bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review In for a Murder, Misteri Pembunuhan & Liontin

Film-film dengan tema pembunuhan biasanya dikemas dengan alur cerita yang serius dan menegangkan, namun lain halnya dengan sebuah film yang berjudul In for a Murder. Pada film ini, kamu akan mengikuti kisah mengenai teka-teki pembunuhan seorang wanita dengan alur cerita yang cukup ringan. 

Penasaran seperti apa jadinya saat genre kriminal berpadu dengan genre komedi dan kisah drama? Kamu bisa baca review dan sinopsisnya berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review The Villain, Pembunuhan Bermotif Cinta

Sinopsis

In for a Murder__

Film berdurasi 105 menit ini mengambil setting lokasi di kota Podkowa Lesna, Polandia. Dikisahkan Magda merupakan gadis asli tempat tersebut yang sudah tinggal di Podkowa sedari kecil. Magda kini telah menikah dengan Tomek dan memiliki dua anak. Namun pernikahannya tidak bahagia karena Tomek sama sekali tak memedulikannya dan terlihat tak menyayanginya. 

Suatu malam, Magda yang tengah mengajak anjingnya berjalan-jalan menemukan sesosok mayat wanita yang terbunuh di taman. Mayat tersebut mengenakan kalung dengan liontin huruf W. Magda mengenali kalung itu sebagai milik Weronika, sahabatnya yang sudah hilang selama 15 tahun. Ia sendiri juga memiliki model kalung yang sama dengan liontin huruf M. 

Meski tak mengenal mayat tersebut, Magda yakin jika wanita itu berkaitan dengan Weronika. Magda kemudian ikut menyelidiki hal tersebut bersama Jacek, inspektur polisi setempat yang juga sahabatnya sejak kecil. Sementara rumah tangganya dengan Tomek juga semakin bermasalah karena Magda mencurigai Tomek memberikan hadiah parfum pada wanita lain. 

Setelah pembunuhan, Magda diajak Tomek untuk bertemu calon kliennya, seorang pengusaha kaya bernama Jaroslaw Czerwinski. Dari situ, Magda mengetahui jika Czerwinski dan istri barunya sempat mendatangi pesta yang diselenggarakan oleh calon senator Bruno Szeliga yang juga dihadiri wanita yang telah dibunuh. Tak lama, seorang saksi yang melihat pembunuhan tersebut ikut dibunuh. 

Jacek memperingatkan Magda agar hati-hati karena si pembunuh wanita tersebut mungkin mengincarnya. Namun Magda tetap bertekad untuk mengungkap kasus tersebut. Magda akhirnya tahu bahwa perempuan yang dibunuh itu bernama Joanna. Setelah mendatangi pemakaman Joanna dan datang ke rumahnya, Magda mengetahui jika Joanna berteman dengan Weronika. 

Magda mengabarkan hal tersebut pada ibunda Weronika. Ibu Weronika kemudian bercerita jika Weronika kabur karena saat itu ia hamil di luar nikah dan takut ketahuan ayahnya. Magda kembali mencari tahu tempat Weronika dan Joanna bertemu. Ia pun menemukan fakta jika Weronika sempat bekerja di sebuah restoran dan dekat dengan Szelica, sang calon senator. 

Magda mendatangi restoran tersebut dan mengetahui jika Weronika telah berselingkuh dan hamil anak Szelica. Magda kemudian melaporkan hal itu pada Jacek dan mereka pun mulai menyelidiki Szelica. Pada acara peresmian festival taman kota, Magda mulai mencari mayat Weronika di taman milik Szelica. Di malam hari, Szelica pun ketahuan membongkar makam yang ternyata makam Weronika. 

Saat diinterogasi, Szelica mengaku jika ia mengundang Weronika ke rumahnya. Saat ia tinggalkan untuk membeli obat, Weronika mengalami kecelakaan karena terjatuh dari tangga. Szelica pun memutuskan untuk mengubur jasadnya. Tak berhenti di situ, Magda yang tak sengaja pergi ke rumah Szelica mendengar obrolan antara istri Szelica dan Czerwinski. 

Istri Szelica mengaku telah mendorong Weronika dari tangga saat ia mengetahui selingkuhan suaminya tersebut ada di rumahnya. Ia juga yang membunuh Joanna di pesta, karena Joanna hendak memeras Szelica. Saat mengetahui Magda ada di rumah tersebut, Czerwinski pun mengejarnya. Magda berusaha kabur sembari menelepon Jacek dan dokter hewan atasannya. 

Magda berhasil tertangkap dan Czerwinski memasukkannya ke kandang anjing. Tak lama, Jacek dan sang dokter datang bersamaan dan menyelamatkan Magda. Czerwinski dan istri Szelica pun ditangkap. Jacek mengantar Magda ke rumah dan memberikannya kalung milik Weronika, namun Magda menolaknya. 

Di rumah, Magda membereskan koper milik Tomek. Setelah semua yang ia lewati, Magda sudah siap untuk memilih bercerai dari Tomek dan menjalani kehidupannya sendiri. Magda pun hidup bahagia setelah terbebas dari Tomek yang selama ini mengekangnya dan tak pernah menghargainya. 

Kisah Kriminal dengan Alur Cerita yang Ringan

In for a Murder_Kisah Kriminal dengan Alur Cerita yang Ringan_

In for a Murder merupakan film yang mengangkat tema kriminal mengenai pembunuhan. Namun tak seperti film-film kriminal pada umumnya, film ini justru menyajikan kisah misteri pembunuhan dengan alur cerita yang cukup ringan dan terkadang diselingi adegan-adegan yang bersifat komedi. Bahkan bisa dibilang film ini tak terasa tegang sama sekali. 

Tidak ada adegan-adegan jump scare, tata suara yang menegangkan, atau pun adegan-adegan sadis seperti yang umumnya kita temukan pada film-film bertema pembunuhan. Film ini justru dibalut dengan nuansa ringan seolah kita menyaksikan kehidupan sehari-hari para karakter utamanya dengan berbagai drama kehidupan mereka masing-masing. 

Visual Ceria dan Keindahan Podkowa Lesna

In for a Murder_Visual Ceria dan Keindahan Podkowa Lesna_

Tak hanya alur ceritanya yang cukup ringan dan berbeda dari film-film bertema sejenis, konsep sinematografi dari film In for a Murder pun tampak cukup unik untuk film bergenre kriminal dan mengangkat tema pembunuhan. Jika umumnya film-film seperti ini lebih menekankan tone warna yang gelap atau nuansa yang suram, maka film ini memilih kebalikannya. 

Visual dari film ini lebih banyak memperlihatkan warna-warni ceria dan nuansa yang cenderung cerah. Hal ini tampak dari setting lokasi, properti, hingga kostum sang karakter utama Magda yang selalu menggunakan wardrobe dengan padu padan berwarna terang. Nuansa yang terasa cerah ini pun sangat cocok dengan setting lokasi film ini yang berada di Podkowa Lesna. 

Sepanjang film, kamu akan melihat bagaimana keindahan dari Podkowa Lesna, sebuah kota kecil yang berada di Polandia. Mulai dari taman kota, jalanan yang rimbun, dan rumah-rumah yang indah ditampilkan dengan jelas hingga kamu bisa benar-benar merasakan nuansa tinggal di Podkowa Lesna bersama para tokoh di film ini. 

Teka-Teki Misteri yang Terasa Nanggung

In for a Murder_Teka-Teki Misteri yang Terasa Nanggung_

Meski terasa cukup ringan dan menarik untuk diikuti, namun cerita dalam film In for a Murder ini juga terasa cukup nanggung dan tidak sampai ke klimaksnya. Beberapa teka-teki mengenai misteri pembunuhan yang disajikan pun terkadang tampak tak masuk akal. 

Begitu pula dengan konflik-konflik yang terjadi antara para karakternya. Beberapa adegan konflik tersebut terasa datar dan tidak sampai pada klimaksnya. Namun tampaknya hal ini memang dikarenakan genre crime dan comedy yang dipilih oleh film ini. Jadi, lebih baik kamu ikuti saja alur ceritanya! 

Itulah review dari film In for a Murder, film bergenre kriminal yang berpadu dengan kisah drama dan komedi. Apakah kamu sudah menontonnya? Bagaimana tanggapanmu dengan kisah misteri pembunuhan dalam film In for a Murder ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

In for a Murder
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram