Sinopsis dan Review Insiders (2021), Reality Show Netflix

Ditulis oleh Siti Hasanah
Insiders
2.5
/5

Ada peserta, ada tantangan dan ada hadiah uang tunai senilai 100 ribu Euro. Kira-kira itulah penjelasan sederhana dari reality show terbaru yang ditayangkan oleh Netflix tanggal 21 Oktober 2021.

Insiders disebut sebagai sebuah tontonan dengan konsep segar di mana ada 12 peserta yang mengira bahwa mereka sedang melakukan audisi agar masuk acara reality show utamanya.

Padahal faktanya adalah mereka sudah masuk acara utama sejak hari pertama mereka menginjakan kaki di “rumah” seluas 17 ribu kaki persegi lebih itu.

Mereka tidak sadar bahwa ada 70 kamera dan 250 mikrofon yang terpasang di sudut-sudut rumah. Dan selama 24 jam kegiatan mereka direkam dan disiarkan ke TV. Penjelasan detail dari reality show ini akan diulas di bawah. Simak yuk informasinya!

Sinopsis

insider-5_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Reality TV
  • Sutradara: Mamen Fernandez
  • Pembawa Acara: Najwa Nimri
  • Jumlah Episode: 7
  • Peserta: Laura, Tatiana, Estefania, Barbara, Nicole, Ivan Molina, Hugo, Peter, Fama Marong, Ivan Miguez, Olaya, Francisco

Kisah dibuka dengan memunculkan Najwa Nimri yang memandu acara. Dalam balutan setelah kulit dan rambut lurus berponi, ia menjelaskan detail program yang akan berjalan yang meliputi penjelasan teknis mengenai acara tersebut.

Najwa juga menampilkan denah rumah yang akan mereka tinggali dan di mana saja kamera-kamera ditempatkan. Namun, ruangan rahasia tidak ia sertakan dalam penjelasan tersebut. Keterangan lebih lengkap dan rahasia konsep yang diusung Insiders dijelaskan pada peserta yang tereliminasi.

Mereka diberitahu bahwa mereka sudah resmi menjadi peserta inti sejak pertama kali mereka terpilih dalam program tersebut. Jadi, tidak ada reality show utama sebab programnya sendiri sudah berjalan saat itu juga.

Setelah itu, Insiders menayangkan satu persatu wawancara peserta. Mereka saling menceritakan identitas dirinya. Ada 12 peserta dari berbagai tempat di Spanyol, yakni Laura, Tatiana, Estefania, Barbara, Nicole, Ivan Molina, Hugo, Peter, Fama Marong, Ivan Miguez, Olaya, dan Francisco.

Salah satu dari 12 peserta ini adalah aktor yang ditempatkan untuk misi tertentu. Dalam 12 hari mereka akan direkam guna menentukan siapa yang paling kompeten untuk memenangkan hadiah uang tunai tersebut.

Ke-12 peserta tersebut tidak menyadari bahwa para kru TV, pembawa acara dan semua orang di Insiders mengawasi setiap pergerakan dan ucapan mereka. Mereka akan mengalami fase dan data analisis dalam setiap episodenya untuk mencari kandidat terbaik yang sesuai dengan program ini.

Data analisis yang diterapkan pada mereka diambil dari penilaian ketegasan, keaktifan, ketekunan, ketelitian, reaktivitas, kepekaan, empati, kolaborasi, keinginan sosial, dan kerentanan.

Namun, analyzer tools yang mereka gunakan pun tidak lepas dari manipulasi para kru untuk menguji peserta lebih jauh. Angka-angka yang didapatkan diotak-atik untuk melihat respon para peserta.

Di Insiders, para peserta mempunyai strategi termasuk memanipulasi dan mengkhianati rekan serumah mereka agar mereka bisa mengatasi fase-fase di setiap episodenya. Di sepanjang episodenya, ada saja air mata dan luapan emosi di dalam rumah yang mereka kira adalah tempat training.

7 Episode yang Menampilkan Sifat-Sifat Manusia

insider-1_

Insiders terdiri dari 7 episode yang masing-masing episodenya terdiri dari fase-fase yang harus dihadapi oleh peserta, termasuk fase pengenalan mengenai peserta dan peraturan serta teknis programnya.

Program ini mempunyai konsep yang menarik untuk menguji respon manusia. Insiders tidak memberitahu peserta bahwa kamera selalu merekam semua hal yang terjadi di rumah tersebut. Video dan percakapan mereka nantinya ditampilkan di sesi menonton di ruang teater.

Situasi dan keadaan yang diciptakan di Insiders mempunyai tujuan masing-masing dan setiap episodenya akan ada peserta yang tereliminasi. Fase khusus dimulai di episode kedua, If You’re Telling Anyone, You’re Out. Di fase ini, Tatiana, sang aktris suruhan Insiders harus menjalankan tugasnya.

Dibantu oleh Mamen, sang sutradara, ia memberitahukan kepada peserta bahwa Insiders kemungkinan akan dibatalkan karena dua alasan, yakni COVID dan kebocoran konsep. Alasan kedua adalah yang paling menguji sisi moral peserta.

Mereka ditanyai satu-satu tentang apakah mereka mengetahui siapa yang tidak sengaja mengambil footage dan membocorkannya pada orang luar.

Episode ketiga adalah No Such Thing As Perfection. Ini adalah Eksperimen Sosial Media. Mereka diberi akun anonim dan diperbolehkan berkomentar jahat pada unggahan peserta lainnya. Cara mereka merespon komentar jahat adalah hal yang disoroti. Di fase ini, Peter dan Nicole berdebat hebat.

Episode keempat adalah Streaming Life. Lewat tayangan video di ruang teater, Najwa membocorkan bawah program Insiders memilih satu pemenang yang akan diungkapkan di episode final. Di episode kelima, Double Feature, Insiders bagai menyiram api dengan bensin.

Tensi di rumah tersebut sedang panas pasca cekcok di Eksperimen Sosial Media dan mereka menayangkan cuplikan video yang berisi percakapan rahasia yang mereka pikir tidak akan direkam. Tentu saja ini membangkitkan kemarahan orang yang dibicarakan dalam video tersebut.

Di episode keenam, Taking Down with Me, Insiders menayangkan cuplikan video yang memperlihatkan strategi Ivan Molina.

Selain itu ada banyak kejutan lainnya, misalnya keputusan Peter yang meminta Ivan memilihnya sebagai kandidat yang tereliminasi. Ia ingin Laura yang maju sebagai pemenang. Kejutannya lainnya datang dari Hugo yang mengeliminasi Fama. Sampai episode final.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram