Bacaterus / Review Film Korea / Review & Sinopsis Kingdom Season 2, Wabah Masih Berlanjut

Review & Sinopsis Kingdom Season 2, Wabah Masih Berlanjut

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Web serial Kingdom yang diadaptasi dari sebuah webcomic berjudul The Kingdom of the Gods karya penulis Kim Eun-hee dan digambar oleh Yang Kyung-il ternyata mendapat sambutan luar biasa dari para penggemar. Tentu saja, kisah petualangan Pangeran Lee Chang dalam menyelamatkan Negeri Ginseng dari wabah zombie ini berlanjut ke season 2.

Tayang pada 13 Maret 2020, Kingdom season 2 mendapat sambutan yang lebih meriah lagi setelah sebelumnya, serial yang dibintangi oleh aktor Ju Ji-hoon dan Bae Doo-na ini bak sebuah ‘hidden gem’ yang tayang di Netflix. Dalam review Bacaterus sebelumnya, kami memang menilai season 1 dari Kingdom merupakan serial wajib tonton. Terutama, jika kamu adalah penggemar genre horror atau thriller.

Kali ini, kami kembali untuk membahas season 2 dari serial ini. Masihkah lanjutan serbuan zombie di Korea pada masa Joseon menarik untuk disimak? Yuk kita bahas bersama-sama.

Sinopsis

Sinopsis Kingdom Season 2

* sumber: www.kpopmap.com

  • Rilis: 2019
  • Tahun Berakhir: (masih berjalan)
  • Season: 2
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: AStory
  • Sutradara: Kim Seong-hun, Park In-je
  • Pemeran: Ju Ji-hoon, Bae Doo-na, Ryu Seng-ryong, Kim Sung-kyu, Kim Sang-hoo, Jeon Seok-ho, Kim Hye-jun

Pangeran Lee Chang (Ju Ji-hoon) dan Lord Ahn Heyon (Heo Joon-ho) kini harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa para zombie sama sekali tidak takut akan sinar matahari. Sebelumnya, mereka menyangka bahwa para monster ini hanya menampakkan diri pada malam hari, dan ‘tidur’ pada waktu siang.

Namun ternyata, kemunculan mereka bergantung pada cuaca. Dan, musim dingin yang telah menyambangi dataran Korea membuat para zombie dapat berkeliaran dengan leluasa karena mereka tidak dapat bertahan di bawah sinar matahari yang menyengat.

Setelah Kota Sangju berhasil bertahan dari serangan zombie, masalah baru pun datang karena kota tersebut membutuhkan perbekalan. Sehingga, Chang kembali harus memutar otak untuk bisa menyelamatkan rakyatnya.

Kingdom 2

* sumber: www.hollywoodreporter.com

Sementara itu, asal muasal dari resurrection plant penyebab wabah mulai terungkap. Bahkan beberapa tahun sebelumnya, Konselor Cho Hak-ju (Ryu Seng-ryong) dan Lord Ahn sendiri ternyata pernah menggunakan tanaman tersebut ketika mereka harus melawan serbuan tentara Jepang.

Usaha menyelamatkan Sangju membawa Chang ke wilayah Mungyeong Saejae. Dimana disana, ia harus berhadapan dengan Cho Hak-ju dan ayahnya sendiri, yang tentu saja telah berubah menjadi ‘raja zombie’. Jebakan Hak-ju berhasil membuat Chang terpojok. Namun pertemuan kembali dengan Seo-bi (Bae Doo-na) dan Cho Beom-pal (Jeon Seok-ho) yang pergi untuk menyelidiki resurrection plant berhasil memutar balik keadaan, meski Lord Ahn mesti mengorbankan dirinya.

Kemelut di Mungyeong Saejae mengakibatkan konselor Hak-ju terkena gigitan zombie Lord Ahn. Tanpa disangka-sangka, Mu-yeong (Kim Sang-hoo) yang keluarganya berada di bawah ancaman Ratu Cho bermaksud membawa Hak-ju kembali ke ibu kota. Pangeran Chang pun berusaha mencegah usaha Mu-yeong yang pergi bersama Seo-bi dan Beom-pal, sementara Ratu Cho tengah memainkan skenario piciknya nan kejam, demi menduduki tahta Korea sepenuhnya.

Gigitan Zombie Bisa Disembuhkan

Gigitan Zombie Bisa Disembuhkan

* sumber: www.forbes.com

Di season 2 dari serial ini, konsep zombie dalam Kingdom semakin dijelaskan dengan gamblang. Salut untuk Kim Eun-hee yang membuat detil tentang monster ciptaanya dengan konsep bak sebuah kisah science fiction. Dimana, penyebab dari wabah tersebut adalah telur cacing yang terdapat pada daun resurrection plant tersebut.

Saat tumbuhan itu diolah, telur cacing akan menetas kemudian cacingnya akan masuk, menjalar dan menguasai otak dari jasad seseorang. Sehingga, orang itu akan berubah menjadi sosok monster haus darah. Dengan penjelasan ini, kisah Kingdom tidak akan melulu berpusat pada sosok zombie-nya. Tapi juga, misteri resurrection plant yang kemudian mencuat pada episode final.

Serial Kingdom 2

* sumber: www.slashfilm.com

Film Warm Bodies adalah salah satu kisah mengenai zombie yang dimana bencana monster tersebut bisa dihentikan, atau dengan kata lain, manusia yang telah menjadi zombie dapat disembuhkan. Jarang memang ada kisah zombie yang menceritakan bahwa serangan monster itu bisa dicegah, dan Kingdom adalah salah satunya sehingga layak diacungi jempol.

Dikisahkan, bahwa mereka yang terkena gigitan zombie dapat terhindar dari wabah tersebut apabila berendam di dalam air. Ketika tubuh seseorang berada di dalam air, cacing dari resurrection plant seperti dipaksa keluar dari tubuh korbannya, dan kemungkinan cacing-cacing ini akan mati. Sekali lagi, harus kita akui bahwa Kim Eun-hee yang juga menulis naskah serial ini adalah seorang penulis yang brilian.

Semakin Seram

Semakin Seram

* sumber: mkflix.com

Setelah Kim Eun-hee sang kreator yang membuat sebuah konsep zombie yang berada di luar pakem, kita juga harus memuji sutradara Kim Seong-hun yang kali ini mendapat bantuan dari sutradara lain, yaitu Park In-je.

Dari segi screen play, Seong-hun dan In-je sukses mengekspos serbuan zombie di istana kerajaan Korea menjadi tampak begitu mengerikan. Dan seolah sempat membuat kita berpikir, sepertinya tidak akan ada yang selamat kali ini. Mungkin tokoh utamanya akan beralih dari Lee Chang ke orang lain. Ya, begitu putus asa melihatnya.

Salah satu kesan seram yang timbul adalah, dikarenakan masih berada dalam situasi berduka atas kematian raja mereka, rakyat dan pegawai istana memakai pakaian serba putih. Ide yang buruk –keren, maksudnya- memang karena pertumpahan darah akan terjadi dan semua orang mengenakan kain putih sebagai pakaian mereka.  Lantas, para zombie pun semakin terlihat seperti hantu dengan bercak darah di sekujur tubuh. Pemandangan yang cukup disturbing.

Baca juga: Sinopsis & Review Serial Kingdom Season 1, Zombie di Kerajaan

Mengocok Emosi

Mengocok Emosi

* sumber: www.seawave.media

Agak berbeda dengan season pertamanya yang seolah merangkak naik dengan lambat menuju episode akhir yang penuh kejutan, season kedua kingdom terasa memiliki pace cerita yang cepat. Selain plot yang mencekam, kita juga akan terseret pada suasana haru yang tercipta. Terutama, ketika Mu-yeong yang dikisahkan begitu setia pada Lee Chang menemui ajal, saat ia dianggap telah melakukan aksi pengkhianatan terhadap majikannya tersebut.

Ratu muda Cho mungkin bakalan menjadi salah satu karakter ratu dalam film seri yang sangat dibenci oleh banyak orang, selain tokoh Cersei Lannister dari serial Game Of Thrones. ‘Jahat banget!’. Mungkin itulah kata-kata yang akan keluar secara spontan saat melihat akting Kim Hye-jun di season 2 ini. Awalnya, kita mungkin akan melihat bahwa Cho Hak-ju adalah otak dari segala ide jahat dalam serial ini. Tapi saat menyaksikan season 2, kamu akan berubah pikiran.

Lantas, adegan dimana Lee Chang berhasil mendapatkan kembali kepercayaan para petinggi kerajaan meski bertentangan dengan akal bulus Ratu Cho adalah sebuah plot twist yang sangat heroik dan sedikit memberi kelegaan. Pada akhirnya, kita juga akan menyukai karakter Cho Beom-pal yang pada season sebelumnya terlihat useless dan menyebalkan.

Teori Kingdom

Teori Kingdom

* sumber: www.panaynews.net

Season 2 ini ditutup dengan adegan yang memunculkan aktris Korea Selatan kenamaan yang bermain dalam film My Sassy Girl, siapa lagi kalau bukan Jun Ji-hyun. Dan kemunculan tokoh yang belum diketahui nama dan asal-usulnya ini tentu meninggalkan banyak pertanyaan dalam benak penonton. Lantas, negara Tiongkok disebut-sebut turut berperan dalam penyebaran resurrection plant di negeri Ginseng.

Ada yang mengatakan bahwa kemungkinan, siapapun karakter yang dimainkan oleh Jun Ji-hyun telah muncul sejak awal hanya saja belum terekspos. Di pihak manakah ia berdiri? Apakah dia akan bergabung bersama Ju Ji-hoon, Bae Doo-na, dan Kim Sung-kyu sebagai para protagonis utama, ataukah sebaliknya. Kebanyakan fans berharap, aktris berusia 38 tahun ini akan menjadi jagoan baru dalam Kingdom.

Teori Kingdom 2

* sumber: www.preview.ph

Konflik politik internal merupakan salah satu suguhan utama dalam serial ini. Dalam episode final, kita belum melihat tanda-tanda bahwa istana Korea akan kembali bergejolak. Meskipun, Lee Chang telah diingatkan bahwa keberadaan raja muda yang –dianggap- merupakan keturunan klan Cho bisa menjadi pemicu gejolak politik baru di masa depan.

The Zombie King’ akan kembali? Salah satu adegan di episode final Kingdom adalah, cacing dari resurrection plant yang merayap di dalam tubuh dari raja Joseon baru yang masih kanak-kanak. Tentu saja kita akan berpikir bahwa, jangan-jangan, akan ada bencana zombie baru di istana Korea. Ya, Eun-hee sebagai penulis dan In-je sutradara episode 6 memang berhasil meninggalkan rasa penasaran dalam benak penonton.

Sejak awal kemunculannya, Kingdom memang disanding-sandingkan dengan serial Game of Thrones milik HBO karena kemiripan jalan ceritanya yang berbumbu perebutan kekuasaan dan ancaman ‘the dead’. Mungkin, para penonton Game of Thrones berharap mendapat hiburan pengganti yang sepadan setelah serial tersebut berakhir dengan tidak sesuai harapan pada tahun 2019.

Namun Kingdom tentu saja tidak sama dengan serial yang diangkat dari novel karya George RR Martin tersebut. Tapi, kita berharap demikian. Maksudnya, serial yang memulai debut pada 25 Januari 2019 ini memang memiliki potensi untuk terus menyuguhkan banyak plot dengan intrik yang mampu mempermainkan emosi penonton, dan membuat kita penasaran. Oh ya, tentu saja kami masih merekomendasikan serial ini sebagai salah satu tontonan terbaik milik Netflix.

Belum ada informasi kapan Netflix akan kembali meluncurkan serial ini. Namun beberapa media hiburan berspekulasi, bahwa Kingdom kemungkinan baru akan kembali menjelang penghujung tahun 2021. Suka dengan serial Kingdom dan ingin berbincang tentang serial ini? Jangan segan-segan untuk meninggalkan pesan di kolom komentar.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *