bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Inside Man, Rahasia di Balik Perampokan

Ada cukup banyak film-film yang mengangkat cerita perampokan bank dengan premis para penjahatnya secara kejam membunuh sandera dan mengambil semua uang di bank. Namun pada film Inside Man, kita akan menyaksikan aksi perampokan yang tidak biasa. 

Pada film ini, aksi perampokan yang dilakukan oleh sekelompok penjahat justru membuka rahasia kelam yang ada di bank tersebut. Bagaimana kisah selanjutnya? Kamu bisa baca review dan sinopsisnya berikut ini!

Sinopsis

Inside Man__

Film Inside Man bercerita mengenai seorang pria bernama Dalton Russel yang menceritakan tentang perampokan yang dilakukannya. Dalton melakukan perampokan pada Bank Manhattan Trust bersama tiga temannya dengan rencana yang begitu matang. Mereka menyamar sebagai tukang cat yang masuk ke bank dan menyandera semua orang di sana. 

Sersan Collins yang sedang berpatroli mengetahui hal tersebut dan melapor ke kantor pusat kepolisian. Pasukan polisi pun langsung mengamankan TKP. Operasi tersebut dipimpin oleh John Darius. Selain itu, ditugaskan pula dua orang detektif yang menjadi juru runding, yaitu Keith Frazier dan rekannya, Mitchell. 

Di dalam bank, para perampok mengumpulkan semua handphone milik sandera dan meminta mereka berganti kostum yang mirip dengan milik mereka. Para sandera ini disekap dalam beberapa ruangan yang berbeda. Sementara pihak kepolisian terus menyelidiki mengenai motif dari perampokan ini. 

Di tempat berbeda, pemilik bank, Arthur Case tampak panik dengan perampokan tersebut karena ia menyimpan sebuah berkas dan barang rahasia di salah satu deposit box bank. Case kemudian menghubungi Madeleine White, seorang power broker yang biasa bernegosiasi dan mengurus permasalahan-permasalahan semacam itu.

White pun pergi ke TKP dan menemui Detektif Frazier, namun ia tak mau mengungkap tujuan Case sebenarnya. White hanya meminta untuk bernegosiasi dengan para perampok dan para perampok pun menyetujuinya. Mereka melakukan diskusi dalam beberapa menit, lalu White kembali keluar bank. Sementara itu, para perampok kini meminta polisi menyiapkan helikopter untuk mereka.

Frazier mengelabui mereka dan berkata jika dirinya ingin melihat kondisi para sandera. Saat diizinkan masuk dan melihat kondisi para sandera, Frazier berusaha menghajar perampok tersebut, namun gagal. Frazier kembali keluar dan yakin jika mereka tidak berani membunuh sandera. Namun tak lama setelah itu, video CCTV yang terhubung memperlihatkan mereka menembak seorang sandera. 

Atasan kepolisian yang menganggap Frazier gagal akhirnya mengalihkan tugas pada Darius. Darius kemudian memerintahkan anggotanya masuk dan menyerang para perampok tersebut. Namun rupanya percakapan mereka selama ini telah disadap dan para perampok pun mengetahui semua rencana polisi. Saat mereka menyerang, para perampok ikut keluar bersama para sandera. 

Polisi pun tak bisa membedakan antara sandera dan perampok yang menyamar karena kostum mereka sama persis. Semua orang pun akhirnya ditahan dan diinterogasi oleh Frazier. Namun mereka tak bisa menemukan para perampok yang juga sudah menyamar sebagai sandera. Kasus itu kemudian diperintahkan untuk ditutup. 

Tak lama, Frazier kembali menemui Arthur Case dan Madelaine White dan menanyakan hal tersebut. Rupanya, Arthur Case menyimpan berkas mengenai keterlibatannya dalam perang Nazi serta sebuah cincin berlian mahal milik seorang yahudi.

Frazier kemudian kembali ke Manhattan Trust, dan di pintu masuk ia bertabrakan dengan Dalton Russel, perampok yang menyamar sebagai pengunjung bank. 

Rupanya selama ini Dalton bersembunyi di dalam bank dengan membangun desain ruangan yang mirip dengan ruang penyimpanan. Dalton pun kembali ke kelompoknya dan membawa hasil curiannya. Namun ia juga menitipkan cincin berliannya pada Frazier saat bertabrakan yang tidak disadari oleh Frazier. 

Tema Perampokan dengan Strategi Cerdas

Inside Man_Tema Perampokan dengan Strategi Cerdas_

Di awal, kamu mungkin akan menduga jika Inside Man ini adalah film dengan tema perampokan biasa seperti banyak film bertema sejenis lainnya. Memang sudah banyak film-film yang mengangkat tema mengenai perampokan sebuah bank dan hanya mengisahkan bagaimana ketegangan yang terjadi selama aksi tersebut. 

Namun, film Inside Man tak hanya menyuguhkan aksi ketegangan saat para perampok melancarkan aksinya dan para polisi berusaha menyelamatkan para sandera. Lebih dari itu, film ini juga memiliki alur cerita yang cerdas dan berbeda dari film-film perampokan biasa. Seperti yang diungkapkan di awal film, si perampok sudah mempersiapkan rencananya dengan begitu matang. 

Di sepanjang durasi film selama 129 menit ini, kamu akan melihat banyak kejutan-kejutan yang tak terduga dari alur ceritanya. Bisa dibilang, kejutan itu pun tak berakhir hingga scene terakhir film ini di mana Frazier menemukan cincin di saku bajunya tanpa ia sadari. 

Bertabur Para Artis Ternama dengan Akting Menawan

Inside Man_Bertabur Para Artis Ternama dengan Akting Menawan_

Film Inside Man juga menyuguhkan para bintang-bintang ternama sebagai jajaran pemainnya. Sebut saja Denzel Washington, Jodie Foster, Clive Owen, dan masih banyak lagi. Kualitas dan totalitas akting dari para aktor dan aktris ini tentu tak perlu diragukan lagi. Mereka mampu membawa karakter yang memiliki ciri khasnya masing-masing. 

Misalnya saja Clive Owen yang berperan sebagai Dalton Russel, sang pimpinan perampok. Di awal film melalui sinematografi yang cukup sinematik dengan teknik shot dan pencahayaan yang dibuat minim, Dalton langsung berbicara langsung ke arah kamera dan mengatakan rencananya.

Dialog, gesture tubuh, hingga mimik wajahnya pun menunjukkan bahwa ia sudah memperhitungkan segalanya. Begitu pula dengan karakter Madelaine White yang cukup unik dan diperankan oleh Jodie Foster.

Hingga akhir film, tidak dijelaskan apa sebenarnya profesi dari Madelaine White. Namun ia digambarkan memiliki kuasa hingga mampu melobi siapa pun bahkan masuk ke kantor walikota tanpa janji temu. Karakter ini pun diperankan cukup baik oleh Jodie Foster. 

Detail Setiap Cerita yang Perlu Diperhatikan

Inside Man_Detail Setiap Cerita yang Perlu Diperhatikan_

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, film Inside Man memiliki alur cerita penuh kejutan yang mungkin akan cukup rumit untuk kamu ikuti. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan setiap adegan demi adegan dalam film ini dan jangan melewatkan satu pun detail yang diberikan. 

Dengan alur cerita yang cukup rumit, kamu mungkin akan dibuat kebingungan dengan teka-teki yang disajikan dalam film ini karena alur ceritanya yang cukup berputar-putar. Namun yang pasti, nikmati saja! Di akhir filmnya, kamu pun akan merangkai kembali semua kepingan teka-teki dan menyusunnya menjadi sebuah cerita yang utuh. 

Itulah review dan sinopsis dari Inside Man, film mengenai perampokan bank yang membuka sebuah rahasia besar dari bank tersebut. Apakah kamu sudah menonton film ini? Bagian mana yang paling membuatmu terkejut dari film Inside Man ini? Ceritakan di kolom komentar yang telah Bacaterus sediakan, ya!

The Inside Man
Rating: 
2.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram