Bacaterus / Review Film Korea / Sinopsis & Review Serial Kingdom Season 1, Zombie di Kerajaan

Sinopsis & Review Serial Kingdom Season 1, Zombie di Kerajaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama sekian lama, orang-orang mengenal ‘drakor’ yang menyuguhkan kisah drama percintaan. Mulai dari Rain, Lee Min-ho, Soong Jong-ki, kemudian Ji Chang-wook hingga Son Ye-jin, adalah sederet nama aktor asal Negeri Ginseng yang digilai para wanita, karena penampilan charming mereka dalam serial-serial K-drama.

Namun pada 2019, perfilman Korea Selatan mencuatkan sebuah ‘hidden gem’ yang menarik perhatian banyak orang, dan keluar dari pakem romantis nan manis yang selama ini kita kenal. Yaitu, serial Kingdom.

Mengangkat tema horror thriller, film seri yang bisa disaksikan melalui media-services provider Netflix ini menyuguhkan sebuah kisah penuh intrik yang menegangkan. Karena, menghadirkan ancaman zombie ditengah pergolakan politik pada masa Joseon di Korea. Mari kita bahas, seperti apakah keseruan yang disajikan oleh film seri yang dibintangi aktor Ju Ji-hoon dan aktris Bae Doona ini.

Sinopsis

Sinopsis Kingdom Season 1

  • Rilis: 2019
  • Tahun Berakhir: (masih berjalan)
  • Season: 2
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: AStory
  • Sutradara: Kim Seong-hun
  • Pemeran: Ju Ji-hoon, Bae Doo-na, Ryu Seng-ryong, Kim Sung-kyu, Kim Hye-jun

Beberapa tahun setelah invasi Jepang ke Korea yaitu sekitar tahun 1592-1598, negara tersebut berada dalam kekuasaan dinasti Joseon. Saat itu, Raja Joseon tengah sakit keras, bahkan –seharusnya- telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Namun rupanya, Konselor Cho Hak-ju (Ryu Seng-ryong) yang menempati posisi sebagai Ketua Dewan Negara tidak ingin kekuasaan atas Korea jatuh ke tangan Pangeran Lee Chang (Ju Ji-hoon).

Sang konselor yang memiliki ambisi untuk membawa clan-nya menjadi pemegang tangkup kekuasaan tertinggi di negerinya tersebut kemudian mendatangkan seorang tabib bernama Lee Seung-hi (Kwom Bum-taek), untuk ‘mengobati’ penyakit sang raja. Hal itu ia lakukan agar raja tetap hidup, karena Ratu Cho (Kim Hye-jun), yang tidak lain adalah putrinya tengah mengandung. Kelahiran bayi Ratu Cho diharapkan dapat memuluskan rencana Hak-ju untuk berkuasa.

Kingdom Season 1

* sumber: www.thejakartapost.com

Pengobatan yang ditempuh oleh sang raja ternyata merubah dirinya menjadi sesosok monster mengerikan, malahan menyerang asisten dari tabib Seung-hi, hingga si asisten pun tewas. Sementara itu, Lee Chang yang telah mengetahui perihal kondisi ayahnya pergi bersama Mu-yeong (Kim Sang-hoo), pengawal pribadinya, untuk menemui sang tabib yang telah kembali ke tempat praktiknya.

Namun ada hal tak terduga terjadi di klinik Lee Seung-hi. Dikarenakan kondisi wilayah yang tengah dilanda kelaparan, atas inisiatif dari seorang pemburu bernama Yeong-shin (Kim Sung-kyu) malah mengolah, lalu menyajikan jasad asisten sang tabib pada para pasien disana.

Saat itulah Seo-bi (Bae Doo-na), salah satu perawat di klinik tersebut mengetahui bahwa metode pengobatan atasannya, telah berubah menjadi bencana mengerikan yang mengancam seluruh wilayah Korea.

Konsep Zombie yang Berbeda

Konsep Zombie yang Berbeda

* sumber: img.thedailybeast.com

Mungkin kita terbiasa dengan kisah zombie dengan setting jaman modern. Biasanya, diceritakan bahwa penyebab munculnya makhluk tersebut adalah karena radiasi atau yang paling umum, virus outbreak. Lantas, bagaimana bisa zombie muncul di Korea apda abad 16? Disinilah kita harus memuji kreator Kingdom karena memberikan kita sebuah asal muasal zombie yang bisa dikatakan baru, selain yang telah kita sebutkan tadi.

Dalam serial yang diangkat dari webcomic berjudul The Kingdom of the Gods karya penulis Kim Eun-hee dan digambar oleh Yang Kyung-il ini, kemunculan zombie berasal dari sebuah ramuan yang bahan dasarnya disebut dengan resurrection plant. Jika tanaman ini diramu sedemikian rupa dan diaplikasikan dengan teknik sejenis akupuntur, maka ramuan tersebut mampu memembangkitkan jasad orang yang telah meninggal dunia.

Kingdom 1

* sumber: geekculture.co

Selebihnya, konsep zombie dalam Kingdom sama seperti zombie dalam film-film lain yang kelaparan dan menyerang manusia. Mereka yang selamat namun terkena gigitan akan menjadi zombie setelah rentang waktu tertentu. Beruntung, di abad ke-16 senjata api sudah ditemukan. Jadi, masih ada cara yang bisa dikatakan cukup efektif untuk menghadapi makhluk-makhluk mengerikan tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengalahkannya? Seperti biasa, dengan mengincar kepala mereka. Tapi, ada satu lagi keunikan yang dimiliki monster kanibal milik Kingdom. Mereka sepertinya takut pada sinar matahari dan seperti vampir, mereka akan berkeliaran saat matahari terbenam. Jadi, masih ada jeda dari ketegangan saat menonton serial ini.

Baca juga: Drama Korea Terbaru yang Wajib Banget Ditonton di Tahun Ini

Horror, Drama, Aksi

Horror, Drama, Aksi

* sumber: www.whats-on-netflix.com

Beberapa orang menilai bahwa serial bertemakan zombie kenamaan, Walking Dead sering kali kehilangan intensitasnya. Sehingga, mereka yang menyaksikannya menjuluki serial tersebut dengan sebutan ‘Talking Dead’, sangking terlalu banyaknya adegan tokoh-tokohnya berdialog.

Namun saat menyaksikan Kingdom, kita akan disuguhkan dengan adegan orang berbincang, kengerian karena kemunculan para zombie, dan tidak ketinggalan adegan laga yang semuanya berimbang.

Malahan, adegan laga dalam Kingdom bisa dikatakan cukup intens sehingga menambah keseruannya. Seperti biasa, scene dimana para jagoan harus berhadapan dengan zombie tentu akan menjadi menu utama. Bagaimana mereka harus lari dari kepungan monster haus darah atau berusaha bertahan dari serangannya cukup breathtaking.

Di satu sisi, perbincangan antar tokohnya juga disajikan dengan cukup baik. Kita akan dibuat untuk terus menyimak dialog demi dialog yang akan menentukan nasib para karakter pada persitiwa selanjutnya. Dan selain peperangan melawan zombie, kita juga akan melihat bagaimana Ju Ji-hoon harus beradu otot dengan orang-orang yang tidak menginginkan sang pangeran untuk mengungkap apa yang tengah terjadi di dataran Korea saat itu.

Karakter Pangeran Lee Chang sendiri adalah seorang jagoan yang sangat manusiawi. Di satu sisi kita akan dibuat sangsi, mampukah ia berhadapan dengan zombie dan para antagonis? Karena, ya, kadang dia tampak seperti anak raja yang manja dan hanya mengandalkan badge crown prince miliknya. Tapi, dia tumbuh di masa peperangan sehingga tidak mungkin rasanya jika dia sama sekali tidak mampu mengayunkan pedang.

Dan untuk hal ini, Ju Ji-hoon yang pertama kali dikenal lewat drama Korea Princess Hour patut diacungi jempol.

Game of Thrones-nya Korea?

Game of Thrones-nya Korea

* sumber: wallpapersden.com

Ketika menyaksikan serial ini, mereka yang juga menyimak Game of Thrones tentu akan melihat ada kemiripan antara Kingdom dengan serial milik HBO tersebut. Tidak persis memang, tapi ada kesamaan pada temanya. Yaitu, keberadaan zombie yang mengancam sebuah kerajaan. Bedanya, jika Game of Thrones diceritakan terjadi di sebuah negeri fiksi bernama Westeros, Kingdom mengambil setting di dunia nyata.

Politik adalah salah satu unsur yang sama-sama dimiliki oleh kedua serial ini. Sementara sepanjang sekian season Game of Thrones akan membawa kita tersesat dalam skenario perebutan tahta, dalam Kingdom, semuanya terjadi secara berbarengan. Ancaman zombie dan intrik perebutan kekuasaan berjalan beriringan sehingga penonton akan dibuat gelisah jadinya.

Selanjutnya adalah zombie. Dalam Game of Thrones, kita akan melihat ras makhluk gaib yang disebut White Walkers, dan memang mirip dengan zombie. Atau lebih tepatnya, mereka memiliki kemampuan untuk membangkitkan jasad orang yang telah mati.

Serial Kingdom

* sumber: www.digitalspy.com

Sementara Kingdom menghadirkan zombie yang telah kita kenal sebelumnya. Oh iya, zombie dalam serial ini juga mampu untuk berlari dengan tidak mengenal lelah sehingga membuat sosok mereka semakin mengganggu.

Kesamaan lain adalah, tokoh utama dari kedua serial ini sama-sama seorang pangeran. Jika dalam Game of Thrones ada Jon Snow yang terasingkan, dalam serial ini kita melihat bagaimana Lee Chang turun langsung untuk menyelamatkan negerinya tersebut. Meski, dia harus memutar otak karena ada orang-orang yang berusaha untuk menyingkirkan dirinya.

Serial yang wajib untuk disaksikan. Betul, kami sangat merekomendasikan serial yang tayang perdana pada 25 Januari 2019 ini. Karena, season 1-nya memang sebagus itu. Apalagi, episode penutup dari film seri garapan Kim Seong-hun ini bakalan bikin kamu melongo karena ada kejutan disertai cliffhanger yang membuat kita sangat pensaran.

Lagipula, tidak dibutuhkan banyak effort untuk menyaksikannya karena hanya terdiri dari 6 episode dan masing-masing memiliki durasi kurang dari sejam. Malahan, sangking serunya, tidak terasa tahu-tahu kamu sudah tiba diujung episode.

Aktor tampan Song Joong-ki sempat ditawari untuk menjadi pemeran utama dalam serial ini, namun ia menolaknya. Seandaikan saja dia bergabung, mungkin Kingdom akan dengan cepat melejit sebagai salah satu tontonan utama para pecinta drakor.

Bukan apa-apa, di Indonesia sendiri, kehebohan serial ini baru terasa ketika season 2-nya tayang pada 13 Maret 2020. Hal itu terlihat dari begitu banyaknya artis dan selebgram yang memperbincangkan Kingdom di unggahan akun Instagram mereka.

Dan tentu saja, kami akan membahas season ke-2 dari petualangan Pangeran Lee Chang dan Seo-bi untuk menyelamatkan Negeri Ginseng dari serangan zombie ini. Tetap simak Bacaterus untuk pembahasan mengenai film, serial TV, dan tayangan Netflix. Jangan sampai ketinggalan.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *