Sinopsis & Review Island (2022), Manusia Immortal Pembasmi Monster

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Island (2022)
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Won Mi Ho berselisih dengan bibinya perihal perebutan kekuasaan di perusahaan milik keluarga. Dia dijebak seolah memiliki perangai buruk lalu dikirim jauh ke Pulau Jeju.

Sesampainya di sana, secara misterius dia selalu dikejar oleh monster-monster mengerikan. Mi Ho beberapa kali hampir tewas, tapi seorang pria misterius selalu datang menolongnya.

Pria bernama Van itu ternyata manusia setengah monster yang sudah hidup sejak zaman kuno. Dia dan Mi Ho tampaknya punya hubungan di masa lalu.

Hubungan apa yang berlaku antara keduanya? Mengapa Van selalu menyelamatkan Mi Ho? Drama Island (2022) yang dibintangi Kim Nam Gil, Lee Da Hee, Cha Eun Wo dan Sung Joon siap menghiburmu dengan jalan ceritanya. 

Sinopsis

Sepasang pengantin yang melakukan pemotretan tiba-tiba saja berubah menjadi monster mengerikan. Seorang pria misterius berhasil membunuh salah satunya, sedangkan yang lainnya mengejar Won Mi Ho.

Mi Ho baru saja tiba di Jeju tetapi sudah harus menghadapi hal ganjil yang menyeramkan dan mengancam nyawa. Untungnya, Van segera datang membantu. Mengapa monster itu mengejarnya? 

Episode 1-2

review island 2022_Episode 1-2_

Di Pulau Jeju terdapat sebuah tempat bernama Tamra yang dulunya dihuni oleh makhluk-makhluk yang hidup rukun. Namun, sebuah pertikaian antara dewa dan makhluk hidup lain merusak kerukunan tersebut. Untuk meredamnya, para dewa menyegel darah 46 anak dewa ke dalam sebuah batu yang disebut Dol Hareubang. 

Sekian tahun berlalu, Dol Hareubang masih banyak ditemukan di Tamra. Dua di antaranya ditemukan oleh sepasang pengantin yang tengah melakukan pemotretan.

Tanpa diduga, dua Dol Hareubang itu mengeluarkan energi jahat yang merasuk ke tubuh sepasang pengantin tersebut. Akibatnya, seketika keduanya berubah menjadi monster.

Pengantin pria tewas di tangan seseorang misterius bernama Van, sedangkan pengantin wanita berhasil kabur dan mengejar mangsa lainnya, yaitu seorang wanita bernama Won Mi Ho. Dia adalah putri dari keluarga pemilik Grup Daehan yang dipindahkan ke Jeju karena dijebak oleh bibinya sendiri dalam rangka perebutan kekuasaan.

Van merupakan sosok manusia setengah monster yang sudah hidup sejak zaman kuno. Sejak kecil,  secara tidak manusiawi dia dan satu orang pria lainnya, Goong Tan, diciptakan sebagai pemburu monster atau iblis nafsu.

Melihat penderitaan yang harus dilalui Van dan Goong Tan dalam prosesnya, seorang gadis cilik yang diketahui bernama Won Jeong sangat ingin membantu. Dia berjanji akan kembali saat besar nanti untuk melepaskan Van.

Nahas, Van yang tumbuh menjadi lelaki dewasa dan setengah monster, malah membunuhnya. Won Jeong yang diramal sebagai penyelamat dan penyeimbang tersebut, tampaknya bereinkarnasi menjadi sosok Won Mi Ho. 

Kedatangan Won Mi Ho ke Tamra ternyata sudah diprediksi oleh sebuah keuskupan di Italia yang biasa berurusan dengan roh-roh jahat. Mereka kemudian mengutus seorang pendeta muda bernama Yohan untuk membantu, melindungi dan membangkitkan jiwa penyelamat pada Mi Ho yang kini sudah kembali ke Jeju. 

Yohan kini sudah ada di kediaman Mi Ho dan siap dikenalkan sebagai keponakan dari salah satu orang kepercayaan Mi Ho bernama Jang. Tuan Jang rupanya sudah mengetahui bahwa Mi Ho ditakdirkan menjadi penyelamat, tetapi dia pesimis Yohan dapat membangkitkan kemampuannya. 

Mi Ho sendiri terus dikejar oleh para monster yang bertujuan untuk membunuhnya. Dia harus lari dari kejaran sekretarisnya yang berkhianat, yang telah dirasuki iblis.

Ketika Mi Ho hendak kembali ke Seoul, dia juga kembali dikejar oleh iblis yang merasuki tubuh seorang petugas keamanan. Untungnya, saat terdesak seperti itu Van selalu datang menyelamatkannya.

Van lantas menjelaskan bahwa takdir Mi Ho memang mati di tangan para iblis nafsu tersebut. Sekalipun dia kembali ke Seoul atau ke tempat manapun, iblis-iblis itu akan menjelma jadi manusia yang membahayakannya.

Mi Ho tak punya pilihan lain selain bersembunyi. Mi Ho merasa hidupnya memang menderita, tapi dia juga tak ingin mati dengan menyakitkan. Mi Ho lantas terpikir untuk mempekerjakan Van sebagai pengawal pribadinya. Sebelum disetujui, Mi Ho tertidur pulas.

Saat Mi Ho tidur, Van melihat sebuah tanda di salah satu bagian tubuh Mi Ho. Dia teringat perkataan Geum Baek Ju bahwa jika Mi Ho benar-benar Won Jeong, pasti ada tanda di tubuhnya. Van terlihat bingung sekaligus sedih karena di masa lalu dia telah membunuh Won Jeong.

Episode 3-4

island 2022_episode 3-4__

Hari pertama mengajar di Sekolah Tamra, Mi Ho sudah harus berhadapan dengan sikap para murid yang membuatnya kesal. Salah satunya adalah cucu nenek Geum Baek Ju yang bernama Yeum Ji.

Gadis itu tampak santai keluar kelas padahal jam pelajaran baru akan dimulai. Yeum Ji rupanya menuju rumah Lee Su Ryeon, salah satu temannya yang sudah beberapa hari tidak masuk sekolah.

Yeum Ji khawatir melihat kondisi Su Ryeon yang memprihatinkan sebab mengalami penyiksaan dan teror dari kekasihnya, Yoon Gyeong Jun. Dia kemudian menyarankan Su Ryeon untuk meminta bantuan arwah penunggu hutan bernama Benjulle.

Dengan meminta padanya, Benjulle akan menghukum orang yang telah membuat hidup seseorang sengsara. Su Ryeon yang putus asa dengan penderitaannya segera mendatangi hutan dan melakukan permohonan. Anehnya, setelah dari sana tubuh gadis itu seperti dikuasai iblis jahat.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram