bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review In the Shadow of Iris, Penculikan Berencana

Bagaimana jika sebuah peristiwa penculikan ternyata telah direncanakan sendiri oleh korbannya dan membuat pelaku justru menjadi pihak yang dirugikan? Terasa membingungkan, ya? Namun hal ini bisa kamu saksikan dalam film berjudul In the Shadow of Iris

Bagaimana semua itu bisa terjadi? Kamu bisa membaca review dan sinopsis dari film In the Shadow of Iris dari Bacaterus berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Prisoners, Misteri Penculikan Gadis Cilik

Sinopsis

In the Shadow of Iris__

Film In the Shadow of Iris diawali dengan adegan makan siang seorang bankir kaya raya bernama Antoine bersama wanita yang ia sebut istrinya bernama Iris. Setelah selesai makan, Antoine membayar ke kasir dan wanita tersebut mengatakan akan menunggu di luar. Namun setelah selesai membayar, Antoine tak bisa menemukan wanita tersebut. 

Antoine mencari ke sekitar namun tak menemukan wanita itu. Ia pun kembali ke kantor dengan panik karena masih harus menghadiri rapat. Sementara itu, wanita tersebut rupanya pergi ke sebuah bengkel milik seorang mekanik bernama Max. Ia melakukan perjanjian dengan Max dan meminta Max berpura-pura menculiknya. 

Max dan wanita tersebut pun melakukan adegan penculikan pura-pura di sebuah apartemen. Ia menelepon Antoine dan meminta tebusan sebanyak 500.000 euro. Max kemudian meninggalkan wanita tersebut di apartemen untuk menjemput anaknya dari sekolah dan membawanya ke mantan istrinya. 

Di sisi lain, Antoine menghubungi pasangan detektif untuk menangani kasus ini. Pasangan detektif itu pun menyadap perbincangan antara Max dan Antoine saat membicarakan tebusan. Mereka menyusun strategi untuk bisa menemukan si penculik. Antoine nyaris memberikan uang tebusan pada Max namun strategi dari detektif membuat tebusan itu tak jadi diberikan. 

Max kembali ke apartemen tempat penyekapan, namun ia terkejut saat menemukan mayat wanita yang ia pura-pura culik tersebut. Tanpa sempat melihat wajahnya, Max langsung membawa mayat wanita itu pergi dan menguburnya. Namun beberapa hari kemudian, ia melihat berita mengenai penculikan iris, istri dari Antoine di televisi. 

Max terkejut karena wajah Iris yang ia lihat di televisi bukanlah sosok wanita yang menemuinya untuk melakukan penculikan. Ia kembali ke makam tempat ia menguburkan mayat dan baru tersadar jika yang ia kubur adalah sosok iris yang asli. Rupanya wanita yang menemuinya merupakan selingkuhan dari Antoine yang berpura-pura menjadi istrinya. 

Di sisi lain, pasangan detektif juga mulai mencurigai Antoine karena melihat catatan psikologis dari Iris. Catatan tersebut mengatakan jika Iris tak bahagia dengan pernikahannya karena kelainan fetish dalam berhubungan seks yang dimiliki Antoine. Antoine pun mengaku jika sesekali ia menyewa jasa pelacur, namun tak mengakui jika ia berselingkuh. 

Max yang penasaran membuntuti Antoine dan melihat ia masuk ke sebuah rumah yang ternyata adalah rumah tempat pelacuran. Keesokan harinya, ia kembali ke rumah pelacuran tersebut dan menemukan sosok wanita yang melakukan perjanjian penculikan dengannya. Wanita itu ternyata bernama Claudia. 

Max juga membuntuti Antoine dan Antoine mengetahuinya. Antoine lalu mengajak Max bertemu. Rupanya semua penculikan itu juga adalah ide Antoine. Kala itu, Iris memergoki Antoine dan Claudia tengah berselingkuh di apartemennya. Claudia tak sengaja membunuh iris. Mereka berdua pun menyembunyikan mayatnya di apartemen dan menukarnya saat peristiwa penculikan. 

Setelah pertemuan dengan Antoine, Max yang marah karena dijadikan korban pun menculik Claudia dan kembali meminta tebusan pada Antoine. Antoine yang kini tak punya pilihan pun memberikan uang tersebut pada Max, lalu Max mengarahkan Antoine ke apartemen. Namun di apartemen Antoine hanya menemui mayat Iris yang telah dibongkar kembali dari makam oleh Max. 

Sementara Max membawa Claudia ke hotel dan mereka pun berhubungan seks di hotel semalaman. Di tempat lain, Antoine membawa mayat Iris ke sebuah lubang dan ia pun bunuh diri. Pasangan detektif dan polisi kemudian menemukan Iris dan Antoine yang tewas bersama di satu lubang. Sementara Max membagi dua hasil tebusannya dengan Claudia lalu pergi meninggalkannya. 

Alur Cerita dari Berbagai Sudut Pandang Karakter

In the Shadow of Iris_Alur Cerita dari Berbagai Sudut Pandang Karakter_

Film berdurasi 99 menit ini mengambil alur cerita maju mundur yang membuat misteri mengenai sosok wanita bernama Iris menjadi semakin sulit ditebak. Tak hanya dibuat dengan alur cerita maju mundur, kita juga akan menyaksikan alur cerita yang dikisahkan dari masing-masing sudut pandang karakter-karakter tokoh dalam film. 

Setiap tokoh utama seperti Claudia dan Antoine akan menceritakan kisah versi mereka sendiri yang nantinya akan saling melengkapi teka-teki peristiwa penculikan dan pembunuhan yang terjadi. Jadi, pastikan kamu menonton setiap detail dari cerita-cerita yang dibicarakan oleh setiap karakternya, karena hal itu adalah bagian penting dari cerita ini.

Plot Hole di Beberapa Bagian Cerita

In the Shadow of Iris_Plot Hole di Beberapa Bagian Cerita_

Meski memiliki alur yang cukup seru, cerita dari film In the Shadow of Iris terasa masih menyisakan beberapa plot hole atau bagian cerita yang terasa tidak jelas. Plot hole ini membuat cerita dalam film kurang mencapai klimaksnya. Beberapa misteri tampak masih belum terjawab dan dibiarkan begitu saja. 

Contohnya saja mengenai bagaimana si mekanik bisa tiba-tiba menerima persetujuan Claudia untuk menculiknya, jika sebelumnya diceritakan ia pernah bertemu Iris yang asli untuk memperbaiki mobilnya. Begitu pula dengan ending film ini dimana pasangan detektif dan polisi tiba-tiba bisa mengetahui lokasi Antoine dan menyergapnya, padahal sebelumnya mereka tidak memiliki bukti. 

Hubungan antara Claudia, Antoine, dan Max pun menjadi tidak jelas seiring dengan berjalannya cerita. Bagaimana bisa Claudia akhirnya mau berhubungan dengan Max dan tidak merasa kehilangan Antoine yang merupakan kekasihnya. Padahal ia telah membunuh istri sah dari Antoine demi hubungannya dengan Antoine tersebut. 

Beberapa plot hole ini juga membuat cerita film In the Shadow of Iris akan terasa cukup membingungkan. Namun meski begitu, teka-teki mengenai hilangnya Iris di film ini tetap menarik untuk kamu ikuti!

Karakter Claudia dan Iris yang Dibuat Mirip

In the Shadow of Iris_Karakter Claudia dan Iris yang Dibuat Mirip_

Inti cerita dari drama penculikan istri bankir kaya raya ini adalah adanya dua wanita yang berbeda, yaitu Claudia dan Iris. Namun dalam cerita keduanya memang dibuat mirip. Hal ini dijelaskan dari cerita Claudia yang diminta Antoine untuk mengamati segala gaya dan perilaku Iris agar Ia bisa mirip dengan Iris. 

Dengan teknik sinematografi yang mengambil angle sama saat menampilkan adegan iris dan Claudia, kedua karakter ini memang menjadi cukup mirip. Ditambah lagi dengan gaya kostum yang sama dari keduanya dan gesture tubuh dari masing-masing aktris yang memerankan dua karakter tersebut, sehingga membuat dua karakter berbeda ini seolah menjadi satu karakter yang sama. 

Itulah review dan sinopsis dari film In the Shadow of Iris, Film tentang penculikan yang telah direncanakan dan diatur sebelumnya. Apakah kamu sudah menonton film ini? Apakah kamu juga ikut kebingungan membedakan Iris dan Claudia? Coba ceritakan di kolom komentar, ya!

Bila mencari film lain bertemakan penculikan, silakan mampir ke artikel Film Tentang Penculikan yang Paling Menegangkan ini.

In the Shadow of Iris
Rating: 
2.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram