bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Kate & Leopold, Kisah Cinta Lintas Waktu

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Kate and Leopold
3
/5

Tema mengenai time travel atau perjalanan waktu memang selalu menarik untuk dijadikan tema sebuah film. Jika biasanya film-film bertemakan perjalanan waktu dikemas dengan alur cerita yang cukup berat dan serius, lain halnya dengan tema perjalanan waktu dalam film Kate & Leopold. 

Di film ini, cerita mengenai perjalanan waktu dikemas dengan ringan dan dipadukan dengan kisah drama romantis yang menarik. Seperti apa filmnya? Berikut review dan sinopsisnya! 

Sinopsis 

kate-and-leopold-1_
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Fantasy / Romance
  • Produksi: Konrad Pictures / Miramax Films
  • Sutradara: James Mangold
  • Pemeran: Meg Ryan, Hugh Jackman, Liev Schreiber, Breckin Meyer

Pada suatu malam di tahun 1876, Leopold (Hugh Jackman) yang bergelar Duke of Albany tengah berada di pesta dansa bersama para bangsawan lain.

Malam itu ia akan mengumumkan wanita yang akan ia pilih menjadi istrinya. Namun ia tiba-tiba bertemu dengan seorang pria misterius yang membawa kamera kecil. Leopold mengikutinya hingga ke atas jembatan hingga keduanya terjatuh. 

Rupanya pria itu adalah Stuart, seorang pria dari masa kini yang menemukan portal penembus waktu dan menggunakannya untuk masuk ke masa Leopold yang merupakan kakek buyutnya.

Saat keduanya terjatuh dari ketinggian, Leopold pun ikut masuk ke portal dan terbawa hingga ke masa kini. Stuart membawa Leopold tinggal di apartemennya sebelum portal ke masa lalu kembali terbuka. Di apartemen itu, Stuart bertetangga dengan Kate (Meg Ryan), wanita karir yang merupakan mantan kekasihnya.

Saat melihat Leopold, Kate menyangka jika Leopold tengah berbohong dengan mengaku bangsawan. Sementara itu, Stuart mengalami kecelakaan hingga membuatnya harus dirawat di rumah sakit selama berhari-hari. Saat Stuart tidak ada, Leopold pun mulai berkeliaran dan berbaur. 

Sementara Kate masih tidak menyukai Leopold, adiknya, Charlie justru tampak akrab dengan Leopold. Charlie yang menganggap Leopold adalah aktor yang mendalami peran ingin belajar darinya hingga Leopold membantunya berkencan dengan gadis yang disukainya.

Hingga suatu hari Kate mengajak Leopold untuk audisi sebagai bintang iklan di kantor agensinya. Tanpa diduga, akting Leopold disukai oleh klien Kate. Semenjak itu, Kate dan Leopold semakin dekat, terlebih setelah Leopold menangkap perampok yang hendak mencuri tas Kate

Leopold pun mengakui jika ia mencintai Kate hingga keduanya seolah telah menjadi sepasang kekasih. Keduanya melakukan makan malam romantis hingga menghabiskan waktu bersama.

Leopold juga menemukan bangunan museum yang dulunya adalah rumah tempat tinggalnya. Di tempat itu, ia menemukan cincin milik sang ibu yang dulu ia simpan di tempat rahasia.

Leopold hendak memberikan cincin itu pada Kate, namun hubungan keduanya kemudian memburuk setelah Leopold tak mau melanjutkan syuting karena menilai Kate dan kru lain berbohong mengenai produknya. 

Pada hari dimana portal kembali terbuka, Stuart kabur dari rumah sakit dan mengirim Leopold kembali ke tahun 1876 agar sejarah tak berubah.

Di hari yang sama, Kate mendapat promosi dan menghadiri malam peresmian di gedung yang disebut Leopold merupakan bekas rumahnya dulu. Sementara itu di rumahnya, Stuart dan Charlie menemukan foto yang Stuart ambil saat datang ke tahun 1876. 

Rupanya dalam foto itu ada sosok Kate di pesta yang digelar Leopold. Stuart kemudian membujuk Kate agar mau melintasi portal dan masuk ke tahun 1876 karena itu sudah menjadi takdirnya.

Kate yang mencintai Leopold pun memberanikan diri untuk terjun dari ketinggian dan melintasi portal. Kate akhirnya berhasil masuk ke tahun 1876.

Bertepatan dengan Leopold yang harus mengumumkan wanita yang ia pilih untuk menjadi istrinya, Kate pun muncul. Leopold akhirnya memilih Kate yang ia cintai untuk menjadi istrinya. 

Tema Unik yang Dikemas Romantis 

kate-and-leopold-2_

Film berdurasi 123 menit ini bisa dibilang memiliki tema yang cukup unik dengan memadukan kisah fantasi dan drama romantis. Meski mengangkat tema mengenai perjalanan waktu, film Kate & Leopold memiliki alur yang cukup ringan bahkan banyak diselingi dengan adegan-adegan komedi yang terasa kocak dan konyol. 

Tak hanya membuatmu tertawa dengan adegan-adegan komedi yang ditampilkannya, cerita mengenai Leopold yang berasal dari abad 18 hingga akhirnya jatuh cinta pada wanita karir seperti Kate akan membuatmu baper saat menontonnya.

Dengan setting waktu di era modern, kamu pun mungkin akan jatuh cinta pada karakter Leopold yang diperankan oleh aktor Hugh Jackman ini. 

Bayangkan saja jika kamu adalah Kate yang merupakan tipikal wanita modern, lalu tiba-tiba seorang pria yang bersikap bak pangeran datang mendekat. Cara Leopold memperlakukan Kate dalam film ini yang seolah menjadikannya ratu pasti akan membuatmu senyum-senyum sendiri melihatnya. 

Ditambah lagi dengan chemistry yang diperlihatkan Hugh Jackman yang memerankan karakter Leopold dan Meg Ryan yang memerankan karakter Kate, kita akan ikut terbawa suasana dan gemas melihat perjalanan cinta mereka berdua. 

Dua Setting Waktu yang Berbeda

kate-and-leopold-3_

Film ini memiliki dua setting waktu yang berbeda dalam jalan ceritanya, yaitu di abad 18 dan di masa kini atau tahun 2001.

Dua setting waktu ini pun dibuat dengan nuansa yang cukup berbeda, dimana sinematografi pada scene-scene yang menggambarkan abad 18 lebih didominasi dengan tone-tone warna cenderung yellowish sehingga memberi kesan klasik atau sephia

Begitupun dengan kostum, properti, hingga setting dekorasinya yang dibuat klasik sehingga kamu akan benar-benar merasakan nuansa abad 18 di masa lampau saat melihatnya. Namun saat scene beralih ke masa kini, visual-visual yang ditampilkan menjadi begitu khas ala film-film modern.

Konsep ini bisa dibilang cukup menarik karena kita seolah menyaksikan dua film yang berbeda. 

Konsep Perjalanan Waktu yang  Unik 

kate-and-leopold-4_

Pada setiap film-film bertemakan perjalanan waktu, ada beberapa konsep time travel yang digunakan dalam film tersebut, begitu pula pada film Kate & Leopold.

Konsep perjalanan waktu yang digunakan dalam film ini cukup unik karena akan membuatmu berpikir manakah peristiwa yang lebih dulu terjadi. Konsep ini seolah membaurkan mana yang merupakan sebab dan mana yang merupakan akibat. 

Di awal film, kita meyakini jika alur cerita yang terjadi menceritakan mengenai Leopold yang masuk ke dunia modern hingga berakibat ia bertemu Kate.

Namun di akhir film, akan ada sedikit plot twist yang menceritakan jika Kate dan Leopold memang menikah hingga Leopold memiliki keturunan. Keturunan Leopold itulah yang kelak melahirkan Stuart, orang yang menemukan portal waktu untuk membawa Kate. 

Meski terlihat cukup rumit, namun semua konsep itu dikemas dengan kisah percintaan yang manis antara Kate dan Leopold sehingga kamu mungkin tak akan terlalu berfokus pada teori perjalanan waktu ini.

Itulah review dan sinopsis dari film Kate & Leopold yang mengisahkan tentang kisah cinta lintas waktu antara bangsawan dari abad 18 dan wanita modern di masa kini. Dari semua adegan Kate dan Leopold yang terjadi di film ini, adegan mana sih yang paling membuatmu baper dengan mereka? Coba ceritakan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram