bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama Jang Ok Jung: Live for Love (2013) 

Kisah tentang sosok selir dalam sejarah dinasti Joseon ini sudah sangat melegenda. Selir ini bernama Jang Hee Bin/Jang Ok Jung. Ia terkenal dengan kelicikan dan ambisinya pada kekuasaan.

Kisah Jang Ok Jung sudah banyak diangkat dalam drama dengan versi yang berbeda-beda. Namun, perspektif paling menarik adalah karya sutradara Boo Sung Chul ini. 

Boo Sung Chul mengangkat kisah selir kesayangan Raja Sook Jong ini ke dalam serial drama sepanjang 24 episode.

Sederet nama-nama beken di industri hiburan Korea menjadi punggawa dalam drama ini, seperti Kim Tae Hee, Yoo Ah In, Hong Soo Hyun dan masih banyak lagi. Perjalanan panjang Jang Ok Jung bisa kamu simak dalam sinopsis dan beberapa ulasan singkat di bawah ini.

Baca juga: Drama dan Film Korea Terbaik Tentang Kerajaan

Sinopsis 

Review Jang Ok Jung_Review Jang Ok Jung_

Dalam sejarah Korea, Jang Ok Jung bukanlah nama biasa. Ia adalah selir yang kemudian menjadi permaisuri ketiga Raja Sook Jong dan Ibu dari Raja Gyeong Jong. Namun, orang-orang lebih mengenal ia sebagai Selir Jang. 

Sutradara Boo Sung Chul mengangkat kisah Jang Ok Jung semasa ia masih remaja dan menggeluti dunia perancangan busana dan kosmetik pada zaman Joseon. Di masa ini, nama Jang Ok Jung tersohor sebagai pembuat baju paling beken. Pakaian buatannya mempunyai rancangan menarik dan khas.

Kisah dalam drama ini dibuka dengan adegan di mana suatu pagi Jang Ok Jung sibuk menyiapkan pagelaran busana. Acara berlangsung meriah dan baju-baju rancangannya banyak dipesan oleh wanita-wanita bangsawan. 

Namun, acara yang hampir selesai itu tiba-tiba dirusak oleh kedatangan istri bangsawan Jo Sa Seok (Ra Mi Ran) yang mempermalukan Ok Jung di depan banyak orang. Ia membongkar latar belakang Ok Jung yang rupanya tidak banyak orang tahu. 

Ok Jung adalah anak yang dilahirkan dari rahim seorang budak dan ayah seorang pedagang kecil. Saat remaja, keluarga Jang berusaha kabur dari pemburu budak namun berakhir dengan kegagalan. Kakak Ok Jung hilang dan ayahnya dibunuh, sementara ibunya dikembalikan pada pemiliknya. 

Sejak itu, Ok Jung tinggal di rumah keluarga Jung Kang. Keluarga ini mempunyai toko linen dan dari sanalah ia belajar menjahit. Beberapa tahun berlalu, Ok Jung semakin lihai dalam menjahit pakaian dan bisa punya butik sendiri yang diberi nama “Booyongjung”. 

Ok Jung berharap uang hasil menjual pakaiannya bisa digunakan untuk menebus ibunya dari perbudakan. Sayangnya, keinginannya tidak dapat terwujud. 

Suatu hari ia bertemu dengan Putra Mahkota Lee Soon (Yoo Ah In) di kebun. Ok Jung sedang menunggu Lee Soon untuk pengukuran baju. Tidak butuh waktu lama bagi Lee Soon untuk jatuh cinta pada perempuan ini. 

Namun, perjalanan cinta Lee Soon yang nantinya bergelar Raja Sook Jong dan Ok Jung tidak berjalan dengan lancer, lantaran Pangeran Lee Hoon (Lee Sang Yeob) juga jatuh cinta pada Ok Jung. Masalah hierarki pun turut membuat rumit perjalanan cinta mereka. 

Persamaan Kim Tae Hee dan Karakter Jang Ok Jung 

Review Jang Ok Jung_Persamaan Kim Tae Hee dan Karakter Jang Ok Jung_

Dalam serial drama ini, Kim Tae dipercaya sebagai pemeran utama, Jang Ok Jung. Nah, Kim Tae Hee dengan karakter yang dibawakannya itu ternyata punya kesamaan. 

Saat membicarakan sosok Jang Ok Jung, kita tidak bisa memisahkan dirinya dari kecantikannya. Ok Jung konon merupakan wanita paling cantik yang hidup di zaman Joseon. 

Dia adalah wanita yang mampu membuat pria bertekuk lutut hanya dengan melihatnya. Meskipun berasal dari kalangan rendah dan terlahir dari keluarga budak, namun kecantikannya sudah termasyhur dan tercatat dalam Annals of Joseon

Soal kecantikan, Kim Tae Hee juga tidak kalah dari Jang Ok Jung. Aktris yang lahir tahun 1980 ini dijuluki sebagai Beauty of Century. Berdasarkan hasil polling yang dilakukan oleh orang Korea berusia belasan tahun sampai 60, mereka memilih Kim Tae Hee sebagai wajah yang paling cantik. 

Dilansir dari Koreaboo.com, meskipun banyak pendapat yang beredar, namun semuanya bernada sama: istri dari Rain ini benar-benar cantik dan orang setuju dengan polling tersebut.

Persamaan lainnya adalah usia. Ada versi yang menyatakan bahwa Ok Jung dan Sook Jong terpaut perbedaan usia enam tahun, Ok Jung lebih tua dari Raja Sook Jung. Menariknya, di kehidupan nyata, Kim Tae Hee yang memerankan tokoh Jang Ok Jung juga lebih tua enam tahun dari dari Yoo Ah In, pemeran Raja Sook Jong.  

Cinta Terhalang Hierarki 

Review Jang Ok Jung_Cinta Terhalang Hierarki_

Selain mengangkat kisah nyata dari sosok Jang Ok Jung, serial drama ini menyoroti kisah percintaan antara Ok Jung-Sook Jong. 

Dengan memfokuskan pada kehidupan Ok Jung sebelum menjadi selir dan bagaimana cinta mereka tumbuh serta berakhir. Perjalanan cinta beda kasta ini menghadirkan banyak intrik dan strategi politik dari berbagai pihak. 

Meski Lee Hoon/Raja Sook Jong sudah bertemu dengan Ok Jung dan jatuh cinta, ia tidak bisa langsung menikahi gadis itu. Sook Jong terlebih dahulu harus menikahi wanita dari keluarga yang ditentukan oleh kerajaan. Wanita itu adalah Putri Inhyeong (Hong Soo Hyun). 

Setelah menikah pun Raja Sook Jong masih belum bisa menempatkan Ok Jung sebagai permaisuri. Musababnya adalah Ok Jung bukan berasal dari kalangan bangsawan. Status keluarga Ok Jung yang lebih rendah dari Sook Jong membuat perjalanan cinta mereka begitu panjang. 

Ok Jung harus menjadi selir Raja Sook Jong terlebih dahulu sebelum akhirnya Raja Joseon ke-19 ini menepati janjinya untuk membuat Ok Jung sebagai wanita nomor 1 di Joseon.

Sayangnya, Kisah cinta Raja Sook Jong-Ok Jung tidak berakhir dengan manis. Ok Jung akhirnya tewas karena menenggak racun sebagai hukuman mati baginya.  

Setelah Ok Jung meninggal, Raja Sook Jong menghapuskan hukum selir boleh menjadi permaisuri di Joseon yang secara tidak langsung membuat posisi Ok Jung menjadi satu-satunya selir yang bisa naik pangkat menjadi permaisuri. 

Diadaptasi Dari Sebuah Novel  

Review Jang Ok Jung_Diadaptasi Dari Sebuah Novel_

Sudah banyak serial dari film yang diadaptasi dari sebuah novel dan Jang Ok Jung adalah salah satunya. Serial drama ini diadaptasi dari novel karya Choi Jung Mi yang diberi judul sama, Jang Ok Jung: Live for Love

Kisah Jang Ok Jung mempunyai dua versi yang menyoroti sisi baik dan jahatnya sosok ini. Namun, sisi jahat sang selir paling banyak disorot. Skandal politik yang kebanyakan memosisikan ia sebagai sosok jahat itu membuat sepak terjangnya paling diingat. 

Dalam novel dikisahkan bahwa sosok selir kesayangan Raja Sook Jong ini tamak dan haus kekuasaan. Ia sangat berambisi untuk menjadi permaisuri raja. Pendapat lain mengatakan bahwa Ok Jung adalah korban dari perseteruan politik di masa itu. 

Perangai buruknya terlahir dari kehidupannya yang keras dan ketidakberdayaan menghadapi orang-orang yang menekannya. Setelah memasuki istana, ia mulai membangun jaringan politik yang menjamin keberadaannya. 

Keadaan sulitnya itu dimanfaatkan oleh orang-orang dari partai selatan yang menjadi back up Ok Jung. Mereka mendukung Ok Jung untuk naik takhta sebagai permaisuri dan partai selatan menjadi keluarga yang kerajaan yang berkuasa. 

Serial Saeguk Dengan Visualisasi Menarik dan Plot yang Solid  

Review Jang Ok Jung_Serial Saeguk Dengan Visualisasi Menarik dan Plot yang Solid_

Sudah bukan rahasia lagi jika Korea selalu bisa menghadirkan drama yang mengangkat kisah sejarah atau saeguk dengan baik. Hal ini bisa kita lihat dari serial Jang Ok Jung. Setting lokasi dan waktu yang menjadi unsur penting dari drama sejarah ini ditampilkan dengan luar biasa. 

Istana-istana bekas peninggalan kerajaan Korea menjadi latar yang menarik perhatian. Meski tidak sepenuhnya asli, namun istana kerajaan ini menghadirkan suasana Joseon yang kental. Kisah seorang Jang Ok Jung terasa lebih hidup dengan adanya visualisasi dan pengambilan gambarnya yang apik. 

Unsur lain yang menarik adalah alur solid yang diselipi adegan romantis antara Sook Jong dan Jang Ok Jung tak pelak bikin penonton ikut tersenyum menyaksikannya. Dalam hal ini, Yoo Ah In harus diberi tepuk tangan meriah karena membawakan karakter Raja Sook Jong yang bucin dengan baik. 

Dari sudut pandang sejarah, serial ini merupakan salah satu yang terbaik penyajian sejarahnya. Tanpa mengurangi unsur sejarahnya, kisah romantis antara sang tokoh utama tetap seru untuk disaksikan. Tidak heran jika Jang Ok Jung mendapat peringkat sebagai satu dari drama saeguk terbaik. 

Perjalanan seorang Jang Ok Jung tidak hanya muncul dalam drama ini. Ia juga ditampilkan dalam drama saeguk lainnya, Dong Yi. Dalam serial itu kamu akan melihat sisi lain dari seorang Jang Ok Jung. Kalau penasaran, silakan mampir ke artikel Sinopsis & Review Dong Yi.

Jang Ok Jung: Live For Love
Rating: 
4.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram