bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review I'm Not a Robot, Manusia Jatuh Cinta pada 'Android'

Ditulis oleh Syuri K.N.
I'm Not a Robot
3.2
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Drama Korea arahan Jung Dae Yoon ini ber-genre komedi romantis, ada science fiction-nya juga. Dari poster dramanya bisa dilihat Yoo Seung Ho merangkul Chae Soo Bin. Lalu, siapa yang bukan robot, ya?

Diceritakan ada seorang pemuda tampan, tampak sehat, dan percaya diri. Seakan belum cukup sempurna, ia juga memiliki kekayaan yang berlimpah. Tapi, ia punya kekurangan. Yaitu ia enggak bisa bersentuhan dengan manusia lain. Kenapa bisa begitu, ya? Mari simak sinopsis I'm Not a Robot di bawah ini.

Sinopsis

I'm Not a Robot

Kim Min Kyu (Yoo Seung Ho) terlihat menggunakan sarung tangan, masker, topi dan membawa suntikan. Kemudian ia duduk dihadapan tiga orang pewawancara. Min Kyu membuktikan penyakitnya dengan menyentuh tangan salah satu pewawancara, kemudian muncul rona merah yang terus berlanjut hingga ke wajah Min Kyu.

Itu membuat pewawancara ketakutan. Min Kyu segera menyuntik tubuhnya, dan rona merah itu pun berangsur hilang. Karena nggak memenuhi persyaratan, Min Kyu terbebas dari wamil yang seharusnya dilakukan oleh semua pria Korea dalam rentang usia 18-35 tahun. Min Kyu kembali ke rumah, di sana ia memiliki butler yang tinggal bersama dirinya.

I'm Not a Robot (3)_

Sementara itu, Jo Ji Ah (Chae Soo Bin) tengah berada di dalam antrian. Rupanya ia freelancer yang membuka usaha 'jastip'. Ia sekarang sedang mengantri untuk mendapatkan robot edisi terbatas, Metal Gear Gurner. Ji Ah mendapatkan satu robot dan membawanya dengan sangat hati-hati.

Namun, dia nggak sadar kalau dus robot terkena saus jajanan anak-anak yang lewat. Ada sebuah mobil yang dihampiri oleh Ji Ah. Ternyata pengemudi mobil itu adalah Min Kyu. Sayangnya, Ji Ah tidak mendapatkan bonus fee sesuai janji karena dus robotnya kotor.

Chae Soo Bin_

Kemudian, Min Kyu mendapatkan jam tangan yang mendeteksi detak jantung & suhu tubuh dari dokter pribadinya yang sudah merawatnya selama 15 tahun, Dokter Oh (Um Hyo Sup). Jam itu berfungsi sebagai warning untuk kondisi alerginya. Hong Baek Kyun (Um Ki Joon), seorang profesor, diam-diam memberikan flashdisk kepada Min Kyu.

Ia mempromosikan proyek robot android miliknya yang bernama Aji-3. Min Kyu bertemu dengan Baek Kyun karena ingin melatih robot Aji-3 secara langsung. Bukan hanya itu, ia juga meminta Baek Kyun dan Tim Santa Maria, untuk pindah ke rumahnya, mengembangkan proyek itu di sana.

Aji-3_

Namun, karena ada kendala pada pengiriman sparepart Aji-3, Baek Kyun malah mengirim Ji Ah untuk berpura-pura menjadi robot Aji-3. Karena Baek Kyun membuat Aji-3 serupa dengan wajah Ji Ah, mantan kekasih Baek Kyun. Min Kyu bisa menyentuh Aji-3 alias Ji Ah tanpa ragu karena yang ia tahu, Aji-3 adalah robot.

Setiap hari mereka berinteraksi layaknya majikan dan bawahan, tapi terkadang Aji-3 dalam 'mode teman'. Ji Ah berusaha keras untuk bertingkah layaknya robot agar nggak ketahuan kalau ia sebenarnya manusia. Suatu ketika, Min Kyu membuka dirinya. Ternyata ia kehilangan orang tuanya 15 tahun lalu dalam kecelakaan mobil.

Aji-3 a_

Ia juga dibohongi oleh rekan ayahnya sendiri. Untungnya sebelum tertipu, Madam X memberikan petunjuk kepada Min Kyu agar enggak menandatangani berkas apapun. Sejak saat itu, jika Min Kyu nggak sengaja bersentuhan dengan kulit tubuh orang lain, maka akan muncul ruam merah yang menyebar diseluruh tubuhnya.

Ruamnya akan hilang setelah disuntikan obat. Dan selama 15 tahun ini, Dokter Oh belum dapat menemukan obat untuk benar-benar menyembuhkan alergi Min Kyu. Flashback sebentar, Profesor Baek Kyun pertama kali bertemu Ji Ah saat gadis itu mencarinya untuk bekerjasama dalam pembuatan payung cinta yang sudah lama dirancangnya.

prof Baek Kyun a_

Payung itu bisa berubah menjadi gelap dengan menekan tombol saat pemilik payung akan berciuman dengan kekasihnya. Baek Kyun yang jatuh cinta pada pandangan pertama pada Ji Ah, merealisasikan ide Ji Ah. Flashback selesai. Baek Kyun yang cemburu dengan kedekatan Aji-3 alias Ji Ah, memberhentikan Ji Ah bekerja sebagai Aji-3.

Min Kyu berusaha mempertahankan Aji-3 dengan memberikan banyak cek ke tim Santa Maria, memasak makan malam untuk mereka.. Tapi baru berhasil di cara ketiga, yaitu mengungkapkan alergi manusia yang diderita Min Kyu.

I'm Not a Robot (9)_

Merasa semakin membaik dengan alerginya, Min Kyu ingin mengajukan tawaran pada Yeriel untuk berkencan. Setelah berciuman, mereka akan melangsungkan lamaran dan akan segera menikah. Rencana ini membuat Aji-3 a.k.a Ji Ah syok dan sedih. Namun, Ji Ah tetap membantu Min Kyu dengan mengirimkan temannya, Sun Hye si pakar ciuman.

Dalam kencan itu, ketika Min Kyu menemukan momen yang tepat untuk mencium Yeriel, ia malah berakhir dengan Aji-3. Akhirnya ciuman pertama Min Kyu dilakukan dengan 'robot'. Seiring berjalannya waktu, Min Kyu memaksakan diri untuk bertunangan dengan Yeriel, walau pikirannya rnggak bisa berhenti memikirkan Aji-3.

I'm Not a Robot (1)_

Sampai akhirnya ia mengakui kalau ia mencintai Aji-3. Karena Aji-3 yang asli telah siap, Baek Kyun meminta Min Kyu untuk me-reset Aji-3 yang sebenarnya adalah Ji Ah. Sebelum itu, Min Kyu mengajak Aji-3/Ji Ah berkencan. Mereka menghabiskan waktu berdua, berjalan-jalan sambil berpegangan tangan.

Sesaat sebelum Min Kyu mereset Aji-3/Ji Ah, Min Kyu mengungkapkan perasaannya pada Aji-3, meski tahu robot itu akan segera melupakannya. Yang ia enggak tahu, manusia yang berakting sebagai robot, Ji Ah, akan selalu mengingatnya.

Enggak merasakan cinta di dalam hubungan mereka, Yeriel sepakat dengan Min Kyu untuk membatalkan rencana pertunangan mereka. Yeriel menyadari kalau ia lebih menyukai Hwang Yoo Chul (Kang Ki Young), rival bisnis Min Kyu. Sedangkan Min Kyu, ia jatuh cinta pada robot Aji-3, yang masih belum ia ketahui kalau Ji Ah berpura-pura jadi robot itu.

I'm Not a Robot (8)_

Aji-3 asli menjalankan tugasnya dengan baik, sementara Ji Ah mencari suasana baru dengan mengunjungi rumah neneknya di desa. Sedangkan Min Kyu akhirnya bisa bekerja secara langsung di kantor, karena alergi manusianya telah sembuh. Takdir mempertemukan Ji Ah dengan Min Kyu kembali.

Min Kyu yang merasa takjub karena persamaan wajah Aji-3 dan Ji Ah, mulai terobsesi dengan Ji Ah. Di saat Min Kyu berusaha mengambil hati Ji Ah, komputer Tim Santa Maria dijebol hacker yang menyerahkan flashdisk hasil retasan ke Yoo Chul. Kemudian Yoo Chul menyerahkan flashdisk tersebut ke ayahnya.

Mereka berpikir telah menemukan kelemahan Min Kyu, dan bisa memecat Min Kyu dari jabatannya. Min Kyu drop saat mengetahui kalau Ji Ah telah membohonginya selama menjadi Aji-3. Namun, berhasil pulih dengan perawatan khusus dari Dokter Oh.

Yoo Chul i'm not a robot_

Baek Kyun dan Tim Santa Maria terpaksa menandatangani pemindahan proyek Aji-3 ke ayah Yoo Chul, supaya rahasia penyakit Min Kyu tidak disebarkan ke publik. Meski Min Kyu tahu akan hal ini, ia tetap menuntut Baek Kyun dan Tim Santa Maria, meski pada akhirnya ia membatalkan tuntutan itu.

Lalu, Sekretaris Jo Jin Bae (Seo Dong Won) menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Min Kyu. Sang bos merasa semakin kesal karena mengetahui kalau sekretarisnya adalah kakak kandung Ji Ah. Min Kyu pernah berjanji akan membawa Aji-3/Ji Ah ke Gunung Hwangmae saat hujan meteor. Itu adalah tempat ayah Min Kyu melamar ibunya.

Dan, takdir membawa mereka ke Gunung Hwangmae. Min Kyu dan Ji Ah saling jujur dengan perasaan masing-masing. Mereka berciuman tepat saat meteor berjatuhan. Di saat yang sama, robot Aji-3 sedang dalam proses pemindahan kepemilikan.

I'm Not a Robot meteor_

Min Kyu memberikan flashdisk dari Jang Do Sam kepada perantaranya dan Madam X yang berisi pengakuan Martin, calon pembeli Aji-3. Ia mengaku sebagai dalang pembunuhan Ketua Park, ayah Min Kyu. Setelah semua masalah teratasi, Min Kyu mengungkapkan penyakitnya kepada pers.

Yoo Chul menyadari kalau ialah penyebab alergi yang diderita Min Kyu. Yoo Chul meminta maaf kepada Min Kyu, dan mereka kembali berteman. Dua tahun berlalu, Ji Ah sudah berhasil dengan bisnisnya. Tim Santa Maria juga sudah berhasil menciptakan robot baru.

Sekretaris Jo diangkat menjadi Direktur Manajemen. Min Kyu akhirnya menyelesaikan wajib militernya yang sempat tertunda karena penyakit alergi manusianya. Lalu, apakah Min Kyu dan Ji Ah tetap bersama dalam kebahagiaan, atau mereka berjalan masing-masing?

Chemistry Yoo Seung Ho dan Chae Soo Bin

I'm Not a Robot

Dalam drama I'm Not a Robot, Yoo Seung Ho dan Chae Soo Bin dipertemukan dalam berbagai scene yang kadang konyol, lucu, tapi ada juga adegan sedih yang bisa membuat penonton ikut terhanyut. Chemistry keduanya memang 'dapet' banget.

Ada adegan konyol yang sangat membekas bagi saya. Yaitu ketika Aji-3/Ji Ah sakit perut dan harus menggunakan toilet di rumah Min Kyu. Bau enggak enak di kamar mandi menyeruak dan diketahui Min Kyu. Tapi, Aji-3/Ji Ah berpura-pura membersihkan kamar mandi dengan menggunakan parfum untuk menutupi bau.

Ada juga adegan tersedih! Yaitu ketika Min Kyu akan me-reset Aji-3/Ji Ah. Meski sebenarnya sebagai Ji Ah, ia e nggak mungkin melupakan kenangan dan rasa cintanya pada Min Kyu, karena ia bukanlah robot. Adegan romantis yang paling mengena adalah ketika Min Kyu dan Ji Ah berciuman di dapur.

Fun fact: saat proses syutingnya, adegan di dapur tersebut harus diambil berulang-ulang karena kecanggungan di antara Seung Ho dan Soo Bin. Namun, akhirnya ciuman itu berhasil terwujud dan rasa deg-degannya terasa sekali oleh penonton.

Drama dengan Banyak Protagonis

I'm Not a Robot (2)_

Plot dan alur drama ini cukup menarik untuk ditonton berkali-kali. Setiap kejadian terhubung, seperti awal mula Min Kyu mengalami alergi, awal mula Ji Ah bertemu-pacaran-putus dengan Baek Kyun, dan persahabatan Yeriel-Min Kyu-Yoo Chul.

Setiap pemeran bukan hanya asal ada, tapi benar-benar penting untuk ada di sana demi membangun cerita. Bahkan kisah cintanya di dalam drama ini enggak hanya fokus pada pemeran utama. Pemeran pendukung juga dibuat kisahnya masing-masing. Seperti Yeriel dan Yoo Chul, Hoktal dan Sung Hye, serta Baek Kyun dan Pie.

Robot-Robot dalam Drama

robot in i'm not a robot_

Robot utama di drama ini tentunya robot android Aji-3, tapi Tim Santa Maria sudah lebih dulu membuat robot asisten yang lucu, loh! Kepalanya kotak seperti komputer tabung jaman dulu. Kakinya berbentuk roda rantai. Robot kecil yang dinamai Beetle ini memiliki ekspresi wajah di bagian layar depannya.

Bentuknya memang kuno, tapi dia robot ramah yang akan selalu menyambut tamu dengan senyuman di layarnya. Ia juga bisa berekspresi sedih, terkejut, dan tertawa. Tim Santa Maria menghadiahkan robot favorit mereka ini kepada Min Kyu sebagai rasa terima kasih.

Beetle menjadi partner robot pembersih debu di rumah Min Kyu. Robot yang diberi nama Pretty Three ini kelak, akan di-upgrade oleh Tim Santa Maria dan diberi tambahan ekspresi wajah juga, seperti Beetle. Robot Pretty Three adalah yang ultahnya dirayakan Min Kyu di episode pertama.

Pretty Three bukan satu-satunya robot pembersih debu yang Min Kyu punya. Ada Pretty Two, robot pembersih debu model lama. Lucunya, ada Pretty One. Ia bukan robot, melainkan sebuah penggaruk punggung kesayangan Min Kyu.

Diceritakan Min Kyu memang punya banyak robot canggih dan mahal. Meski hanya menjadi pajangan, ia sangat menjaga koleksi robotnya. Makanya waktu itu ia menolak membayar fee kepada Ji Ah waktu jastip untuk membeli robot edisi terbatas karena dusnya terkena saus.

Kekurangan Scene

I'm Not a Robot (2)__

Drama ini enggak luput dari kekurangan. Ada scene yang menurut saya 'kurang', yaitu adegan kembalinya persahabatan Min Kyu, Yoo Chul, dan Yeriel. Mungkin akan lebih menarik jika digambarkan saat mereka kecil sedang bermain bersama, lalu berubah menjadi scene saat mereka dewasa dan berkumpul bertiga.

Juga saat last scene drakor, mungkin akan lebih seru jika Min Kyu yang sudah pulang wamil bertemu dengan Ji Ah, bersama dengan Tim Santa Maria, Yeriel, dan Yoo Chul. Kenapa screenwriter dan sutradara enggak membuat pesta penyambutan Min Kyu dalam kebersamaan yang hangat, ya?

Oh, ya, sampai akhir episode, penonton enggak diberitahu siapa si Madam X sebenarnya! Bikin penasaran banget, enggak, sih? Sekian review I'm Not a Robot dari Bacaterus. Semoga terhibur, ya. Kalau kamu sudah menonton drama ini juga, bagikan pendapat kamu di kolom komentar, yuk!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram