utamanya aja ada 20 orang! Terus, pemeran pendukungnya enggak kehitung ada berapa. Belum menyewa gedung, kendaraan, dan senjata api. Pelatihan para aktor dalam bidang combat dan action pun pasti memerlukan banyak waktu, tenaga, juga biaya.

Selain faktor tersebut, pengambilan gambar dan editing juga mendukung tentunya. Enggak ada yang bisa dikomplain dari aspek tersebut, karena sangat memanjakan mata.

Penuh Metafora

gun

Vegas adalah sepupu Kinn. Dia berasal dari Minor Family Theerapanyakul. Udah enggak perlu dipertanyakan lagi kalau Minor Family memiliki keinginan untuk jadi lebih unggul dari Main Family.

Vegas dan Kinn juga diketahui selalu bersaing dalam bisnis maupun hal pribadi. Mengetahui Kinn menaruh perhatian lebih pada Porsche, Vegas ingin merebut dan menjadikan Porsche miliknya.

Ada yang menarik dari karakter Vegas. Dia menyukai BDSM dalam hubungan erotis dengan partner-nya. Dia juga punya Red Room, ruangan spesial di mana dia bisa mengeksplorasi hal-hal gila di benaknya.

Nah, setiap scene ketika Vegas muncul selalu berwarna hijau, jika di luar ruangan. Tapi, jika Vegas di Red Room-nya, pencahayaan dibuat merah. Hal ini memperlihatkan kalau ketika di luar, Vegas dapat meutupi jati diri sebenarnya dengan baik. Namun, ketika sendirian, dia bisa jadi dirinya sendiri, sebagai embodiment of living red flag.

Banyak Adegan Aksi

kp

Namanya juga cerita tentang mafia, pasti drama ini banyak adegan action-nya. Enggak cuma aksi, ada juga tindak kekerasan bahkan pembuhan dan juga darah. Kalau kamu enggak nyaman dengan tema seperti ini, perlu dipertimbangkan lagi sebelum menonton, ya!

Kelucuan yang Mengagetkan

elizabeth_

Jika kamu menonton teaser demi teaser selama dua tahun lalu sebelum drama ini tayang, pasti tahu betapa DARK-nya KinnPorsche seharusnya, jika mengikuti pilot teaser.

Tapi, ketika lakorn tayang, sejak episode 1 banyak sekali bumbu komedi di dalamnya. Dan, itu enggak cuma ada dalam episode pertama aja, tapi dalam semua episode ada punchline komedinya. Tenang, tingkat komedinya enggak berlebihan sehingga enggak menghilangkan esens keseriusan dari cerita.

Keseruan enggak cuma hadir dari karakter Tankhun, kakak Kinn yang agak bermasalah di kepalanya, tapi dari Porsche juga. Di episode 6, sifat asli Porsche yang kocak namun pandai begitu menguar, membuat Kinn yang selama ini selalu memasang topeng sebagai pemimpin grup mafia luruh juga.

Mafia Juga Manusia

pemeran KinnPorsche 7_

Mafia, walau mereka bergelut dalam bidang kejahatan, tapi mereka tetap manusia. Mungkin, itu yang ingin diperlihatkan dari KinnPorsche.

Tankhun misalnya, dia anak pertama dari keluarga Theerapanyakul. Seharusnya dia penerus resmi bisnis keluarganya, bukan? Tapi, dia enggak bisa. Dia dianggap enggak mampu karena kelakuannya yang seperti anak kecil.

Dia memang agak terganggu kejiwaannya karena sewaktu kecil pernah diculik oleh musuh keluarganya. Entah separah apa perlakuan para penculik pada Tankhun kecil, yang membuat dia sampai dewasa pun enggak bisa bersikap seperti usianya.

Kinn, the heartless man, sebenarnya dia adalah orang yang sangat penyayang. Dia peduli pada 'orang-orangnya' alias para pekerjanya. Dia juga pernah menjalani hubungan serius dengan kekasihnya. Namun, sang kekasih kedapatan selingkuh dengan Vegas, sepupu sekaligus rivalnya, sehingga Kinn pun enggak percaya cinta lagi.

Pada episode 6, ketika Kinn dan Porsche tersesat di hutan, Kinn mengatakan kalau dia enggak ingin ditemukan. Karena, di hutan antah berantah itu, hanya bersama Porsche, dia bisa jadi dirinya sendiri. Tanpa beban yang dia pikul, harus menjadi penerus bisnis keluarga, karena kakak sulungnya (Tankhun) enggak memungkinkan.

Kinn dan Porsche menjadi lebih dekat dalam momen ini, bukan secara intim tapi secara personal. Mereka tahu impian masing-masing. Imutnya, Kinn sempat bermimpi ingin jadi penyanyi. Porsche juga menceritaan mimpinya dan masa lalunya yang menyedihkan.

Kinn sadar dan meminta maaf atas segala perlakuan enggak menyenangkan yang pernah dia lakukan pada Porsche.

Pada akhir episode, dia mengatakan kalau Porsche sebaiknya pergi kembali ke adiknya dan meneruskan mimpinya untuk punya bar sendiri. Dia akan menyatakan pada orang-orangnya kalau Porsche mati di hutan, jadi enggak akan ada yang mencarinya lagi. If it's not true love, guys..

Percintaan Antar Orang Dewasa

kinn

Tentunya ini yang paling ditunggu-tunggu penikmat BL, kisah cinta antara orang dewasa. Soalnya, dari drama-drama BL lainnya yang berlatarkan sekolah, pasti mengisahkan cinta monyet atau cinta-cinta ala anak muda. Kalaupun ada perselingkuhan atau enggak disetujui keluarga, tapi konfliknya enggak terlalu berat.

Untuk KinnPorsche, tentu cerita cintanya lebih runyam dari kisah cinta anak sekolahan. Kalau mau tahu se-complicated apa, kamu harus nonton sendiri ceritanya.

Equally 'Strong' Couple

KinnPorsche_

Banyak banget cerita BL yang couple-nya dibuat timpang. Yang satu dominan, yang satu lemah. Ya, sering seperti itu template-nya. Tapi, enggak dengan KinnPorsche dan semua side couple di drama ini.

Kita mulai dari main couple, Kinn dan Porsche. Walaupun tetap ada pembagian 'posisi' yang saklek, tapi bisa dilihat kalau Porsche enggak seperti uke pada umumnya. Dia tinggi, kuat, bahkan memiliki tan skin yang biasanya identik untuk seme.

Begitu pula Vegas dengan Pete, Time dengan Tay, dan Kim dengan Porchay. Enggak ada karakter yang terlalu manly atau terlalu feminin, semuanya dibuat ambigu sehingga penonton enggak bisa (dan memang sebenarnya enggak perlu) menebak tentang hubungan mereka seperti apa.

Akting Para Pemeran yang Berkualitas

vegas 3 (1)_

Karakter di KinnPorsche sangat berdimensi. Enggak ada yang "Dia jahat banget!" tapi total terus-terusan jahat. Ada juga karakter yang sering melucu, terlihat ramah, namun sebenarnya punya banyak rahasia menyedihkan.

Pokoknya, ada hal lainnya yang membuat tiap karakter jadi lebih menarik, lebih manusiawi, dan lebih gila. Karakterisasi sempurna ini enggak bisa terlihat baik jika enggak dieksekusi dengan baik oleh para pemeran.

Untungnya, semua aktor, pemeran utama mau pun pemeran pendukung, melakukan pekerjaannya dengan baik. Kinn dan Porsche yang dimainkan oleh Mile dan Apo, wah, akting mereka enggak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari ekspresi, hembusan napas, dan nada berbicara pun bisa mereka mainkan dengan apik.

Tapi, saya mau special shoutout untuk Bible dan Build yang memerankan Vegas dan Pete. Vegas adalah karakter yang paling kejam di sini. Dari awal episode penonton udah diberi snippet kalau Vegas itu berbahaya. Namun, baru diperlihatkan secara gamblang di episode ke-7.

Ke-psikopat-an dan watak manipulator Vegas dimainkan oleh Bible dengan ciamik, padahal ini kali pertama dia berakting, loh! Penggemar percaya kalau enggak akan ada aktor lain yang bisa memainkan Vegas se-perfect Bible.

Menariknya, ketika ketiga bodyguard Major Family yaitu Porsche, Arm, dan Pete melihat adegan 'dokter gigi' Vegas, enggak ada yang berani dan nyaman melihat apa yang dilakukan Vegas. Hanya Pete saja yang melihat itu semua tanpa berkedip dan tanpa emosi.

Pete merupakan karakter yang ceria dan sahabat yang baik bagi Porsche. Tapi, jika kamu perhatikan, sebenarnya sikapnya agak misterius. Kenapa dia suka sekali bertelanjang kaki di kamarnya dengan penuh bedak di tubuhnya?

Kenapa dia enggak pernah merasa terganggu ketika ada adegan-adegan mengerikan terjadi di depan batang hidungnya? Build sebagai pemeran Pete sangat baik dalam melakukannya.

Aktornya Enggak Malu untuk Naked

pemeran KinnPorsche 3_

Kinn, Porsche, Pete, Vegas, Pol, itulah beberapa karakter yang udah buka-bukaan dalam 6 episode terakhir. Semuanya enggak ragu untuk buka-bukaan, baik itu hanya bagian atas aja, bagian bawah aja, hingga hampir semuanya. Bagi kamu yang kurang nyaman dengan visualisasi yang terlalu gamblang dalam drama BL, ini warning buat kamu.

KinnPorsche memang di-rating 21+ untuk adegan kekerasan, intercourse, obat-obatan terlarang, alkohol, rokok, dan nudity. Ya, apa yang kamu harapkan? Tentu aja akan seperti ini untuk drama tentang mafia, bukan?

Terutama jika dalam scene tersebut ada Vegas, maka kamu harus siap-siap menahan nafas. Dia adalah red flag hidup. Semua yang dia lakukan mungkin cukup disturbing untuk beberapa orang. Seperti hampir memperkosa Porsche, memanipulasi Porsche, menyandera dan memaksa Pete untuk berhubungan badan, dan seterusnya.

Original OST. dari Rocker Legendaris

slot machine_

Slot Machine (สล็อท) adalah band rock asal Bangkok, Thailand, yang udah berkarya sejak tahun 2000. Mereka dipercaya membawakan main theme song untuk KinnPorsche, "Free Fall", yang hadir dalam 2 versi, yaitu Bahasa Inggris dan Thailand.

Pemainnya Ikut Menyumbang Suara Emas

pp_

Selain Slot Machine, Jeff Satur pemeran Kim Theerapanyakul juga merilis lagu berjudul "Why Don't You Stay" sebagai soundtrack KinnPorsche. Enggak cuma bernyanyi, Jeff turut andil dalam penulisan lirik lagunya, loh!

Barcode, pemeran Porchay, juga turut menyumbang suara merdunya untuk lakorn ini. Judulnya "เพลงนี้ชื่อว่าเธอ" dan ini merupakan lagu pertama Barcode. Mengingat dia masih rookie dan KinnPorsche merupakan drama pertamanya, wajar kalau OST. ini pun jadi project pertama Barcode.

Berbeda dengan lagu dari Slot Machine yang rock dan lagu Jeff Satur yang melow, lagu Barcode bernuansa pop dan ceria. Sama seperti karakterisasi Barcode yang young & cheerful.

Hal Kecil pun Diperhatikan

kp_

Pihak produksi KinnPorsche benar-benar enggak melupakan detil sekecil apapun. Coba perhatikan episode 8 ketika kamera menyorot kamar Porchay. Di lemari kamar terdapat full set buku KinnPorsche by Daemi, penulis asli KinnPorsche.

Terus, seragam sekolah Porchay bertuliskan BOC International School. BOC berarti singkatan dari Be On Cloud, agensi yang menaungi produksi juga para pemeran KinnPorsche. BTW, berarti Macau, adik Vegas, sama Porchay, adik Porsche satu sekolah, ya? Seragam mereka sama, tuh!

Tapi, enggak pernah dijelaskan mereka satu angkatan atau enggak, terus mereka juga belum pernah ketemu di satu scene yang sama. Jadi kemungkinan Macau dan Porchay enggak mengenal satu sama lain. Buat yang bingung Porchay dan Porsche kan miskin, kok bisa masuk sekolah yang sama seperti Macau?

Jadi, dulu keluarga Kittisawasd adalah orang kaya! Tapi, ketika kedua orang tua mereka meninggal mendadak akibat kecelakaan, Porsche harus bekerja menghidupi keluarganya yang terdiri dari dirinya, Porchay, dan pamannya.

Porsche harus membayar cicilan rumah mereka yang besar itu dan juga hutang-hutang pamannya. Jadi, wajar kalau Porsche memutuskan jadi bodyguard ketika ditawari uang yang banyak, hutang pamannya dilunasi, dan jaminan Porchay bisa kuliah sampai lulus.

Penempatan Iklan Seperti Sinetron Indonesia

iklan_

Ada beberapa official sponsor serial KinnPorsche, seperti Maserati dan Ducati yang dikendarai keluarga Theerapanyakul. Kemudian ada juga brand makanan seperti roti dan Mama Ok Noodle dan pewarna rambut. Untuk sponsor kendaraan mewah, penempatan iklan di scene drama tampak mulus. Enggak kelihatan 'sedang ngiklan'.

Sementara untuk sponsor makanan dan pewarna rambut, peletakan iklannya menurut saya sangat maksa. Tipikal drama Thailand dan Indonesia, walau masih lebih terasa ngiklannya untuk sinetron Indonesia dimana punya segmen iklan sendiri selama beberapa menit.

Tapi, Pond selaku produser KinnPorsche perlu diapresiasi, sih. Soalnya, menurut beliau, banyak sekali brand yang ingin menjadi sponsor KinnPorsche.

Namun, Pond merasa enggak memerlukan banyak investor karena tujuan membuat drama ini bukanlah uang, melainkan socialization. Mirip seperti ucapan Mile (pemeran Kinn) yang bilang kalau dia akting bukan karena bayarannya, tapi untuk mencari pengalaman.

Berencana Akan Ada Side Story

kc_

Penulis novel KinnPorsche mengumumkan akan membuatkan side couple KinnPorsche cerita mereka sendiri. Di antaranya VegasPete dan pasangan paling 'normal', KimChay. Jadi semacam spinoff, ya. Kalau dibikin jadi series juga kayaknya seru, deh.

Overall, KinnPorsche The Series La Forte harus banget ditonton. Walaupun ada beberapa hal yang mungkin triggering dan banyak muatan dewasa (perkelahian, darah, senjata api & tajam, serta adegan ranjang dan nudity). Jadi, viewer discretion advised alias kebijaksanaan penonton disarankan.

Ingin tahu kelanjutan cerita cinta antara Kinn dan Porsche, juga side couple lainnya? Penasaran siapa dalang penculikan Kinn dan Porsche? Apakah semuanya perbuatan Minor Family? Ikuti update drama KinnPorsche di artikel ini setiap minggunya, ya.

KinnPorsche
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram