Bacaterus / Review Film Korea / Review & Sinopsis Kill Me, Heal Me: Drama Psikologi Misteri

Review & Sinopsis Kill Me, Heal Me: Drama Psikologi Misteri

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kill Me, Heal Me merupakan drama dengan tema psikologi yang tayang pada tahun 2015. Drama ini sempat menjadi topik hangat karena Kill Me, Heal Me menggambarkan bagaimana kehidupan seseorang yang terdiagnosis Dissociative Identity Disorder (DID) atau kepribadian ganda. Lantas apakah Kill Me, Heal Me layak dimasukan watch-list? Simak pembahasannya dibawah ini ya!

Sinopsis

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Romance, Comedy, Drama, Suspense
  • Network: MBC
  • Produksi: Pan Entertainment, Huace Media
  • Sutradara: Kim Jin-Man
  • Pemeran: Ji Sung, Hwang Jung Eum, Park Seo Joon, Kim Yo Ri, Oh Min Suk
  • Jumlah episode: 20

Kisah dari Kill Me, Heal Me berpusat pada Cha Do Hyun (Ji Sung), pewaris generasi ketiga dari Seungjin Group yang ternyata menderita Dissociative Identity Disorder (DID) atau kepribadian ganda. Do Hyun memiliki tujuh kepribadian yang muncul akibat trauma di masa lalu.

Suatu saat, salah satu kepribadiannya “Shin Se Gi” yang memiliki personal yang kasar dan berani, mengambil alih tubuhnya dan membawa Do Hyun kembali ke tanah kelahirannya sekaligus tempat pemicu dari traumanya.

Do Hyun ditekan oleh sang nenek yang merupakan chairwoman dari Seungjin Group untuk tetap mempertahankan kekuasaanya karena beberapa anggota keluarga besarnya mencoba mengambil alih perusahaan. Tidak hanya neneknya, ibunya juga menekannya untuk maju mengambil posisi di perusahaan, meskipun sebenarnya Do Hyun tidak sedikitpun ingin mendapatkan kekuasaan.

Dan tepat saat Do Hyun kembali ke Korea, ia menjabat sebagai Vice President di salah satu perusahaan Seungjin Group yang dibawahi oleh sepupunya yaitu Cha Kijoon (Oh Minsuk). Keduanya dikabarkan menjadi rival, apalagi setelah cinta pertama Do Hyun, Han Chae Yeon (Kim Yoori) sekarang bertunangan dengan Ki Joon.

Setelah ia kembali ke Korea, Do Hyun beberapa kali bertemu dengan saudara kembar Oh Ri Jin (Hwang Jun Geum) dan Oh Ri On (Park Seo Joon) yang merupakan residen psikiatri dan penulis buku misteri best-seller.

Karenanya, mereka beberapa kali bertemu dan Ri Jin mengetahui keadaan Do Hyun, ia meminta Ri Jin untuk menjadi dokter pribadinya. Bersama dengan Do Hyun, Ri Jin mempelajari setiap kepribadiannya sambil berusaha untuk memecahkan misteri dari pemicu traumanya.

Performa Ji Sung

Performa Ji Sung

Dalam drama Kill Me, Heal Me aktor Ji Sung yang memerankan karakter Cha Do Hyun yang terdiagnosis DID hingga memiliki tujuh kepribadian. Dan setiap karakteristik dari kepribadiannya benar-benar kontras.

Bahkan terdapat kepribadiannya yang memiliki usia dan gender yang berdeda darinya. Sehingga, untuk memerankan dan menonjolkan sisi unik dari setiap kepribadiannya bukanlah pekerjaan yang mudah.

Namun Ji Sung mampu membangun setiap kepribadian yang ia mainkan dan ia mampu menunjukan berbagai macam ekspresi dan body language dari setiap karakternya. Hingga penonton dapat dengan mudah mengetahui kepribadian mana yang sedang mengambil alih tubuh Cha Do Hyun, bahkan sebelum ia berbicara.

Kemampuan akting dari Ji Sung membuat para penonton benar-benar terpikat selama berjalannya drama ini. Dan berkat kemampuan aktingnya dalam menonjolkan setiap karakter yang ia mainnkan, Ji Sung mendapatkan banyak penghargaanbahkan hingga penghargaan besar yaitu Daesang atau Grand Prize di ajang MBC Drama Awards.

Mental Health Awareness

Mental Health Awareness

Mental health illness yang di highlight dalam drama ini adalah Dissociative Identity Disorder (DID) dimana dalam drama ini Cha Do Hyun memiliki tujuh kepribadian. Dan hal tersebut merupakan reaksi diakibatkan oleh trauma berkepanjangan yang pernah ia alami saat masih kecil.

Perjuangan Cha Do Hyun dalam menghadapi penyakitnya membuat kita belajar untuk berlaku baik pada orang lain, karena apa yang kita lakukan atau ucapkan dapat berdampak buruk pada orang lain.

Lalu, drama ini juga memberi pesan kepada penonton untuk menghindari sikap judgmental terhadap seseorang yang terdiagnosa penyakit mental. Dan jika orang terdekat kalian terdiagonis beri mereka dukungan dan perhatian.

Selain itu, penyakit mental sama pentingnya dengan penyakit fisik. Sehingga, baik penyakit fisik ataupun mental penting untuk ditangani. Jadi jangan ragu untuk menghubungi profesional, jika kita merasa butuh bantuan.

The Couple

The Couple

Di awal kisah drama ini hubungan Oh Ri Jin dan Cha Do Hyun adalah dokter dan pasien, namun semakin lama hubungan keduanya semakin berkembang. Diawal penonton mengira bahwa Ri Jin yang akan membantu Do Hyun mengatasi traumanya namun semakin berkembangnya cerita Ri Jin ternyata bagian dari masa lalunya.

Keduanya yang mengalami trauma yang sangat buruk waktu kecil. Dan fakta bahwa mereka menyadari bahwa keduanya tidak dapat mengatasi trauma mereka tanpa satu sama lain membuat hubungan mereka terasa semakin kuat.

The Twins

The Twins

Selain chemistry Oh Ri Jin dan Cha Do Hyun, chemistry saudara kembar Oh Ri On dan Oh Ri Jin juga menarik banyak perhatian. Chemistry kedua tentunya bukan romantically chemistry, namun cara mereka berinteraksi benar-benar terlihat natural seperti kakak beradik. Mereka berdua sering bertengkar namun disisi lain mereka juga saling menyayangi.

Chemistry dari Park Seo Joon dan Hwang Jung Eum yang terlihat dalam drama ini membuat keduanya mendapatkan peran utama di drama lain berjudul She Was Pretty.

Final Verdict

Final Verdict

Kill Me, Heal Me mampu menarik perhatian penonton untuk tetap menyaksikan drama ini sampai selesai, bukan hanya karena plot twist-nya namun storytelling dari drama ini juga membuat penonton betah menyaksikan drama ini.

Meskipun tema yang diangkat pada drama Kill Me, Heal Me ini serius, namun penulis serta sutradaranya mampu menyimbangkan unsur drama, suspense, romance dan komedi dengan sangat baik. Sehingga, penonton tetap dapat menikmati keseluruhan kisah yang mereka sajikan dan pesan dari drama ini tetap dapat tersampaikan.

Dan naskah well-written tersebut didukung dengan para aktor bertalenta. Bukan hanya Ji Sung, performa dari Hwang Jung Eum dan Park Seo Joon dalam mengeksekusi karakternya juga berperan penting dalam kesuksesan drama ini.

Meskipun begitu, drama bukan drama tanpa cacat. Terdapat beberapa sub stories yang terlalu bertele-tele dan semakin berjalannya cerita sub stories tersebut terasa tidak berpengaruh banyak pada plot utama. Dan sayangnya terdapat juga beberapa secondary character yang keberadaan juga tak terlalu signifikan dalam keseluruhan cerita.

Lalu, untuk memudahkan penonton dapat lebih mudah lagi untuk mengetahui kepribadian lain dari Do Hyun, setiap kepribadiannya memiliki preferensi pakaian masing-masing. Lalu mereka juga menambah efek-efek dramatis seperti tiba-tiba terdapat tato hingga warna mata yang berganti. Namun, beberapa penonton mengeluhkan hal itu karena dirasa membuatnya menjadi tidak relistik dan misleading.

Selain itu, menuju episode menuju akhir-akhir episode alur dari drama ini seketika melambat. Sedangkan untuk ending, menurut pendapat saya jika dibandingkan dengan episode-episode sebelumnya, peformanya tidak sespektakuler itu.

Namun, dengan plot menarik yang dipenuhi dengan misteri, dinamik karakter dan high quality actor, membuat kekurangan tersebut dapat tertutupi. Sehingga saya pribadi memberikan skor untuk drama ini sebesar 9/10.

Saya sangat merekomendasikan drama ini terutama bagi kalian yang tertarik dengan psikologi ataupun yang menyukai drama misteri.

Lalu bagaimana dengan kalian yang sudah pernah menonton Kill Me, Heal Me? Berapa skor yang kalian berikan untuk drama ini? Tulis penilaian kalian dikolom komentar ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *