Review & Sinopsis Kingdom Season 2, Wabah Masih Berlanjut

Ditulis oleh Glen Sahetapy
Kingdom Season 2
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Web serial Kingdom yang diadaptasi dari sebuah webcomic berjudul The Kingdom of the Gods karya penulis Kim Eun-hee dan digambar oleh Yang Kyung-il ternyata mendapat sambutan luar biasa dari para penggemar. Tentu saja, kisah petualangan Pangeran Lee Chang dalam menyelamatkan Negeri Ginseng dari wabah zombie ini berlanjut ke season 2.

Tayang pada 13 Maret 2020, Kingdom season 2 mendapat sambutan yang lebih meriah lagi setelah sebelumnya, serial yang dibintangi oleh aktor Ju Ji-hoon dan Bae Doo-na ini bak sebuah ‘hidden gem’ yang tayang di Netflix. Dalam review Bacaterus sebelumnya, kami memang menilai season 1 dari Kingdom merupakan serial wajib tonton. Terutama, jika kamu adalah penggemar genre horror atau thriller.

Kali ini, kami kembali untuk membahas season 2 dari serial ini. Masihkah lanjutan serbuan zombie di Korea pada masa Joseon menarik untuk disimak? Yuk kita bahas bersama-sama.

Sinopsis

Sinopsis Kingdom Season 2
*
  • Rilis: 2019
  • Tahun Berakhir: (masih berjalan)
  • Season: 2
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: AStory
  • Sutradara: Kim Seong-hun, Park In-je
  • Pemeran: Ju Ji-hoon, Bae Doo-na, Ryu Seng-ryong, Kim Sung-kyu, Kim Sang-hoo, Jeon Seok-ho, Kim Hye-jun

Pangeran Lee Chang (Ju Ji-hoon) dan Lord Ahn Heyon (Heo Joon-ho) kini harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa para zombie sama sekali tidak takut akan sinar matahari. Sebelumnya, mereka menyangka bahwa para monster ini hanya menampakkan diri pada malam hari, dan ‘tidur’ pada waktu siang.

Namun ternyata, kemunculan mereka bergantung pada cuaca. Dan, musim dingin yang telah menyambangi dataran Korea membuat para zombie dapat berkeliaran dengan leluasa karena mereka tidak dapat bertahan di bawah sinar matahari yang menyengat.

Setelah Kota Sangju berhasil bertahan dari serangan zombie, masalah baru pun datang karena kota tersebut membutuhkan perbekalan. Sehingga, Chang kembali harus memutar otak untuk bisa menyelamatkan rakyatnya.

Kingdom 2
*

Sementara itu, asal muasal dari resurrection plant penyebab wabah mulai terungkap. Bahkan beberapa tahun sebelumnya, Konselor Cho Hak-ju (Ryu Seng-ryong) dan Lord Ahn sendiri ternyata pernah menggunakan tanaman tersebut ketika mereka harus melawan serbuan tentara Jepang.

Usaha menyelamatkan Sangju membawa Chang ke wilayah Mungyeong Saejae. Dimana disana, ia harus berhadapan dengan Cho Hak-ju dan ayahnya sendiri, yang tentu saja telah berubah menjadi ‘raja zombie’. Jebakan Hak-ju berhasil membuat Chang terpojok. Namun pertemuan kembali dengan Seo-bi (Bae Doo-na) dan Cho Beom-pal (Jeon Seok-ho) yang pergi untuk menyelidiki resurrection plant berhasil memutar balik keadaan, meski Lord Ahn mesti mengorbankan dirinya.

Kemelut di Mungyeong Saejae mengakibatkan konselor Hak-ju terkena gigitan zombie Lord Ahn. Tanpa disangka-sangka, Mu-yeong (Kim Sang-hoo) yang keluarganya berada di bawah ancaman Ratu Cho bermaksud membawa Hak-ju kembali ke ibu kota. Pangeran Chang pun berusaha mencegah usaha Mu-yeong yang pergi bersama Seo-bi dan Beom-pal, sementara Ratu Cho tengah memainkan skenario piciknya nan kejam, demi menduduki tahta Korea sepenuhnya.

Gigitan Zombie Bisa Disembuhkan

Gigitan Zombie Bisa Disembuhkan
*

Di season 2 dari serial ini, konsep zombie dalam Kingdom semakin dijelaskan dengan gamblang. Salut untuk Kim Eun-hee yang membuat detil tentang monster ciptaanya dengan konsep bak sebuah kisah science fiction. Dimana, penyebab dari wabah tersebut adalah telur cacing yang terdapat pada daun resurrection plant tersebut.

Saat tumbuhan itu diolah, telur cacing akan menetas kemudian cacingnya akan masuk, menjalar dan menguasai otak dari jasad seseorang. Sehingga, orang itu akan berubah menjadi sosok monster haus darah. Dengan penjelasan ini, kisah Kingdom tidak akan melulu berpusat pada sosok zombie-nya. Tapi juga, misteri resurrection plant yang kemudian mencuat pada episode final.

Serial Kingdom 2
*

Film Warm Bodies adalah salah satu kisah mengenai zombie yang dimana bencana monster tersebut bisa dihentikan, atau dengan kata lain, manusia yang telah menjadi zombie dapat disembuhkan. Jarang memang ada kisah zombie yang menceritakan bahwa serangan monster itu bisa dicegah, dan Kingdom adalah salah satunya sehingga layak diacungi jempol.

Dikisahkan, bahwa mereka yang terkena gigitan zombie dapat terhindar dari wabah tersebut apabila berendam di dalam air. Ketika tubuh seseorang berada di dalam air, cacing dari resurrection plant seperti dipaksa keluar dari tubuh korbannya, dan kemungkinan cacing-cacing ini akan mati. Sekali lagi, harus kita akui bahwa Kim Eun-hee yang juga menulis naskah serial ini adalah seorang penulis yang brilian.

Semakin Seram

Semakin Seram
*

Setelah Kim Eun-hee sang kreator yang membuat sebuah konsep zombie yang berada di luar pakem, kita juga harus memuji sutradara Kim Seong-hun yang kali ini mendapat bantuan dari sutradara lain, yaitu Park In-je.

Dari segi screen play, Seong-hun dan In-je sukses mengekspos serbuan zombie di istana kerajaan Korea menjadi tampak begitu mengerikan. Dan seolah sempat membuat kita berpikir, sepertinya tidak akan ada yang selamat kali ini. Mungkin tokoh utamanya akan beralih dari Lee Chang ke orang lain. Ya, begitu putus asa melihatnya.

Salah satu kesan seram yang timbul adalah, dikarenakan masih berada dalam situasi berduka atas kematian raja mereka, rakyat dan pegawai istana memakai pakaian serba putih. Ide yang buruk –keren, maksudnya- memang karena pertumpahan darah akan terjadi dan semua orang mengenakan kain putih sebagai pakaian mereka.  Lantas, para zombie pun semakin terlihat seperti hantu dengan bercak darah di sekujur tubuh. Pemandangan yang cukup disturbing.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram