Sinopsis & Review Ishq Ka Rang Safed, Kisah Cinta Seorang Janda

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Ishq Ka Rang Safed
3.5
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Ishq Ka Rang Safed merupakan serial India yang tayang pada 2016 lalu. Di Indonesia sendiri ia ditayangkan oleh MNC TV pada 9 April 2018 silam. Serial sepanjang 345 episode ini diarahkan oleh sutradara-sutradara berbakat seperti Uttam Ahlawat, Shahnawaz Khan dan Nitin Mahesh Chaudhary.

Ishq Ka Rang Safed bercerita tentang lika-liku perjalanan cinta seorang pemuda kaya dan cucu tokoh terpandang dengan seorang janda muda. Kisah cinta mereka tentu tidak mudah sebab terhalang oleh budaya serta adat istiadat yang sudah berlangsung sejak lama. Tapi kekuatan cinta selalu punya caranya sendiri.

Mishal Raheja dan Eisha Singh menjadi pelakon utama dalam serial ini. Keduanya berhasil suguhkan chemistry yang pas. Penasaran dengan keseluruhan ceritanya? Baca terlebih dulu sinopsis dan reviewnya di bawah ini yuk!

Sinopsis

Review Ishq Ka Rang Safed_sinopsis

Viplav Tripathi (Mishal Raheja) merupakan seorang sarjana hukum dan cucu laki-laki dari Dashrath Tripathi, tokoh terkemuka di Banaras. Suatu hari dia bertemu seorang janda di tepi Sungai Gangga di kota suci Banaras. Wanita tersebut bernama Dhaani Awasthi (Eisha Singh). Dhaani tinggal bersama ibunya di aashram, sebuah asrama yang memang khusus dibangun untuk para janda.

Pertemuan awal mereka tidak meninggalkan kesan yang baik untuk satu sama lain. Dashrath kemudian mengirim cucunya tersebut ke Delhi dan mencoba untuk mengosongkan aashram. Namun, Viplav datang untuk melawannya. Kejadian ini berlanjut dengan perjodohan antara Viplav dan Tanya Vajpayee (Snehal Rai) yang dilakukan oleh kedua orang tua Viplav. Putusan ini ditentang Viplav.

Cerita berlanjut saat Viplav menyelamatkan Dhaani yang hampir tenggelam. Peristiwa ini diabadikan secara diam-diam oleh Tripurari (Dakssh Ajit Singh), saudara tiri Viplav. Lelaki itu sengaja mengambil foto mereka berdua untuk mencemarkan nama baik Dhaani.

Mengetahui hal tersebut Viplav marah dan malah memutuskan untuk tinggal bersama para janda hingga satu demi satu masalah terpecahkan. Dhaani dan Viplav bekerjasama membantu para penghuni aashram hingga suatu ketika hubungan antara keduanya terganggu karena salah paham. Dhaani kemudian direncanakan untuk bertunangan dengan Tripurari. 

Hal ini membuat Viplav bergerak dengan berupaya membatalkan upaya pernikahan keduanya. Upayanya tersebut semakin mudah ketika sebuah fakta terungkap bahwa Tripurari telah menghamili seorang janda bernama Suvarna.

Apakah hubungan antara Dhaani dan Viplav dapat mulai terjalin kembali? Sayangnya tidak. Kanak Tripathi (Kajal Nishad), ibunda Viplav justru meminta Tripurari untuk menghabisi Dhaani. Beruntung Viplav mampu menyelamatkannya. Mereka lantas melarikan diri dan berlindung di sebuah pondok serta mengaku sebagai sepasang suami istri.

Kejadian demi kejadian membuat perasaan antara keduanya semakin tumbuh. Viplav bahkan mengutarakan keinginannya untuk menikahi Dhaani. Memikirkan banyak hal, Dhaani tidak langsung mengiyakan ajakan tersebut. Dia bahkan sempat menolak sebelum akhirnya menerima lamaran Viplav.

Mengetahui ada banyak rencana jahat yang akan digunakan untuk memisahkan mereka, Viplav segera menikahi Dhaani di sebuah kuil. Pihak keluarga yang tahu mengenai hal ini hanya Shalu (Khushbu Thakkar), adik perempuan Viplav. 

Shalu kemudian bertunangan dengan Raja Awasthi (Khushwant Walia). Raja sendiri ternyata merupakan saudara laki-laki dari mantan suami Dhaani. Selama ini Raja sedang mencari istri saudaranya tersebut sebab dia merasa bahwa wanita itu harus bertanggungjawab atas kematian saudaranya. Dhaani kemudian mengetahui identitas asli Raja dan berusaha menghentikan pernikahan itu.

Sayangnya Dhaani tetap ditangkap karena kasus kematian mantan suaminya. Sebagai suami, Viplav membantu Dhaani dan percaya bahwa istrinya tersebut tidak akan melakukan hal semacam itu. Benar saja bahwa menurut pengakuan Dhaani, mantan suaminya adalah seorang pecandu alkohol sementara sang ibu mertua selalu memukulinya.

Pada malam kematian suaminya, Raja ada di tempat kejadian. Dia sesungguhnya melihat dan mengetahui bahwa saudara laki-lakinya tersebut jatuh dari balkon karena mabuk. Namun, Raja justru menyalahkan Dhaani atas peristiwa mengenaskan itu. Sekuat tenaga membela istrinya, Viplav berhasil membebaskan dan membawa Dhaani pulang.

Bagaimana kelanjutan cerita antara Viplav dan Dhaani? Masalah apa lagi yang akan dihadapi dua orang saling mencintai tersebut? Serial Ishq Ka Rang Safed sepanjang 345 episode akan memberikan Anda jawabannya. 

Turut Perlihatkan Kehidupan Janda di India

Review Ishq Ka Rang Safed_Turut Perlihatkan Kehidupan Janda di IndiaSumber: colorstv.com

Serial Ishq Ka Rang Safed menawarkan ide cerita yang cukup berbeda. Sebuah issue yang diangkat pun cenderung tidak sama dengan serial India kebanyakan. Ia bukan soal perselingkuhan atau pengkhianatan, melainkan kehidupan seorang janda yang serba sulit, baik dalam perihal cinta atau lainnya.

Kisah cinta antara Viplav dan Dhaani mejadi poros utama dari semua konflik dalam serial ini. Semua bermuara pada satu masalah, yaitu status Dhaani yang merupakan seorang janda. Ishq Ka Reng Safed secara tidak langsung turut memperlihatkan kehidupan para janda di India. 

Budaya di beberapa daerah di India, memosisikan janda sebagai sebuah kesialan. Peraturan adat istiadat setempat mengatakan bahwa wanita yang berstatus sebagai janda tidak boleh menikah lagi. Para wanita tersebut tidak boleh bekerja, memakai aksesori, make up bahkan parfum. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram